cover
Contact Name
Fu'ad Kautsar
Contact Email
fuad.kautsar@unmer.ac.id
Phone
+6281805098762
Journal Mail Official
jiv@unmer.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Teknik Lantai 2 Jalan Taman Agung 1 Pisang Candi Kecamatan Sukun Kota Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Industrial View
ISSN : 27230414     EISSN : 26853159     DOI : https://doi.org/10.26905/jiv.v2i1.4209
Journal of Industrial View (JIV),is a scientific periodical of the Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang, which includes a variety of research in the field of industrial engineering, or the analysis of actual case studies. Journal of Industrial View (JIV) is formed since 2019 and many of manuscript published until recent days. A Scientific periodical is intended as a means of scientific communication and a means of fostering, developing and strengthening knowledge in the field of industrial engineering. Academics, practitioners may submit his papers to the editor with the guidelines in writing. Coverage includes, but is not limited to manufacturing systems, management system, operation research, quality engineering and human factors engineering. Researchers in all industrial engineering fields are encouraged to contribute articles based on recent research.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): November 2019" : 3 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN PRODUK KULINER TAHU WALIK Inggit diah serawati; Digitha Oktaviani Putri
Journal of Industrial View Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.713 KB) | DOI: 10.26905/4195

Abstract

Keberhasilan suatu produk dapat mendorong pesaing untuk terus mengembangkan produknya. Diperlukan alternatif strategi terbaik agar Home Industry Tahu Walik Mbak Nindy dapat memenangkan pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi segmen pasar yang akan dibidik, menjelaskan secara detail tentang tahu walik yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, merumuskan strategi pemasaran yang serta menganalisis tingkat pertumbuhan pasar dann pangsa pasar relatifnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei lapangan menggunakan wawancara dan membagikan kuesioner kepada konsumen dan stakeholder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode STP, 4P, SWOT dan BCG. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode STP menunjukkan segmen pasar usia 21 – 25 tahun dengan target pemasaran wanita dan dengan keunggulannya keunikan olahan dari tahu pong dengan rasa yang gurih. Dengan harga Rp 15.000,- setiap bungkusnya berisi 30 biji tahu walik yang dipesan melalui online dan pengambilan produk dapat melalui cash on delivery. Dengan metode SWOT terletak pada kuadran I “Progresif” dengan koordinat (0,25;0,15) yaitu berada pada posisi yang baik untuk terus membesarkan usaha dengan cara memanfaatkan peluang yang ada. Home Industry tahu walik Mbak Nindy berada pada posisi kuadran Star dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 10% dan pangsa pasar relatifnya sebesar 47 kali lebih besar daripada milik pesaing.
PRODUK KAYU BERKUALITAS? Dicky Kinza Prisdianto; Ignatius Geral Violi Hutagalung; Samsudin Hariyanto; Digitha Oktaviani Putri
Journal of Industrial View Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/4039

Abstract

Pengendalian kualitas produk kerajinan berbahan dasar kayu perlu dilakukan karena sebagian besar kegiatan produksi nya dilakukan oleh manusia. Dalam proses produksi meskipun dikerjakan melalui mesin namun peran operator tetap diperlukan untuk menjaga proses dilakukan dengan baik. Masih terdapat produk cacat dan waste yang terjadi menjadi indikator diperlukan perbaikan secara kualitas dan pendekatan value stream mapping untuk indentifikasi waste dan perbaikan.  Dari hasil Acceptance Sampling dan Control Chart diketahui bahwa masih terdapat produk cacat dan dari hasil acceptance sampling diketahui bahwa beberapa proses produksi masih memiliki waste yang perlu diperbaiki. Usulan perbaikan yang dapat diberikan kepada produsen adalah perbaikan kualitas harus dilakukan dan menyesuaikan jumlah operator dengan mesin yang tersedia sehingga tidak terjadi kegiatan menunggu yang dapat mempengaruhi lama produksi.
ERROR ANALYSIS PERHITUNGAN MOVING AVERAGE BAHAN TEMBAKAU Fu'ad Kautsar
Journal of Industrial View Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/4099

Abstract

PT. DEF adalah perusahaan pengguna tembakau sebagai bahan baku utamanya tersebut mengalami permasalahan persediaan yang terlalu besar. Permasalahan tersebut terjadi dikarenakan beberapa hal, antara lain : proses pendistribusian daun tembakau dalam jumlah besar (6300 kg) tanpa memperhatikan jumlah bahan baku yang masih tersimpan di guang PT DEF. Dengan penerimaan bahan baku yang besar mengakibatkan ketimpangan antara jumlah bahan baku yang tersedia dan penggunaannya, dimana persediaan bahan baku yang akan digunakan untuk proses produksi 600% lebih banyak dari bahan yang akan diproduksi. Sehingga perlu adanya peramalan (forecasting) untuk memperkirakan jumlah kebutuhan bahan baku di masa yang akan dating sehingga ketimpangan yang terjadi di PT DEEF saat ini bisa dihindari kedepannya. Salah satu metode yang umum digunakan adalah metode Moving Average. Setelah peramalan dengan Moving average selesai dilakukan perlu adanya Error analysis untuk menganalisa tingkat akurasi metode peramalan yang digunakan. Error sama dengan selisih antara nilai forecast dan nilai demand actual. Dengan hasil Error Analysis bahwa nilai MSE sebesar 17.742.540, nilai MAD sebesar 2.335.102 dan nilai MAPE sebesar 24,46%. Hasil tersebut hanya berasal dari peramalan dengan metode Moving Average kedepannya dapat bandingkan dengan hasil peramalan metode lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 3