cover
Contact Name
Baihaqi Siddik Lubis
Contact Email
baihaqisiddik@umsu.ac.id
Phone
+6281375727705
Journal Mail Official
ejoes@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Sumatera Utara-20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EJoES (Educational Journal of Elementary School)
ISSN : -     EISSN : 27454045     DOI : 10.30596
Core Subject : Education, Social,
EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since 2020. EJoEs will be published three times annually, February, June and October (3 issues/year). EJoES publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and research and their implications for teaching practice. In addition, EJoES presents articles that relate the latest research in the development of curriculum, teaching innovation, child development, cognitive psychology, teaching evaluation, and educational policy.
Articles 36 Documents
MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA SEBAGAI BENTUK IMPELEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDS ASUHAN JAYA KOTA MEDAN Nurul Annisa; Puan Hidayati Hasibuan; Eko Febri Syahputra Siregar
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i1.4550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter (PPK) di Sekolah Dasar melalui implementasi sikap nasionalis dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Mars PPK; (2) Mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SD Swasta (SDS) Asuhan Jaya Kota Medan sebagai bentuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di lingkungan sekolah; (3) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam penguatan pendidikan karakter di SDS Asuhan Jaya Kota Medan; (4) Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi kendala PPK di SDS Asuhan Jaya Kota Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif. Hasil penelitian ini berupa kegiatan wajib siswa/i SDS Asuhan Jaya Kota Medan yaitu melaksanakan apel pagi sebelum masuk kedalam kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Adapun kegiatan yang dimaksud diantaranya menyanyikan lagu Indonesia Raya, tepuk PPK, Mars PPK, membaca doa seperti doa sebelum belajar dan doa untuk kedua orang tua serta pembacaan surat pendek.
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA Eti Muliani
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i1.4551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang  siswa kelas kelas IV SD Negeri 024868 Binjai Universitas, dan sampel dalam penelitian ini 35 orang kelas IV SD Negeri 024868 Binjai karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan hasil tes pada mata pelajaran IPS. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diproleh data kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan antara antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Dimana nilai t dalam hitungan= 281,5 , dan nilai t dalam tabel = 2,03. Dimana   nilai t dalam hitungan > nilai t dalam tabel maka antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai memiliki hubungan.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK KOLASE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI Nancy Angelia Purba
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i1.4552

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik kolase dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan sebanyak 160 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen, 20 orang untuk kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. instrument yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasa. Nilai rata-rata kelas eksperimen 72,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,65 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 + N2) -2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,72 dan taraf signifikansi 1% = 2,03. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 < tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 (3,65) < tt (1,70) pada α = 0,05 dan t0 (3,6) > tt (2,46) pada α = 0,01 yang berarti bahwa baik pada α = 0,05 maupun pada α = 0,01 H0  ditolak. ini berarti Ha  diterima jika ttabel < thitung > ttabel (2,03 < 3,65 > 2,72) maka hipotesis alternatif diterima.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BUKU TEKS PELAJARAN IPS MELALUI MODEL BARAGAM KONFIRMASI SISWA Yusniati Yusniati
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i1.4553

Abstract

Adapun permasalahan adalah rendahnya kemampuan siswa memahami isi buku pelajaran IPS, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih terlihat rendah ketika pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang active Learning dan inovatif.  Dilihat dari nilai rata-rata ujian sumatif mata pelajaran IPS hanya mencapai 66,53 dan 56% siswa yang telah mencapai KKM, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berkisar 44%. Kemudian siswa mengikuti tes kemampuan awal pada semester genap dengan hasil rata-rata kelas 68,4 dan 66 % siswa telah mencapai KKM. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai upaya guru untuk meningkatkan pemahaman isi buku teks pelajaran IPS agar hasil belajar siswa maksimal. Dengan mengacu pada KKM SDN No 104213 Delitua, pembelajaran dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa di dalam kelas telah mencapai ≥80%, dengan nilai KKM 70. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setelah dilaksanakan siklus 1 yaitu guru melaksanakan usaha peningkatan memahami isi buku teks pelajaran IPS melalui pembelajaran Model Baragam Konfirmasi diperoleh nilai rerata kelas 74,4 dan 78% siswa telah mencapai KKM.
PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD Suci Perwita Sari
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i1.4554

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode Make a Match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat beberapa hal yaitu Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Make a Match  menunjukkan pada prestes sebelum melaksanakan tindakan, dari 30 orang dinyatakan tuntas sebesar 40 % dengan nilai rata – rata 44. Perolehan hasil belajar pada siklus I dari 30 siswa terdapat 12 siswa dinyatakan tuntas atau sebesar 40 %, sedangkan 18 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 60 %, dengan nilai rata-rata 70,67. Sedangkan perolehan hasil belajar pada siklus II dari 30 siswa terdapat siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 100%, dengan nilai rata-rata sebesar 86,67.
DAMPAK PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA SEKOLAH DASA Eny Yulia Susanti
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 2 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i2.7185

Abstract

This study aims to describe the impact of online learning during the Covid-19 pandemic for elementary school students. This type of research is library research using data sources from books, journals and internet sites related to the selected topic. The results showed that online learning can help learning activities as long as students learn from home. Apart from the advantages that online learning has, various challenges are also found by teachers and students in learning. A common problem relates to the signals and learning devices used in online learning.
ANALISIS KARAKTER SOSIAL MELALUI PERMAINAN DAKON Halimatussadiah Halimatussadiah
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 2 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i2.7186

Abstract

This study aims to analysis of social character through dakon game. Subjects consisted of 16 students from Medan Perwanis Kindergarten. The problem formulation is how can the game of dakon foster the social character of students and what social characters are produced from the dakon game? Where as the purpose is to describe how dakon games can foster students' social character and describe what social characters are produced from dakon games. By using descriptive qualitative research methods, with observation and documentation data collection techniques, it was found that social characters formed for Medan Perwanis Kindergarten students through dakon games, among others: honest character, tolerance, discipline, creative, communicative, peaceloving, and responsibility
TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-1 Mega T. Lumbantobing; Afrida Samosir; Dinda Renita Br Tarigan
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 2 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i2.7187

Abstract

The world of education is being hit by a learning crisis due to the presence of the Covid 19 virus so that learning is transferred to the network. Various obstacles arise in online learning. This study aims to investigate the challenges that arise during online learning. This type of research is library research using data sources from books, articles and journals. Based on the results of the analysis, it was found that students did not have learning tools, the teacher's ability to operate technology was limited and the availability of internet networks was difficult.
MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN Rosmaida Rosmaida
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 2 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i2.7188

Abstract

The purpose of this study was to find out through classroom visit supervision techniques can improve teacher performance in the application of a realistic approach in SD Negeri 094130 Dolokmaraja. This school action research was carried out in 2 cycles with the application of a realistic approach. The research subjects were 6 teachers of SD Negeri 094130 Dolokmaraja. The data collection method was used, the observation observation sheet, and the photos. Based on the results of the study, it was found that in the first cycle the class average value was 76.1%. In the second cycle of action with the application of a realistic approach through the classroom visit supervision technique, it was found that the class average value increased, namely 91.9 and the value of teacher activity observation increased to reach 100%. Thus it can be concluded that through classroom visit supervision techniques the application of a realistic approach increases.
PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI Dinda Afrillia Tanjung; Agustina Agustina; Putri Sania
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 2 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i2.7189

Abstract

The character education is very important to build quality human resources. From an early age he was asked to have a commendable character as a result of good education. In this paper, we present character education theoretically in early childhood so that it has a basic foundation for early childhood character education. In addition, the role of parents and institutions also supports the success of this character education. This will create a generation that has a strong character.

Page 1 of 4 | Total Record : 36