cover
Contact Name
Goesderi Lidar
Contact Email
lppm@stmikindragiri.ac.id
Phone
+6285835388272
Journal Mail Official
lppm@stmikindragiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Trimas No 88 Tembilahan Kab Indragiri Hilir Riau
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
IndraTech
Published by STMIK Indragiri
ISSN : 27225607     EISSN : 27225348     DOI : Http://doi.org/10.56005/jit
Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi Islam
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021" : 11 Documents clear
Perancangan User InterfaceAplikasi Persediaan dan Distribusi Bubuk Kopi Berbasis Web dengan Model SCM Pada UD. Arman Kota Padang Arman Arman; Defiariany Defiariany; Zainul Efendy; Yani Despita Sari
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.41

Abstract

The purpose of this study was to design a web-based coffee powder supply and distribution application with the SCM method at UD. Arman, where UD. Arman has been facing a problem that is where the processing of inventory data and the distribution of coffee powder products become the problem of the coffee powder that distributors to characters and suppliers are still done manually. So you can know how to inventory at U.D distributors and stores. Arman must wait for confirmation first. With the problems that occur it is necessary to have a special system that can be used to manage inventory and can monitor the product inventory at each distributor and keep the merchant less. the problem faced so far is necessary to find a solution to overcome the problems that occur by designing a web-based application interface and copy book distribution application with the SCM method and building distribution-based supply chain management and supply chain management (SCM) systems at UD Arman using a methodology research using SCLD and system design tools using the UML approach. This system is built using the PHP programming language and MySQL database.Based on the results of the Black box testing, this application already has a function that is in accordance with the results of their respective functions running well. As for the usability method of the SUS method, respondents gave an average score of 72 which means that the test results obtained get a score above the average. Means the value is acceptable (acceptable) by the user. Systems designed to support employee performance and service quality to distributors and stores are included, so leaders are easy to monitor all activities and state of the coffee powder stockKeywords - Design, Supply, Distribution, SCM, UML, Web
MANAJEMEN PENDAYAGUNAAN ZAKAT TINJAUAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (Sustainable Development Goals) Nurkhozin S. Hadi
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.46

Abstract

Metode tata kelola distribusi zakat yang diterapkan di Indonesia secara umum terdapat dua macam kategori yaitu distribusi secara konsumtif dan produktif. Perkembangan metode distribusi zakat yang saat ini mengalami perkembangan pesat, baik menjadi sebuah objek kajian ilmiah dan penerapannya di berbagai badan amil zakat yaitu metode pendayagunaan secara produktif. Zakat produktif adalah zakat yang diberikan kepada mustahik sebagai modal untuk menjalankan suatu kegiatan ekonomi dalam bentuk usaha, yaitu untuk mengembangkan tingkat ekonomi dan potensi produktifitas mustahik.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pendekatan studi litratur adalah dengan mengkaji sumber dari buku-buku, website, atau dokumen lainnya tentang titik fokus (variabel) penelitian. Terungkap bahwa ajaran Islam sangat sempurna dalam mengatur pendayagunaan harta zakat, sehingga patutlah kita untuk selalu menpedomani Al-Qur’an dan Sunnah dalam pengelolaan zakat. Berkaitan dengan ini juga progam pendayagunaan zakat hendaklah dikelola sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).Kata Kunci: Pendayagunaan, Zakat, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Ekonomi Islam M Syahrial
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.47

Abstract

Pembahasan  konsep kebutuhan  dalam Islam  tidak dapat dipisahkan  dari kajian perilaku konsumen dari kerangka  Maqasid Syariah. Tujuan Syariah harus dapat  menentukan tujuan perilaku konsumen dalam Islam. Tujuan syariah Islam adalah tercapainya  kesejahteraan umat manusia. Oleh karena itu semua barang dan jasa  yang memiliki kesejahteraan umat manusia (maslahah)  akan dikatakan kebutuhan manusia.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pendekatan studi litratur adalah dengan mengkaji sumber dari buku-buku, website, atau dokumen lainnya tentang titik fokus (variabel) penelitian. Terungkap bahwa ajaran Islam memberikan prinsip-prinsip yang harus dipegangi, yaitu prinsip yang tidak memperbolehkan memakan harta orang lain secara batil. Seperti Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 188Kata kunci : Ekonomi Islam, kebutuhan, Agama Islam, muamalah
ISI ATAU MATERI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN Zuhri Tauhid
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.42

Abstract

Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya dengan mempersiapkan diri melalui ibadah di dunia untuk mencapai kebaikan di akhirat. Dalam konsep Islam ilmu pengetahuan hanya satu, yaitu semuanya sama dari Allah dan menuju ke Allah. Untuk kepentingan pendidikan, pengetahuan yang menyatu itu harus diklasifikasikan. Klasifikasi pengetahuan itu ialah pengetahuan yang diwahyukan (Naqli/bersifat agamis) dan pengetahuan yang diperoleh (Aqliyyun/ilmu keduniaan umum). Misi para nabi adalah mengajarkan tiga hal penting. Ketiga hal ini harus diprioritaskan atas hal-hal yang lainnya dan hendaknya ketiga hal tersebut adalah pelajaran pertama yang diterima oleh anak didik. Ketiga hal tersebut merupakan intisari dari materi pendidikan dalam Al-Qur’an. Ketiganya adalah: tauhid, iman kepada hari akhir, dan menyeru kebaikan. Ketiga konsep ini sesuai tema yang berkait isi atau materi pendidkan, diantaranya: (Iman/اإليمان , Islam/اإلسالم , Ihsan/اإلحسان , din/الدين ,  Amal saleh / الصالح لعمل ا  )Kata Kunci : Pendidikan, Al-Quran, Tauhid, Agama Islam.
Membangun website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM ) STMIK Indragiri menggunakan WordPress Goesderilidar Goesderilidar
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.48

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LPPM ) Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer ( STMIK ) Indragiri sebagai perguruan tinggi komputer selalu mengembangkan diri untuk kemudahan akses penelitian dan pengabdian Kepada masyarakat ( PKM ) untuk Dosen dan Mahasiswa. LPPM STMIK Indragiri membangun website untuk memudahkan dosen melakukan pelaporan penelitian dan PKM. Saat ini, sistem yang digunakan masih secara konvensional, sehingga tidak optimal dalam memantau penelitian dosen dan mahasiswa STMIK Indragiri. Penelitian ini bertujuan membuat website LPPM STMIK Indragiri menggunakan software pembuat website Wordpress dan Control Web Panel ( CWP ) sehingga dapat mengoptimalisasi dosen dalam melakukan pelaporan penelitiannya. Dari penelitian sebelumnya tidak ditemukan yang spesifik menjelaskan tentang Control Panel untuk mengatur manajemen Website serta mengatur dan mengelola aplikasi Wordpress secara real ( nyata ).   Metode yang digunakan adalah metode eksperimen terhadap seluruh Dosen dan mahasiswa STMIK Indragiri.Kata kunci : LPPM STMIK Indragiri, Wordpress, Control Web Panel (CWP), Phpmyadmin,
STUDI ANALISIS TENTANG KEPADATAN PENDUDUK SEBAGAI SUMBER KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP Muannif Ridwan; Sri Hidayanti; Nilfatri Nilfatri
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.43

Abstract

The population density in an area will cause the space for an area to be narrower. Rapid population growth increases the demand for natural resources. Because humans are an integral part of the ecosystem, where humans live by exploiting their environment. Population issues and environmental damage are two things that are interrelated with one another. The occurrence of environmental damage can have an impact on human life at a macro level. Therefore, in the future we need wise efforts to maintain environmental sustainability and quality. This study uses a qualitative descriptive method with the type of research used is library research. The purpose of this research is so that readers can understand the population density as a source of environmental damage in a comprehensive manner. Conclusions of This study says that population density greatly affects several aspects related to life, including the availability of clean air, food, land and clean water and environmental pollution. We, as part of the population, must protect the surrounding environment or the environment in order to keep it clean so that we can breathe clean air without being polluted by garbage or pollution. Another way is to reduce the population growth rate by implementing government programs such as family planning (KB) and by not littering.Keywords: Population, Environment, Environmental Damage
DESAIN SISTEM INFORMASI DEPODIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA TEMBILAHAN Genta Yusondra
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.87

Abstract

Pendidikan pada zaman modern ini juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mulai dari sistem pembelajaran maupun sistem pendataan. Sistem informasi akan sangat membantu dibidang archieve (penyimpanan), pengolahan, keamanan data, pengiriman dan penerimaan data. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah dengan adanya penerapan sistem informasi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Tembilahan Kota dapat lebih efektif atau tidak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode PIECES Framework dalam menganalisis data, penggunaan metode penggunaan metode PIECES framework sangat cocok dalam menganalisis setiap variabel sistem yangditeliti karena bisa memberikan hasil nyata terhadapefektivitas sistem yang diterapkan pada dunia Pendidikan.Kata Kunci : Sistem Informasi, Dapodik, Madrasah Tsanawiyah.
PENGEMBANGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN Yuniarti Yuniarti
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.57

Abstract

Sudah semestinya berbagai bentuk Pendidikan dan Latihan (Diklat) pengembangan sumber daya Aparatur Sipil Negara  (ASN) secara kontiniu meningkatkan kualitas proses pemberlajaran. Apalagi tantangan era global yang menuntut peserta Diklat ASN lebih dapat menguasai bahan pelajaran secara maksimal agar dapat meningkatkan kemampuan diri berkompetisi. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mendukung hal ini pada Diklat ASN adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pembelajaran Diklat ASN berbasis HOTS dapat diintegrasikan dengan cara memberi kesempatan seluas-luasnya untuk peserta Diklat dalam menggali dan mengajukan informasi. Tahap pengungkapan pendapat, Higher Order Thinking Skill dapat diintegrasikan dengan cara tidak membatasi siswa dalam mengajukan dugaan, gagasan, maupun pendapat melalui inkuiri ataupun membuat konjektur. Tahap evaluasi dan pemilihan, Higher Order Thinking Skill dapat diintegrasikan dengan cara meminta siswa mencari berbagai alternative jawaban maupun penyelesaian. Tahap implementasi, Higher Order Thinking Skills dapat diintegrasikan dengan cara meminta peserta Diklat memberikan kesimpulan dengan kreativitasnya sendiri.Kata Kunci: HOTS, Diklat ASN
KONSEP TENTANG BELAJAR DALAM AL-QURAN Ulfajri Ulfajri; devi Deswimar
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.71

Abstract

Dalam perspektif Islam, makna belajar bukan hanya sekedar upaya perubahan perilaku. Konsep belajar dalam Islam merupakan konsep belajar yang ideal, karena sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an dan Hadis. Belajar dalam perspektif al-Quran setidaknya dapat didekati dengan tiga term atau istilah: yaitu tarbiyah, al-ilm, dan  tafaqquh fiddin. Tarbiyah bermakna menyampaikan sesuatu sampai menuju titik kesempurnaan sedikit demi sedikit. Al-Ilm menunjukkan arti proses mental untuk mencapai pengetahuan yang identik dengan pengertian belajar dan pengajaran. Tafaqquh fiddin mempunyai arti memperdalam ilmu agama.Implementasi konsep belajar dalam Al-Qur’an pada pembelajaran sangat berkaitan dengan kebersihan jiwa dan akhlak peserta didik, niat yang benar, fokus pada visi akhirat, sederhana, belajar sampai tuntas, kebersamaan dengan tidak merendahkan orang lain serta mengenal                nilai-nilai pragmatis bagi suatu ilmu pengetahuan, yaitu ilmu yang bermanfaat, membahagiakan, mensejahterakan dan memberi keselamatan dunia dan akhiratKata Kunci: Konsep, Belajar, Al-Qur’an
SOLUSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI PUSARAN PROBLEMATIKA ERA GLOBALISASI Syahri Kismanto
IndraTech Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i1.89

Abstract

Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika beserta tawaran solusinyadalam desain kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era globalisasi yang mengantar pada era digital atau revolusi industry 4.0. Zaman mutakhir ini secara langsung maupun tidak langsung telah mengantarkan banyak perubahan dalam berbagai lini kehidupan pendidikan agama Islam. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Pendidikan. Era globalisasi digital telah melahirkan fenomena disruption yang menuntut dunia pendidikan agama Islam untuk turut menyesuaikan diri. Pendidikan   agama   Islam  kini  dihadapkan   pada  tantangan,   problem,   tuntutan,   dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap system penyelenggaraan termasuk kurikulum PAI. Desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Jika tidak,  pendidikan  agama  Islam  akan  semakin  tertinggal  dan  usang.  Sajian  tulisan  ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif  kongkrit agar dapat mengaplikasikan istilah ilmu amali amal ilmi.Kata Kunci: Kurikulum PAI; Problematika; Era Globalisasi 

Page 1 of 2 | Total Record : 11