cover
Contact Name
Goesderi Lidar
Contact Email
lppm@stmikindragiri.ac.id
Phone
+6285835388272
Journal Mail Official
lppm@stmikindragiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Trimas No 88 Tembilahan Kab Indragiri Hilir Riau
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
IndraTech
Published by STMIK Indragiri
ISSN : 27225607     EISSN : 27225348     DOI : Http://doi.org/10.56005/jit
Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi Islam
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021" : 16 Documents clear
DESAIN SISTEM INFORMASI DEPODIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA TEMBILAHAN Yusondra, Genta
Jurnal IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pada zaman modern ini juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mulai dari sistem pembelajaran maupun sistem pendataan. Sistem informasi akan sangat membantu dibidang archieve (penyimpanan), pengolahan, keamanan data, pengiriman dan penerimaan data. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah dengan adanya penerapan sistem informasi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Tembilahan Kota dapat lebih efektif atau tidak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode PIECES Framework dalam menganalisis data, penggunaan metode penggunaan metode PIECES framework sangat cocok dalam menganalisis setiap variabel sistem yangditeliti karena bisa memberikan hasil nyata terhadapefektivitas sistem yang diterapkan pada dunia Pendidikan.Kata Kunci : Sistem Informasi, Dapodik, Madrasah Tsanawiyah.
KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENKONSTRUKSI KURIKULUM DAN SILABUS Zuhri Tauhid
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.60

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diperlukan upaya yang sungguh-sungguh untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa lain. Salah satu upayanya adalah mengkonstruksi kurikulum dan silabus PAI yang menjadi tanggung jawab seorang guru profesional. Guru profesional merupakan guru yang menyadari dirinya memiliki tugas yang berat dan mengharuskannya untuk selalu berinovasi guna kemajuan kualitas pembelajaran. Kurikulum dan silabus sebagai bagian inti dari desain proses pembelajaran haruslah menjadi perhatian guru profesional untuk terus diupayakan sesuai dengan tingkat perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi. Pada kurikulum dan silabus PAI tentunya tidak lepas dari tekanannya pada aspek relegius, dengan konsepsi integrasi Islam dan sains modern. Hal ini tentunya merujuk pada tujuan akhir pembelajaran PAI yakni membentuk Insan Kamil yakni manusia yang berpengetahuan hebat dan berakhlak/beretika mulia. Kemampuan manusia di era global harus dipersiapkan oleh kurikulum PAI yang inovatif dengan landasan prinsip saintific-teistik. Saintific bermakna selalu bervisi ilmiah dengan melek teknologi, sedangkan teistik dalam artian selalu berpikir dan bertindak sesuai dengan pedoman pada ajaran atau nilai-nilai Islam.Kata Kunci: Guru; Konstruksi; Kurikulum; Silabus
Perancangan Sistem Informasi Koperasi Syariah Berbasis Web Pada Bundo Saiyo Padang Mahisataruna Mahisataruna; Arman Arman; Rajab Rajab; Nelfira Nelfira
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.51

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan  yang terjadi selama ini di Bundo saiyo. Bundo Saiyo ini merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang koperasi simpan pinjam, dimana koperasi ini dalam mengolah data koperasi masih menggunakan model konvesional/ manual. Permasalahan yang dihadapi oleh koperasi ini ialah pengelola masih menggunakan cara manual dalam pencatatan, pencarian dan pembaruan data anggota, transaksi keuangan, sampai pada pembuatan laporansehingga mengurangi efektifitas dan efesiensi kerja  dalam hal pengolahan data Koperasi yang selama ini dilakukan dengan cara manual, sehingga data sering hilang, data tidak akurat dan sebagainya. Dalam merancang system informasi ini metode yang digunakan adalah metode SDLC dan alat bantu perancangan system menggunakan UML. Untuk itu peneliti memberikan saran untuk merancang sebuah aplikasi yang akan membantu koperasi Syariah Bundo Saiyo Padang dalam menjalankan usahanya, serta bertujuan untuk memudahkan pengelola dalam mengelola pelayanan koperasi, pencatatan data transaksi keuangan, serta untuk membantu koperasi mencapai efesiensi kerja, mengurangi kesalahan dalam pencatatan, pemrosesan, pencarian data, perekapan data untuk pembuatan laporan hasil usahanya. Hasil penelitian ini merancang Sebuah system informasi koperasi syariah berbasis web pada Bundo Saiyo Padang  yang efektif dan efesien dalam mengolah data pada koperasi tersebut.Kata kunci : Aplikasi,Koperasi Syariah, SDLC Waterfal, UML, Web
KURIKULUM PAI DAN PROGRAM DERADIKALISASI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN Tamrin Tamrin
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.61

Abstract

Tindakan  radikal  merupakan  masalah  serius  yang  dihadapi  bangsa  Indonesia.Kasus  ini  tidak lepas  dari  kurangnya  perhatian  publik  terhadap  pendidikan  agama  Ditambah  dengan  peran  pemerintah yang kurang memperhatikan sistem Pendidikan Agama Islam untuk sekolah-sekolah  di  Indonesia.Pendidikan  Agama  Islam  yang  menumbuhkan  karakter  moderat  dapat  menjadi solusi  terhadap  permasalahan  tersebut. Maka  dari  itu  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk menjelaskan bagaimana Pendidikan  Agama  Islam berperan dalam deradikalisasi dan  bagaimana  inovasi  kurikulum  PAI  yang dapat menghasilkan  manusia  yang  berkarakter  moderat. Makalah ini merupakan  studi  dengan  menggunakan  analisis  isi.  Kesimpulan  tuisan ilmiah  ini adalah  pertama,  Pendidikan  Agama  Islam  dapat  berperan  dalam  deradikalisasi  melalui  muatan materi,  corak  berpikir  Guru  dan  pembinaan  guru  terhadap  siswa.  Kedua,  inovasi  kurikulum untuk membentuk karakter moderat yang dapat dilakukan dengan cara memberikan muatan nilai toleransi  dan  cinta  tanah  air,  menciptakan  guru  yang  berparadigma  inklusif,  melaksanakan pembelajaran dengan kreatif dan aktual.Kata Kunci: Kurikulum PAI; Deradikalisasi; Pembelajaran
PENGEMBANGAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) KUALA ENOK BIDANG PERKEBUNAN KELAPA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Yuniarti Yuniarti
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.56

Abstract

Karya tulis ini memfokuskan pada desain program engembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir Bidang Industri Perkebuna Kelapa. Tujuan penulisan adalah untuk memberikan terobosan alternatif bagi pengembangan kawasan. Program KEK yang ditetapkan sebagai program nasional melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus sesungguhnya merupakan program yang dilaksanakan di daerah dikoordinir oleh Dewan Nasional KEK serta dibantu pengawasannya oleh Dewan Pengawas KEK pada tingkat Provinsi.Desain pengembangan KEK Kuala Enok Bidang Perkebunan Kelapa yang dibuat ini merupakan langkah yang sangat awal, dalam arti bahwa masih perlu penyempurnaan dan revisi dari berbagai pihak. Semoga dengan kesungguhan dari semua pihak, apa yang dicanangkan ini dapat disempurnakan desainnya serta terwujud dengan baik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.Penciptaan SDM yang berkualitas tidak hanya dengan penanaman teori yang berkepanjangan di bangku formal sekolah dan perguruan tinggi, namun juga diperlukan wadah praktek lapangan saat kuliah dan saat pengembangan keilmuannya setelah sarjana. Dengan demikian pengelolaan KEK Kuala Enok bisa mengambil peran dalam peningkatan SDM masyarakat Indragiri Hilir. Sangat mubazir berbagai rencana yang telah dikembangkan diantaranya Pelabuhan Internasional Kuala Enok, dan Pembinaan Industri Perkebunan Kelapa Rakyat terbengkalai tidak termanfaatkan. Untuk itu program KEK Kuala Enok ini diharapkan memberikan wadah kebermaatan seluruh program bagi semaksimal mungkin dalam peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat.Kata Kunci: Pengembangan, KEK, Sumber Daya Manusia, Kesejahteraan 
MUATAN PEMIKIRAN TASAWUF DALAM DAKWAH ISLAM Hotna Sari
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.62

Abstract

Problema di masyarakat yang sering muncul adalah kesalahan dalam memahami tasawuf. Bahkan sebagian umat memandang tasawuf sebagai hal yang sangat moderat sehingga tidak membuat manusia memiliki gairah dalam hidup. Untuk itu diperlukan tindakan oleh pendakwah Islam dalam meluruskan hal ini, sehingga masyarakat dapat menikmati konsepsi yang benar tentang tasawuf. Tasawuf yang meiliki muatan pendidikan keimanan, keislaman, dan keihsanan menghasilkan output insan kamil yang berakhlak mulia sebagai manifestasi ibadah yang mempedomani Rasulullah SAW. sehingga mencagah kekeringan spiritualitas umat. Integrasi tasawuf dalam proses dakwah dengan olah ruhaniyahnya menjadi satu jawaban yang bisa menstabilkan kondisi krisis ruh ilahiyah pendidikan modern yang individualistik-matrialistik-sekularistik. Muatan kekhusyukan dalam beribadah, mencintai dengan penuh pehun keikhlasan pada kehidupan alam tasawuf adalah bagian terpenting untuk diungkap dan diterapkan. Sejalan dengan itu, insan kamil yang mampu membangun peradaban yang harmoni bagi kemanusiaan akan terwujudkan.Kata Kunci: Tasawuf, Dakwah, Insan Kamil
PENERAPAN VIDEO CONTENT PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGAJAR DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TEMBILAHAN Rinda Luthfiana; Muannif Ridwan; Mahluddin Mahluddin; Muhaiminah Jalal
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.63

Abstract

This study discusses the application of learning video content in improving online teaching and learning outcomes. The focus of this research is on three things, namely the use of thematic learning video content media at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tembilahan, the effectiveness of thematic learning using learning content videos, and student learning outcomes at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tembilahan on video material using thematic learning content media. The method used is descriptive qualitative. This study concludes that the application of video content as a learning media is considered effective in increasing the effect of online learning, as evidenced by the results of interviews with principals, teachers, and students that this shows student performance is improving. The use of learning video content can also increase students' attention, make the learning atmosphere more fun, and attract students' interest in learning and make it easier for students. The benefits of this kind of learning media can be feedback to students so that it can help students obtain the availability of enlightening images and audio. Despite the shortcomings, there are still some videos that are not suitable for public viewing and hate speech that often appears in the comments column. As a suggestion in this study, schools should provide teachers with socialization activities related to the use of video media so that they all understand better that video media will affect student interest and learning outcomes.Keywords: application, video content, online learning. 
STRATEGI PENYELESAIAN NON PERFORMING FINANCING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PERBANKAN SYARIAH Usnan Usnan
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.76

Abstract

Tulisan ini didasari atas masih terjadinya kredit macet atau Non Performing Financing (NPF) pada perbankan syariah khusus pada pembiayaan UMKM. Tujuan kajian  ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang efektif untuk dilakukan dalam mengurangi dan menangani hal tersebut. Strategi yang dapat dilakukan perbanknan syariah dalam mengurangi Non Performing Financing secara efektifpada UMKM melalui: (a) Mematuhi Standar Operasional Prosedur Pembiayaan, (b) Melakukan identifikasi penyebab masalah pembiayaan UMKM, dan (c) Training kepada Staf Pembiayaan. Kemudian menjalankan strategi yang dapat ditempuh dengan mempertimbangkan keuntungan kedua belah pihak serta menghindari resiko kerugian yang lebih besar. Strateg itu secara umum ada dua yakni penyelamatan pembiayaan bermasalah dan penyelesaian pembiayaan bermasalah. Kinerja tim yang efektif adalah apabila selesai pada strategi pertama yakni penyelamatan pembiayaan UMKM bermasalah.Kata Kunci: Strategi, NPF, UMKM, Perbankan Syariah 
PROSPEK PENGEMBANGAN KOMPUTASIONAL LINGUISTIK MENGGUNAKAN PEMROSESAN BAHASA ALAMIAH ( NATURAL LANGUAGE PROCESSING /NLP) Goesderilidar Goesderilidar
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.84

Abstract

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi secara signifikan telah mendorong perkembangan ilmu  linguistik sehingga menjadikannya sebagai ilmu yang makin mandiri dan telah membentuk tiga cabang besar, yaitu linguistik teoretis, linguistik terapan, dan linguistik interdisipliner. Cabang tersebut berkembang lebih spesifik sebagai bidang kepakaran dan ranah penelitiannya, seperti fonologi, morfologi, semantik, pragmatik, analisis wacana, teori terjemahan, teori komunikasi antarbudaya, dan teori pemerolehan bahasa kedua. pandangan  baru  bagi cabang-cabang linguistik melahirkan metode penelitian yang baru. penelitian ini menunjukkan prospek pengembangan linguistik yang menjanjikan dalam ranah penelitian dan karier sebagai linguistik. Bidang antar disiplin yang mengkaji pemodelan bahasa alami dengan statistika dan sudut pandang komputasi. Komputer dapat dipakai untuk menganalisis bunyi bahasa. Pemrosesan Bahasa Alamiah (Natural language processing/NLP) merupakan cabang kecerdasan buatan yang membantu komputer memahami, menafsirkan, dan memanipulasi bahasa manusia. NLP menarik dari banyak disiplin ilmu, termasuk ilmu komputer dan linguistik komputasional, dalam usahanya untuk mengisi kesenjangan antara komunikasi manusia dan pemahaman komputer.Kata Kunci : Komputasi,linguistik, NLP, Pemrosesan, Kecerdasan Buatan.
KONSEP TENTANG MANUSIA DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM Sustikasari Sustikasari
IndraTech Vol 2, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v2i2.77

Abstract

Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Konsep Islam dalam Al-Quran tentang  hakekat  manusia berdasarkan ungkapan  kata al-basyar,  al-insan,  an-nas, dan bani Adam  atau  dzuriyyat Adam, sebagaimana disebutkan di atas memberikan gambaran keseimbangan  antara  hak  dan  kewajiban   manusia sebagai     individu,     sosil,     budaya,  dan makhluk   Allah   SWT.   Kondisi   demikian menempatkan  manusia  secara  seimbang antara  teosentris dan antroposentris. Implikasi konsep Islam tentang hakekat manusia dan hubungannya dengan pendidikan Islam adalah: Pertama, Sistem pendidikan Islam harus dibangun di atas konsep kesatuan antara qalbiyah dan aqliyah. Kedua, pendidikan Islam harus berupaya mengembangkan potensi hard skill dan soft skill secara maksimal. Ketiga, pendidikan Islam harus dijadikan sarana yang kondusif bagi proses transformasi ilmu pengetahuan dan budaya Islami. Keempat, konsep hakekat manusia dan fungsi penciptaannya dalam alam semesta harus sepenuhnya diakomodasikan dalam perumusan teori-teori pendidikan Islam melalui pendekatan kewahyuan, empirik keilmuan dan rasional filosofis. Kelima, proses internalisasi nilai-nilai Islam ke dalam pribadi seseorang harus dapat dipadukan melalui peran setiap individu untuk saling bekerjasama, sehingga dapat meperkuat terwujudnya kesatuan pola dan kesatuan tujuan menuju terbentuknya mentalitas insan kamil.Kata Kunci: Manusia, Al-Qur’an, Pendidikan Islam 

Page 1 of 2 | Total Record : 16