cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
KARAKTERISTIK I’RAB DAN SOLUSI PEMBELAJARANNYA Ummu Fadhilah Imran Ibrahim
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBahasa Arab memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Karakteristik unik tersebut adalah sistem i’rab yang yang memiliki tanda-tanda yang berbeda sesuai dengan amil (pengaruh) yang mendahuluinya. Keberadaan sistem i’rab di sini, memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik. Dalam pembelajaran i’rab, pendidik diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan berbagai macam metode dan strategi. Artikel ini membahas tentang karakteristik i’rab dan solusi pembelejaranya dengan menggunakan model cooperative learning. Teori pembelajaran yang menjadi landasan coopretive learning adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Cooperative learning sendiri memiliki beberapa strataegi pembeajaran yaitu, STAD (Students Team Achievment Divisions), Jigsaw, Group Investigation, dan struktural.Kata kunci: Karakteristik, I’rab,  Solusi Pembelajaran
MEDIA DAN TEKNOLOGI VISUAL Eka Mahendra Putra; M Yusuf Tahir
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam ranah Pendidikan, seperti dalam ranah kegiatan proses belajar mengajar. Proses pembelajaran merupakan proses penyampaian informasi dari seorang tenaga pendidik kepada peserta didiknya. Penelitian ini dilakukan untuk membahas persoalan media dan teknologi visual dan dikaitkan dengan pembelajaran Bahasa arab. Metode yang digunakan adalah adalah metode kepustakaan. Penulis mengumpulkan berbagai macam data – data yang berkaitan dengan media pembelajaran berbasis visual kemudian disimpulkan dan dimasukkan ke dalam artikel ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis visual dapat memudahkan siswa atau peserta didik dalam memahami pembelajaran dan dapat mempermudah seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan pelajaran.Kata Kunci : Pembelajaran, Media Visual, Pembelajaran Bahasa Arab
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QAWAID WA TARJAMAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS VIII-B MTs MUALLIMIN MUHAMMADIYAH MAKASSAR Megawati Megawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen yang bertujuan: 1) Mengetahui penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. 2) Mengetahui efektivitas penerapan metode qawaid wa tarjamah dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar dengan sampel yang diambil secara tidak acak yang menetapkan ciri-ciri khusus sesuai dengan tujuan penelitian sebanyak 26 siswa dalam satu kelas melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa metode Qawaid Wa Tarjamah dan variabel terikat berupa maharah qira’ah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah dapat meningkatkan maharah qira’ah siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan pada saat diterapkan siswa menjadi lebih semangat dan tertarik mengikuti pembelajaran dan aktif dalam mengutarakan pengetahuan yang sudah dipelajari dikelas. 2) Nilai rata-rata pre-test 53 sedangkan rata-rata post-test 82,50. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,62 dalam kategori sedang dan berdistribusi normal untuk data maharah qira’ah. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung -ttabel (-30,598 -2,059) dan nilai probabilitas 0,000 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah efektif dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar.Kata Kunci: qawaid wa tarjamah, maharah qira’ah, efektivitas
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN INSYA’ MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR ANGKATAN 2018 Abdul Jalil
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018” Dibimbing oleh. Fatmawati dan Nasruni. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan. 2) Mengetahui apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Prodi Pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Fokus utama dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ dan upaya megatasi nya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ diantaranya (1) Ada mahasiswa yang berasal dari sekolah  umum dan tidak memiliki dasar Bahasa Arab (2) kurangnya rasa ingin tau. Upaya yang bisa ditempuh yaitu (1) Senantiasa giat dalam belajar Bahasa Arab (2) memperbanyak perbendaharaan kosa kata (3) memperbanyak membaca buku-buku yang berbahasa Arab.Kata Kunci: Faktor-faktor kesulitan insya’
PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH Fitriyani Ridwan
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar dengan jumlah siswa 21. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Ini dapat dibuktikan pada siklus I dimana hasil belajar siswa memiliki rata-rata 68 yang masih dalam kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memiliki rata-rata 76,5 yang termasuk kategori baik. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 23% dan siklus II 85%. Faktor yang mempengaruhi adanya peningkatan yaitu adanya pendamping yang lebih intensif, adanya motivasi dari guru mata pelajaran, dan adanya inovasi berupa alat peraga pendidikan.Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Meningkatkan hasil belajar, Bahasa Arab
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI REWARD (الجائزة) DAN PUNISHMENT (العقاب) Sitti Diyan Dwi Jayanti
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6, No 2 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menerapkan penelitian lapangan dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab sehingga berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam materi bahasa arab di MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar dengan permasalah : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan pemberian penghargaan  dan hukuman pada siswa kelas VIII Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar. 2) Untuk mengetahui apakah pemberian penghargaan dan hukuman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus mempunya empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini pada siswa kelas VIII A MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yan digunakan adalah wawancara, lembar obeservasi, dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Adapun hasil yang didapatkan menggunakan reward dan punishment sebagai metode untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab sebagai berikut sebelum menerapkan sistem reward dan punishment  dengan rata-rata nilai persentase sebesar 55,5%, setelah menggunakan reward dan punishment pada siklus I rata-rata nilai persentase sebesar 60,5% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa dengan persentase sebesar 81,3% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan reward dan punishment dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela VIII A MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Kata Kunci : reward dan punishment, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 6