cover
Contact Name
Diny Syarifah Sany
Contact Email
mji@unsur.ac.id
Phone
+6281322535993
Journal Mail Official
mji@unsur.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Media Jurnal Informatika
ISSN : 20882114     EISSN : 24772542     DOI : https://doi.org/10.35194/mji.v12i2
Core Subject : Science,
Media Jurnal Informatika merupakan oleh jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur yang terbit setiap 6 Bulan pada Juni dan Desember. Media Jurnal Informatika mulai terbit dengan versi cetak pada tahun 2009 dan terbit satu kali dalam satu tahun, namun kemudian frekuensi terbit dinaikan menjadi dua kali dalam satu tahun. Fokus dan lingkup bidang Media Jurnal Informatika meliputi Geography Information System Security Network Big Data Information System Enterprise Resource Planning Internet of Things, Cloud Computing Artificial Intelligent Soft Computing Multimedia dan Game Human Computer Interaction
Articles 113 Documents
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Kerja Praktek Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Model Rating Sri Widaningsih
Media Jurnal Informatika Vol 7, No 1 (2015): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v7i1.133

Abstract

Penentuan dosen pembimbing kerja praktek dapat dipecahkan dengan sistem pendukung keputusan. Model yang digunakan dalam SPKini adalah metode AHP dimana pengambilan keputusan mempertimbangkan beberapa kriteria dan sub kriteria/rating dalam perhitungannya. Sesuai dengan komponen-komponen pembentuk SPK, makatahap perancangan danimplementasi dikelompokkan menjadi sub sistem manajemen data, sub sistem manajemen model, dan sub sistem manajemen antar muka pengguna. Tahap perancangan menggunakan metodeterstruktur dengan dataflow diagram sedangkan coding dalamimplementasi menggunakan delphi 7. Perhitungan AHP menggunakan software yang dibuat dapat mempercepat perhitungan sehingga dapat dihasilkan keputusan yanglebih akurat dan objektif.Kata kunci:AHP, multi kriteria, SPK, kerja praktek
Aplikasi Pedoman Mengendalikan Mobil Bertransmisi Otomatis Tipe Suv Berbasis Flash Teguh Cahyadi; Teguh Wiharko
Media Jurnal Informatika Vol 8, No 1 (2016): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v8i1.343

Abstract

Sebuah perkembangan dari kemajuan teknologi hadir dengan menggunakan simulasi. Simulasi sendiri merupakan kegiatan tiruan dari kegiatan nyata yang dilakukan oleh manusia dengan bantuan komputer digital. Metode mengajar, simulasi dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Simulasi dapat digunakan sebagai metode mengajar dengan asumsi tidak semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung pada objek yang sebenarnya. Simulasi bertujuan untuk melatih keterampilan tertentu baik bersifat profesional maupun bagi kehidupan sehari-hari, memperoleh pemahaman tentang suatu konsep atau prinsip, melatih memecahkan masalah, meningkatkan keaktifan belajar, memberikan motivasi belajar, melatih untuk mengadakan kerjasama dalam situasi kelompok, menumbuhkan daya kreatif, dan melatih pengembangkan sikap toleransi.Mobil bertransmisi otomatis atau biasa disebut juga Automatic Transmision merupakan sistem perpindahan percepatan secara otomatis. Pada transmisi mobil bertransmisi otomatis tidak perlu menginjak pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi. Mengendalikan mobil bertransmisi otomatis adalah salah satu kegiatan masyarakat dan pemula yang dapat dibuat menjadi sebuah pedoman, agar masyarkat umum ataupun pemula dapat melakukan mengendalikan mobil bertransmisi otomatis menjadi lebih efektif dan efisien menggunakan pedoman.Pedoman mengendalikan mobil bertransmisi otomatis ini dibuat untuk menyajikan informasi seputar pengenalan cara mengendalikan mobil bertransmisi otomatis, pengenalan simbol-simbol yang terdapat pada transmisi, dan pedoman di jalan raya dengan menggunakan Adobe Flash. Hasil dari perancangan pada penelitian ini diimplementasikan menjadi sebuah pedoman mobil bertransmisi otomatis ini menggunakan Metode peracangan yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language) yang mampu memenuhi membantu masyarakat umum dan pemula terhadap pengenalan mobil bertransmisi otomatis menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : simulasi, informasi, mobil bertransmisi otomatis, flash
Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus di Program Studi Teknik Informatika Universitas Suryakancana) Sri Widaningsih
Media Jurnal Informatika Vol 6, No 1 (2014): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v6i1.461

Abstract

Penelitian dilakukan menggunakan theory acceptance model (TAM) dan kualitas website sebagai variabel eksternal terhadap penggunaan sistem informasi akademik berbasis web di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Suryakancana Cianjur. Model awal yang diusulkan terdiri dari tujuh konstruk dan 33 indikator. Konstruk-konstruk yang yang digunakan yaitu terdiri dari variabel-variabel endogen yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap menggunakan, niat menggunakan, dan penggunaan secara aktual . Sedangkan  kualitas sistem dan kualitas informasi dari sistem menjadi variabel-variabel eksogen. Hipotesis untuk menguji hubungan yang terjadi sebanyak 10 hipotesis.Hasil pengolahan data dengan SEM (structural equation modeling) menghasilkan bahwa semua indikator dapat menjelaskan konstruk dan dari 10 hipotesis yang diajukan, terdapat 8 hubungan  yang signifikan dan positif yaitu persepsi kegunaan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan (0,398) dan kualitas informasi (0,301) , persepsi kemudahan dipengaruhi oleh kualitas sistem (0,692), sikap menggunakan dipengaruhi oleh persepsi kegunaan (0,399) dan persepsi kemudahan (0,233), niat menggunakan dipengaruhi oleh sikap (0,119) dan persepsi kegunaan (0,186) ,sedangkan penggunaan aktual dipengaruhi oleh niat menggunakan (1,103).
Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat Menggunakan Metode Servqual Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi) Yulianto, Erwin; Ginanjar, Arief
Media Jurnal Informatika Vol 11, No 1 (2019): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v11i1.883

Abstract

Balai Diklat Metrologi saat ini tengah berbenah diri dengan mengembangkan fasilitas dan infrastruktur termasuk peningkatan dari segi kualitas pelayanan informasi.Pembenahan-pembenahan yang dilakukan saat ini sayangnya tidak selaras dengan kualitas pelayanan informasi baik di internal instansi maupun secara eksternal. Hal tersebut terjadi karena budaya kerja Silo yang terjadi di Balai Diklat Metrologi, yaitu sebuah pola pikir masa kini ketika beberapa bagian tertentu tidak menginginkan untuk berbagi informasi dengan bagian atau sektor lainnya di dalam organisasi yang sama. Tipe mentalitas seperti ini akan mengurangi efisiensi dalam proses bisnis keseluruhan, mengurangi nilai-nilai moral, dan berpotensi terciptanya budaya organisasi yang kontra produktif. Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi, maka solusi yang akan diberikan yaitu dengan melakukan pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat dengan menggunakan metode Servqual. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode berorientasi objek dengan tahapan software development life cycle menggunakan model Evolutionary Prototype. Dengan adanya solusi yang dibangun pada Balai Diklat Metrologi, diharapkan kualitas layanan informasi yang diharapkan bagi pihak eksternal dan internal dapat meningkat.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan Untuk Tanam Bibit Pandanwangi Dengan Menggunakan Metode Moora Di Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Cianjur) Selviani Kusnadi; Lalan Jaelani
Media Jurnal Informatika Vol 12, No 1 (2020): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v12i1.1193

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan Untuk Tanam Bibit Pandanwangi Dengan Menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis) di Di Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Cianjur. Metode ini memiliki tingkat fleksibilitas dan kemudahan untuk dipahami dalam memisahkan bagian subjektif dari suatu proses evaluasi kedalam kriteria bobot keputusan dengan beberapa atribut pengambilan keputusan. Metode ini juga memiliki tingkat selektifitas yang baik karena dapat menentukan tujuan dari kriteria yang bertentangan. Dimana kriteria dapat bernilai menguntungkan (benefit) atau yang tidak menguntungkan (cost). Dalam pembuatan sistem, paradigma yang digunakan adalah waterfall model yang menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai bahasa visualisasi dan merancang perangkat lunak yang akan dibangun. Tools yang digunakan dalam pembangunan Sistem Pendukung Keputusan yaitu codeigniter framework untuk sistem berbasis web dan MySQL sebagai database management system. Hasil dari program ini menunjukan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan untuk Tanam Bibit Pandanwangi dapat digunakan oleh pihak Dinas Pertanian yaitu bidang produksi tanaman pangan (seksi tanaman padi) beserta pihak Kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur dalam memilih lahan terbaik untuk tanam bibit Pandanwangi.
Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada iPhone Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Trianisa, Feby; Supriatna, Ade
Media Jurnal Informatika Vol 8, No 1 (2016): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v8i1.145

Abstract

Sistem pakar merupakan bidang yang dicirikan oleh sistem berbasis pengetahuan (Knowledge Base System), memungkinkan komputer dapat berpikir dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan kaidah. Sistem pakarini mampu mendeteksi kerusakan padaiPhone yang dapat memberikan solusiterbaikterhadap kerusakaniPhone dan dapat membantu memberikaninhalamanasi kepada para teknisi dan sebagi sarana untuk menyimpan pengetahuantentang kerusakaniPhone yang berkenaan denganjenis penyakit mata dari pakar atau ahllinya.Pada saatini proses pendeteksian kerusakan padaiPhone di Halife StoreiDevice Solution masih dilakukan secara manual. Terdapat beberapa kekurangan pada sistem manualini yaitu penggunaiPhone datang ke Halife Store iDevice Solutionlalu berkonsultasi denganteknisi atau pegawainya. Setelahituteknisi akan melakukan pemeriksaan, dan menyimpan hasil pemeriksaan.Dalam perancangan aplikasi ini, refresentasi pengetahuan menggunakan metode Certainty Factor, pohon keputusan, dan kaidah produksi. Untuk proses penalaran menggunakam metode Certainty Factor yaitu sebagai salah satuteknik sistem pakarini mengambil nilai bobot dari setiap gejala kerusakaniPhone. Aplikasi sistem pakar mendeteksi kerusakan padaiPhone menggunakan metode Certainty Factorinidibangun dengan bahasa pemrograman PHP menggunakanframework CodeIgniter dan Bootstrap sebagaiframework CSS untuk mengaturtampilan yanglebih menarik. Local server menggunakantools XAMPP.Kata kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor,iPhone, PHP.
KEAMANAN FILE DENGAN TEKNIK ZIGZAG DAN HUFFMAN Suheri, Agus
Media Jurnal Informatika Vol 9, No 2 (2017): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v9i2.450

Abstract

Keamanan file merupakan upaya menjaga asset yang dimiliki oleh organisasi agar dapat tetap beraktivitas secara tenang. Berbagai teknik keamanan data banyak diimplementasikan dalam melakukan pengamanan terhadap data. Metode-metode klasik masih relevan untuk dapat digunakan dalam pengamanan file dimasa saat ini. Metode klasik kriptografi seperti Metode Zigzag adalah salah satu metode klasik yang masih mungkin untuk diterapkan dalam keamanan data, walaupun memiliki kelemahan karena kesederhanaannya. Untuk menutupi kesedehanaan dari metode klasik zigzag ini maka dalam pengamanan dikolaborasikan dengan pengkodeaan pemadatan data dengan metode Huffman sehingga data menjadi sulit dibaca dari pihak yang tidak berkepentingan. Dalam implementasinya digunakan tools pengembangan perangkat lunak Delphi Xe5 dalam membuat pemrograman keamanan file dengan teknik Zigzag dan Huffman.
Pembuatan Game Platformer 2D Puzzle Logika Berbasis Android Menggunakan Metode Assets Workflow Sulaeman, Fietri Setiawati; Permana, Regi
Media Jurnal Informatika Vol 10, No 2 (2018): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v10i2.878

Abstract

Game diciptakan untuk hiburan bagi masyarakat, dari anak-anak sampai orang dewasa, selain untuk hiburan, game juga dapat digunakan untuk keperluan edukasi. Game itu sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah jenis action platformer. Game jenis ini biasanya diminati banyak orang.Banyak game-game platformer berbasis android yang dibuat sekarang terkesan lebih cenderung kepada kesenangan belaka, pemain hanya perlu melompati rintangan-rintangan yang ada dengan tujuan mencetak skor tertinggi yang baru. Pemain tidak disuguhi dengan puzzle-puzzle di dalam game, storyline, dan rintangan pada game platformer sekarang cenderung statis. Masyarakat terutama remaja tidak akan mendapatkan keuntungan dari segi edukasi jika terlalu banyak memainkan game platformer yang tidak memiliki puzzle..Metode penelitian yang digunakan yaitu prototyping model. Pada model ini yang digunakan pertama kali adalah pengumpulan kebutuhan. Pendekatan pada model ini digunakan jika si pemakai hanya memaparkan objektif umum dari perangkat lunak tanpa menjelaskan apa kebutuhan input, proses, dan output-nya, sementara pihak developer tidak yakin akan algoritma atau bentuk antarmuka yang harus dibuat. Adapun alat bantu berupa UML ( Unified Modeling Language ).
Sistem Konsultasi dan Bimbingan Online Berbasis Web Menggunakan Webrtc (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Suryakancana) Abdulghani, Tarmin; Gozali, Muhammad Maulana Hamzah
Media Jurnal Informatika Vol 11, No 2 (2019): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v11i2.1037

Abstract

Dengan banyaknya jumlah mahasiswa, yang harus dibimbing banyak dan tugas lain seperti mengajar, membimbing Kerja Praktek Lapangan dan Tugas Proyek, jabatan structural mengakibatkan dosen pembimbing Tugas Akhir kurang optimal dalam memberikan bimbingan, terlebih lagi bagi mahasiswa yang sering menunda-nunda pengerjaan Tugas Akhir atau sulitnya mahasiswa jika ingin menemui dosen untuk bimbingan. Dampak bagi prodi dari hal ini adalah menurunnya produktifitas prodi. Dalam hal ini adanya suatu inovasi ataupun terobosan baru, yaitu sistem konsultasi dan bimbingan online sebagai solusi dalam hal masalah ini untuk berkonsultasi dan bimbingan dengan mahasiswa dan dosen baik kegiatan akademik maupun non-akademik.
Peranan Gadget Terhadap Motivasi Menggunakan Sistem Informasi Akademik Dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Unsur) Nazilah, Siti
Media Jurnal Informatika Vol 7, No 2 (2015): Media Jurnal Informatika
Publisher : Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/mji.v7i2.140

Abstract

Sistem Informasi Akademik adalah Sistem yang memberikanlayananinformasi yang berupa data yang berhubungan dengan akademik. Dimana dalam halini pelayanan yang diberikan yaitu seperti,jadwal perwalian, Jadwal Kuliah, Nilai, Form Rencana Studi,Form Hasil Studi, Kalender Akademik, Jadwal Seminar Kerja Praktek, Jadwal Seminar Tugas Akhir dan Jadwal Sidang Tugas Akhir, serta Pembayaran dan Absensi Mahasiswa. Sistem Informasi Akademik Fakultas Teknik sudah berbasis online maka dapat diakses melaluiinternet dengan alamat http//:ftunsur.ac.id/akademik/login.html. dengan adanya Sisteminformasi akademik berbasis online memberikan motivasi penulis untuk menganalisis Peranan Gadget Terhadap Motivasi menggunakan Sistem Informasi Akademik dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Unsur).Gadget merupakan Teknologi pintar yang di desain Khusus untuk memberikan kemudahan pada penggunanya. Untuk mengetahuifaktor-faktor yang berpengaruhterhadap penggunaan sisteminformasi akademik penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model. Ditambah dengan Teori Motivasi, Sosial Influence dan Computer Self Efficacy sebagai ekstrenal Variabel untuk pendukung dari penelitian.Dalam hubungannya  dengan  penggunaan  sistem informasi,  teori  motivasiini  digunakan  dalam konsep penerimaanteknologi. Dari perspektif motivasi ektrinsik, perilaku digerakan oleh nilai persepsi dan kemanfaatan.Terdapat delapan (8) konstruk/variabel pada penelitianini yang dianggap dapat menganalisistingkat penerimaan mahasiswaterhadap aplikasi Sisteminformasi Akademik. Konstruk/variabeltersebut adalah Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intentionto Use, Attitude Toward Using, Actual Technology us, Perceived Enjoymen, Social Influence, dan Computer self Efficacy dengan 13 hipotesis yang dibuat untuk menganalisis peranan gadgetterhadap motivasi menggunakan Sistem Informasi Akademik.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan signifikan antara Konstruk Perceived usefulness terhadap Perceived Ease of Use, Behavioral Intentionto Use hubungan signifikan dengan Social Influence, Atitude Toward using technology ada hubungan signifikanterhadap Perceived Usefulness, Atitude Toward usingtechnology ada hubungan signifikanterhadap Perceived Ease of use, Actual Technology use ada hubungan yang signifikanterhadap Behavioral Intentionto Use, Enjoymen ada Hubungan yang signifikanterhadap Behavioral Intentionto Use, Computer Self Efficacy ada hubungan yang signifikanterhadap Sosial Influnce. dan ada beberapa konstruk yangtidak berpengaruh signifikan diantaranya: Perceived Enjoymentidak berpengaruh signifikanterhadap Perceived Ease Of Use, Perceived Enjoymen tidak berpengaruh signifikanterhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulnesstidak berpengaruh siginifikan terhadap Behavioral Intention To Use, perceived usefulnesstidak berpengaruh siginifikanterhadap Actual Using Technology.Kata Kunci: Technology Acceptance Model, SEM, Computer Self Efficacy, Sosial Influence, Gadget

Page 1 of 12 | Total Record : 113