cover
Contact Name
Muhammad Fahmi
Contact Email
jurnalsostech@gmail.com
Phone
+62895352497063
Journal Mail Official
jurnalsostech@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok H No. 1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Published by Green Publisher
ISSN : 27745147     EISSN : 27745155     DOI : 10.36418
Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and engineering sciences (mechanical, civil, industrial, electrical and others). Published articles are articles from research, studies, lectures or critical and comprehensive scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)" : 20 Documents clear
Implementasi Machine Learning dengan Decision Tree Algoritma C4.5 dalam Penerimaan Karyawan Baru pada PT. Gitareksa Dinamika Jakarta Khoeri, Imam; Iskandar Mulyana, Dadang
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.126

Abstract

Melakukan proses penerimaan karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan, hal ini dilakukan mengingat karyawan dipandang sebagai salah satu aset penting bagi perusahaan dan perlu dikelola serta dikembangkan untuk mendukung suatu kelangsungan hidup, kemampuan untuk bersaing, mendapatkan laba, serta pencapaian pada tujuan perusahaan, PT. Gitareksa Dinamika Jakarta biasanya melakukan beberapa persyaratan atau kriteria untuk mengetahui kemampuan dan pribadi para pelamar tersebut, data hasilnya tersebut biasanya disimpan dalam suatu arsip yang harus dibandingkan satu persatu sehingga didapatkan suatu hasil atau keputusan. Tentu hal tersebut memakan waktu yang lama dan kurang efektif dalam menggambil suatu keputusan. Dengan demikian dibutuhkan suatu perencanaan model otomatis dari sekumpulan data, dengan tujuan memberikan komputer kemampuan untuk belajar (machine learning). Maka dari itu diperlukan sebuah metode untuk menentukan perancang dalam pengambilan keputusan penerimaan karyawan baru “Decision Tree Algoritma C4.5” tujuan khusus pada penelitian ini adalah membangun suatu sistem dengan mudah yang dapat mengelola data dan dapat diakses dengan mudah oleh staff HRD dalam menentukan karyawan baru pada PT. Gitareksa Dinamika Jakarta. 
Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Memprogram Mesin CNC di SMKN 1 Kota Padang Waskito, Waskito; Rahmat Kurnia, Adil; Indra, Azwar
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.127

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan besar yang dilakukan antara lain adalah dengan berganti dari KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13). Tujuan penelitian ini adalah mengungkap teknik penilaian autentik apa saja yang digunakan, perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi  penilaian auntentik dan upaya mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua metode pengumpulan data, yakni wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran CNC jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kota Padang. Hasil penelitian yakni penilaian autentik untuk menilai hasil belajar sudah terlaksana namun belum sesuai pedoman penilaian untuk SMK, penilaian aspek sikap menggunakan teknik penilaian observasi, aspek pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, penilaian keterampilan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja.
Formulasi Sabun Padat dengan Penambahan Minyak Atsiri Daun Jeruk Purut Sebagai Antibakteri Terhadap Staphylococcus Aureus Afif Prabowo, Mohammad; Puspitarini Siswanto, Anggun
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.128

Abstract

Tanaman jeruk purut merupakan tanaman jeruk-jerukan dari jenis citrus dengan nama latin Citrus hystrix. Daun jeruk purut memiliki kandungan minyak atsiri sekitar 2-2,5%. Kandungan terbesar dalam minyak atsiri pada daun jeruk purut yaitu sitronelal sebesar 81,49%, sitronelol sebesar 8,22%, linalool sebesar 3,69%, geraniol 0,31%, dan komponen lain sebesar 6,29%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitasan minyak atsiri daun jeruk purut dalam sabun aromaterapi sebagai sabun anti bakteri dan mengetahui kondisi optimal pada proses pembuatan sabun padat aromaterapi dengan menggunakan metode factorial design 23. Proses pembuatan sabun padat aromaterapi daun jeruk purut divariasi, dengan batas bawah rasio perbandingan antara penambahan NaOH dan jenis minyak 0,5 : 1 dan batas atas rasio perbandingan antara penambahan NaOH dan jenis minyak 1,5 : 1. Jenis minyak yang digunakan pada penelitian batas bawah minyak kelapa dan batas atas minyak zaitun dan lama pengadukan pada penelitian batas bawah 20 menit dan batas atas 40 menit. Sabun padat aromaterapi yang dihasilkan akan di uji analisa seperti uji alkali bebas, uji kadar air, uji derajat keasaman (pH), uji organoleptik dan uji antibakteri. Hasil penelitian menunjukan, hasil kadar alkali terbaik 0,024% dengan penggunaan rasio NaOH 0,5, jenis minyak yang digunakan minyak kelapa dan lama pengadukan 20 menit. Hasil kadar air terbaik 13,2% dengan penggunaan rasio NaOH 0,5 dan menghasilkan zona hambatan antibakteri Staphylococcus Aureus sebesar 57 mm.
Implementasi Sistem Penjualan Barang Plastik Berbasis Web dengan Metode DevOps pada PT. Cahaya Perdana Plastic Jakarta Utara Manuel Prima, Andy; Iskandar Mulyana, Dadang
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.129

Abstract

Cahaya Perdana Plastic merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi peralatan rumah tangga berbahan plastik. Banyak berbagai jenis peralatan rumah tangga yang dijual oleh perusahaan mulai dari tempat air minum plastik, gelas plastik, serta macam-macam peralatan makan berbahan plastik. Selama ini kegiatan penjualan, pemasaran, juga promosi hanya berupa katalog produk dalam bentuk fisik berupa media kertas dan melalui papan reklame dan seputar kolega yang telah bekerja sama dalam waktu lama dengan perusahaan. Perusahaan ingin sekali mengembangkan penjualan ke berbagai pelosok daerah, tidak hanya di kota-kota besar dan perusahaan ingin masyarakat biasa dapat membeli produk mereka meskipun dalam jumlah satuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membangun sistem baru di perusahaan yang awalnya konvensional lalu komputerisasi sistem. Oleh sebab itu, diperlukannya sebuah sistem penjualan yang dapat mengelola semua kegiatan baik itu promosi juga penjualan, dengan adanya sistem penjualan berbasis web ini diharapkan dapat memudahkan penjual dalam hal memasarkan produk yang akan ditawarkan serta mengelola data penjualan dan memudahkan pembeli atau konsumen mendapatkan informasi mengenai spesifikasi produk yang ditawarkan oleh PT. Cahaya Perdana Plastic dan tidak hanya memudahkan pembeli atau konsumen dari dalam kota saja tetapi dari luar kota. Memudahkan pembeli atau konsumen dalam proses pembayaran karena dilakukan dengan cara transfer dengan adanya sistem pengolahan atau manajemen data produk yang baik maka akan mendukung kinerja dari sistem tersebut.
Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat Baihaki, Muhammad; Sutisna, Sutisna
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.130

Abstract

Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang dapat dibanggakan, seperti halnya di pulau Jawa dan pulau Bali, dimana  pulau  ini  memiliki  sejarah  panjang  dan  kaya akan  warisan  kebudayaan, mulai dari makanan tradisional, rumah tradisional, senjata tradisional, tarian tradisional, lagu tradisional, peninggalan budaya dan masih banyak lagi yang  dapat  dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah media metode pembelajaran kepada siswa Sekolah Dasar Harapan Jaya untuk media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat mengenalkan kesenian juga tradsi adat nusantara. Penelitian kali ini, penulis menggunakan unity dalam pembuatan game. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi MDLC dalam pembuatan game. Game ini untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia tentang rumah tradisional, senjata tradisional, tarian tradisional. Game edukasi pengenalan kebudayaan Indonesia menjadi saran untuk permainan dan pembelajaran kepada anak-anak dengan cara yang menarik.
Implementasi Penjualan Barang Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Agile pada PT. Wibowo Arta Kurnia Jaya Lase, Berkat; Sutisna, Sutisna
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.131

Abstract

Website toko online dapat memudahkan pelaku usaha atau toko untuk mempromosikan produknya dan mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk-produk yang dimiliki penjual atau toko. Keterbatasan pemasaran produk menjadi suatu kendala toko dalam meningkatkan omset penjualan toko dan lemahnya pengawasan barang serta pembuatan laporan yang masih manual menjadi suatu dampak yang buruk bagi toko sehingga laporan penjualan dan laporan stok barang menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat website toko online menggunakan metode water fall yang dapat diakses secara online. Metode yang digunakan peneliti untuk penelitian ini adalah metode water fall. Metode ini digunakan peneliti untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak dengan memiliki alur hidup perangkat lunak secara terurut yang dimulai dari analisa, desain, pengodean dan pengujian. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language, bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Penelitian ini menghasilkan aplikasi toko online berbasis web yang memberikan informasi stok secara real time, laporan penjualan, laporan stok barang dan toko dapat mempromosikan produk yang dijual. Sehingga proses pelaporan dan pengontrolan informasi secara stok barang dapat dilakukan dengan baik serta jangkauan pemasaran toko dapat lebih luas sehingga dapat meningkatkan omset penjualan toko.
Pemberdayaan Kaum Milenial Sebagai Kader Bela Negara Roringkon, Deyvie Laudya; Sarjito, Aris
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.132

Abstract

Indonesia di tahun 2020-2035 diperkirakan berada dalam masa bonus demografi. Salah satunya yaitu dengan menanamkan jiwa kewirausahaan pada kaum milenial. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis dan memahami bagaimana pemberdayaan kaum milenial sebagai kader bela negara, dengan menggunakan konsep pemberdayaan. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian studi literatur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemberdayaan kaum milenial sebagai kader bela negara adalah mewujudkan kemandirian secara ekonomi oleh kaum milenials Indonesia. Kemandirian ekonomi ini ditunjukkan dalam keikutsertaan kaum milenial dalam program Pendanaan Startup Inovasi Indonesia. Program ini merupakan program Pemerintah dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional yang ditujukan bagi pemuda usia produktif, yang mana pemuda usia produktif termasuk dalam generasi milenial, sebagai bagian dari pengembangan jiwa kewirausahaan. Adapun program yang diprioritaskan untuk mendapatkan Program Pendanaan Startup mampu mendorong peningkatan ekonomi suatu negara.
Perancangan Home Automation dalam Mengontrol Lampu dan Kipas Menggunakan Blynk Berbasis NodeMCU Saputra, Dicky; Arinal, Veri
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.133

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat. Kemajuan teknologi kini memicu pola pikir manusia untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi untuk memudahkan pekerjaan demi kinerja yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan keamanan dan memberikan kenyamanan kepada pengguna karena beberapa alat rumah di rumah telah dikontrol secara otomatis.  Penelitian ini digunakan metode dengan merancang model Home Automation yang kemudian diuji setiap sub sistem dari model tersebut. Kegunaan NodeMCU sangat beragam salah satunya untuk mengendalikan atau mengontrol lampu dan kipas. Saat ini, sistem pengontrolan alat elektronik rumah tangga sebagian besar masih menggunakan saklar, contohnya untuk menghidupkan atau mematikan kipas angin, menghidupkan lampu baik yang ada di luar ruangan maupun di dalam kamar, hal tersebut membuat pekerjaan manusia menjadi lambat, boros tenaga. Untuk itu peneliti membuat sistem perancangan pengendalian listrik jarak jauh berbasis NodeMCU untuk pekerjaan menjadi lebih efisien dan tidak boros tenaga ataupun energi listrik. NodeMCU dihubungkan dengan aplikasi Blynk sehingga pengguna bisa mengendalikan melalui smartphone.
Teknik Iterasi User Persona dalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Felix Nur Noftianto, Eko; Andhyka Kusuma, Wahyu
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.134

Abstract

Analisa kebutuhan adalah cabang yang mengurusi aspek yang berhubungan dengan tujuan dan fungsi perangkat lunak. Dengan mengetahui kebutuhan pengguna maka perangkat lunak yang dibuat dapat memenuhi ekspektasi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan dalam alur fitur penugasan pada platform LMS yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dengan menggunakan beberapa metode, seperti storyboard, interview dan storytelling yang akan dijadikan sebuah user personal. Hasil penetian menujukan bahwa materi dan tugas letaknya tidak saling terhubung sehingga dapat mengakibatkan adanya tugas saja tanpa disertai penjelasan materi. Dari penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa identifikasi kebutuhan pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan keinginan pengguna dapat didapatkan melalui teknik user persona. Dengan teknik tersebut, para pengembang dapat melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas perangkat lunak dengan kategori user friendly.
Implementasi Sistem Persediaan Barang Berbasis Web dengan Metode DevOps pada PT. Heinz ABC Indonesia Zalukhu, Fileni; Arinal, Veri
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i7.135

Abstract

Jika ingin memperlancar jalannya operasi perusahaan, tentunya memerlukan suatu sistem stok barang yang tepat, agar dapat mengetahui masuk dan keluarnya hasil yang diproduksi. Karena semakin maju perusahaan, semakin sulit atau kompleks bagian sistem stok barangnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara tim development dan tim operation dari mulai perencanaan hingga aplikasi/fitur ter-deliver ke pengguna. Metode penelitian menggunakan metode DevOps sebagai sebuah metode pengembangan sistem. Jika suatu sistem perusahaan masih secara manual, tidak jarang banyak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pembuatan laporan-laporan yang dibuat, sehingga tidak dapat mencapai sasaran yang diinginkan oleh perusahaan. Aplikasi stok barang pada pabrik plastik pada PT.Heinz ABC Indonesia, Jakarta Barat adalah suatu sarana yang diharapkan dapat membantu proses stok barang . Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemprograman Hypertext Preprocessor.

Page 1 of 2 | Total Record : 20