cover
Contact Name
Hastawati Chrisna Suroso
Contact Email
chrisna.suroso@itats.ac.id
Phone
+6281238192104
Journal Mail Official
senopati.journal@itats.ac.id
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim 100 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Senopati : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering
ISSN : -     EISSN : 27147010     DOI : -
Jurnal SENOPATI is published twice in a year, every April and September. The scope of jurnal SENOPATI can be seen below : 1. ERGONOMICS this subject is including physical ergonomics, cognitive ergonomics, human computer interaction, system engineering, human factor, risk and safety science 2. OPTIMIZATION this subject is related to operational research, linear programming, vehicle routing problem 3. APPLICATION of INDUSTRIAL ENGINEERING everything related to applied of industrial engineering in manufacturing or service industry
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1" : 14 Documents clear
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Beras dengan Metode Six Sigma dan New Seven Tools Fauzia, Akhmad Iqbal; Hariastuti, Ni Luh Putu
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV. Bumi Putra adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang agrobisnis dengan produksi beras yang berdiri tahun 1985. Pada penelitian ini produk yang diteliti adalah beras jenis IR 64 dengan kemasan 25 Kg. Permasalahan yang ada pada perusahaan manufaktur ini adalah kecacatan produk yang disebabkan oleh kesalahan operator produksi, perawatan mesin yang kurang, dan menyepelekan inspeksi baik pada bahan baku atau mesin husker. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode six sigma dan new seventools untuk menyelesaikannya dan juga mendapatkan usulan perbaikan untuk mengendalikan yang berguana dalam peningkatan kualitas produk beras pada CV. Bumi Putra. Dalam melakukan penelitian didapat 5 kecacatan produk beras jenis IR 64 yaitu beras remuk 37%, banyak menir 23%, Remukan batu 22%, Terdapat potongan batang padi 15%, Terdapat serpihan tali rafia 4%. Pada metode six sigma diperoleh peningkatan nilai sigma sebesar 0,03 sigma sedangkan untuk improve menggunakan metode new seventools di dapat faktor yang menyebabkan kecacatan yaitu karyawan tidak menjalankan SOP (Standart operational prosedur) dan perawatan mesin yang hanya menunggu saat terjadi kerusakan.
Analisa pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan metode kano dan quality function deployment (QFD) studi kasus: PT.Bank Jatim Puspitasari, Shella Anindya; Lukmandono, Lukmandono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bank Jatim merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa perbankan di Indonesia yang akan terus meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat ini, sistem pelayanan yang digunakan masih bersifat manual sehingga masih ditemui ketidaksesuaian antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan dengan pendekatan Kano dan quality function deployment. Hasil penelitian dengan metode Kano didapatkan 20 atribut dengan kategori one dimensional, must-be dan attractive. Sedangkan hasil penelitian metode quality function deployment didapatkan 12 respon teknis yang akan digunakan untuk memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan. Pada tahap perbaikan dapat dilihat dari hasil ranking technical contributions importance yang tertinggi. Tindakan perbaikan yang diusulkan adalah melakukan pelatihan berkala, melakukan perekrutan SDM berpotensi, dan melakukan penilaian kinerja secara rutin.Kata kunci: Analisis Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kano, QFD
Analisa Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Metode American Productivity Center (APC) Dan Marvin E Mundel Di CV. Nipson Industrial Coating Prastyo, Sodo Rizky; Lukmandono, Lukmandono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. CV. Nipson Industrial Coating adalah perusahaan yang bergerak untuk memproduksi thinner dan coating. Perusahaan ini belum pernah melakukan pengukuran produktivitas. Oleh karena itu, penting dilakukannya pengukuran produktivitas guna mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi penurunan produktivitas. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat produktivitas, mencari akar permasalahan produktivitas dan memberikan suatu usulan peningkatan produktivitas. Perhitungan indeks produktivitas menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Input penelitian terdiri dari biaya tenaga kerja, material, energi dan modal dalam periode bulan Januari 2017 sampai Desember 2018. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa adanya penurunan produktivitas. Melalui metode APC didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 95,72%. Sedangkan dengan metode Marvin E Mundel didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 99,26%.Kata kunci: Indeks Produktivitas, American Productivity Center (APC), Marvin E Mundel
Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Cuci Sepatu SANS.INC Dengan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) Bagaskara, Satria; Suparto, Suparto
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasaan dan kepercayaan pelanggan memang menjadi masalah yang paling dominan disetiap unit usaha dibidang jasa, tetapi proses untuk memenuhi kepuasaan pelanggan tersebut tidaklah mudah. Karena, banyak faktor-faktor yang dapat berpengaruh dari tercapainya tingkat kepuasaan yang dirasakan oleh pelanggan. Tujuan penelitian untuk memberikan masukan agar kualitas pelayanan lebih meningkat sebagai input atau bahan masukan untuk perbaikan kualitas pelayanannya guna memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga dapat menentukan atribut-atribut yang dapat diambil dalam mengukur kebijakan dimasa yang akan datang. Dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan pada setiap atribut pelayanan serta prioritas perbaikan yang harus dilakukan oleh SANS.INC. Berdasarkan hasil penelitian diketahui konsumen berjenis kelamin laki-laki, konsumen berusia 26 hingga 30 tahun, konsumen dengan tingkat pendidikan terakhir Sarjana (S1, S2, S3) merupakan konsumen yang dominan. Tingkat kepuasan konsumen terhadap SANS.INC berdasarkan CSI sebesar 66,4%. Berdasarkan metode IPA terdapat 4 (empat) atribut pada kuadran A yang menjadi atribut perbaikan yaitu, alat-alat cuci sepatu yang memadai dan cukup lengkap, kesigapan karyawan dalam melayani konsumen, kecepatan proses pelayanan cuci sepatu, karyawan selalu memperhatikan dengan baik setiap keluhan para konsumen.Kata kunci: Kepuasan Pelanggam, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis
ANALISIS KECACATAN PRODUK DENGAN METODE SEVEN TOOLS DAN FTA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN NILAI RISIKO DENGAN METODE FMEA Pratama, Farid Setia; Suhartini, Suhartini
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan industri pada saat semakin pesat sehingga perusahaan selalu dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan fungsinya. Jika kualitas produk sangat baik dan harga terjangkau dipasaran maka konsumen akan tertarik dengan produk tersebut, dan produk tersebut akan mampu bersaing di pasaran Industri manufaktur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kecacatan produk paling dominan dari proses produksi plat baja di PT. Jaya Pari Steel Tbk dengan menggunakan metode Seven Tools dan mengetahui dan mengevaluasi potensial kegagalan dari produk di PT. Jaya Pari Steel Tbk dengan menggunakan metode FMEA. metode seven tools dapat mengidentifikasi jumlah dan  jenis  kecacatan  produk  plat  baja  pada  PT.  Jaya  Pari  Steel  Tbk dilakukan perhitungan menggunakan diagram pareto lalu muncul nilai prosentase   tingkat kecacatan yang paling dominan diantaranya laminasi 41% , plat reject 32%, dan plat missroll 24%. metode FMEA dapat mengetahui dan mengevaluasi tingkat kegagalan potensial dengan menentukan nilai RPN yang paling tinggi, nilai RPN yang paling tinggi yaitu 192, 162, dan 120 yang terdapat pada proses 3-high roughing & finishing mill. Dalam analisis FTA dapat mengusulkan perbaikan pada produk jadi, diantaranya meningkatkan quality control terhadap hasil produksi, mengubah produk cacat menjadi produk lain yang mempunyai nilai jual yang tinggi guna mengurangi kerugian yang terjadi, dan memotong produk cacat bila terjadi cacat pada sisi samping supaya dapat dijual lagi kepada konsumen dengan harga seperti produk baru guna mengurangi terjadi kerugian
IMPLEMENTASI LEAN DAN GREEN MANUFACTURING GUNA MENINGKATKAN SUSTAINABILITY PADA PT. SEKAR LIMA PRATAMA Prabowo, Rony; Suryanto, Ahmad Puji
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Sekar Lima Pratama merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang tekstil yang memiliki unit usaha finishing kain katun. Dalam identifikasi yang dilakukan perusahaan masih menghasilkan waste dan belum menjalankan proses yang ramah lingkungan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengidentifikasi waste pada proses finishing kain tenun guna menjadikan proses yang ramah lingkungan dengan pertimbangan tingkat eco  efficiency dan eco cost guna menentukan proses usulan yang ramah lingkungan. Penelitian ini meliputi langkah-langkah antara lain dengan menganalisa value stream mapping untuk mengetahui kegiatan yang memiliki value added dan yang berkategori NVA. Selanjutnya dilakukan pengukuran dampak lingkungan dengan LCA (Life Cycle Analyisis) serta selanjutnya memberikan usulan memberikan usulan proses dengan pendekatan 6R (reuse, reduce, recycle, remanufacturing, recovery dan redesign) pada proses finishing kain katun diperoleh waste yaitu in appropriate processing, defect dan waiting time. Dari hasil pengukuran Life Cycle Assessment diperoleh hasil untuk proses sebesar 248,76 pt, untuk Life Cycle Impact Assessment Damage Category Human Health sebesar 4,8813 DAILY, Damage Category Ecosystem Quality sebesar 310,000 PDF*m2yr dan untuk Damage Category Resources 1615,646 MJ surplus. Biaya eco cost sebesar Rp 608.425.018,2. Usulan proses ramah lingkungan dengan menaikkan level green manufacturing menjadi recycling dan reuse
Supporting Docs Daftar Isi, Cover Daftar Redaksi
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Daftar Redaksi, Daftar Isi
Supporting Docs Cover Daftar Redaksi Daftar Isi
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.senopati.2019.v1i1.1737

Abstract

Cover, Daftar Redaksi, Daftar Isi
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Beras dengan Metode Six Sigma dan New Seven Tools Akhmad Iqbal Fauzia; Ni Luh Putu Hariastuti
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.senopati.2019.v1i1.517

Abstract

CV. Bumi Putra adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang agrobisnis dengan produksi beras yang berdiri tahun 1985. Pada penelitian ini produk yang diteliti adalah beras jenis IR 64 dengan kemasan 25 Kg. Permasalahan yang ada pada perusahaan manufaktur ini adalah kecacatan produk yang disebabkan oleh kesalahan operator produksi, perawatan mesin yang kurang, dan menyepelekan inspeksi baik pada bahan baku atau mesin husker. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode six sigma dan new seventools untuk menyelesaikannya dan juga mendapatkan usulan perbaikan untuk mengendalikan yang berguana dalam peningkatan kualitas produk beras pada CV. Bumi Putra. Dalam melakukan penelitian didapat 5 kecacatan produk beras jenis IR 64 yaitu beras remuk 37%, banyak menir 23%, Remukan batu 22%, Terdapat potongan batang padi 15%, Terdapat serpihan tali rafia 4%. Pada metode six sigma diperoleh peningkatan nilai sigma sebesar 0,03 sigma sedangkan untuk improve menggunakan metode new seventools di dapat faktor yang menyebabkan kecacatan yaitu karyawan tidak menjalankan SOP (Standart operational prosedur) dan perawatan mesin yang hanya menunggu saat terjadi kerusakan.
Analisa Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Metode American Productivity Center (APC) Dan Marvin E Mundel Di CV. Nipson Industrial Coating Sodo Rizky Prastyo; Lukmandono Lukmandono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.senopati.2019.v1i1.526

Abstract

Persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. CV. Nipson Industrial Coating adalah perusahaan yang bergerak untuk memproduksi thinner dan coating. Perusahaan ini belum pernah melakukan pengukuran produktivitas. Oleh karena itu, penting dilakukannya pengukuran produktivitas guna mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi penurunan produktivitas. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat produktivitas, mencari akar permasalahan produktivitas dan memberikan suatu usulan peningkatan produktivitas. Perhitungan indeks produktivitas menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Input penelitian terdiri dari biaya tenaga kerja, material, energi dan modal dalam periode bulan Januari 2017 sampai Desember 2018. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa adanya penurunan produktivitas. Melalui metode APC didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 95,72%. Sedangkan dengan metode Marvin E Mundel didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 99,26%.Kata kunci: Indeks Produktivitas, American Productivity Center (APC), Marvin E Mundel

Page 1 of 2 | Total Record : 14