cover
Contact Name
Novalin C. Huwaa
Contact Email
jpmunpatti@gmail.com
Phone
+6281312409360
Journal Mail Official
jpmunpatti@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Lt. 2 Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Universitas Pattimura Poka-Ambon, Maluku, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27236870     DOI : https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i1.y2021
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti menerbitkan makalah penelitian dari para peneliti yang mencakup penelitian di bidang Pendidikan Matematika dan Pembelajarannya
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti" : 6 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BENTUK ALJABAR Silviana P Dadiara; Tanwey G Ratumanan; Carolina S Ayal
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p80-87

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor–faktor penyebab yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Katolik Ambon tahun ajaran 2020/2021 pada bulan februari sampai bulan maret 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen penelitian adalah peneliti, lembar tes, pedoman wawancara. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui jenis–jenis kesalahan yang digunakan juga sebagai dasar pemilihan subjek untuk diwawancarai yaitu 6 peserta didik. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa membuat kesalahan. Analisa data dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bentuk aljabar ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Faktor penyebab sehingga siswa melakukan kesalahan yaitu siswa belum memahami cara dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar secara baik dan benar, peserta didik tidak tau rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar, peserta didik tidak menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan operasi aljabar, peserta didik tidak memahami soal dengan baik, peserta didik kurang teliti dalam mengerjakan soal serta peserta didik tidak terbiasa dan belum pernah menyelesaikan soal tipe High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bentuk aljabar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXCTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI STATISTIKA Rasyid Latuconsina; Carolina Selfisina Ayal; Hanisa Tamalene
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p100-109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Statistika. Pendekatan contextual teaching and learning dengan tujuh komponen utama (contructivisme, inquiry, questioning, learing community, modeling, dan authentic assesment) adalah pembelajaran yang mambantu peserta didik mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan lembaran observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatitif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I terdapat 9 orang yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu yang ditetapkan di MTs Nadil Ulum Ory atau dengan persentase Sedangkan pada siklus II terdapat 17 orang dengan persentase atau yang mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory pada materi statistika
PENGARUH GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING Dessy Rieuwpassa; Theresia Laurens; Carolina S Ayal
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p93-99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh gaya belajar di masa pandemi terhadap kemampuan problem solving pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP Katolik Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah ex post facto dengan mengambil sampel dari kelas VII-A dan VII-B SMP Katolik Ambon sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar dan tes kemampuan problem solving. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 yang terdiri dari analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis regresi sederhana, karena hanya memiliki satu varibel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh gaya belajar di masa pandemi terhadap kemampuan problem solving pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP Katolik Ambon. Besar pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan problem solving sebesar 5.1% sedangkan 94.9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN KONVENSIONAL PADA MATERI BARISAN DAN DERET Nur Aini; Juliana Selvina Molle; Anderson Leonardo Palinussa
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p71-79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah yang berjumlah 74 orang dari 3 kelas dan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Untuk masing-masing kelas berjumlah 25 dan 26 peserta didik, sehingga jumlah sampel keseluruh dalam penelian ini adalah 51 orang peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang terdiri dari 4 soal uraian. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu uji-t yang diperoleh hasil bahwa nilai Sig.(2-tailed) = 0,009 < nilai sehingga H1 diterima dan H0 ditolak maka ada perbandingan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah.
PENGARUH METODE DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOORDINAT KARTESIUS Wisye Parinussa; La Moma; Novalin C Huwaa
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p88-92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode daring terhadap hasil belajar materi Koordinat Kartesius. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan bentuk causal design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Ambon yang juga merupakan sampel penelitian ini. Instrument yang digunakan yaitu berupa angket dan tes hasil belajar siswa yang berupa pernyataan-pernyataan untuk angket dan soal uraian untuk tes akhir. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh metode daring terhadap hasil belajar pada materi Koordinat Kartesius. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan yaitu nilai hitung tabel (3,49 < 3,94) maka diterima dan 1 ditolak
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KRISTEN KALAM KUDUS AMBON Tanwey Gerson Ratumanan; Reinhard Salamor; Eunike Ester Mataheru
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p110-117

Abstract

This study aims to identify students numeracy literacy capability. The research was conducted towards 8th grade student’s of Kristen Kalam Kudus Junior High School Ambon. Ever since 66 students, 20 students were randomly selected as research samples. The data collection was carried out using a numeracy literacy test instrument. To obtain data on the learning process in school, the development of numeracy literacy, was conducted using Learning Process Document wich was prepared by Mathematics Teacher. The data where analyzed using a five-scale conversion according to Ratumanan and Laurens (2015). The data review also where analyzed using qualitative descriptive analysis methods. According to this study, it was known, there are 2 students (10%) had a good numeracy literacy capability, 3 students (15%) had good numeracy literacy capability, 4 students (20%) had a sufficient literacy capability, 4 students (20%) have a deficient capability, meanwhile 7 students (seven) (35%) have a lower rate in literacy capability. The study from learning Process Document conducted by Mathematics Teacher, finding the result, which is : (1) The attention of the higher order thinking development has been accommodate. The result of this study can be seen in the formulation of objectives learning that accommodate the level of reasoning, the stages of learning accommodate the problem solving process, as well as practice questions and assessments that also accommodate the level of reasoning, (2) Implication of context in presenting the problem has been accommodated both in teaching materials and practice questions and tests, (3) the forms of questions/problems in learning and assessment are limited to multiple choice questions and descriptions. This shows that the efforts to develop numeracy literacy have been paid attention by the teacher, in despite of teacher's performance which has not been decent

Page 1 of 1 | Total Record : 6