cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR Rahmi Rahmi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar?, 3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran  mufradat  bahasa  Arab pada  siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara MakassarJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengesksplorasi data yang dilapangan dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran  secara  tepat  dan  jelas  tentang  penerapan  metode  mimicry memorizationHasil Penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penerapan Metode mimicry berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pelaksanaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode mimicry adalah yang pertama kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut sebagai penunjang dan pendukung kegiatan pembelajaran . Faktor yang kedua adalah Minat siswa karena pada dasarnya minat dan ketertarikan seseorang  terhadap suatu dianggap menyenangkan bagi individu tersebut. Faktor ketiga adalah perhatian siswa ialah suatu keaktifan jiwa peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan faktor terakhir adalah aktifitas siswa ialah segala kegiatan siswa pada saat pembelajaran mufradat bahasa Arab. 3) Upaya-upaya yang lakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan Metode mimicry memorization  Memilih metode yang  sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa dan ruangan kelas harus efektif karena sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Mimicry-Memorization, Mufradat
IMPLIKASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM GOMBARA MAKASSAR Sri Devi Sri Devi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara. 2) Hasil implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Darul Arqam Gombara sejumlah 23 orang 1 orang guru bahasa Arab sehingga jumlah total sebanyak 24.Hasil test menunjukan kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 9,43 pada keseluruhan aspek. Sedangkan kelas kontrol pada saat postesst memperoleh nilai rata-rata 11,48. Setelah membandingkan harga thitung dan ttabel diperoleh bahwa thitung ttabel (51,251,717) artinya H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Gombara Makassar “.Kata Kunci : Implikasi, Round Table, Membaca teks
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR Mustabsyira Mustabsyira
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine 1) Supervision of school principals at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch, 2) Performance of Arabic teachers at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch, 3) The effect of principal supervision on the performance of Arabic teachers at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch.This research is a descriptive correlational study in which all the variables to be observed, then correlated between the independent variable and the dependent variable. Data collection methods are observation, interview, questionnaire and documentation.The results obtained data that: 1) Supervision of the principal at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch is in the high category. These results are consistent with the distribution of frequencies and percentages obtained in the field, which shows that the supervision of the principal at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar branch is around 57.14%. 2) The performance of Arabic teachers at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch is in the high category. These results are consistent with the distribution of frequencies and percentages which indicate that the performance of Arabic teachers at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar branch is around 51.43%. 3) Principal supervision has a significant effect on the performance of Arabic teachers at Madrasah Aliyah Muallimim Muhammadiyah Makassar Branch, which is indicated by a significance value of P 0.000 0.05.
STRATEGI PEBGELOLAAN KOMPONEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA Muhammad Firgah
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yakni dengan metode pengumpulan data yang berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni dari Guru pendidikan bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung diantaranya: Kurikulum, Materi, Metode, Evaluasi, Guru dan siswa. Strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab yang meliputi: Strategi pengelolaan kurikulum, strategi pengelolaan materi, strategi pengelolaan metode pembelajaran, strategi pengelolaan evaluasi, serta guru dan siswa. Dalam pengelolaan komponen pembelajaran terdapat faktor yang menghambat dan mendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran, diantara faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran itu yakni berasal dari Guru, peserta didik dan fasilitas penunjang pembelajaran yang ada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung itu sendiri.Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan, Pembelajaran
IMPLEMENTASI BRAILLE BERBASIS MEDIA CARD HURUF HIJAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TUNANETRA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 MAKASSAR Sumarni Sumarni
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan Braille berbasis  media card  huruf hijaiyyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra, 2) Mengetahui manfaat penerapan Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 MakassarJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah menggunakan enam titik pola. Siswa meraba pola mulai dari ujung kanan atas sampai pola ujung kiri bawah huruf hijaiyyah yang terdiri 29 huruf. Dalam penerapannya siswa merasa sangat terbantu, selain untuk belajar Bahasa Arab juga untuk membaca Al-Qur’an. 2) Manfaat media card huruf hijaiyyah pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar dintaranya yaitu a) Braille dapat membantu penyandang tunanetra dengan tulisan timbul yang mampu mempermudah siswa dengan belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga untuk membedakan huruf hijaiyyah yang satu dengan huruf hiajiyyah lainnya siswa lebih cepat untuk menebak dan mengetahui hurufnya. b) Siswa lebih fokusKata Kunci : Implementasi, Braille, Media Card, Huruf Hijaiyyah, Tunanetra
PENGARUH PROGRAM INTENSIF PEMBINAAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XII DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR Tasrif Tasrif
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 3). Untuk mengetahui pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara.Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa, dengan sampel 10 orang siswa.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara diadakan setiap hari sabtu setelah magrib sampai sebelum magrib, dengan mekanisme siswa menginap di ma’had Al-Birr selama program berlangsung, adapun mata pelajaran yang diajarkan yaitu Al-Arabiyah, At-tadribat, dan hifdzul mufradat. 2). Faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara a). Faktor pendukung: Siswanya tinggal asrama sehingga mudah untuk mengikuti program pembinaan, Siswa adalah orang yang benar-benar ingin diajar, Lingkungan pesantren yang membantu program pembinaan, Adanya laboratorium bahasa, Banyaknya buku rujukan, Pembina pesantren sangat menginginkan adanya alumni yang bisa lanjut ke timur tengah sehingga dia mengadakan program pembinaan tersebut b). Faktor penghambat: Tenaga pengajar kurang, Alat peningkatan bahasa kurang memadai, Kurangnya dana, kurangnya siswa yang mengaplikasikan bahasanya, Jarak antara pondok dan Ma’had Al-birr sangat jauh. 3). Pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara makassar sangat baik, dengan bukti 6 orang siswa mendapat nilai A (tinggi), dan 3 orang siswa mendapat nilai B (sedang), dan 1 orang siswa mendapat nilai C (rendah). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif terhadap siswa dengan diadakannya program intensif pembinaan bahasa Arab. Kata Kunci: Program intensif, Pembinaan, Kemampuan Berbahasa

Page 1 of 1 | Total Record : 6