cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
Analisis Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar Said Said; Fatmawati Fatmawati; Sulaeman Masnan
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru bahasa Arab di SMA Muhammdiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kompetensi sosial guru bahasa Arab pada masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : Kompetensi sosial guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemik covid 19 di SMA Muhammadiya 1 Unismuh Makassar adalah guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran meliputi beberapa hal yaitu guru bahasa arab sebagai fasilitator, pendidik, pengajar, sumber belajar, pembimbing, motivasi dan tauladan bagi siswa, Memberi evaluasi (ulangan), pemberian tugas. minat belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di SMA Muhammadiya 1 Unismuh Makassar sangatlah menigkat khususnya di kelas X IPA yang dapat ditandai dengan semangat belajar siswa, antusias siswa, rasa senang dan  suka, siswa dalam proses pembelajran bahasa Arab, hal ini tentu tidak lepas dari cara-cara mengajar guru bahasa Arab yang memberikan fasilitasi belajar siswa dengan baik, nyaman dan menyenangkan, sehingga minat belajar bahasa arab siswa kelas X IPA dapat mengalami peningkatan yang sangat baik walaupun dimasa kondisi pandemik corona. Namun sebaliknya minat belajar siswa kelas X IPS itu sangat kurang, karena meraka yang kuran mampu dalam membaca Al-qur’an dan memahami apa materi yang di sampaikan dan latar belakang sekolah yang umumKata Kunci : Kompetensi guru, Minat Belajar, Bahasa Arab
Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah Terhadap Kemahiran Menulis Santri Tk/Tpa Al-Musthofainal Akhyar Unit 099 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Zahra Humairah; Muhammad Ibrahim
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode sambung huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala? 2) Bagaimana pengaruh metode sambung huruf hijaiyah terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala?.Metode Pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan Teknik analisis data yaitu uji paired sampel t-test dan uji N Gain.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Sambung Huruf Hijaiyah berpengaruh terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala. Dengan mengacu pada nilai Ujian Kelas Eksperimen dimana  terjadi peningkatan nilai rata rata pada Post Test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Sambung Huruf Hijaiyah. Begitu pula dengan hasil dari Uji Paired Sample T Test, dimana nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 0,05. 2) Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala termasuk dalam kategori tinggi. Dengan mengacu pada nilai N Gain sebesar 0,86 0,7.Kata Kunci : Metode Sambung Huruf Hijaiyyah, Kemahiran Menulis, TK/TPA
Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah Cabang Makassar Rukhaima Rukhaima; A. Fajriwati Tadjuddin; Nasruni Nasruni
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model make a match  pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match   pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar. Dengan menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ditemukan bahwa Pembelajaran melalui model make a match  pada mata pelajaran bahasa Arab materi kata benda didalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Tingkat keberhasilan belajar meningkat dengan baik, hal ini dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai belajar siswa dan proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menentukan pemahaman dari hasil belajar. Nilai hasil belajar siswa pada tes awal mencapai nilai 45,45 % kemudian meningkat menjadi 77,27% pada siklus I dan pada siklus II meninkat menjadi 95,45%. Nilai hasil belajar ini keberhasilannya berada dikriteria baik.Kata Kunci : Make a Match, Peningkatan, Hasil Belajar 
Hubungan Intensitas Membaca Dan Kemampuan Bercakap Dalam Bahasa Arab Siswa Kelas VII Smp Unismuh Makassar Isradin Isradin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengangkat tiga pokok bahasan yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat intensitas membaca siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, 2) Untuk mengetahui tingkat intensitas bercakap bahasa Arab siswa Kelas VII SMP unismuh Makassar. Dan 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan bercakap bahasa Arab siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik análisis data menggunakan rumus persentase sederhana, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi sebanyak 60 sedangkan jumlah sampel yaitu 50% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang.Hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode pengajaran bahasa Arab di sekolah SMP Unismuh Makassar. Berbagai macam bentuk metode pengajaran bahasa Arab di antaranya metode Muhadatsah, qawa’id, mubasyarah, mutholaah, dan insya. Dipandang dari segi pemahaman bahwa tingkat pemahaman bahasa Arab siswa dengan metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sangat bagus dan meningkat, Hasilnya dapat diketahui dari hasil angket,33(82,5%) berminat belajar bahasa Arab dengan metode yang digunakan guru, 4(10%) kurang berminat, dan 3(7,5%) tidak berminat belajar bahasa Arab dengan metode yang digunakan guru, dalam proses belajar dapat diketahui dalam hasil wawancara langsung dari guru bidang studi Bahasa Arab.Kata Kunci : Intensitas, Membaca, Bercakap Bahasa Arab
Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Unismuh Makassar Asni Fardyanti
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengacu pada dua pokok permasalahan antara lain: 1. Untuk mengetahui bagaimana metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Unismuh dengan mengunakan metode peta konsep. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa 69 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 27,1% yaitu 6 orang dari 22 siswa meningkat menjadi 72,2 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 36,3% yaitu 8 siswa dari 22 siswa pada siklus I dan kembali meningkat pada siklud II dengan nilai rata-rata 80 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 77,2% dari 22 siswa. Sedangkan secara kualitatif terlihat bahwa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi perubahan sikap siswa. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama penelitian.Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Pembelajaran Bahasa Arab
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar Jujun Suciadin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp terhadap siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp dengan motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, menggunakan rumus regresi sederhana dengan jumlah sampel 33 responden.Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik yaitu pada interval 37,35 – 40,65 dengan nilai rata-rata 39,39. 2) Motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik pada interval 39,55 – 42,45 dengan nilai rata-rata 42,15. Dari hasil uji t, nilai thitung penggunaan media sosial WhatsApp sebesar 0,618 lebih kecil dari nilai ttabelyang telah ditetapkan sebesar 2,021. 3) Nilai signifikan 0,541 0,05. Selain itu, diketahui persamaan regresi dengan rumus Y = a + bX = 38,400 + 0,095X. Dengan demikian, dapat dinyatakanTerdapat pengaruh yang tidak  signifikan antara antara penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Adapun besarnya pengaruh positif penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah 0,012 atau 12% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Media, WhatsApp, Motivasi Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 6