cover
Contact Name
Goesderi Lidar
Contact Email
lppm@stmikindragiri.ac.id
Phone
+6285835388272
Journal Mail Official
lppm@stmikindragiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Trimas No 88 Tembilahan Kab Indragiri Hilir Riau
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
IndraTech
Published by STMIK Indragiri
ISSN : 27225607     EISSN : 27225348     DOI : Http://doi.org/10.56005/jit
Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi Islam
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022" : 10 Documents clear
Sistem Informasi Geografis Sebaran SMA Sederajat Berbasis Web Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rusli Saputra; Randi Fardila
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.92

Abstract

Dinas Pendidikan merupakan suatu Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang berada dibawah naungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.  Pada Dinas Pendidikan terdapat sub bagian data dan statistik yang mempunyai tugas untuk mempersiapkan, menyusun, mengolah data pendidikan dalam rangka menunjang perencanaan program dinas. Sub bagian ini juga bertugas memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jumlah sekolah, alamat, prestasi dan informasi lainnya mengenai sekolah yang berada di seluruh wilayah Sumatera Barat baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para orang tua untuk mendapatkan informasi mengenai sebaran sekolah di Sumatera Barat. Dalam melakukan pendataan dan pengolahan data sekolah sub bagian pada Dinas Pendidikan masih menggunakan Microsoft word dan Microsoft excel dan penyimpanan data belum terpusat. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam mencari dan mengubah data informasi sekolah sehingga membutuhkan waktu yang lama. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan system informasi berbasis web GIS  (Web  Geographic  Information System). Pengembangan  dilakukan  pada  pembangunan  aplikasi  Sistem  Informasi Geografis penyebaran lokasi sekolah SMA sederajat, data prestasi sekolah, serta daya tampung sekolah berbasis web di Kota Padang menggunakan metode pengembangan sistem model Waterfall. Tahapan metode waterfall meliputi analysis, design, coding, dan testing. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Dari hasil pengujian diperoleh hasil bahwa system berjalan dengan baik membantu admin pada Dinas Pendidikan dalam mengolah dan mengubah data serta membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi sebaran sekolah di Sumatera Barat.Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Webgis, Waterfall 
Perancangan Sistem Informasi Pada Panti Asuhan Bundo Saiyo Berbasis Web Monanda Rio Meta; Arman Arman; Rajab Rajab; Hadi Sepri Yeni; Zainul Efendy
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.88

Abstract

Panti Asuhan Bundo Saiyo merupakan salah satu panti asuhan yang berada di Kota Padang yang memiliki anak asuh sebanyak 97 anak yang terdiri dari 52 anak laki-laki dan 45 anak perempuan. Selama ini permasalahan yang dihadapi kesulitan dalam pengolahan data dan penyebaran informasi tentang panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi panti asuhan berbasis web yang dapat mempermudah pengelola panti asuhan dalam mengolah data dan menyebarkan informasi panti asuhan. Sistem ini  dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Alat bantu perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Metode penelitian menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall (air terjun). Hasil penelitian ini berupa website untuk pengolahan data dan sebagai media baru untuk menyebarkan informasi mengenai Panti Asuhan Bundo Saiyo kepada masyarakat.
IMPLEMENTASINYA KONSEP MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Zuhri Zuhri
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.99

Abstract

Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Konsep Islam dalam Al-Quran tentang  hakekat  manusia berdasarkan ungkapan  kata al-basyar,  al-insan,  an-nas, dan bani Adam  atau  dzuriyyat Adam, sebagaimana disebutkan di atas memberikan gambaran keseimbangan  antara  hak  dan  kewajiban   manusia sebagai     individu,     sosil,     budaya,  dan makhluk   Allah   SWT.   Kondisi   demikian menempatkan  manusia  secara  seimbang antara  teosentris dan antroposentris. Implikasi konsep Islam tentang hakekat manusia dan hubungannya dengan pendidikan Islam adalah: Pertama, Sistem pendidikan Islam harus dibangun di atas konsep kesatuan antara qalbiyah dan aqliyah. Kedua, pendidikan Islam harus berupaya mengembangkan potensi hard skill dan soft skill secara maksimal. Ketiga, pendidikan Islam harus dijadikan sarana yang kondusif bagi proses transformasi ilmu pengetahuan dan budaya Islami. Keempat, konsep hakekat manusia dan fungsi penciptaannya dalam alam semesta harus sepenuhnya diakomodasikan dalam perumusan teori-teori pendidikan Islam melalui pendekatan kewahyuan, empirik keilmuan dan rasional filosofis. Kelima, proses internalisasi nilai-nilai Islam ke dalam pribadi seseorang harus dapat dipadukan melalui peran setiap individu untuk saling bekerjasama, sehingga dapat meperkuat terwujudnya kesatuan pola dan kesatuan tujuan menuju terbentuknya mentalitas insan kamil.Kata Kunci: Manusia, Al-Qur’an, Pendidikan Islam 
STRATEGI BANK SYARIAH DALAM MENGATASI NON PERFORMING FINANCING Nurkhozin Hadi
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.100

Abstract

Sangat menarik membahas tentang kinerja bank syariah, sebab bank syariah  menjadi fenomena dalam pengembangan ekonomi umat sesuai prinsip ekonomi Islam. Perbankan syariah selalu mengedepankan asas demokrasi ekonomi, serta  prinsip kehati-hatian, kemudahan dan transparansi yang dijalankan mendukung tujuan perbankan syariah. Pada bank syariah kredit macet disebut juga dengan Non Performing Financing  (NPF) adalah salah satu indikator kunci untuk menilai kinerja fungsi bank, karena NPF yang tinggi adalah indikator gagalnya bank dalam mengelola bisnis antara lain timbul masalah likuiditas (ketidakmampuan membayar pihak ketiga), rentabilitas (hutang tidak dapat ditagih), dan solvabilitas (modal berkurang). Sistim perbankan syariah memiliki faktor fundamental yang dapat menahan timbulya NPF agar tidak meluas. Perbankan syariah memiliki caranya sendiri dalam mengatasi NPF. Bertansaksi di perbankan syriah berarti menghindari berbagai praktek keuangan yang menylahi ketentuan syariah. Patut disadari oleh seluruh umat Islam, bahwa ketaatan akan syariat atau ketentuan hukum Islam akan mendatangkan kemanfaatan yang tidak hanya dijanjikan di akhirat, tetapi akan menikmatinya secara langsung di dunia sebagai sebuah karunia  Allah ta’ala.Kata Kunci: Strategi, Bank Syariah, Non Performing Financing 
DETEKSI DINI KEMAJUAN BELAJAR MAHASISWA BERBASIS SISTEM INFORMASI Lakry Maltaf Putra; Karfindo Karfindo
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.95

Abstract

Dinas Pendidikan merupakan suatu Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang berada dibawah naungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat. Pada Dinas Pendidikan terdapat sub bagian data dan statistik yang mempunyai tugas untuk mempersiapkan, menyusun, mengolah data pendidikan dalam rangka menunjang perencanaan program dinas. Sub bagian ini juga bertugas memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jumlah sekolah, alamat, prestasi dan informasi lainnya mengenai sekolah yang berada di seluruh wilayah Sumatera Barat baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para orang tua untuk mendapatkan informasi mengenai sebaran sekolah di Sumatera Barat. Dalam melakukan pendataan dan pengolahan data sekolah sub bagian pada Dinas Pendidikan masih menggunakan Microsoft word dan Microsoft excel dan penyimpanan data belum terpusat. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam mencari dan mengubah data informasi sekolah sehingga membutuhkan waktu yang lama. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan system informasi berbasis web GIS (Web Geographic Information System). Pengembangan dilakukan pada pembangunan aplikasi Sistem Informasi Geografis penyebaran lokasi sekolah SMA sederajat, data prestasi sekolah, serta daya tampung sekolah berbasis web di Kota Padang menggunakan metode pengembangan sistem model Waterfall. Tahapan metode waterfall meliputi analysis, design, coding, dan testing. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Dari hasil pengujian diperoleh hasil bahwa system berjalan dengan baik membantu admin pada Dinas Pendidikan dalam mengolah dan mengubah data serta membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi sebaran sekolah di Sumatera Barat. Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Webgis, Waterfall
MODEL MANAJEMEN BAITUL MAAL WAT-TAMWIL UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT Usnan Usnan
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.101

Abstract

Perkembangan Baitul Mal wat-Tamwil (BMT) yang begitu pesat tergambar dari telah tergabungnya 5000 lebih BMT dalam Absindo (Asosisasi BMT Seluruh Indonesia) tahun 2017. Namun praktik dilapangan keberadaan BMT kurang diperthitungkan sebagai model pemberdayaan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan. Dari permasalahan ini penulis tertarik untuk mengkaji secara mendalam mengenai sistem pengelolaan BMT dalam melakukan perberdayaan ekonomi rakyat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pertama, perlu dilakukan pembaharuan sistem pengelolaan dan evisensi adminstrasi penyaluran BMT, kedua, melakukan perbaikan dalam manajemen pemberdayaan masyarakat secara maksimal dan ketiga, pembaharuan terhadap model dalam melakukan pengembangan BMT di Indonesia.Kata Kunci: Baitul Mal Wat-Tamwil, Pemberdayaan Ekonomi Rakyat
IMPLEMENTASI METODE TOPSIS UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK DI SMK NEGERI 1 SUNGAI RUMBAI Weri Sirait; Arief Rahmadian Aswin; Cyntia Lasmi Andesti; Nur Azizah
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.94

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu SMK Negeri 1 Sungai Rumbai dalam memudahkan pihak sekolah dan tim manajemen dalam menentukan guru terbaik dengan mengimplementasikan metode Technigue For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS ) untuk menggali kreatifiatas kerja dan meningkatkan kualitas kerja guru di SMK Negeri 1 Sungai Rumbai. Masalah yang ditemui pada penelitian ini adalah sulitnya mengambil keputusan dalam pemilihan guru terbaik, informasi yang dihasilkan dalam penentuan pemilihan guru terbaik tidak efektif dan efisien dan proses penilaian pemilihan guru terbaik masih belum terkomputerisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Technigue For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk penilaian berdasarkan kriteria-kriteria dan sistem yang akan dibangun merupakan aplikasi berbasis web yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, MYSQL sebagai basis data. Hasil yang diinginkan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan perangkingan guru terbaik berdasarkan hasil perhitungan metode TOPSIS.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Guru Terbaik, TOPSIS,WEB
PERSEPSI GURU TENTANG PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU PIAUD DI KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR Isliyanto Isliyanto
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.102

Abstract

ABSTRAK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STMIK INDRAGIRI BERBASIS WEB Deka Zainurrahman; Reni Atika
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.98

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh perguruan tinggi, salah satunya adalah STMIK Indragiri.. Proses penerimaan mahasiswa baru itu terdiri dari beberapa tahapan   yaitu pendaftaran, ujian masuk dan registrasi. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang saat ini berjalan di STMIK Indragiri masih mengharuskan semua tahapan dilakukan secara langsung di lokasi kampus. Hal ini menjadikan kendala bagi calon mahasiswa yang berdomisili jauh dari lokasi kampus. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatkan pengembangan sistem yang baru menggunakan metode perancangan dengan pendekatan berbasis web. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan menggunakan MySql sebagai databasenya. Tujuan dari sistem yang baru adalah sistem berbasis online, dimana semua tahapan penerimaaan mahasiswa baru dilakukan secara online.Kata Kunci : Sistem Informasi, Penerimaan Mahasiswa Baru, Online, PHPMySQL,Web
EFEKTIFITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BERNAS PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN Marisah Marisah
IndraTech Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v3i1.109

Abstract

Perpustakaan secara histori memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu semua lembaga pendidikan hendaknya memaksimalkan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi ini mengambil sampel 53 orang siswa dengan menyebarkan angket serta didukung oleh teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci dikategorikan “baik” dengan angka persentase sebesar 78,62%. Hal ini hendaknya dipertahankan, namun juga perlu ditingkatkan. Temuan kedua, menunjukkkan bahwa Faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci sehingga dapat dikategorikan “baik” adalah sebagai berikut: Faktor Pendukung: (1) Ruang perpustakaan; (2) Bahan pustaka; (3) Pustakawan; (4) Siswa yang memiliki intelektual yang tinggi; (5) Guru; dan (6) Manajemen Sekolah. Faktor Penghambat hanya satu yakni: Siswa yang memiliki intelektual yang rendah.Kata Kunci: Efektifitas; Perpustakaan; Suber Belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10