cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Principal Contact: Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd. (085239967417) Technical Support Contact: Randi Pratama M., M.Pd. (085781267181) Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
ISSN : 27748030     EISSN : 27744183     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021)" : 15 Documents clear
ANALISIS KECEMBURUAN SOSIAL MASYARAKAT NON PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN SELONG LOMBOK TIMUR H. MOH. JUHAD JUHAD
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.106

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara utuh dan komprehensif terkait dengan kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat program keluarga harapan (pkh) di Kecamatan Selong Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur purposive. Pada penelitian ini subjeknya terdiri atas Kepala Bidang di Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur 1 orang, Kepala Seksi di Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur yang menangani PKH 1 orang, penerima manfaat PKH 5 orang, dan masyarakat non penerima manfaat 7 orang di Kecamatan Selong. Dari Hasil Penelitian ini bahwa Terdapat kebenaran terjadinya kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lombok Timur, dibuktikan dengan banyaknya kasus-kasus yang ditemukan, gosip-gosip yang beredar, terlalu sedikitnya KPM yang dapat PKH dibandingkan jumlah keluarga miskin, dan jumlah dana yang diterima oleh KPM relatif besar. Penyebab kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur, yaitu a. Sosialisasi yang tidak sempurna, b. Rasa ketidakadilan, dan c. Pola hidup konsumtif KPM. Langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah dalam mengatasi kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur yaitu a. Penyelenggaraan program-program penanggulangan kemiskinan b. Mengintensifkan sosialisasi PKH, dan c. Profesionalisme penyelenggaraan PKH
PREFERENSI HABITAT PERSARANGAN PENYU DI KAWASAN PULAU KECIL ZETH PARINDING
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.114

Abstract

Penyu melakukan persarangan di setiap kawasan pulau kecil pada Bentang Laut Kepala Burung Papua dipengaruhi preferensinya terhadap tekstur pasir dan jenis-jenis tanaman naungan dan perakarannya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan preferensi habitat persarangan bagi penyu baik tekstur pasir maupun jenis-jenis tumbuhan sekitar persarangan pada kawasan pulau kecil yakni Pulau Venu (SML, Kaimana) dan Pulau Wairundi (TNTC, Teluk Wondama). Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif survey menggunakan Aplikasi SPSS versi 20 dengan uji Chi square. Substrat pasir, yang diambil pada kedalaman 50cm, dilakukan pengujian tekstur pasir menggunakan alat sieve shakers, untuk menentukan butiran pasir bertektur halus, pasir bertektur sedang, dan pasir bertektur kasar. Selanjutnya jenis-jenis tumbuhan naungan dan perakarannya diukur dari sarang terdekat. Preferensi habitat persarangan penyu pada kawasan pulau kecil di Bentang Laut Kepala Burung Papua ditemukan pada pasir bertekstur sedang, dan jenis-jenis tumbuhan adalah Tournefortia argentea dan Scaeveola taccada.
OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM PRODUKSI JAMU SINOM PADA PO ROSYADA, GRESIK, JAWA TIMUR INTAN RIZKY LINOVEKA; EFFY YUSWITA; IMANIAR ILMI PARIASA
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.115

Abstract

Bahan baku adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan proses produksi. pengendalian persediaan bahan baku juga perlu dilakukan agar terhindar dari kondisi kekurangan bahan baku dan juga bahan-bahan baku yang sudah dibeli dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Maka dari itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu usaha-usaha terkait agar dapat menentukan persediaan bahan baku yang efektif, sehingga proses produksi dapat terus berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pengendalian persediaan bahan baku di PO Rosyada, menganalisis pengendalian persediaan bahan baku dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ), menganalisis perbandingan total biaya yang dikeluarkan untuk persediaan bahan baku yang sudah dilaksanakan (sebelum metode EOQ) dan setelah menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Economic Order Quantity, Reorder Point, Safety Stock, dan Total Inventory Costs. Hasil dari penelitian ini adalah PO Rosyada masih menggunakan metode konvensional dalam melakukan pengendalian persediaan bahan baku. Setelah melakukan pengendalian bahan baku menggunakan metode EOQ, kuantitas bahan baku yang harus dipesan yaitu 92,98 kg dengan frekuensi pemesanan sebanyak 15 kali dalam setahun. Titik pemesanan kembali yaitu ketika bahan baku tersisa 32,7 kg dengan persediaan pengamanan sebanyak 23,82 kg. Biaya yang dikeluarkan sebelum menggunakan EOQ adalah Rp 588.514, sedangkan setelah menggunakan EOQ adalah Rp 267.982. Hal ini dapat menghemat biaya persediaan hingga 54,46%.
AKTIVITAS PRIMER DAN PENDUKUNG RANTAI NILAI PRODUK PARE KRISPI UMKM D5 KARANGPLOSO MALANG EFFY YUSWITA
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.121

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis aktivitas primer pada rantai nilai produk 2) menganalisis aktivitas pendukung pada rantai nilai produk di UMKM D5 Chrispy Karang Ploso Malang. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan yaitu pada bulan Juni 2020 hingga Oktober 2020. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM D5 Chrispy Karangploso Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah VCA (Value Chain Analysis) dengan melakukan pembobotan dan penilaian pada setiap aktivitas primer dan aktivitas pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas primer pada rantai nilai yang memiliki skor tertinggi yang sama besarnya adalah aktivitas logistik ke dalam dan aktivitas operasi, dengan kinerja yang excellent. Aktivitas primer yang memiliki skor terendah adalah aktivitas pemasaran dan penjualan dengan kinerja yang average. Pada aktivitas pendukung yang memiliki skor tertinggi adalah pada aktivitas pengembangan teknologi dengan kinerja yang average. Aktivitas pendukung yang memiliki skor terendah adalah aktivitas manajemen sumber daya manusia dengan kinerja yang poor. Untuk mencapai kinerja yang excellent perlu ada perubahan kinerjanya. Untuk aktivitas yang sudah excellent kinerjanya perlu dipertahankan. Ini merupakan potensi keungggulan bersaing.
PERAN ORANG TUA SEBAGAI MITRA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID – 19 SUTINI SUTINI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam peran orang tua selama pembelajaran daring berlangsung menggunakan studi pustaka. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah. Akibat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama setahun lebih, dunia pendidikan masih menerapkan kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran secara daring ini tentu saja di lapangan banyak sekali ditemukan masalah yang menyangkut motivasi belajar siswa, ketersediaan sarana dan prasarana dan tingkat keefektifan guru dalam menyampaikan materi, mengingat pembelajaran daring ini tidak terjadi secara tatap muka langsung, sehingga bukan merupakan suatu hal yang mudah bagi anak. Kemandirian anak dalam belajar sangat dituntut, agar dapat mengikuti pembelajaran secara daring ini. Orang tua sebagai orang yang keberadaannya paling dekat dengan anak, mempunyai peran yang sangat penting sebagai mitra guru selama proses pembelajaran berlangsung antara lain sebagai motivator dan pendamping siswa. Selain itu orang tua juga berperan fasilitator yang menyiapkan segala keperluan anak untuk mengikuti pembelajaran daring, dan sebagi guru yang mendampingi proses pembelajaran di rumah
MENDONGKRAK PROFESIONALISME GURU MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DI SMPN 2 TALEGONG CUCU SUWANDANA
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.131

Abstract

Tujuan penulisan best practices ini adalah untuk mendongkrak profesionalisme guru melalui model alternatif pelatihan yang menawarkan model in-service training yang lebih fokus pada upaya pemberdayaan guru sesuai dengan kapasitas serta permasalahan yang dihadapi masing-masing, model tersebut adalah lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS). Hal ini dilakukan karena pelatihan yang selama ini berjalan tidak efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Talegong. Adapun hasil yang dicapai adalah: 1) inovasi dalam perencanaan pembel. Oleh karena itu Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) adalah solusi terbaik untuk meningkatkan profesionalisme guru, dengan tahapan kegiatannya adalah: 1) tahap Pra-Leson Study yang terdiri dari pembekalan, membentuk kelompok guru, menyusun jadwal, menetapkan guru model; 2) tahap pelaksanaan Lesoon Study, terdiri dari, perencanaan (plan), Pelaksanaan (Do), Refleksi (See) dan dilanjutkan dengan tahapan tindak lanjut. ajaran; 2) inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran; 3) inovasi dalam evaluasi pembelajaran; 4) inovasi dalam kepengawasan pembelajaran. Selain itu pelalsanaan LSBS juga berdampak baik terhadap peningkatan profesionalisme guru (kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial), dan budaya sekolah (terbangunnya komunitas belajar di lingkungan sekolah, meningkatnya publikasi ilmiah, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, dan tercapainya sasaran kinerja ASN).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI HUKUM BACAAN QALQALAH MENGGUNAKAN METODE DEPA BERJENJANG KHUSNAINI FAUZI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.135

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggunakan metode Depa Berjenjang untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis materi hukum bacaan qalqalah pada siswa kelas VII G MTs Negeri 2 Temanggung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Metode Depa Berjenjang merupakan metode Demonstrasi berbasis Praktik dengan menggunakan materi Berjenjang. Sumber data berasal dari teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai pengetahuan, sedangkan teknik non tes yaitu observasi digunakan untuk mengetahui nilai sikap dan keterampilan. Observasi juga digunakan untuk mengamati kinerja guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran. Indikator keberhasilannya adalah hasil belajar siswa memiliki rerata sedikitnya 75 dan ketuntasan belajar sekurang-kurangnya 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Depa Berjenjang dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai sikap, yaitu kedisiplinan 61,76% pada siklus 1 menjadi 79,41% pada siklus 2, dan percaya diri 64,71% pada siklus 1 menjadi 76,47% pada siklus 2. Nilai pengetahuan pada siklus 1, reratanya adalah 76,47 menjadi 86,76 pada siklus 2. Pada siklus 1 siswa mencapai batas tuntas 70,59%, pada siklus 2 meningkat menjadi 85,29%. Nilai keterampilan, siswa mencapai batas tuntas dari 67,65% menjadi 79,41%, reratanya dari 74,51 menjadi 78,43.
PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PKn di Kelas VIII MTs 6 ACEH BESAR MARDHIAH MARDHIAH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.142

Abstract

Tujuan penelitian: 1) Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran PKn 2) Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada kegiatan inti dalam pembelajaran PKn 3) Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada kegiatan penutup dalam pembelajaran PKn di kelas VIII MTs Negeri 6 Aceh Besar . Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain. Ada tiga tahapan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian: 1) Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran PKn di kelas VIII MTs Negeri 6 Aceh Besar dapat dilaksanakan sesuai harapan, hal ini dapat dilakukan dengan apersepsi dengan mempersiapkan sebelum memulai pembelajaran dengan salam dan sapa serta absesnsi dan juga melakukan penjajagan kesiapan belajar siswa dan menginformasikan kompetensi yang akan dicapai; 2) Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada kegiatan inti dalam pembelajaran Pkn di kelas VIII MTs Negeri 6 Aceh Besar dapat dilaksanakan sesuai RPP, yaitu dengan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Di samping itu penanaman nilai- nilai nasionalisme dilaksanaan melalui berbagai macam strategi yaitu di antaranya: pengintegrasian nilai karakter ke dalam mata pelajaran yang dilaksanakan berdasarkan dengan RPP dengan menyisipkan nilai-nilai dan materi nasionalisme dengan metode, media, dan sumber yang telah dirancang oleh guru, di samping itu melalui kegiatan terprogram dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain; memperingati hari besar nasional, bakti sosial, ekstrakurikuler, menghias kelas dengan tema nasionalisme; 3) Pelaksanaan penanaman nilai karakter pada kegiatan penutup dalam pembelajaran PKn di kelas VIII MTs Negeri 6 Aceh Besar dapat dilaksanakan dengan melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram dan merencanakan kegiatan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan kalau perlu melakukan penilaian/tes dan nontes dengan mengacu pada indikator pencapaian nilai-nilai pendidikan karakter, melalui pengamatan guru dalam proses pembelajaran. Penilaian pendidikan nasionalisme dititik beratkan kepada keberhasilan penerapan nilai- nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai dengan nilai nasionalisme yang diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan di kelas dan lingkungan sekolah.
PENERAPAN MODEL BIMBINGAN BERBASIS LEMBAR KERJA DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN TES TERTULIS RAUDLATUL MUNAWARAH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.143

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penerapan model bimbingan berbasis lembar kerja dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 HSU dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan tahapan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Data berupa kompetensi yang dicapai guru dalam menyusun tes bentuk tertulis diperoleh dengan melakukan penskoran terhadap hasil jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Bimbingan Berbasis Lembar Kerja (LK) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis di MAN 1 HSU.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MTs NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 ZAENAL KHAYAT
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i2.147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelisik efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran dalam jaringan (daring) di MTs Negeri 2 Purbalingga, pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada siswa dan guru MTs Negeri 2 Purbalingga. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui Whatsapp dan Google Classroom pada MTs Negeri 2 Purbalingga kurang efektif, karena berbagai faktor baik dari siswa maupun dari guru. Sehingga sangat diperlukan evaluasi peran guru, siswa dan orang tua dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring di MTs Negeri 2 Purbalaingga.

Page 1 of 2 | Total Record : 15