cover
Contact Name
Avid Leonardo Sari
Contact Email
avid.leonardo@gmail.com
Phone
+6281221512892
Journal Mail Official
jurnalakselerasi1@gmail.com
Editorial Address
Jln. Cibolerang 2, Cileunyi - Bandung. Prov. Jawa Barat. Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional
ISSN : 2774230X     EISSN : 2774230X     DOI : https://doi.org/10.435/1445
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional is open access and peer-reviewed Journal, JIN is a scientific journal that contains the results of research and theoretical studies of Social Sciences and Exact Sciences. Managed by GoAcademica Research & Publishing. Focus and Scope AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional is a multi-disciplined journal focused on the study of Social Sciences and related disciplines in Indonesia, Asia, and The World. JIN also publishes articles in the field of Exact science that have an impact on society in the hope that there will be an exchange of pure knowledge with its application to society as an object of development. The journal publishes theoretical and empirical research articles intending to promote and disseminate academic atmosphere in and on the region. The journal publication includes articles, research notes, notices on conferences, workshops, and seminars, and book reviews.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 135 Documents
AKTIVITAS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAKSANAAN REKRUTMEN, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung) Amelia Ayu Rezika; Anggina Situmorang; Aril Indra Dwinanda; Asep Dani; Adang Djatnika Effendi
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i1.103

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari aktivitas manajemen sumber daya manusia seputar deskripsi dan spesifikasi pekerjaan, proses rekrutmen, sistem pelaksanaan kompensasi, program pelatihan dan pengembangan pegawai serta analisis SWOT pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan data sekunder berupa wawancara narasumber dan dokumentasi penelitian terdahulu maupun buku-buku lainnya.
ANALISA KINERJA KEUANGAN METODE EVA DAN MVA PADA PERUSAHAAN PT WASKITA KARYA (PERSERO) TBK TAHUN 2017-2019 Muhammad Rizal Utomo; Mutia Aprilianti Nur Azizah; Mutiara Rahmi Fadillah; Nadila Sholehah; Nadyya Putri Marthiana; Nazela Suci Akbari; Neneng Badriah; Setya Mulyawan
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i1.104

Abstract

EVA dan MVA adalah salah satu metode perhitungan yang mengukur kinerja keuangan sebuah perusahaan untuk menentukan value added yang digunakan oleh investor sebagai salah satu pedoman investasi di pasar modal. Manfaatnya agar para investor mampu mengetahui apakah nilai investasinya dapat dikatakan baik atau tidak menurut kinerja keuangan perusahaan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai kinerja keuangan PT Waskita Karya pada periode 2017 sampai 2019 yang datanya diambil melalui laporan keuangan yang telah disebar luaskan oleh perusahaan sebagai bentuk transparansi. Penelitian kinerja keuangan ini berpacu pada hasil kriteria yang dilakukan pada metode EVA dan MVA yaitu ketika EVA/MVA > 0 maka nilai kinerja keuangan dapat dikatakan baik dan terdapat nilai tambah ekonomis dari perusahaan tersebut dan sebaliknya.
ANALISIS ASPEK PEMASARAN SEGMENTATION, TARGETING, BRAND POSITIONING DAN BAURAN PEMASARAN PADA COCOES INDONESIA Muhammad Aditya Wilman; Muhammad Amir Mahfuzh; Muhammad Ervan Firdaus; Muhammad Fithyan; Maolana; Muhammad Rifqi Muzakki; Lilis Sulastri
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i1.105

Abstract

Pemasaran merupakan aspek yang sangat penting bagi perusahaan, khususnya perusahaan baru untuk mencapai kesuksesan dalam finansial yang sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Kegiatan pemasaran agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan maka membutuhkan adanya kegiatan manajemen atau manajerial meliputi perencanaan, organisasi, koordinasi kerja, dan pengawasan. Oleh karena itu penulisan jurnal ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran pada Cocoes yang meliputi segmentation, targeting, brand positioning dan bauran pemasaran. Penyusunan jurnal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Cocoes. Hasil penyusunan jurnal ini menyatakan bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Cocoes mulai dari segmentation, targeting, brand positioning dan bauran pemasaran sudah cukup baik tetapi ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan oleh Cocoes untuk kemajuan perusahaan.
ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK GULA AREN DI CV. CANDELA Elda Nurgina; E.Lina Nurhalimah; Faras Annisa Aulia; Fikra Restakirana; Fikri Azshois; H. Budiman
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i1.106

Abstract

Bauran promosi merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan, dalam rangka untuk menarik minat beli konsumen. Bauran promosi terdiri dari iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat. Saat ini, gula aren (palm sugar) diproduksi dalam bentuk batang, cair dan granula atau lebih dikenal sebagai “gula semut”. Begitu pula dengan CV.Candela yang memproduksi gula semut aren sebagai produk unggulannya. Dalam segi produk CV.Candela telah unggul, tetapi dari segi pemasaran belum optimal seperti yang diharapkan. Hal itu tercermin dari masih rendahnya minat beli konsumen terhadap produk gula aren Candela yang diduga disebabkan oleh belum efektifnya bauran promosi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bauran promosi beserta dampak yang ditimbulkan terhadap minat beli konsumen dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil analisis memperlihatkan, bahwa bauran promosi yang dilakukan perusahaan, memiliki kekuatan dalam hal bahan baku dengan kualitas terbaik sedangkan faktor kelemahannya berupa kurangnya staff penjualan. Pada faktor eksternal bauran promosi dihadapkan dengan beberapa tantangan, diantaranya berupa: banyak pesaing yang menjual dengan produk yang sama, namun demikian perusahaan masih memiliki peluang yang terbuka, antara lain pada faktor komunikasi yaitu dengan hadirnya internet dapat memberikan banyak ruang bagi candela untuk mempromosikan produk-produknya Untuk itu, dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen, dapat ditempuh dengan menerapkan strategi promosi dalam bentuk memperluas jaringan kerjasama penjualan.
ANALISIS EFEKTIVITAS PEMASARAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT MASA DEPAN CERAH BANDUNG MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT Gawik Setiawan; Hesti Siti Nurbarkah; Ikhsan Nugraha; Ipan Solihin; Iyan Sopyan; Dewi Kurniasari
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i1.107

Abstract

Jurnal ini menjelaskan kontribusi pendidikan nonformal terhadap pembangunan di Indonesia. Pendidikan nonformal dalam jurnal ini adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Sebagai salah satu wadah dalam melaksanakan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan pentingnya pendidikan, pemerintah mendukung berlangsungnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat secara penuh melalui Kemendikbud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data dari perusahaan, buku, artikel, internet dan pendapat dari ahli dalam bidang terkait yang sesuai dengan pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pemasaran yang dilakukan PKBM MDC Bandung pada tahun 2018-2020 dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oportunities, Threats)
ANALISIS DINAMIKA PERMASALAHAN IMPLEMENTASI ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA Rahmat Salam
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 2 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i2.109

Abstract

The budgeting process is central to every administration be it the central government, local governments and the private sector because financial control is perhaps the most effective coordination tool. The scope and nature of government operations as a whole are determined by the allocations for the various programs. In fact, human nature has never been proven compared to when humans struggle to get a larger than usual share of the funds. This paper examines budgeting at the local government level, its preparation, problems and prospects. The study found that there was a wide gap between the budget plan and its implementation which resulted in the failure to fulfill political promises and the increasingly high expectations of society. The widespread dissatisfaction of the masses with the local government contributed greatly to the slow pace of local community development. This paper makes several recommendations that will reduce the incidence of budget deficits in the Government.
Bauran Pemasaran (Product, Price, Dan Place) Pada Analisis Gisty Hijab Olshop Eri Novari; Riyan Ardiansyah
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 3 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i3.110

Abstract

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah inti dari suatu sistem perusahaan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi permintaan akan produk yang dihasilkan. Variabel dari bauran pemasaran adalah product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Dari uraian di atas, penulis akan melakukan analisis pada Gisty Hijab Olshop tentang pengaruh bauran pemasaran yaitu produk (product), harga (price), dan tempat (place). Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan konsumen. Dan analisis ini menggunakan analisis deskriptif.
MODERNISASI SISTEM KOMPENSASI PADA KINERJA KARYAWAN PT ANGKASA PURA II Dede Irfan Maulana Yusuf; Tiara Rismayanti; Thameliya Gemmy Supardi; Sofia Sifa Maulidina; Siti nur ilma Mutiara; Sunengsih; Ruhenda Lesmana Wijaya
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 3 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i3.111

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini sangat diperlukan SDM yang berkualitas karena maju mundurnya suatu perusahaan sangat bergantung pada kualitas SDM atau karyawannya, oleh karena itu pengelolaan sumber daya manusia harus dilakukan secara professional agar terwujudnya keseimbangan antara kebutuhan pegawai dan tuntutan serta kemampuan perusahaan. Pemberian kompensasi dalam perusahaan harus diatur dengan baik sehingga dapat diterima oleh kedua belah pihak dengan harapan dapat menjamin kepuasan karyawan yang pada nantinya perusahaan dapat mencapai tingkat kinerja yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan di PT. Angkasa Pura II (Persero) bertujuan untuk mengetahui modernisasi sistem kompensasi yang diberikan perusahaan agar kinerja karyawannya dapat meningkat. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan tahun 2018 dan 2019 yang sudah dipublikasikan di website PT Angkasa Pura II (Persero). Berdasarkan analisis yang dilakukan pada PT Angkasa Pura II (Persero), dapat diketahui system kompensasi PT Angkasa Pura II (Persero) pada karyawannya meliputi Fixed Compensation, Variable Compensation, Benefit,Ketenagakerjaan, Non Cash Benefit. Selain itu adanya program dana pensiun bagi karyawan usia 56 tahun PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan pelatihan wirausaha dan purna bakti. Adapun penilaian kinerja karyawan pada PT Angkasa Pura II (Persero) dapat dikatakan baik karena pergerakan pesawat, arus penumpang dan kargo pada tahun 2019 menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya.
PENGARUH ANALISIS RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT. UNILEVER INDONESIA TBK TAHUN 2017-2019 Dinda Ayu Sieradianto Angelia; Dio Sugiharto; Dytia Nanda Lissetiawan; Egie Regita Cahyani; Erna Khusnul Novita; Fadla Nurfadilah; Feiza Nisa Insani; Agus Joharudin
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 3 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i3.112

Abstract

Untuk mengetahui tingkat kesehatan perusahaan harus dilakukan pengukuran ataupun penilaian kinerja perusahaan. Kinerja adalah prestasi yang dicapai oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu yang mencerminkan tingkat kesehatan perusahaan. Tujuannya adalah menemukan kelemahan di dalam kinerja perusahaan yang dapat menyebabkan masalah pada perusahaan. Demikian juga PT. Unilever Tbk yang tentunya ingin mengetahui tingkat kesehatan usahanya dari tahun ke tahun, yaitu dengan cara menilai kinerja manajemen perusahaannya. PT. Unilever Tbk tentunya membutuhkan pengelolaan manajemen yang baik dari permodalan, persediaan barang, dan laba yang akan diperoleh, sehingga perusahaan dapat terhindar dari kurang tepatnya keputusan atau kebijakan yang diambil, serta perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan lebih efisien dan tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena alat analisis data yang digunakan berasal dari data sekunder laporan keuangan PT Unilever Tbk Pada tahun 2017 - 2019 yang diambil dari www.idx.com. Alat analisis yang digunakan dalam menilai kinerja keuangan perusahaan adalah dengan rasio keuangan, yang terdiri dari likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Untuk menilai kinerja keuangan tersebut dengan menggunakan metode time series yaitu dengan cara membandingkan ratio-ratio financial perusahaan dari satu periode ke periode lainnya. Dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas setiap tahunnya mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dari penjualan dan laba yang didapatkan perusahaan selalu meningkat, semua kewajiban yang harus ditanggung perusahaan bisa dipenuhi, baik kewajiban lancar maupun tidak lancar, hanya rasio aktivitas yang selalu mengalami penurunan, hal ini terjadi karena kurang efektinya perusahaan dalam mengelola aktiva dan piutang perusahaan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bank BRI Kantor Cabang Cianjur) Ilham Ramadhiansah; Ika Celsie Agustin; Hilmi Fauzi; Hilmi Abdil Majid; Herdiansyah Nurzaini; Babay Suhaemi
AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional Vol 2 No 3 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL
Publisher : GoAcademica Research dan Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/jin.v2i3.113

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bank BRI Kantor Cabang Cianjur), lokasi ini dipilih oleh peneliti dengan pertimbangan bahwa Bank BRI Kantor Cabang Cianjur merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Kabupaten Cianjur. Latar belakang penelitian ini adalah Budaya Organisasi sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi Kinerja Karyawan Bank BRI Kantor Cabang Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi konstruktif, budaya organisasi pasif-defensif, dan budaya organisasi agresif-defensif berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan sebesar 53,4% sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Budaya organisasi konstruktif berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikan 0,027 lebih kecil dari α = 0,056. Budaya organisasi pasif-defensif berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikan 0,038 lebih kecil dari α = 0,055. Budaya organisasi agresif-defensif berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikan 0,004 lebih kecil dari α = 0,040. Maka diharapkan Bank BRI Kantor Cabang Cianjur untuk selalu meningkatkan dan menyempurnakan budaya organisasi demi mencapai kinerja karyawan yang maksimal.

Page 1 of 14 | Total Record : 135