cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Principal Contact: Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd. (085239967417) Technical Support Contact: Randi Pratama M., M.Pd. (085781267181) Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
ISSN : 27748030     EISSN : 27744183     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2021)" : 15 Documents clear
PENERAPAN KEGIATAN EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KARTININGSIH KARTININGSIH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.558

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan kegiatan eksperimen dalam pembelajaran IPA pada siswa SMP Negeri 1 Sugihwaras. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Berdasarkan pengalaman guru selama mengajar di kelas VIII C SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro, pada umumnya siswa dalam belajar hanya membaca tanpa memahami isi pelajaran. Siswa kurang terlatih untuk berfikir, menyampaikan ide dan menyelesaikan masalah. Pada setiap kegiatan pembelajaran IPA siswa cenderung pasif, kurang bersemangat dan sulit untuk aktif bertanya maupun menyampaikan pendapatnya serta kurang bisa bertanggungjawab terhadap tugasnya. Dalam kegiatan pembelajaran sering tampak motivasi siswa saat belajar IPA masih rendah sehingga hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan prosedur pelaksanaannya mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yang umum. Adapun Langkah-langkah penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator mengalami peningkatan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan baik pada siklus pertama maupun siklus kedua.
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MEDIA PUZZLE KAUSALITAS BERBANTUAN VIDEO KHABIB BASTARI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.559

Abstract

Hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Ambarawa semester I tahun pelajaran 2019/2020 masih belum seperti yang diharapkan. Salah satu satu solusi yang diharapkan adalah pembelajaran menggunakan media puzzle kausalitas berbantuan video. Penelitian ini ingin mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran menulis menggunakan puzzle kausalitas berbantuan video yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi menulis dan perilaku peserta didik. Teknik pembelajaran ini melatih peserta didik menyusun teks setelah melihat tayangan video dan menyusun urutan kejadian melalui puzzle. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar unjuk kerja menulis teks eksplanasi mengalami kenaikan yang signifikan dari keadaan awal hingga siklus 2. Pada keadaan awal ketuntasan belajar menulis hanya 25,00% (8 peserta didik) dengan nilai rata-rata 65,82%, meningkat menjadi 90,63% (29 peserta didik) pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 79,10%. Perilaku peserta didik minimal baik pada keadaan awal hanya 43,75% (14 peserta didik) meningkat menjadi 81,25% (26 peserta didik), atau meningkat 85,71%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis menggunakan media puzzle kausalitas berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan sikap/perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.
PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 TARAKAN MOCHAMMAD MACHFUD
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.560

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran jarak jauh yang dilaksnakan di SMP Negeri 2 Tarakan dapat berjalan dengan baik, agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Laporan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh merupakan pelaporan hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn kelas 9 di SMP Negeri 2 Tarakan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara dalam hal bagaimana penerapan pembelajarannya, menggunakan kurikulum darurat selama pandemi Covid-19, alat dan media apa yang digunakan serta prestasi belajar siswanya Langkah-langkah Langkah seperti meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, Dari hasil pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya akan tetapi bisa diselesaikan dengan baik demi mencerdaskan perserta didik. Baik sistem pembelajaran daring dan luring diharapkan guru dapat kreatif dalam mendidik peserta didik, supaya keberhasilan pembelajaran bisa tercapai dengan baik atau efektif. Penulisan ini memberikan informasi bahwa guru sebenarnya lebih senang memilih pembelajaran luring di mana bisa berinteraksi langsung dengan siswa, dan juga siswa lebih menyukai pembelajaran luring melalui pembelajaran tatap muka. Karena pandemi Covid-19 masih tinggi maka pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan system daring masih menjadi pilihan alternatif yang terbaik demi keselamatan guru, warga sekolah dan peserta didik itu sendiri.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASKER SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH JAMROH JAMROH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.561

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang harus dilaksanakan di SD menuntut kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kendala dalam pembelajaran jarak jauh antara lain motivasi belajar rendah, sulitnya akses Internet, siswa tidak memiliki smarphone, serta orang tua tidak mampu mendampingi. Best practice ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masker terhadap peningkatan motivasi belajar IPA dalam pembelajaran jarak jauh. Subjek praktik baik ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 32. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan jurnal harian. Hasil peningkatan ditunjukan dengan rata-rata kehadiran dan aktivitas siswa pada minggu ke-1 50,4%, minggu ke-2 90,4%, dan minggun ke-3 100%. Dari hasil tersebut, penerapan pembelajaran berbasis masker mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KIMIA SISWA KELAS X SMK DI KABUPATEN BOGOR EVY CITRA AYU NEGARI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Model Pembelajaran dan Kemadirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kimia (Eksperimen pada SMK Negeri di Kabupaten Bogor). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pada siswa SMK Negeri Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019 semester 2. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket/kuesioner tentang kemandirian belajar langsung kepada sampel dan pengerjaan soal kemampuan berpikir kritis. Validitas instumen penelitian dilakukan dengan rumus Product Moment Pearson Correlation. Reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis deskripsi meliputi mean, median, standar deviasi dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas sebelum melakukan analisis data terlebih dahulu. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis ANAVA Dua Arah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis kimia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan sig. = 0.000 < 0.005 dan Fhitung = 31.693. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis kimia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan sig. = 0.001 < 0.005 dan Fhitung = 11.696. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis kimia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan sig. = 0.003 < 0.005 dan Fhitung = 9.312.
MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DAN PENGGUNAAN KOMIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING ACHMAD SYAHREZA
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.564

Abstract

Belajar di masa pandemi covid-19 memberi dampak bagi peserta didik, diantaranya ialah penurunan motivasi belajar. Kondisi ini merupakan tantangan bagi guru, dan hal ini membuka pintu untuk menemukan solusi atas persoalan yang muncul. Salah satu upaya yang dilakukan ialah pembelajaran aktif dan penggunaan komik berbasis discovery learning. Metode penelitian ini disusun dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus. Data yang diperoleh dari studi literatur sebagai data sekunder, adapun data primer diperoleh dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penerapannya diperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, berdasarkan hasil wawancara dan angket bahwa pembelajaran aktif dan penggunaan komik mendorong motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran aktif dan penggunaan komik yang diteliti dengan pendekatan kualitatif deskriptif dalam studi kasus mampu membangun motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim, Kota Batam.
KIPIN PTO SEBAGAI MEDIA ASESMEN DIGITAL PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DERIS SUSIYANTO
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.576

Abstract

Masa pandemi covid 19 memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia, sehingga mengubah gaya hidup dan rutinitas manusia. Hal ini juga mengakibatkan perubahan di dunia pendidikan yang semula kegiatan pembelajaran dengan tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang sering disebut pembelajaran daring. Untuk mempermudah pembelajaran daring diperlukan media yang membantu pendidik dalam pembelajaran salah satunya menggunakan media aplikasi Kipin PTO. Kipin PTO merupakan program digitalisasi asesmen sekolah yang memungkinkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran (latihan soal atau try out, penilaian harian dan ujian di sekolah) secara digital berbasis online tanpa menggunakan kertas lagi. Kipin PTO sangat bermanfaat baik bagi sekolah, guru, siswa dan orang tua. Manfaat bagi sekolah Kipin PTO menyediakan fasilitas asesmen berbasis digital yang mudah dan lengkap, terjadi penghematan biaya fotocopy kerta yang besar tiap bulannya. Manfaat bagi guru diantaranya dapat membantu tugas guru dalam membuat paket soal yang mudah dan cepat, tidak perlu koreksi nilai lagi, dan ada Analisa soal. Manfaat bagi siswa, siswa mendapatkan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk latihan soal, akses cukup pakai gadget. Kegiatan asesmen menjadi labih menyenangkan. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut dapat meningkatkan daya eksplorasi siswa, serta terjadi peran aktif dan partisipasi siswa dengan sesama temannya secara kompetitif dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan kreatif, menarik dan tidak membosankan, sehingga akan memotivasi siswa dalam pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hasil survei responden peserta didik terhadap pemanfaatan Kipin PTO dalam pelakasanaan asesmen digital mencapai persentase 82,6%.
UPAYA OPTIMALISASI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 SEBUAH TINJAUAN LITERATUR ENI LESTARI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa optimalisasi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam mnghadapi pandemic covid-19 dapat diketahui dari (1) kemampuan mendisiplinkan seluruh perilaku warga, (2) mengedukasi atau mendidik warga untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah, (3) mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan hidup warga, (4) menanamkan kebiasaan pada warga untuk senantiasa mempraktikkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur, (5) memelihara kesehatan mental warga, (6) saling memotivasi dan menguatkan, (7) sosial kemasyarakatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia sebagai mahkluk sosial.
ASPEK SOSIAL EKONOMI AGRIBISNIS PADI DI DESA KERBOKAN, SAWAN KABUPATEN BULELENG BALI I MADE GEDE ARIESTOVA KURNIAWAN
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.599

Abstract

Petani agrobisnis khususnya padi yang dalam kesenyataannya ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi masih rendah dari pendapatan yang diperolehdari kegiatan yang dilakukan guna pemenuhan kebutuhan hidupnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh intern factor dan extern factor. Dalam upayanya para petani agribisnis khususnya padi menghadapi berbagai kendala dan selalu berusaha untuk mengatasi kendala tersebut. Maka dipandang perlu sekiranya mengkaji masalah utama yang menjadi urgensi masalah dari pendapatan para petani tersebut yakni melihat dari aspek sosial dan ekonomi yang menjadi harapan besar para petani agribisnis khususnya padi untuk selalu berupaya untuk meningkatkannya dikarenakan akan kebutuhan hidup dan tanggungan yang menjadi kewajibannya semakin meningkat. Secara umum antara harapan dan senyatanya sangatlah bertolak belakang, begitu pula dengan teori yang dimiliki para petani dan dari usaha secara langsung di lahan pertanian yang dimilikinya terdapat kesenjangan, terlebih dengan luas lahan yang digarap ataupun dikelola berhubungan erat dan sangat significant dengan pendapatan yang diperoleh dikemudian hari. Begitu pula halnya dari penjualan hasil pertanian tidak sesuai harapan, inilah yang harus disinkronkan oleh para petani yang ternyata tidak mudah seperti membalik telapak tangan.
PROGRAM ANTI SAMPAH PLASTIK SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MADRASAH SEHAT DI MTSN 7 KEDIRI ISTIQOMAH ISTIQOMAH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 4 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i4.600

Abstract

Masalah kebersihan belum sepenuhnya dapat dikelola dengan baik. Sampah plastik termasuk jenis sampah yang tidak dapat terurai sehingga dapat merusak ekosistem tanah. Sebagian masyarakat belum terbiasa memisahkan sampah kering dan basah, antara sampah organik dan anorganir bahkan belum mempertimbangkan polusi yang ditimbulkan akibat pembakaran sampah plastik.Upaya penanggulangan sampah plastik perlu segera dilakukan melalui berbagai gerakan positif. Salah satu gerakan tersebut adalah melaksanakan program anti sampah plastik sebagai bentuk upaya mewujudkan madrasah sehat. Program madrasah sehat ini sesuai dengan amanat peraturan bersama 4 Kementerian yang ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2014 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Tentang UKS/M. Di tahun 2019 kementerian Agama Propinsi Jawa Timur juga telah mengembangkan program Gerakan Madrasah sehat ( GEMES). Meskipun demikian program madrasah sehat sering terkendala oleh sarana prasana yang kurang memadahi sehingga ada indikasi berbagai kurangnya perhatian terhadap sarana/ prasarana, pengetahuan, sikap peserta didik dibidang kesehatan, kantin madrasah, makanan, kesehatan pribadi dan sebagainya.Untuk itu pembiasaan-pembiasaan baru perlu diciptakan agar peran madrasah tidak hanya mendidik secaara ilmiah saja tapi diharapkan juga mampu mendidik karakteristik peserta didik melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam rangka mewujudkan madrasah sehat melalui gerakan program anti sampah plastik.

Page 1 of 2 | Total Record : 15