cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Principal Contact: Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd. (085239967417) Technical Support Contact: Randi Pratama M., M.Pd. (085781267181) Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Vocational : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan
ISSN : 27750019     EISSN : 27746283     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan Kejuruan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 101 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING AGUS RIYANTO
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK N 1 Pracimantoro, Tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan media pembelajaran Mind Map. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian menggunakan siswa kelas X Tata boga 2 SMK N 1 Pracimantoro tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik, data membuktikan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik disetiap akhir siklus. Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital sebagai berikut: nilai rata-rata sebelum tindakan 71,19 pada siklus I 73,3 dan nilai rata-rata pada siklus II 79,4. Hal yang sama terjadi pada peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai batas tuntas minimal (>70) yaitu sebelum tindakan 17 peserta didik (58,62%), yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 peserta didik (65,91 %) dan pada siklus II meningkat menjadi 27 peserta didik (93,10%).
PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) ANDI ASMAWADI
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah Observasi kelas dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas VIIa SMPN 3 Bontobahari Kabupaten Bulukumba sebanyak 22 orang. Rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan penerapan pembelajaran berlangsung sangat baik. Hasil menunjukkan bahwa pada Surah Al Quraisy, dari 22 siswa, 18 siswa telah benar bacaan tajwidnya, untuk Surat Al Kautsar, 19 orang telah menguasai, dan untuk Surat Al Kaafirun, 20 siswa telah membaca dengan tajwid yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode tajwid dalam pembelajaran BTQ telah dilakukan dengan hasil yang memuaskan.
UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN BERNALAR MATERI TRIGONOMETRI MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA(LAS) PADA SISWA KELAS X TGB-D SMK N 2 WONOGIRI ENY MAILIANA INTARTININGSIH
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bernalar materi Trigonometri melalui discovery learning berbantu lembar Aktivitas Siswa (LAS) bagi siswa kelas X TGB – D semester genap SMK N 2 Wonogiri. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode discovery learning berbantuan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa materi Trigonometri pada siswa kelas X TGB – D SMK N 2 Wonogiri. Hasil dari penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut : peningkatan kepercayaan diri siswa dari prasiklus sebesar 53 % ke siklus 2 sebesar 67 %, peningkatan kemampuan bernalar siswa dari prasiklus sebesar 34 % ke siklus 2 sebesar 67 %, peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 53 % ke siklus 2 sebesar 79 %. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode discovery learning berbantuan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa X TGB-D SMK Negeri 2 Wonogiri. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pemikiran untuk meningkatkat kepercayaan diri siswa, kemampuan bernalar dalam proses belajar mengajar sehingga prestasi belajar dapat pula ditingkatkan.
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMK SE-KOTA TANJUNGPINANG HADYP SAPUTRO
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Iklim Organisasi dan Kecerdasan Emosional mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru SMK Se-Kota Tanjungpinang. Jenis penelitian asosiatif dengan populasi Guru SMK se-Kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018-2019 adalah 393 orang. Sampel yang digunakan adalah berdasarkan teknik Slovin yaitu sebanyak 198 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji regresi linier berganda lalu melakukan pengujian Hipotesis. Hasil penelitian didapat bahwa iklim organisasi dan kecerdasan emosional mempengaruhi kepuasan kerja guru SMK se-Kota Tanjungpinang. Selanjutnya diperoleh nilai signifikan F = 0.000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi untuk keseluruhan variabel didapat nilai Adjusted R square yang diperoleh sebear 84,2%, dan sisanya 15,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti didalam model regresi ini.
INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Di Sekolah Berbasis Pesantren SMK Maarif NU Ciamis) DENI PERMANA; IDIS KUDSI; MAFTUH SALAM; YOSIAL IRIANTARA; UJANG CEPI BARLIAN
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.40

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang: pelaksanaan pembelajaran dengan model blended learning menggunakan system luring dan daring (campuran) pada masa pandemi covid 19 di SMK Maarif NU Ciamis. Metode yang dipergunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan penekanan bahwa informasi tentang obyek penelitian bersumber dari literatur kepustakaan dan bersifat deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran dengan model blended learning menggunakan system luring atau tatap muka pada masa pandemi covid 19 di SMK Maarif NU Ciamis dengan tidak memanfaatkan jaringan internet (offline). Sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka. Pada pelaksanaan pembelajaran luring, sekolah menerapkan pedoman penyelenggaraan pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 dengan tetap mentaati protocol kesehatan, yaitu Wajib menggunakan masker, cek suhu, dan sekolah menerapkan sistem pembelajaran tatap muka selama 2 hari secara bergantian dan pembatasan jam pembelajaran dimana durasi KBM hanya berlangsung 2 jam. Metode luring dalam pelaksanaannya adalah dengan membuat kelompok-kelompok kecil per kelas yang dibagi menurut tempat tinggal santri atau kobong, yang dimana nantinya ada ketua di setiap kobong. Setiap ketua kelompok kecil tersebut diberikan tanggung jawab untuk mengkoordinir anggota kelompok di kobong yang sama. Selanjutnya ketua kelompok diberikan suatu tugas dari guru untuk mendistribusikan soal atau tugas kepada anggota kelompoknya dan saat penugasan itu sudah selesai, ketua kelompok tersebutlah yang menyerahkan tugasnya kepada guru; 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan model blended learning menggunakan system daring pada masa pandemi covid 19 di SMK Maarif NU Ciamis dilakukan dengan menggunakan kombinasi berbagai aplikasi baik fitur-fitur yang memudahkan kegiatan belajar, seperti Whatsapp Group, Google Classroom, Youtube, Ebook dan Powerpoint. Ruang kelas secara virtual dibuat dengan menggunakan Google Classroom dan WhatsApp Grup (WAG). Google classroom merupakan salah satu LMS yang dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran online. LMS ini didukung berbagai fitur yang dapat dielaborasi untuk mendukung proses pembelajaran. Aplikasi ini dapat diimplementasikan pada materi saintik, sochum, dan materi-materi pembelajaran yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK ELY MARYANI
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.81

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan sebagai suatu upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yang berdampak pada kemandirian belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan software Geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda campuran ( Mix Method ) tipe Embedded Design dengan jenis Embedded experimental model dengan design penelitian berbentuk pretes-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 6 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposive (purposive sampling) 3 (tiga) kelas. 1 (satu) kelas memperoleh model PBL menggunakan Geogebra, 1 (satu) kelas memperoleh model PBL, dan 1 (satu) kelas lagi memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model PBL menggunakan Geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh Model PBL. 2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model PBL menggunakan Geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model PBL lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 4) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh model PBL. 5) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh model konvensional. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Software Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan kemandirian siswa dalam pembelajaram matematika
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOMPOSISI FOTO DAN VIDEO DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DAN BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE ABDUL ROKHIM
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i1.82

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Komposisi Foto dan Video (Type of Shot) siswa kelas XI Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 1 Bangil, metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran dengan subyek siswa berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan (1) rancangan awal, (2) Pengamatan, (3) Refleksi, dan (4) rancangan yang direvisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar Komoposisi Foto dan Vide (Type of Shot) dengan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran yaitu pada siklus I dengan rata-rata 68,91 dan siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan memperoleh nilai > 70 sebanyak 22 siswa (68,76 %). Sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 82,97 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa (87,50%) dengan demikian metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar Komposisi Foto dan Video (Type of Shot) siswa kelas XI Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 1 Bangil dan bisa digunakan di sekolah lainnya pada mata pelajaran yang berbeda
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMBAS TAHUN AJARAN 2017/2018 ELLYZARD ELLYZARD
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i2.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi pada kompetensi mengelola kartu persediaan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa pada Kompetensi Mengelola Kartu Persediaan, terbukti dari nilai rata-rata prestasi belajar Akuntansi sebelum dilakukan tindakan adalah 69,36 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 40,91%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 1,59 menjadi 70,95 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 61,90%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 93,86 (2) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Akuntansi kompetensi Mengelola Kartu Persediaan mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sambas.
LAYANAN INFORMASI UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENGHADAPI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MAE ENDANG IRIASTUTI
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i2.112

Abstract

Tujuan pendidikan kejuruan adalah menyiapkan peserta didik untuk memasuki dunia kerja, dunia usaha serta mengembangkan sikap professional. Untuk menyiapkan sumber daya yang berkualitas tersebut pemerintah membuat kebijakan penyelenggaraan Pendidikan Sisten Ganda (PSG). Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Sisten Ganda, program praktik kerja industri merupakan program wajib yang harus dilaksanakan di sekolah kejuruan. Agar supaya praktik kerja industri dapat tercapai dengan maksimal, maka peserta didik perlu diberikan layanan informasi tentang data dan fakta serta gambaran pelaksanaan praktik kerja industri melalui layanan informasi oleh guru Bimbingan Konseling. Literature review bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa serta mencari kesamaam pandangan tentang manfaat dan pengaruh layanan informasi terhadap kedisiplinan peserta didik.. Desain Literature review menggunakan artikel dan jurnal yang terbit tahun 2017 sd 2020. Dari lima artikel dan jurnal terpilih yang telah dianalisa, didapat kesamaan hasil bahwa, layanan informasi secara efektif berpengaruh terhadap pemahaman dan kepercayaan diri, prestasi, kematangan karir, serta kedisiplinan peserta didik.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA MATERI BANGUN DATAR ABDUL ROKHIM
VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/vocational.v1i2.134

Abstract

Tujuan penetilian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan media realia pada siswa kelas XI Listrik 1 SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya rata-rata nilai prestasi belajar matematika kelas XI Listrik 1 di SMK Negeri 1 Bangil kabupaten Pasuruan pada pokok bahasan Bangun Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan/tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penggunaan media realia dimaksudkan untuk mengkonkritkan pembelajaran matematika yang abstrak tentang bangun datar sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar matematika. Setelah diadakan evaluasi melalui tes tertulis diperoleh data yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kelas 69,72 dan dari 36 siswa terdapat 22 siswa (61,1 %) sudah mencapai nilai ketuntasan yaitu > 70. Sedangkan pada siklus II hasil evaluasi diperoleh rata-rata kelas 79,58 dan terdapat 34 siswa (94,4 %) sudah mencapai nilai ketuntasan > 70. Dengan demikian penggunaan media realia dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.

Page 1 of 11 | Total Record : 101