cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
VARIASI DIALEK BAHASA ARAB Muh Nizar Shazana
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Variasi bahasa Arab merupakan ragam bahasa Arab yang muncul dari perbedaan cara bertutur masyarakat Arab yang memiliki tempat tinggal dan kebutuhan sosial budayah yang berbeda-beda. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui asal usul munculnya ragam dialek dalm bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah metode Pustaka dimana penulis mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan ragam dialek bahasa Arab. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya berbagai ragam dialek bahasa arab dan penyebab munculnya ragam dialek.Kata Kunci: Fiqih Lughoh: Variasi Bahasa Arab
PENGAMBILAN DALIL DARI AL-QUR’AN DALAM USHUL NAHWU Dwi Ratnasari; Eka Mahendra Putra
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupan sehari-harinya butuh komunikasi untuk melakukan aktifitasnya. Salah satu bentuk komunikasi manusia adalah berbicara, dan dalam pergaulan manusia, bahasa merupakan sesuatu yang lazim digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa sebagai alat komunikasi sangat vital,sehingga menyebabkan banyak orang yang menelitinya. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia dan menjadikannya salah satu bahasa internasional. Ushul nahwu merupakan salah satu cabang linguistic arab yang sangat penting untuk dikaji karena ilmu ini membahas tentang ilmu yang membahas tentang dalil-dalil nahwu secara global. Metode kepustakaan akan menjadi metode yang digunakan oleh penulis dalam pembahasan ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pengambilan dalil-dalil nahwu dari Al-Qur’an merupakan salah satu pembahasan yang penting dan sangat penting dalam dunia bahasa arab. Dalam pembahasan ushul nahwu, salah satu sumbernya adalah as-sima’. As-sima’ mempunyai beberapa pembagian di antaranya istidlal bil qur’an. Imam As-Suyuthi berkata pada kitabnya Al-Iqtirah bahwa semua yang terdapat dalam Al-Qur’an dan dibaca dengan cara tertentu boleh berhujjah dengannya, baik yang diriwayatkan secara mutawatir, ahad, maupun syadzdzah.Kata Kunci: Istidlal bil Qur’an, Ushul Nahwu, Dalil-dalil Nahwu
TERJEMAH DARI MASA KE MASA (SEBUAH TELAAH HISTORIS TEORI TERJEMAH BAHASA ARAB) Nur Fadilah Amin; Kamaluddin Abu Nawas; Andi Abdul Hamzah
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The concept of translation is generally described as an activity of transferring information from one language to another with the aim that people who read in the target language can easily understand what is conveyed. Therefore, the translation process itself must consist of at least three components: source language (Bsu), target language (Bsa), and information. History records that the main period of translation coincided with the time when there were differences between two cultures and two languages, especially in the spread of science and culture. From its own history, the process of translation occurs because of a need, whether it is cultural, economic, scientific, religious, or even because of the language motive itself. Periodization in the history of Arabic translation began before the Prophet Muhammad was sent, and the peak can be seen during the Khalifah Abbasiyah with the establishment of Baitul Hikmah. Some of the pioneering figures of Arabic translation are: Al-Harith bin Kaldah, Khalid bin Yazid bin Muawiyah, Hunain Bin Isaac, Yahya Bin Addi, Qistha Bin Luqa Al-Ba'labaki, Abu Usman Al-Dimasyqa, Yohana Bin Al-Bathriq, Ibn Al-Muqaffa, and Al-Jahiz.Keywords: Theory, Translation, History, Arabic LanguageKonsep menerjemahkan secara umum digambarkan sebagai suatu kegiatan memindahkan informasi dari satu bahasa ke bahasa yang lain dengan tujuan agar orang yang membaca dengan menggunakan Bahasa sasaran mampu memahami dengan mudah apa yang disampaikan. Sehingga proses penerjemahan sendiri minimal harus terdiri dari tiga komponen yaitu bahasa sumber (Bsu), bahasa sasaran (Bsa) dan informasi. Sejarah mencatat bahwa periode utama terjemah bersamaan dengan zaman terdapatnya perbedaan antara dua budaya dan dua bahasa, khususnya dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan budaya. Dari sejarahnya sendiri, proses penerjemahan terjadi karena suatu kebutuhan, baik yang bersifat kebudayaan, ekonomi, ilmu pengetahuan, agama atau bahkan karena motif bahasa itu sendiri. Periodisasi dalam sejarah penerjemahan bahasa Arab pun dimulai sebelum Rasululullah SAW diutus, dimana puncaknya dapat kita lihat pada masa Khilafah Abbasiyah dengan didirikannya Baitul Hikmah. Adapun beberapa tokoh-tokoh pelopor terjemah Arab yaitu: Al-Harits bin Kaldah, Khalid bin Yazid bin Muawiyah, Hunain Bin Ishak, Yahya Bin Addi, Qistha Bin Luqa Al-Ba’labaki, Abu Usman Al-Dimasyqa, Yohana Bin Al-Bathriq, Ibnu Al-Muqaffa’ dan Al-Jahiz.Kata Kunci: Teori, Terjemah, Histori, Bahasa Arab
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA ARAB MELALUI TEKNIK BERMAINPADA KELAS VIII SMPS AL FURQAN ERENG ERENG BANTAENG SULAWESI SELATAN Riska Amalia; Fatmawati Fatmawati; Nur Fadilah Amin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analasis tingkat penguasaan kosakata Bahasa arab pada kelas VIII melalui Teknik bermain SMPS Al -Furqan Ereng Ereng Bantaeng Sulawesi selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik observasi, wawancara dan tertulis. Dalam pengajaran bahasa terdapat empat tujuan yang akan dicapai dalam taraf keterampilan atau kemahiran yaitu keterampilan mendengar (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca(reading skills) dan keterampilan menulis (writing skills)Untuk memahami dan menguasai keempat keterampilan tersebut siswa harus menguasai perbendaharaan yang cukup dengan mengetahui perbedaharaan pola tiap-tiap kalimat maka akan mudah memahami isi dan kedudukan kalimat itu sendiri. Dengan demikian untuk memperoleh empat keterampilan sebagaimana tersebut diatas bahwa menguasai dan memahami pada tiap-tiap kalimat adalah modal utama yag harus dimiliki oleh siswa. Penguasaan kosakata tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimilikinya, semakin banyak kosakata yang dimiliki maka semakin besar juga kemungkinan untuk terampil dalam berbahasa arab Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisisKata Kunci: Bahasa Arab, penguasaan, kosakata, melalui Teknik bermain
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH Nurhikmah Nurhikmah; Muhammad Ibrahim
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan campuran kualitatif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap hasil belajar Bahasa Arab yang diterapkan pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, tes awal dan akhir, dokumentasi. Objek Penelitian adalah penerapan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar Bahasa Arab Siswa kelas X MA Attarbiyah Lauwa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, yaitu (1) Hasil pre-test, nilai rata-rata hasil belajar murid 64 (rendah) sebelum diterapkan model pembelajaran SAVI dengan kategori yakni sangat rendah 26.80%, rendah 36.60%, sedang 17.10%, tinggi 14.60%, dan sangat tinggi 4.90%. (2) Hasil post-test yaitu 82 (tinggi) dapat dikatakan bahwa tingkat hasil belajar siswa tergolong tinggi dan persentasi kategori hasil belajar Bahasa Arab siswa juga meningkat yakni sangat tinggi yaitu 29.3%, tinggi 46.3%, sedang 14.6%, rendah 4.9%, dan sangat rendah 4.9%. (3) Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai t Hitung 28.8. dan diperoleh t Tabel 2.70. Oleh karena t Hitung t Tabel pada taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa Kabupaten GowaKata Kunci: SAVI, Hasil Belajar, Bahasa Arab.This study used an experimental method with a mixed qualitative quantitative approach, aiming to find out how the SAVI learning model influences the Arabic language learning outcomes of class X students at Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa, Gowa Regency.This research was conducted at Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa, Biringbulu District, Gowa Regency, South Sulawesi Province. Data collection techniques by making observations, initial and final tests, documentation. The object of research is the application of the SAVI learning model to the Arabic language learning outcomes of class X MA Attarbiyah Lauwa students. Data analysis techniques were performed by descriptive and inferential statistical analysis using the t-test.The results of the research and discussion in this study, namely (1) Pre-test results, the average value of student learning outcomes was 64 (low) before the SAVI learning model was applied with categories namely very low 26.80%, low 36.60%, moderate 17.10%, high 14.60%, and very high 4.90%. (2) The post-test result is 82 (high) it can be said that the level of student learning outcomes is high, and the percentage of students' Arabic learning achievement categories also increases, namely very high, namely 29.3%, high 46.3%, medium 14.6%, low 4.9%, and very low 4.9%. (3) The results of inferential statistical analysis using the t test formula, the t count value is 28.8. and obtained t Table 2.70. Because t count t table at a significance level of 0.05, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted, which means that there is an influence of the SAVI learning model on students' Arabic learning outcomes class X Madrasah Aliyah Attarbiyah Lauwa, Gowa RegencyKeywords: SAVI, Learning Outcomes, Arabic.
ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SETELAH TERINTEGRASI DENGAN MA’HAD AL-BIRR Andi Nadila; Sulaeman Masnan; Nur Fadilah Amin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis study aims to determine (1). learning outcomes and (2). factors that influence student learning outcomes in the Arabic Language Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Makassar, for the 2021/2022 Academic Year after being integrated with Ma'had Al-Birr. Techniques to collect data in the form of interviews and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and data verification. The data sources in this study were students for the 2021/2022 academic year and permanent lecturers of Arabic language education study programs as well as written sources, namely grade transcripts and student cumulative grade point averages or GPA.The results of this study show that: (1) Student learning outcomes that focus on the cumulative grade point average or GPA. Of the 86 active students of the Arabic language education study program for the 2021/2022 academic year, 50% of students have high GPA, 40.70% of students have medium GPA and 9.30% of students have low GPA. (2) The factors that influence student learning outcomes are divided into two:First,Internal factors, students' interest in learning Arabic and previous educational background are very influential.Second,external factors, motivation to learn from the family and friendship environment as well as the university's assessment system which has high standards.Keywords : Student Learning Outcomes, Arabic AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). hasil belajar dan (2). faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Akademik 2021/2022 setelah Terintegrasi dengan Ma’had Al-Birr. Teknik mengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 dan dosen tetap prodi pendidikan bahasa Arab serta sumber tertulis yaitu transkip nilai dan Indeks prestasi kumulatif mahasiswa atau IPK.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar mahasiswa yang berfokus pada indeks prestasi kumulatif atau IPK. Dari 86 mahasiswa aktif prodi pendidikan bahasa Arab tahun akademik 2021/2022 terdapat 50% mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, 40,70% mahasiswa yang memiliki IPK sedang dan 9,30% mahasiswa yang memiliki IPK rendah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa terbagi menjadi dua: Pertama, faktor internal, minat belajar bahasa Arab mahasiswa dan latar belakang pendidikan sebelumnya sangat berpengaruh. Kedua, faktor eksternal, motivasi belajar dari lingkungan keluarga dan pertemanan  serta sistem penilaian Universitas yang memiliki standar tinggi.Kata Kunci : Hasil Belajar Mahasiswa, Bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 6