cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR Amiruddin Amiruddin; Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika-problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar,  untuk mengetahui solusi dan upaya-upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Jenis penelitan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif induktif, yang dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar yaitu: (1) Peserta didik kurang memiliki kemauan untuk belajar bahasa Arab, (2) Latar belakang lingkungan yang kurang mendukung kemajuan prestasi belajar bahasa Arab, (3) Peserta didik kurang memiliki rasa percaya diri dalam bahasa Arab. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar yaitu: (1) Pihak sekolah berusaha meningkatkan jaminan kesejahteraan pendidik, (2) Memberikan pengertian dan motivasi kepada anak didik, (3) Memilih metode mengajar yang tepat dan variatif , (4) Melengkapi fasilitas dan sarana belajar mengajar, (5) Pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, dan (6) Memberikan pekerjaan rumah secara rutin.Kata Kunci: Problematika, Belajar, Bahasa Arab
PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MELALUI PENGAJIAN KITAB PADA MAHASISWA MA’HAD AL-BIRR UNISMUH MAKASSAR Ilham Muchtar
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mufradat merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa (kosakata). Kata adalah bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas.Perbendaharaan kosakata bahasa Arab yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut.Peningkatan mufradatmerupakan bagian pentingdari proses pembelajaran suatu bahasa.Kegiatan pengajian merupakan cara yang tepat agar peningkatan penguasaanmufradat dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai secara efektif.Pengajian kitab di Ma’had Al-Birr Unismuh diadakan lima kali dalam sepekan dengan materi dan pembina yang berbeda setiap hari. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain; kitab Subulussalam, kitab al-Arba’in an-Nawawiyah, kitab Qawa’id al-Lughah, kitab al-Rahiq al-Makhtum dan kitab Sirah Nabawiyah.Pengajian kitab yang dilaksanakan di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar berdasarkan penelitian dengan metode observasi dan wawancara langsung yang dilakukan berhasil meningkatkan penguasaan mufradat bagi mahasiswanya. Kata Kunci: Mufradat, Pengajian, Ma’had Al-Birr
IMPLIKASI PEMBELAJARAN QAWA’ID MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Nur Fadilah Amin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berusaha memberikan gambaran tentang implikasi pembelajaran Qawa’id melalui metode bernyanyi pada mahasiswa jurusan Keperawatan  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data dan trianggulasi sebagai metode analisis keabsahan data. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran Qawa’id khususnya untuk materi kata ganti dan kata kerja pada mahasiswa mahasiswa jurusan Keperawatan  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggunakan pola-pola dasar seperti pembedaan laki-laki (مذكر) dan perempuan (مؤنث), pembedaan kata ganti untuk tunggal (مفرد), dua orang (مثنى), dan tiga orang atau lebih (جمع) begitupun dengan kata kerja (فعل). Materi diberikan dengan pengenalan konsep yang sederhana tanpa memberitahukan secara harfiah makna satu persatu kata, melainkan dengan menggunakan gerakan jari-jari tangan. Adapun Implikasi pembelajaran Qawa’id melalui metode bernyanyi pada mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar yaitu pada materi kata ganti (اسم الضمير) mencapai 81% dilihat dan materi kata kerja (فعل) mencapai 32% dilihat dari kemampuan mengungkapkan dan menuliskan kembali kosakata tersebut.Kata Kunci: Implikasi, Pembelajaran Qawa’id, Metode Menyanyi
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR Ika Mayasari; Abd Rahim Razaq; Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah  untuk mengetahui keterampilan berbahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh dan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan pendekatan tindakan, dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, keterampilan berbahasa Arab siswa SMP Unismuh Makassar dapat dikatakan cukup baik karena  guru yang mengajarkan sudah cukup ahli bahasa Arab. Kedua, penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh bisa dikatakan sudah cukup bagus hal ini terbukti dengan aktifitas belajar peserta didik di dalam kelas lebih aktif, suasana kelas yang kondusif, daya serap peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru lebih tinggi, peserta didik lebih giat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab, materi pembelajaran tertuntaskan, serta guru bahasa Arab lebih aktif dalam mendesain media yang akan digunakan sebagai sarana menyampaikan materi mata pelajaran bahasa Arab.Kata Kuci : Media, Power Point, Motivasi
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA KOTA MAKASSAR Sri Putri Megawati; Abd Rahim Razaq
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan  pada  mata  pembelajaran  bahasa  Arab  di  MTs  Darul Arqam Muhammadiyah Gombara dan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan pada mata pembelajaran bahasa Arab di Mts Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Jenis yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam mengumpulkan data yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) telah diterapkan di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara pada mata pelajaran bahasa Arab. Hasil  penerapan pembelajaran  aktif,  kreatif,  efektif  dan menyenangkan pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara sangat baik, hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pembelajaran bahasa Arab serta interaksi antara guru dan peserta didik, sesama peserta didik, guru serta sumber belajar dengan penerapan pembelajaran aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan berlangsung secara baik.Kata kunci:Implementasi, PAKEM, Bahasa Arab
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH Asura Useng; Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab di SMP Unismuh, untuk mengetahui antusiasme siswa dalam  pengunaan media audio visual dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di SMP Unismuh dan untuk mengetahui efektifitas pengunaan media audio visual dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab di SMP Unismuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu yang bersumber dari angket, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh informasi yang betul-betul akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Unismuh Makassar cukup bagus karena guru yang mengajar di sekolah tersebut sudah mahir dalam berbahasa Arab. Kedua: Antusiasme siswa kelas VIII dalam proses pembelajaran Bahasa Arab setelah digunakan media audio visual sangat bagus karena siswa sangat menyukai pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual. Ketiga: Efektifitas pengunaan media audio visual dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab di SMP Unismuh Makassar sangat bagus karena menunjang minat belajar peserta didik, dimana peserta didik bisa belajar sambil bernyanyi.Kata kunci : Media, Audio Visual, Peningkatan, Bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 6