cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 69 Documents
Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak terhadap Pluralisme Agama Dalam Film ? (Tanda Tanya) Heriansyah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.287

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini didasarkan konsep pluralisme agama yang selalu menjadi perdebatan di dalam masyarakat. Banyak media yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama sebagai tema acara baik melalui tayangan televisi dalam acara musik, iklan maupun film yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama. Film “?”(Tanda Tanya) adalah salah satu film yang mengangkat nilai plualisme dan toleransi antar umat beragama. Film ini lebih cenderung mengandung unsur pluralisme yang menjadi permasalahan di dalam masyarakat. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak dalam memahami nilai dan pesan pluralisme agama dalam film “?” (Tanda Tanya). Peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pluralism agama dalam film ? (tanda tanya) adalah positif. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menerima makna dan bentuk perilaku social pluralisme agama yang ditampakkkan atau diceritakan dalam film tersebut.Kata Kunci: Perspesi, Film ?, Pluralisme Agama
EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA (MENDENGARKAN DAN MENULIS) PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN METODE PAI DI FAI UM PONTIANAK Wahdah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.252

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Quiz Team dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Isalam UM Pontianak; 2) Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi Quiz Team dalam pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Isalam UM  Pontianak. Sehingga Setelah memperoleh informasi yang jelas tentang hal tersebut di atas diharapkan nanti dapat menambah wawasan peneliti dan dosen lain tentang strategi pembelajaran dan menjadi bahan rujukan dalam rangka mencari solusi pemecahan masalah guna meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan yang selama ini semakin menurun. Selain itu juga melalui penelitian ini diharapkan dosen dapat memilih strategi yang dapat melatih mahasiswa sebagai calon pendidik agar memiliki memiliki keterampilan dasar mengajar.Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara umum dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Strategi Quiz Team pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Islam UM Pontianak khususnya pada Aktivitas Mendengarkan dan Aktivitas Menulis jadi strategi ini dianggap efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Quiz Team dan Aktivitas Belajar Mahasiswa
UPAYA PIMPINAN RANTING IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI YANG BERNUANSA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK Sumantri Sumantri
Tarbawi Khatulistiwa Vol 6, No 1 (2020): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v6i1.2778

Abstract

Upaya pimpinan ranting ikatan pelajar muhammadiyah dalam mengembangkan nilai-nilai demokrasi yang bernuansa islam di SMA muhammadiyah 1 Pontianak di bawah bimbingan Bapak Nilwani, S.Ag, M.Pd dan Wahdah, S. Ag, M. PdKajian  tentang demokrasi  tidak terbatas hanya yang berhubungan dengan pemerintahan dan politik semata tetapi ruang lingkupnya amat sangat luas, diantaranya yang berhubungan dengan dengan model kepemimpinan dalam keluarga, misalnya ada kepala keluarga ( Ayah) yang bersikap atau bergaya kepemimpinan yang tidak demokrasi (otoriter) demikian juga gaya kepemimpinan di lingkungan  masyarakat, secara luas termasuk di organisasi kepemudaan, organisasi sekolah  dan kemasyarakatan. Dari enam nilai demokrasi salah satunya ialah nilai demokrasi kerjasama, kerjasama akan terwujud jika semua individu mau berperan, tetapi sangat disayangkan seperti yang kita ketahui bahwa nilai demokrasi kerjasama sudah sangat memprihatinkan baik itu dikalangan  masyarakat maupun di dalam organisasi perlajar, yang mana disini bukan hanya masyarakat saja tetapi Pelajarpun sudah kurangnya nilai demokrasi kerjasama. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana Upaya Pimpinan Ranting IPM mengembangkan nilai-nilai Demokrasi yang bernuansa Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, dan juga Untuk mengetahui dan mendeskripsikan  tentang Faktor pendukung dan penghambat Pimpinan Ranting IPM dalam mengembangkan nilai-nilai Demokrasi yang bernuansa Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak . Adapun bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam  penelitian  ini ialah bentuk penelitian kualitatif – deskriptif, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini ialah Pimpinan Ranting IPM, Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Pimpinan Ranting IPM dalam mengembangkan nilai-nilai demokrasi yang bernuasa Islam yaitu melalui kegiatan sosial seperti penyembelihan hewan kurban disamping itu juga melalui saling menasehati dan mengingatkan, dan juga melalui kegiatan infak juma’at, disamping itu juga ada yang mendukung berkembangnya nilai demokrasi kerjasama atau tolong menolong yaitu melalui pembelajaran disekolah, kemudian adanya dukungan untuk berkerjasama, disamping itu juga ada faktor penghambat yaitu waktu, keberadaan Pembina dalam organisasi, partisipasi, kontirbusi dan kesadaran untuk berkerjasama.
RESPON SISWA KELAS XI TERHADAP MATERI PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Nawapuspita Nawapuspita
Tarbawi Khatulistiwa Vol 5, No 1 (2019): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v5i1.2769

Abstract

Respon Siswa Kelas XI terhadap Materi Pengertian, Ruang Lingkup dan Nilai-Nilai Pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2016/2017            Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan respon siswa kelas XI terhadap materi pengertian, ruang lingkup dan nilai-nilai pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup, observasi langsung. Bedasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa materi Kemuhammadiyahan ini merupakan materi yang baru mereka ketahui setelah mereka menjadi siswa di SMA Muhammadiyah, karena latar belakang mereka merupakan siswa dari sekolah menengah pertama dan yang lainnya, sehingga banyak dari mereka yang tidak mengetahui materi Kemuhammadiyahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Seberapa besar respon positif siswa kelas XI terhadap materi pengertian, ruang lingkup dan nilai-nilai pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 pontianak tahun pelajaran 2016/2017. (2) Seberapa besar respon negatif siswa terhadap materi pengertian, ruang lingkup dan nilai-nialai pendidikan Kemuhamamdiyahan di SMA 2 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh respon positif siswa dengan jumlah total : 725/51,42% SS, 482/34,18% S, 141/10% TS,  62/4,4% STS, dan respon negatif siswa dengan jumlah total : 72/5,2% SS, 163/11,56% S, 517/36,67% TS, 657/46,59% STS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon positif siswa terhadap materi pengertian, ruang lingkup dan nilai-nilai pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017 lebih besar dari respon negatif siswa terhadap materi pengertian ruang lingkup dan nilai-nilai pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017.
Peran Muhammadiyah Dalam Menyikapi Fenomena LGBT dan Aliran Keagamaan Menyimpang* Nilwani Hamid
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.275

Abstract

Fenomena munculnya bermacam ragam paham dan aliran menyimpang (sesat) di tanah air kerapkali disikapi dengan berbagai cara oleh ummat Islam, sebagian umat Islam menyikapinya dengan ekstrem, sikap ekstrem dimaksud secara umum terbagi menjadi dua, yakni main hakim sendiri dengan menghalalkan tindakan anarkis terhadap para penganut aliran menyimpang (sesat), atau memasang badan membela para penganut paham dan aliran menyimpang (sesat) tersebut dengan berdalih bahwa "hanya Tuhan-lah yang berhak memvonis sesat tidaknya suatu golongan". Bila kita mencermati secara jeli, maka sikap kelompok pertama yang menghalalkan tindakan anarkis terhadap para penganut aliran sesat sesungguhnya dilatarbelakangi oleh satu model beragama yang lebih mengedepankan sikap-sikap emosional. Sementara kelompok kedua yang begitu toleran terhadap para pengikut dan penjaja kesesatan, boleh jadi dilatarbelakangi oleh faktor kejahilan (kebodohan) terhadap ajaran Islam, mengikuti hawa nafsu sehingga terjebak taklid buta pada apa yang diajarkan guru-gurunya, atau adanya kepentingan-kepentingan duniawi yang menyebabkan seseorang yang sejatinya alim memilih untuk diam seribu bahasa atau bahkan cenderung melakukan pembelaan terhadap eksistensi aliran/paham menyimpang (sesat) tersebut. Diantara aliran/paham menyimpang(sesat) yang saat ini sedang menghebohkan jagat Indonesia raya adalah lgbt dan gafatar.
KORELASI TINGKAT KEHADIRAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 PONTIANAK Anjar Sari
Tarbawi Khatulistiwa Vol 6, No 2 (2020): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v6i2.2785

Abstract

Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam  di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4. Di bawah bimbingan Heriansyah, SH, SHI, M.Pd dan Wahdah, S. Ag, M. PdAbstrak: Anjar Sari: Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam  di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak 2017 dibawah bimbingan bapak Heriansyah, SH,SHI, M.Pd, dan ibu Wahdah, S.Ag, M.Pd. Tujuan umum dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasi tingkat kehadiran siswa dengan hasil belajar pendidikan agama Islam  di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di SMK Negeri 4 Pontianak dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu: teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data berupa tes, dan dokumen. Peneliti menggunakan perhitungan statistik persentase dan rumus rata-rata, dan rumus product moment. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat kehadiran siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak sebesar 91,63% dan tergolong sedang atau cukup baik, 2) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak sebesar 69,22 dan tergolong sedang/cukup baik, 3) Terdapat korelasi positif antar tingkat kehadiran dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di Sekolah Menenah Kejuruan  Negeri 4 Pontianak dengan kontribusi sebesar 77,96%. Artinya kenaikan variabel X (tingkat kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (hasil belajar PAI), atau penurunan variabel X  diimbangi oleh varabel Y
PENGARUH METODE BRAINSTORMING GROUP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PONTIANAK Elin B Somantri
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.244

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran masih sangat rendah. Tujuan penelitian secara umum adalah mengetahui tentang: Pengaruh Metode brainstorming group Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Perilaku Terpuji di Kelas XI  SMA Negeri 8 Pontianak.          Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 8 Pontianak dengan jumlah sampel untuk masing-masing kelas 32 untuk kelas XI BI dan 27 untuk kelas XI BIII dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik non partisipan, dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa angket, pedoman tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah normalitas data, rumus presentase dan uji regresi.          Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) sebelum diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 48,14 dengan kategori kurang tinggi, 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming Group pada siswa kelas XI Negeri 8 Pontianak sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan, 2) Aktivitas belajar siswa untuk kelas control (XI BI) setelah diterapkan metode ceramah mencapai nilai 74,05 dengan kategori tinggi dan aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) setelah diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 85,15 dengan kategori sangat tinggi dan 3) Pegaruh penggunaan metode Brainstorming Group terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak, ditunjukkan dengan Nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara metode pembelajaran  Brainstorming Group dengan aktivitas belajar siswa.
PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI KARYAWAN DI IBIZZA CLUB ENTERTAINMANT PONTIANAK TAHUN 2014 Ridwan Ridwan
Tarbawi Khatulistiwa Vol 5, No 2 (2019): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v5i2.2774

Abstract

Pembinaan keagamaan bagi karyawan di Ibizza Club Entertainmant Pontianak tahun 2014. Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2015 di bawah bimbingan Bapak Drs. Rahmatullah. M. Ag dan Bapak Alias S. Ag. S. Pd. M. Si.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1) Bentuk kegiatan dalam pembinaan keagamaan bagi karyawan di Ibizza Club Entertainmant Pontianak Tahun 2014. 2) Faktor penghambat dalam pembinaan keagamaan bagi karyawan di Ibizza Club Entertainmant Pontianak Tahun 2014. Metode yang digunakan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terbagi menjadi dua, yaitu 1) sumber data primer yaitu pembina atau pengurus mushola dan karyawan. 2) Sumber data sekunder yaitu literatur-literatur tentang kegiatan pembinaan keagamaan. Alat pengumpulan data yang digunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Bentuk kegiatan dalam pembinaan keagamaan bagi karyawan di Ibizza Club Entertainmant Pontianak yaitu kegiatan membaca Al-Quran, shalat berjamaah dan perayaan hari besaar islam. 2) Faktor penghambat dalam pembinaan keagamaan bagi karyawan di Ibizza Club Entertainmant Pontianak yaitu faktor dari dalam diri sendiri (kemampuan rasio), faktor waktu, dan faktor lingkungan.
EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI ETH (EVERYONE IS A TEACHER HERE) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN MAHASISWA PAI DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UM PONTIANAK PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (PPD) Wahdah Wahdah
Tarbawi Khatulistiwa Vol 5, No 1 (2019): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v5i1.2765

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan pada mahasiswa PAI FAI UM Pontianak, Mahasiswa sudah mampu membuat pertanyaan sesuai ketentuan sebuah pertanyaan yang baik namun masih banyak mahasiswa yang belum mampu menjelaskan materi yang mereka dapatkan. Maka peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian lanjutan. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Waktu pelakasanaan penelitian mulai bulan Maret 2019 sampai bulan September 2019 berlokasi di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak khususnya pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dan Dokumentasi dengan analisis data yang digunakan yaitu rumus persentase. Luaran penelitian terdiri dari tiga, yaitu laporan substansi dan laporan keuangan, manuskrip publikasi dalam jurnal PAI, dan makalah seminar hasil (oral).Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Hasil persentase kelengkapan pembuatan RPPH yang disusun oleh dosen dengan menggunakan strategi ETH mencapai 100%, jika diukur dengan tolak ukur persentase tergolong kategori sangat baik. Berkaitan dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran PPD dengan menggunakan strategi ETH, siklus 1, terdapat 2 item sudah terlaksana dengan baik namun masih perlu perbaikan dan 17 mencapai 89,47%. Selanjutnya pada siklus 2 seluruh item terlaksana semua atau jika dipersentasekan mencapai 100%. Jika diukur dengan persentase keberhasilan kinerja, dapat dikategorikan sangat tinggi/sangat baik. 2). Terdapat peningkatan keterampilan menjelaskan mahasiswa dengan menggunakan strategi ETH pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik di FAI UM Pontianak yaitu pada siklus 1 mencapai 73,68% atau pada kategori Tinggi/Baik dan pada siklus 2 mencapai 89,47% tergolong pada kategori Sangat Tinggi/Sangat Baik.
PROBLEMATIKA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH-IBADAH DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH PONTIANAK Heriansyah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.253

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Aqidah-Ibadah melalui pemanfaatan TIK di SMA dan SMK Muhammadiyah kota Pontianak. Aqidah-Ibadah adalah salah satu mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa pada SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammmadiyah 2 di Pontianak yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dismpulkan bahwa Pembelajaran Aqidah-Ibadah melalui TIK di SMA dan SMK Muhammadiyah Pontianak memiliki kelebihan: terdapat rumusan pembelajaran melalui ICT dalam silabus dan RPP, menarik perhatian, memotivasi dan memudahkan siswa memahami materi, didukung kemampuan beberapa guru dalam mengoperasikan media TIK, telah dilengkapi dengan jaringan internet, mendorong guru menggunakan media online, fasilitas TIK yang tersedia, dan terbukti meningkatkan hasil belajar. Adapun kekurangan-kekurangan yang dimiliki: Tidak semua materi dapat dijelaskan melalui TIK, kemampuan SDM TIK masih terbatas dan kecepatan jaringan internet yang masih lambat.Kata Kunci: Problematika, TIK, Aqidah-Ibadah,