cover
Contact Name
Dwi Sukma Donoriyanto
Contact Email
sukmadewi2004@gmail.com
Phone
+6289360133423
Journal Mail Official
juminten@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Rungkut Madya Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya, (60294) Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Juminten : Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 27214079     DOI : https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2
Journal of Management Industry and Technology , National University of Veterans Development, East Java is a journal that effectively bridges the gap between academics, policy makers, and practitioners and connects various Industrial Engineering and Management communities. While the focus of the publication of this journal on Industrial Engineering and Management research includes: · Reverse Logistics Management · Global Supply Chain Management · Human Factors Engineering/Industrial Ergonomics · Risk Management · Operation Research/Optimization/Metaheuristics · Production Planning and Scheduling · Sustainable Manufacturing Systems · Management of Technology and Innovation · Quality Control and Management · Product Design and Development · Service Design and Management · Healt and Safety management · Cost Analysis Management/Financial Engineering · Business Process Engineering · Facility Design and Layout · Transportation Management · Information Management and Technology · Warehouse Management · Customer Relation Management
Articles 219 Documents
Penjadwalan Proyek Pembuatan Lambung Kapal Cepat Rudal dengan Critical Path Method di Divisi Kapal Perang PT. XYZ Aiful Firmansyah; Enny Aryanny
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.046 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.1

Abstract

Dalam suatu pekerjaan proyek, perlu menyusun rangkaian kegiatan yang sesuai agar tidak terjadi keterlambatan dalam pekerjaan yang mengakibatkan pertambahan biaya. PT. XYZ merupakan salah satu BUMNIS yang bergerak di industri galangan kapal yang merupakan suatu industri manufaktur tempat kapal dibangun, dikonstruksi atau dirakit. Selain itu PT. XYZ juga memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan kebutuhan klien. Sebagai perusahaan yang melakukan produksi berdasarkan pesanan konsumen, PT. XYZ dituntut untuk dapat melakukan produksi tepat waktu dan keterlambatan proses pengerjaan dapat menghambat kinerja produksi dan menambah waktu kerja. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian optimasi waktu pembuatan lambung Kapal Cepat Rudal dengan menggunakan CPM dengan harapan agar penyerahan kapal ke konsumen sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk dilakukan optimasi terhadap waktu produksi kapal terutama bagian lambung kapal. Metode yang digunakan adalah Critical Path Method (CPM). Proses produksi lambung kapal yang dilakukan perusahaan membutuhkan waktu selama 101 hari dengan total biaya sebesar Rp 35.644.943.000,-. Setelah dilakukan Crash Program maka pelaksanaan proyek berkurang menjadi 80 hari dengan pengurangan waktu selama 21 hari total biaya sebesar Rp 35.229.389.000,- sehingga terjadi pengurangan biaya sebesar Rp 415.554.000,- dibandingkan biaya awal.
Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality dan Triz Aland Nagara Yanottama; Erlina Purnamawati; Akmal Suryadi
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.647 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pengunjung Cafe dan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Servqual (service quality) metode ini digunakan untuk mengidentifikasikan kepuasan pelanggan. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tangibles, reliability, responsiveness,assurance, empaty. Dan metode Triz ((Theoryof Inventive Problem Solving) metode ini digunakan untuk membangkitkan inovasi ide dan solusi untuk pemecahan masalah. Kuesioner dibagi kepada 56 responden pengunjung Cafe di Surabaya dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling proposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan 84,17% sangat puas akan pelayanan yang diberikan oleh Cafe, namun masih perlu melakukan perbaikan kualitas karena dalam perhitungan nilai Servqual gap keseluruhan masih menunjukkan nilai negatif -0,104 terhadap pelayanan yang diberikan oleh Cafe
Pengukuran Kinerja Supply Chain Menggunakan Metode Green Score di PT. XYZ Dodo Zulfikar; Dira Ernawati
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.652 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai kinerja supply chain di PT. XYZ apabila diukur dengan menggunakan model green scor. PT. XYZ adalah perusahaan dengan memproduksi bahan aktif kimia untuk pertanian dan perkebunan. Permasalahan yang dialami perusahaan adalah perusahaan mulai mengembangkan tidak hanya produk yang ramah lingkungan tetapi juga management serta supply chain yang ramah lingkungan yang akan dimulai dari produk Guela. Setelah dilakukan verifikasi dari 18 indikator yang diajukan, melalui sesi wawancara diperoleh 14 indikator yang terverifikasi dan bisa dijadikan KPI. Pembobotan pada tiap KPI dilakukan dengan menggunakan metode AHP. Selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja atau scoring dengan menggunakan metode Green Supply Chain Operation Reference (GSCOR) dan mengevaluasi dengan menggunakan metode traffic light system (TLS). Berdasarkan tabel 4.67 dapat diketahui bahwa dari 14 KPI, 3 KPI yang masuk dalam kategori warna kuning, 1 KPI yang masuk kategori warna merah dan 10 KPI yang masuk kategori warna hijau. Nilai total pengukuran kinerja green supply chain pada PT. XYZ didapatkan sebesar 72,64 (Good). Dari angka tersebut dapat diketahui bahwa kinerja green supply chain pada PT. XYZ berada pada warna hijau yang artinya kinerja supply chain sudah baik tetapi perlu dilakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan performansi green supply chain PT. XYZ.
Analisa Distribusi Barang pada PT. XYZ dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetika Dzannisa Ghotrun Nada; Dwi Sukma Donoriyanto
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.926 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.5

Abstract

PT.XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang maupun surat di Indonesia. PT.XYZ sendiri memiliki cabang di setiap kota di seluruh Indonesia. Dalam mewujudkan pendistribusian yang cepat, efektif, dan efisien maka perlu dilakukan penentuan rute distribusi. Rute distribusi ini bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan masing-masing tempat hanya dilewati satu kali. Permasalahan pada perusahaan ini yaitu terletak pada pengiriman barang yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan karena perusahaan belum menentukan rute terpendek dari proses distribusi barang. Oleh sebab itu terjadi pembengkakan biaya distribusi akibat rute yang dilalui dalam proses pengiriman barang belum optimal. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Algoritma Genetika untuk mendapatkan solusi optimal atau mendekati nilai optimal yang diinginkan. Berdasarkan perhitungan software matlab total jarak optimal yaitu 242,5 km dengan biaya distribusi Rp.562.837,5. Sedangkan total jarak perusahaan sebesar 336,3 km dengan biaya distribusi Rp. 850.000,- . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rute optimal distribusi metode Algoritma Genetika lebih baik dari rute perusahaan.
Optimalisasi Lot Size Pemesanan Bahan Baku Rokok Filter Untuk Meminimasi Total Biaya Persediaan Menggunakan Metode Wagner Whitin Algorithm pada CV. XYZ Satriya Dwi Santoso; Dwi Sukma Donoriyanto; Handoyo Handoyo
JUMINTEN Vol 1 No 4 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.948 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i4.6

Abstract

CV. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi rokok. Saat ini Cv. XYZ belum memiliki perencanaan persediaan bahan baku yang baik, selama ini perusahaan memesan bahan baku jenis tembakau, cengkeh, saos dengan jumlah yang terlalu banyak dibandingkan jumlah yang dibutuhkan pada setiap periodenya sehingga terjadinya penumpukan bahan baku. Keadaan ini menjadikan biaya simpan membengkak dan mengaki-batkan tingginya biaya persediaan. Berdasarkan data kebutuhan bahan baku periode September 2018-Agustus 2019 tembakau 58.978 Kg, cengkeh 35.387 Kg , saos 1.533 Liter,sedangkan data total pemesanan baha baku tembakau 63.312 Kg, cengkeh 38.700 Kg, saos 1.850 Liter. Dari identifikasi kondisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Cv. XYZ adalah belum adanya pemesanan bahan baku yang optimal dengan mempertimbangkan dari segi biaya persediaan. Oleh karena itu dibutuhkan pengendalian perse-diaan yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu menentukan pemesanan bahan baku yang optimal sehingga mampu meminimasi total biaya persediaan dengan menggunakan metode Wagner Whitin Algorithm pada CV. XYZ. Perhitungan perbandingan metode awal perusahaan dengan metode Wagner Whitin Algorithm periode September 2018-Agustus 2019 diperoleh jumlah total biaya persediaan perusahaan sebesar Rp. 8.767.741.370 sedangkan total biaya persediaan metode Wagner Whitin Algorithm sebesar Rp.7.901.660.530. Sehingga metode Wagner Whitin Algorithm dapat memberikan pengehematan total biaya persediaan dan memberikan solusi terbaik dan dapat diterapkan untuk kebutuhan bahan baku dimasa mendatang.
Pemilihan Supplier Bahan Baku Utama dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) di Nv XYZ Yoga Atmaja; Minto Waluyo
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.47 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.7

Abstract

Nv XYZ merupakan perusahaan yang berlokasi di Jl. Kalimas Timur No 216-218, Nyamplungan, Pabean Cantian, Surabaya. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berge-rak di bidang industri kaca dengan menghasilkan produk botol kaca. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan, Nv XYZ mempunyai 5 supplier utama, supplier tersebut terdiri dari Budi, Ahmad Budianto, Zaenuddin, Moamat, dan Saiful. Supplier – supplier dalam memenuhi permintaan bahan baku perusahaan masih terdapat masalah antara lain sering terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku, harga bahan baku yang kompetitif, jumlah bahan baku yang dikirim tidak sesuai kebutuhan dan kualitas bahan baku tidak sesuai harapan. Sehingga perlu adanya evaluasi penentuan supplier yang efisien dengan melakukan monitoring kinerja supplier secara kontinyu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui supplier bahan baku yang memiliki kinerja efisiensi relatif terbaik sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan supplier yang ada di Nv. XYZ. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat supplier yang efisien yaitu Budi, Ahmad Budianto, Moamat dan Saiful dengan nilai efisiensi relatif sebesar 1,000000. Sedangkan supplier yang tidak efisien yaitu Zaenudin dengan nilai efisiensi relatif sebesar 0,8457786. Berdasarkan hasil perangkingan supplier maka dapat diurutkan sebagai berikut, yang pertama Saiful (DMU 5), kedua Moamat (DMU 4). Ketiga Ahmad Budianto (DMU 2), keempat Budi (DMU 1) dan kelima Zaenudin (DMU 3). Berdasarkan perangkingan tersebut maka supplier Saiful merupakan supplier yang memiliki kinerja efisiensi relatif terbaik terbaik.
Analisis Line Balancing Menggunakan Metode Largest Candidate Rule, Killbridge and Western Method, dan Ranked Positional Weights Method di PT. XYZ Masdani Irfan Prakoso Karmawan; Farida Pulansari; Dwi Sukma Donoriyanto
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.944 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.10

Abstract

PT. XYZ berdiri pada tahun 2015 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang prasarana lalu lintas yang memiliki produk berupa Tiang RPPJ (Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan). Pada lini produksi sering terjadi bottleneck pada proses pengelasan lantai tiang terhadap tiang utama sehingga mengakibatkan ada beberapa work station yang mengalami idle time yang signifikan dalam setiap proses produksi yang dilakukan. Penyelesaian masalah bottleneck menggunakan line balancing dengan membandingkan tiga metode yaitu Largest Candidate Rule, Killbridge and Western Method, dan Ranked Positional Weights yang akan dibandingkan. Mas-ing-masing dari ketiga metode tersebut akan menghasilkan line efficiency, balance delay, dan smoothness index. Metode yang memiliki line efficiency tertinggi akan dipilih sebagai metode yang direkomendasikan. Jika terdapat dua metode yang memiliki hasil line efficiency sama besarnya maka metode yang direkomendasikan dilihat dari nilai smoothness index yang paling mendekati 0 dari kedua metode tersebut. Dari hasil pengolahan data, dipilih metode Ranked Positional Weights sebagai metode rekomendasi yang mendapatkan line efficiency 90,27%, balance delay 9,72%, dan smoothnes index sebesar 19,56936
Pengendalian Persediaan Obat di Apotek XYZ dengan Menggunakan Simulasi Monte Carlo Moch Abu Naim; Dwi Sukma Donoriyanto
JUMINTEN Vol 1 No 2 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.316 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i2.11

Abstract

Persoalan manajemen yang potensial yaitu pengendalian persediaan. Tanpa adanya persediaan, pihak apotek Prima Farma akan dihadapkan pada resiko bahwa pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan para pembeli. Dengan tujuan memenuhi keinginan para pembeli tentu saja menimbulkan sebuah ketidak pastian permintaan. Pengendalian persediaan pada apotek Prima Farma dilakukan dengan cara seadanya tanpa melakukan perhitungan tertentu dan hanya berdasar jumlah pemesanan yang seperti biasanya. Hal tersebut mengakibatkan masalah yaitu tidak dapat terpenuhi nya semua permintaan pembeli dan sering kali terjadi kekosongan stok obat dengan tingkat permintaan yang paling tinggi dari jenis obat Supertetra, Glibenclamide, Simvastatin, Planotab, dan Kalmethasone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan persediaan obat yang optimal pada apotek Prima Farma degnan menggunakan metode Simulasi Monte Carlo. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan suatu solusi dalam pengendalian persediaan dengan dasar peramalan permintaan untuk satu periode berikutnya. Dengan begitu dapat ditentukan berapa EOQ dan ROP untuk setiap jenis obatnya. Pengendalian persediaan obat pada apotek Prima Farma berdasarkan simulasi peramalan persediaan dan permintaan diperoleh Total Cost sebesar Rp 165.588.329,07 yang mana lebih kecil dari pada Total Cost Riil apotek sebesar Rp 171.583.085,6 dengan penghematan biaya sebesar Rp 5.994.756,53 dan jika diprosentasekan sebesar 3,49%. Dengan EOQ berurutan yaitu 16 box, 68 box, 34 box, 33 box, dan 17 box. Dan ROP masing-masing berurutan yaitu 7 box, 12 box, 8 box, 4 box, dan 4 box. Sehingga dengan Metode Simulasi Monte Carlo dapat menurunkan total biaya persediaan.
Analisis Performance Mesin Residual Oil Main Burner pada Unit PLTU 3/4 dengan Metode Reliability Availability Maintainability (RAM) di PT Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkit Gresik Luky Noviansyah; Erlina Purnamawati; Dira Ernawati
JUMINTEN Vol 1 No 2 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.947 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i2.12

Abstract

ABSTRAK PT. Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkit Gresik merupakan anak perusahaan PLN BUMN produsen listrik yang salah satu penyuplai kebutuhan listrik di Jawa Timur. Salah satu unit pembangkit listrik Gresik yaitu PLTU unit 3 dan 4 yang mempunyai mesin kritis residual oil main burner pada sistem operasi listrik. Residual Oil Main Burner merupakan tempat pembakaran minyak yang dioperasikan ketika dibutuhkan dua pembakaran. Pada mesin residual oil main burner tidak terdapat penjadwalan pemeliharaan yang tepat. Maka dari itu perlunya kebijakan maintenance pada mesin residual oil main burner yang tepat. Metode yang digunakan Reliability Availability Maintainability (RAM) yang bertujuan untuk memprediksi kinerja keandalan, ketersediaan, kemampuan perawatan dari mesin sehingga memiliki performance mesin yang baik. Berdasarkan hasil perhitungan performance mesin dengan menggunakan metode Reliability Availability Maintainability (RAM), diperoleh nilai reliability sebesar 80,36% pada R(t) = 240 jam dan untuk mencapai nilai maintainability 81% dibutuhkan waktu perbaikan selama lima jam dengan inherent availability sebesar 99,31% dan operational availability sebesar 95,23%.
Pengukuran Kinerja dengan Metode Supply Chain Operations Reference (SCOR) Aji Setiawan; Farida Pulansari; Sumiati Sumiati
JUMINTEN Vol 1 No 1 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.809 KB) | DOI: 10.33005/juminten.v1i1.14

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi resin. Selama ini perusahaan tersebut telah menerapkan konsep SCM pada semua produk resin untuk mengatur aliran barang mulai dari supplier hingga sampai ke tangan konsumen akhir. Akan tetapi, supply chain perusahaan mengalami permasalahan pada produk resin acryic yang berkaitan dengan meningkatnya jumlah Costumer Complaint pada tahun 2019. Peningkatan jumlah tersebut mungkin diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya spesifikasi dan jumlah produk yang tidak sesuai sampai keterlambatan pengiriman. Maka dibuatlah penelitian untuk mengukur kinerja perusahaan dengan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR). Dari pengukuran tersebut didapatkan hasil kinerja yang akan mengarahkan perusahaan dan memberikan keuntungan, baik itu untuk perusahaan itu sendiri, supplier maupun konsumen. Dari hasil pengukuran performansi supply chain PT. XYZ maka dapat diketahui bahwa nilai performansi supply chain di PT. XYZ pada bulan April 2018 sampai Maret 2019 dikategorikan baik karena nilai rata-rata performansi yang dihasilkan adalah 80,88 (baik). Dengan nilai performansi terendah pada bulan Maret 2019 yaitu 66,04 dan nilai indikator KPI yang terendah berasal dari dimensi Make yaitu Drumming Production Time dengan skor 49,17.

Page 1 of 22 | Total Record : 219