cover
Contact Name
Muhammad Fahmi
Contact Email
jurnalsostech@gmail.com
Phone
+62895352497063
Journal Mail Official
jurnalsostech@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok H No. 1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Published by Green Publisher
ISSN : 27745147     EISSN : 27745155     DOI : 10.36418
Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and engineering sciences (mechanical, civil, industrial, electrical and others). Published articles are articles from research, studies, lectures or critical and comprehensive scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)" : 5 Documents clear
Pra Rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Rumah Sakit Umum Daerah Waled Bagus Anjana, Rizky
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.1

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menghasilkan limbah cair, memiliki IPAL berkapasitas 150 m3/hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan dimensi IPAL cair RSUD Waled meliputi dimensi unit – unit proses pengolahan serta gambar teknik pra rancangan dan mendapatkan rencana anggaran biaya pembuatan IPAL cair RSUD Waled. Metode penelitian yang digunakan yaitu objek penelitian, teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil efluent dari pengolahan BOD : 28,35 mg/l, COD : 24,14 mg/l, TSS : 6,46 mg/l, NH3 : 3 mg/l, minyak/lemak : 6,25 mg/l, MPN coliform : 24 MPN/100ml. Kapasitas IPAL RSUD Waled di rancang untuk 400 bed dengan debit 10 m3/jam, dimensi IPLC RSUD Waled membutuhkan lahan berukuran 97,8 x 45,4 m, dengan material besi beton dan bata bertulang meliputi proses equalisasi dan barscreen, bak sedimentasi awal, anaerobik baffled reaktor, aerobik filter, kolam maturasi, dan desinfeksi mampu menurunkan parameter BOD dari 675 mg/l menjadi 2,835 mg/l, COD dari 1183 mg/l menjadi 8,06 mg/l, TSS dari 211 mg/l menjadi 4,305 mg/l, dan minyak/lemak dari 125 mg/l menjadi 6,25 mg/l. Rencana Anggaran Biaya pra rancangan IPLC RSUD Waled sebesar Rp. 2.019.339.981,-
Pengaruh Return on Assets (Roa) dan Return On Equity (Roe) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Non Sektor Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia” (Studi Empiris pada Perusahaan Grup Lippo Tahun 2012-2018) Sartika, Dewi
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 124 pengelola anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Salatiga dengan teknik pengambilan sampel sensus. Uji validitas menggunakan uji Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel Perencanaan Angagran dan Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Sedangkan variabel Pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa tidak berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah.  
Kartu Prakerja di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Maqashid Syariah Royani Hamzah, Imam; Khusnia, Siti
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.3

Abstract

Program kartu prakerja hadir dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Sejak pandemi Covid-19, aktifitas ekonomi lumpuh. Bahkan sampai pada resesi ekonomi. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran dan kemiskinan. Selain itu, muncul diskursus tentang perubahan kebijakan program kartu prakerja. Kajian pustaka diperlukan untuk membantu menganalisis, menafsirkan konsep dan teori yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini bertujuan mengkaji program kartu prakerja dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan metode metode induktif dan deduktif. Metode induktif adalah metode berfikir dari hal-hal khusus menuju pada hal-hal umum dan metode deduktif adalah metode berfikir dari hal-hal umum ke khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan program kartu prakerja pada masa pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan konsep maqashid syariah. Hal tersebut didasarkan pada data realisasi program kartu prakerja yang hampir mencapai target. Betapapun realisasi tersebut banyak menimbulkan diskursus, akan tetapi kebijakan program kartu prakerja telah jatuh pada kesimpulan bahwa dana 20 Triliun sudah terserap 19,8 Triliun. Hal ini terlepas dari siapa saja yang menerima dana tersebut, baik itu masyarakat menengah kebawah atau keatas. Keduanya sama-sama menjadi korban dan dampak dari pandemi Covid-19, dan termasuk dalam ruang lingkup maqashid syariah yaitu asas dharuriyah (kebutuhan primer), hajiyah (sekunder) dan tahsiniyah (tersier).
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang di PT Shabar Tour Andrayeni, Salmaa
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.4

Abstract

Pengaruh kualitas pelayanan dan harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang terhadap suatu produk atau jasa. Penelitian ini berfokus pada perusahaan bernama PT.Shabar Tour. Berdasarkan hasil pra-survei di perusahaan PT. Shabar Tour, kualitas pelayanan mengenai tangible, emphaty, reliability, responsivness, dan assurance menunjukan kinerja yang belum sepenuhnya baik. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan metode penelitian Deskriptif Analisis untuk mengukur variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pembelian ulang. Dengan didukung oleh hasil tanggapan responden atas kuesioner. Populasi pada penelitian ini diambil dari jamaah umrah PT. Shabar Tour dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 153 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: : (1) Kualitas pelayan berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar 0,337 dan tingkat signifikansinya 0,00 (2) Harga berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilau regresi sebesar 0,443 dan tingkat signifikansinya 0,00. (3) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh negatif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar -1,677 dan tingkat signifikansi sebesar 0,137. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga mampu menjelaskan variabel minat beli ulang sebesar 84,5% sedangkan sisanya sebesar 15,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah Gustavo Puluala, Muhammad
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i1.5

Abstract

Salah satu bentuk dari reformasi pengelolaan keuangan daerah dan implementasi dari otonomi daerah adalah Pemerintah Pusat dan Daerah. Dengan adanya ini maka pemerintah melahirkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan sumber pendanaan yang digunakan oleh pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan untuk memberikan seluasluasnya kebijakan dalam membangun dan mengembangkan kesejahteraan daerahnya masing-masing sesuai dengan perundang-undangan. Permasalahan yang sering terjadi hingga saat ini di berbagai daerah di Indonesia, dalam pelaksanaan anggaran adalah tingkat penyerapannya yang rendah, hal tersebut terlihat pada Laporan Realisasi Anggaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pengadaan Barang dan Jasa terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 124 pengelola anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Salatiga dengan teknik pengambilan sampel sensus. Uji validitas menggunakan uji Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel Perencanaan Angagran dan Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah. Sedangkan variabel Pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa tidak berpengaruh terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran Daerah.      

Page 1 of 1 | Total Record : 5