cover
Contact Name
Rusdyi Habyi
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung D. Lantai I. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)" : 8 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Yani Awal; Masnun At
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717463

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Meningkatkan Kemampuan siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe student teams Achievement Devisions (STAD) pada siswa kelas VII MTs Darul Ulum Sasa. Penelitian ini merupakan penelitian PTK.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 26 siswa.Penelitaan ini dilaksanakan dalam dua siklus.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi untuk guru.Data yang diperoleh dengan menggunakan soal tes untuk melihat hasil kemampuan siswa setelah pembelajaran. Pada siklus I terdiri dari 3 butir soal essay dengan jumlah skor 100, pada siklus II terdiri dari 3 soal essay dengan jumlah skor total 100 dan lembar observasi untuk melihat keaktifan guru dan siswa. Data kemampuan belajar siswa dalam penelitan ini di peroleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan aktivitas siswa diperoleh dengan teknik non tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat prensentase ketuntasan belajar, klasikal setelah data dikumpulkan dan dianalisis, di peroleh pada tes awal.
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar Aldi Rading; Isman M Nur
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717459

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya digunakan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Karena pendidikan berguna dalam membina dan mengembangkan kemampuan dasar manusia semaksimal mungkin sesuai dengan kapasitasnya. Proses pendidikan dilaksanakan disekolah pada dasarnya adalah kegiatan belajar mengajar. Bertujuan agar siswa memiliki hasil yang terbaik sesuai kemampuannya. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal soal pada materi operasi bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Ternate yang terdiri dari satu kelas dan Sampel berjumlah 6 orang siswa yamg mengikuti proses penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 dari 6 siswa (100%) belum bisa menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar secara maksimal, yakni tingkat penguasaann yang diperoleh siswa tersebut kurang dari 50%, . jadi, hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa masi melakukan kesalahan kesalahan pada soal operasi bentuk aljabar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa sesungguhnya sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Ternate masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal soal pada materi operasi hitung bentuk aljabar.
Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Lerning (CTL) Untuk Meningatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur Nurlaila H Tasanif; Asmira Sudiman
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717469

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Halmahera timur.Pengunaan model pembelajaran CTL merpakan alternative penelitian dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sma Negeri 9 Halmahera Timur.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi matriks matematika.Sedangkan tujuan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa padam aterimatriks matematika. Penelitian ini mengunakan penilitian (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat siklusyaitu: perencanaankegiatan, pelaksanaan kegiatan,pengamatan dan refleksi. Sasaran dalam penilitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur. Data yang di peroleh berupa hasil tes,dan lembaran observasi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis data di daptkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari data observasi awal ke siklus I sebesar 8,25%,dan dari siklus I ke siklus II 21,75%. Kesimpulan dari penilitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contekstuan teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SmaNegeri 9 Halmahera Timur,semester genap pada materim,atriksmatematika,serta model pembelajaran ini dapat di gunakan sebagai salah satua lternatif pembelajaran matematika.
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Soleman Talib
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717525

Abstract

Dalam pandangan siswa pada umumnya, matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Siswa merasa tidak senang, tidak tertarik dan siswa tidak efektif selama pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan selama proses pembelajaran kegiatan belajar mengajar, guru hanya sebagai sumber informasi, sedangkan siswa hanya menerima informasi ,sehingga penulis berharap dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa.dalam mengikuti pembelajaran matematika.karena pembelajaran berbasis kontekstual berharap guru dalam memberikan materi pelajaran dapat menghubungkan antara konsep dengan pembelajaran siswa dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari,menghubungkan antara konsep selesai bersandar dan memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan sendiri, menemukan, kerja kelompok dan membuat refleksi. Sehingga penerapan pembelajaran kontekstual lebih memungkinkan siswa untuk memahami atau merealisasikan proses tugas matematika dengan tidak bersandar pada hati tetapi lebih mengarah pada tujuan mereka. pemahaman saja dengan sesuai apa yang dapat mereka temukan.
Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Adenila Nurdin; Isnain Wali; Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar melalui model pembelajaran Discovery Learning. Instrument yang digunakan terdiri dari soal tes (pretest dan posttest). Untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu Pedoman Acuan Patokan (PAP) skala 5 dan perhitungan gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berkualifikasi amat baik 12,5%, kualifikasi baik 25%, kualifikasi cukup 25%, kualifikasi kurang 31,25%, dan kualifikasi sangat kurang 6,25%. 2). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan rumus N-gain diperoleh nilai rata-rata pretest dan nilai posttest 84,75 penigkatannya sebesar 0,71 yang menunjukan bahwa peningkatan berada pada interperensi tinggi.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Statistik Rusdyi Habsyi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5717547

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model spiral refleksi-diri yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan, dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes . Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75,00 % peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses kegiatan pembelajaran dan keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75,00% dari jumlah seluruh siswa, mengacu pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan. Rata-rata keaktifan belajar siswa pada observasi awal hanya mencapai 27,41%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I ratarata keaktifan belajar siswa mencapai 54,32% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,17%. Hasil belajar siwa pada observasi awal, dilihat dari ujian tengah semester siswa yang mencapai nilai KKM (75,00) hanya 31,25% dari jumlah seluruh siswa . Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 43,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,00%.
Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40 Kota Ternate Yetni Marlina
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.5739288

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak III siklus.Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan tes. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan,kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.Sementara itu hasil tes dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas yang ditentukan, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 65 atau lebih sebagai batas kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan pendekatan matematik reaalistik Siswa yang memperoleh nilai lebih besar sama dengan 6,5 secara klasikal sebanyak 10 orang siswa atau sekitar 45,45% dengan nilai rata-rata 59,54 meningkat dari hasil yang diperoleh pada tes awal, kemudian pada siklus ke dua meningkat sebanyak 15 orang atau 68,18%, sedangkan pada siklus ke tiga menjadi 86,36% atau 19 orang siswa. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran matematik realistik pada pokok bahasan penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Smp Kota Tidore Kepulauan Melalui Pendekatan Humanistik Soleman Talib
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 2 (2021): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2021)
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan kompetensi profesional guru matematika SMP di kota Tidore Kepuluan melalui pendekatan humanistik. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP kota Tidore Kepuluan yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan melalui hasil analisis observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksikan diri apakah guru telah mampu meningkatkan kompetensi profesionalnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase guru yang menunjukkan peningkatan kompetensi profesional yang diharapkan, terlihat pada siklus I: (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diperoleh hasil 80,75%, (b) Proses Pembelajaran 81,00%, dan (c) pelaksanaan valuasi sebesar 84,14%. Siklus II terjadi peningkatan menjadi: (a) rencana pembelajaran sebesar 85,25%, (b) pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 86,47%, dan (c) pelaksanaan penilaian sebesar 87,13% .Selain itu telah dirumuskan langkah-langkah hipotesis bahwa “jika penggunaan pendekatan humanistik maka kompetensi profesional guru dapat ditingkatkan” dapat diterima

Page 1 of 1 | Total Record : 8