cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
Analisis Isi Buku Bahasa Arab Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Muallimat Aisiyah Cabang Makassar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siti Anisa Rumfot; Sudir Koadhi; Muhammad Ibrahim
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswi kelas XI Madrasah Aliyah Aisiyah Cabang Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjkkan bahwa buku ajar tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Berdasarkan dari segi seleksi, graditasi, presentasi, buku tersebut memenuhi kriteria buku yang baik. Kemudian kemampuan berbicara siswi yang bisa dikatakan sangat meningkat karena antusias siswa saat mata pelajaran bahasa Arab, dengan bantuan materi yang terperinci serta cara mengajar guru didalam kelas yang membuat siswa semangat dan senang mempelajari bahasa Arab baik secara langsung maupun daring (dalam jaringan) sehingga bisa dikatakan kemampuan berbicara siswi meningkat dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan buku ajar yang digunakan sekarang.Kata Kunci: Analisis Isi Buku Dan Kemampuan Berbicara
Korelasi Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Keterampilan Berpidato Bahasa Arab Anshar Anshar
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengajaran mufrodat (kosakata) bahasa Arab merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur-unsur yang terkandung dalam pengajaran bahasa Arab, karena belajar mufrodat berarti sama saja dengan belajar bahasa itu sendiri. Sehingga mufrodat memegang peranan penting dalam bahasa Arab. Seseorang tidak dapat dikatakan menguasai bahasa Arab kalau belum menguasai mufrodat bahasa Arab. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. Secara kronologis, fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat untuk mengadakan integrasi, adaptasi sosial, dan sebagai alat untuk kontrol sosial. Dengan bahasa, seseorang akan melakukan komunikasi, baik ketika ia akan menyampaikan sesuatu yang ada dalam benaknya maupun menerima kabar dari orang lain. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesama.Tulisan ini bermaksud menjelaskan tentang korelasi penguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berpidato bahasa Arab karena secara konsepsional kualitas keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliki. Dan seseorang yang memiliki kualitas dan kuantitas kosakata bahasa Arab akan mempunyai keterampilan lebih dalam berbicara bahasa Arab.Kata Kunci : Korelasi, mufrodat, Mahaarah al-kalam, Komunikasi
Penerapan Metode Make A Match(مطابقة) Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar Sri Mega Utami; Fatmawati Fatmawati; Nasruni Nasruni
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk permasalahan guru dalam penggunaan metode pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hafalan kosakata pada mata pelajaran bahasa Arab di MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar dengan permasalahan; 1) Bagaimana penerapan metode make a match dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar?. 2) Bagaimana peningkatan hafalan kosakata bahasa Arab melalui penerapan metode make a match pada siwa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar?.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi , wawancara, dokumentasi dan tes.Hasil penelitian dengan menggunakan penerapan Metode Make A Match dapat meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab mulai dari hasil Sebelum dilaksanakannya Metode Make A Match yaitu dengan rata-rata 69,3%, setelah melakukan Metode Make A Match pada siklus I dimana hasil belajar siswa rata-rata 74,7% yang masih dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memiliki rata-rata 90% yang termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian membuktikan bahwa Penerapan Metode Make A Match dapat meningkatkat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar.Kata Kunci: Metode Make A Match, Hafalan Kosakata Bahasa Arab
MOBA: Monopoli Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Upaya Meningkatkan Semangat Anak Sekolah Dasar dalam Menghafal Al-Qur’an di Era Revolusi Industri 4.0 Wahyuni Iskandar; Ya'kub Ya'kub; Abd. Rahman
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa diciptakan untuk manusia dan kemanusiaan, maka sangatlah penting bagi umat memahami dan menguasai bahasa Arab. Pemerolehan bahasa merupakan salah satu aspek akulturasi serta tingkat pengakulturasian seseorang pada kelompok bahasa tertentu dalam memperoleh bahasa lainnya atau yang dimaksud bahasa kedua atau bahasa asing sebagai alat komunikasi Sehingga MOBA (Monopoli Bahasa Arab) ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk pengenalan dan penanaman bahasa Arab sejak usia sekolah dasar. Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan manfaat MOBA (Monopoli Bahasa Arab), sebagai media untuk membantu pemerintah, masyarakat untuk mengajarkan anak mengenai bahasa Arab dasar yaitu kosa kata Arab pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. MOBA (Monopoli Bahasa Arab) merupakan salah satu media pembelajaran yang menyerupai monopoli namun dibuat semenarik mungkin dalam bentuk kosa kata. Manfaat  MOBA yaitu untuk meningkatkan minat belajar kosa kata hingga ayat al-Qur’an terhadap anak sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentinya bahasa arab dapat direalisasikan menggunakan MOBA (Monopoli Bahasa Arab) sebagai media pembelajaran upaya meningkatkan kosa kata bahasa arab pada anak sekolah dasar di era revolusi industri 4.0Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, MOBA (Monopoli Bahasa Arab), Revolusi Industri 4.0
Efektivitas Metode Totally Physical Response (TPR) dalam Meningkatkan Penguasaan Ungkapan Harian Berbahasa Arab Santri Putri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai Nur Oktaviani A. Salim; A. Fajriwati T.; Nur Fadilah Amin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sebelum menggunakan metode Totally Physical Response (TPR), 2) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sesudah menggunakan metode Totally Physi meningkatkan penguasaan ungkapan harian santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One Grup Pretest Postest Desain yaitu jenis eksperimen hanya digunakan pada satu kelompok tanpa pembanding bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan ketika menerapkan metode Totally Physical Response (TPR). Metode pengumpulan data yaitu observasi, teknik tes secara lisan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penguasaan ungkapan harian Santriwati sebelum menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) peneliti melakukan observasi dan memberikan pretest secara lisan yaitu berupa ungkapan harian yang diketahui oleh siswa. Hasil penilaian pretest santri putri untuk nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 50, 2) Penguasaan ungkapan harian santri putri yaitu peneliti memberikan materi dan menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) siswa memperagakan perintah yang diungkapkan peneliti, selanjutnya peneliti mengadakan postest memberikan ungkapan harian dengan menggunakan metode Totally Physical Response (TPR). Hasil penilaian postest terendah 70 dan tertinggi 100. 3) Peneliti melakukan uji efektifitas dengan melihat data penilaian siswa dimana nilai rata-rata pretest 60,6 dan nilai rata-rata postest 89,8. Dengan demikian
Analisa Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Al-Arabiyyah Lin Nasyiin; Studi Kasus Madrasah Putri Imam Malik Makassar Ummu Fadhilah Imran Ibrahim
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil wawancara dengan guru bahwa beberapa siswa berasal dari Sekolah Dasar Negeri yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa arab. Inilah yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah Putri Imam Malik Makassar untuk tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah guru bahasa Arab, TU, administrator dan beberapa siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Penelitian ini merupakan proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Putri Imam Malik Makassar dengan menggunakan kitab al-arabiyyah lin nasyiin , meliputi tiga tahap: kegiatan: pengenalan, kegiatan inti, dan penutup. Tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah mengikuti Kompetensi Inti. Metode yang digunakan mengikuti materi yang akan dipelajari, adapun macam-macam metode yaitu : metode langsung, metode gramatikal terjemah, metode membaca, dan metode audiolingual. Media yang digunakan adalah media visual dan media audiovisual. strategi pembelajaran menggunakan pendekatan quantum learning dimana guru mengajak siswa merasa nyaman dan senang dalam belajar bahasa arab. Sedangkan, evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan melakukan tes lisan pada saat pembelajaran berlangsung, dan tes tertulis meliputi: tugas individu, ulangan harian dan Ujian Akhir Semester.Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Madrasah, Imam Malik

Page 1 of 1 | Total Record : 6