cover
Contact Name
Muhammad Fahmi
Contact Email
jurnalsostech@gmail.com
Phone
+62895352497063
Journal Mail Official
jurnalsostech@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok H No. 1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Published by Green Publisher
ISSN : 27745147     EISSN : 27745155     DOI : 10.36418
Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and engineering sciences (mechanical, civil, industrial, electrical and others). Published articles are articles from research, studies, lectures or critical and comprehensive scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 140 Documents
Pra Rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Rumah Sakit Umum Daerah Waled Bagus Anjana, Rizky
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.1

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menghasilkan limbah cair, memiliki IPAL berkapasitas 150 m3/hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan dimensi IPAL cair RSUD Waled meliputi dimensi unit – unit proses pengolahan serta gambar teknik pra rancangan dan mendapatkan rencana anggaran biaya pembuatan IPAL cair RSUD Waled. Metode penelitian yang digunakan yaitu objek penelitian, teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil efluent dari pengolahan BOD : 28,35 mg/l, COD : 24,14 mg/l, TSS : 6,46 mg/l, NH3 : 3 mg/l, minyak/lemak : 6,25 mg/l, MPN coliform : 24 MPN/100ml. Kapasitas IPAL RSUD Waled di rancang untuk 400 bed dengan debit 10 m3/jam, dimensi IPLC RSUD Waled membutuhkan lahan berukuran 97,8 x 45,4 m, dengan material besi beton dan bata bertulang meliputi proses equalisasi dan barscreen, bak sedimentasi awal, anaerobik baffled reaktor, aerobik filter, kolam maturasi, dan desinfeksi mampu menurunkan parameter BOD dari 675 mg/l menjadi 2,835 mg/l, COD dari 1183 mg/l menjadi 8,06 mg/l, TSS dari 211 mg/l menjadi 4,305 mg/l, dan minyak/lemak dari 125 mg/l menjadi 6,25 mg/l. Rencana Anggaran Biaya pra rancangan IPLC RSUD Waled sebesar Rp. 2.019.339.981,-
Pengaruh Return on Assets (Roa) dan Return On Equity (Roe) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Non Sektor Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia” (Studi Empiris pada Perusahaan Grup Lippo Tahun 2012-2018) Sartika, Dewi
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 124 pengelola anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Salatiga dengan teknik pengambilan sampel sensus. Uji validitas menggunakan uji Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel Perencanaan Angagran dan Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Sedangkan variabel Pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa tidak berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah.  
Kartu Prakerja di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Maqashid Syariah Royani Hamzah, Imam; Khusnia, Siti
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.3

Abstract

Program kartu prakerja hadir dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Sejak pandemi Covid-19, aktifitas ekonomi lumpuh. Bahkan sampai pada resesi ekonomi. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran dan kemiskinan. Selain itu, muncul diskursus tentang perubahan kebijakan program kartu prakerja. Kajian pustaka diperlukan untuk membantu menganalisis, menafsirkan konsep dan teori yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini bertujuan mengkaji program kartu prakerja dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan metode metode induktif dan deduktif. Metode induktif adalah metode berfikir dari hal-hal khusus menuju pada hal-hal umum dan metode deduktif adalah metode berfikir dari hal-hal umum ke khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan program kartu prakerja pada masa pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan konsep maqashid syariah. Hal tersebut didasarkan pada data realisasi program kartu prakerja yang hampir mencapai target. Betapapun realisasi tersebut banyak menimbulkan diskursus, akan tetapi kebijakan program kartu prakerja telah jatuh pada kesimpulan bahwa dana 20 Triliun sudah terserap 19,8 Triliun. Hal ini terlepas dari siapa saja yang menerima dana tersebut, baik itu masyarakat menengah kebawah atau keatas. Keduanya sama-sama menjadi korban dan dampak dari pandemi Covid-19, dan termasuk dalam ruang lingkup maqashid syariah yaitu asas dharuriyah (kebutuhan primer), hajiyah (sekunder) dan tahsiniyah (tersier).
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang di PT Shabar Tour Andrayeni, Salmaa
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.4

Abstract

Pengaruh kualitas pelayanan dan harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang terhadap suatu produk atau jasa. Penelitian ini berfokus pada perusahaan bernama PT.Shabar Tour. Berdasarkan hasil pra-survei di perusahaan PT. Shabar Tour, kualitas pelayanan mengenai tangible, emphaty, reliability, responsivness, dan assurance menunjukan kinerja yang belum sepenuhnya baik. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan metode penelitian Deskriptif Analisis untuk mengukur variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pembelian ulang. Dengan didukung oleh hasil tanggapan responden atas kuesioner. Populasi pada penelitian ini diambil dari jamaah umrah PT. Shabar Tour dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 153 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: : (1) Kualitas pelayan berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar 0,337 dan tingkat signifikansinya 0,00 (2) Harga berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilau regresi sebesar 0,443 dan tingkat signifikansinya 0,00. (3) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh negatif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar -1,677 dan tingkat signifikansi sebesar 0,137. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga mampu menjelaskan variabel minat beli ulang sebesar 84,5% sedangkan sisanya sebesar 15,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah Gustavo Puluala, Muhammad
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.5

Abstract

Salah satu bentuk dari reformasi pengelolaan keuangan daerah dan implementasi dari otonomi daerah adalah Pemerintah Pusat dan Daerah. Dengan adanya ini maka pemerintah melahirkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan sumber pendanaan yang digunakan oleh pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan untuk memberikan seluasluasnya kebijakan dalam membangun dan mengembangkan kesejahteraan daerahnya masing-masing sesuai dengan perundang-undangan. Permasalahan yang sering terjadi hingga saat ini di berbagai daerah di Indonesia, dalam pelaksanaan anggaran adalah tingkat penyerapannya yang rendah, hal tersebut terlihat pada Laporan Realisasi Anggaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 124 pengelola anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Salatiga dengan teknik pengambilan sampel sensus. Uji validitas menggunakan uji Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel Perencanaan Angagran dan Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Sedangkan variabel Pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa tidak berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah.      
Pembuatan Program Data Kontrak Kerja Berbasis Web pada Bank Kalteng Cabang Sampit Meilani, Tiara
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.196

Abstract

Latar belakang: PT. Bank Kalteng Cabang Sampit sebagai salah satu pilihan bank utama, kuat, terpercaya, unggulan bersaing, kontributif dan kebanggaan Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi berbasis web yang dapat memberikan informasi data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi di PT. Bank Kalteng Sampit dan mampu mengimplementasikan aplikasi berbasis web data kontrak kerja tenaga administrasi /non administrasi  di PT. Bank Kalteng Sampit. Metode penelitian: Metode pengumpulan data dengan dua metode, wawancara dan studi pustaka. Tahap-tahap yang dilakukan dalam pembuatan penelitian idi adalah analisa kebutuhan data dan analisa sistem, perancangan, implementasi dan pengujian. Hasil penelitian: Aplikasi web data kontrak kerja tenaga administrasi /non administrasi dapat di implementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP, CSS, Bootstrap, Javascript dan dapat di implementasikan. Disarankan untuk memperbanyak data untuk di prosess didalam sistem, supaya dapat melihat sistem mampu atau tidak mengelola data yang banyak dan sistem ini dapat dikembangkan kembali untuk proses yang lebih kompleks lagi. Bukan hanya untuk mengelola data tenaga kontrak kerja saja tetapi bisa ditambah kan data pegawai yang lain atau data yang berhubungan tentang PT. Bank Kalteng Cabang Sampit. Kesimpulan: Aplikasi web data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi yang dibuat dapat memberikan informasi data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi di PT. Bank Kalteng Sampit.
Definisi Sejarah Teori Intelegensi Uyun, Nur; Magdalena, Ina; Maulida, Zahra
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.209

Abstract

Latar belakang: Intelegensi merupakan kemampuan yang bersifat umum dan potensial. Para ahli tidak mecapai kesepakatan dalam banyak hal mengenai intelegensi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah seseorang anak sudah cukup matang untuk diterima di kelas 1 Sekolah Dasar atau belum, untuk mengetahui mengetahui dan memahami intelegensi peserta didik yang berbeda-beda, untuk mengadakan seleksi terhadap calon siswa atau mahasiswa dan sebagai salah satu informasi dalam mengadakan diagnosis kesulitan belajar. Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan informasi adalah dengan menggunakan metode observasi dengan mendatangi salah satu sekolah. Hasil penelitian: Para ahli juga berbeda dalam melihat komponen-komponen yang terdapat dalam intelegensi. Hal itu tampak dalam teori-teori yang mereka ajukan. Beberapa ahli yang mengajukan teorinya mengenai intelegensi, diantaranya adalah Terman, Spearman, Strenborg, Thurstone, Guildford dan Gardner. Intelegensi di ukur menggunakan tes intelegensi dan di skala menggunakan ukuran yang di kenal dengan IQ. Kesimpulan: Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved) dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah.
Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kohesivitas Kelompok dengan Motivasi Berprestasi pada Atlet Sepak Bola Saifuddiin, Muhammad Rizqi; Budi Setyawan, Nur Fachmi
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.210

Abstract

Latar belakang: Manusia pada dasarnya membutuhkan olahraga demi menjaga kesehatan tubuhnya. Masyarakat di dunia khususnya Indonesia pasti menyukai olahraga, khususnya olahrga sepak bola. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola. Metode penelitian: Metode yang digunakan yaitu Purposive Random Sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan 33 item dan skala motivasi berprestasi dengan 30 item. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,787 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P < 0.050). Hasil penelitian: Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,619 yang artinya persepsi terhadap kohesivitas kelompok memiliki kontribusi sebesar 61,9% terhadap motivasi berprestasi dan sisanya 38,1% dipengaruhi faktor lain yaitu kemungkinan untuk sukses, ketakutan akan kegagalan, value, self-efficacy, usia, pengalaman, jenis kelamin, lingkungan, sosial dan hubungan individual. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola.
Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kesepian pada Mahasiswa yang Merantau di Yogyakarta Pramitha, Raissa; Dwi Astuti, Yulianti
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.211

Abstract

Latar belakang: Mahasiswa adalah peserta didik yang menjalani pendidikan di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan psikologis dan kesepian. Metode penelitian: Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, yaitu untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan kesepian pada mahasiswa yang merantau di Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS version 22 for Windows. Hasil penelitian: Terdapat  hubungan negatif antara kesejahteraan psikologis dengan kesepian pada mahasiswa yang merantau di Yogyakarta. (r = -0.655 dan p < 0.05) sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan: Hipotesis yang diajukan oleh peneliti tentang adanya hubungan yang negatif antara kesejahteraan psikologis dan kesepian pada mahasiswa yang merantau diterima. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik akan terhindar dari perasaan kesepian dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kesejahteraan psikologis yang rendah.
Game Online dan Produktivitas pada Remaja Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Rahmi, Nadia; Syahril; Adlin
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.213

Abstract

Latar belakang: Seiring perkembangannya zaman saat ini dunia sudah mulai memasuki era revolusi industri 4.0 membuat teknologi semakin lebih canggih. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap produktivitas belajar pada remaja yang ada di Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian: Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer bersumber dari 50 responden yang di jadikan sampel pada remaja yang memainkan game online di Desa Gunong Kleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data langsung. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket/kuesioner yang berisi pertanyaan dengan permasalahan. Angket akan ditujukan kepada para pemain game online yang ada di Desa Gunong Kleng. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online yang berlebihan akan menimbulkan sikap ketergantungan terhadap game online tersebut. Sikap ketergantungan ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap produktivitas belajar remaja. Dimana, remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online dari pada harus belajar yang seharusnya dilakukan sebanyak 8 sampai 10 jam perhari pada remaja. penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau gambaran motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar selalu melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar. Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar.

Page 1 of 14 | Total Record : 140