cover
Contact Name
Fu'ad Kautsar
Contact Email
fuad.kautsar@unmer.ac.id
Phone
+6281805098762
Journal Mail Official
jiv@unmer.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Teknik Lantai 2 Jalan Taman Agung 1 Pisang Candi Kecamatan Sukun Kota Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Industrial View
ISSN : 27230414     EISSN : 26853159     DOI : https://doi.org/10.26905/jiv.v2i1.4209
Journal of Industrial View (JIV),is a scientific periodical of the Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang, which includes a variety of research in the field of industrial engineering, or the analysis of actual case studies. Journal of Industrial View (JIV) is formed since 2019 and many of manuscript published until recent days. A Scientific periodical is intended as a means of scientific communication and a means of fostering, developing and strengthening knowledge in the field of industrial engineering. Academics, practitioners may submit his papers to the editor with the guidelines in writing. Coverage includes, but is not limited to manufacturing systems, management system, operation research, quality engineering and human factors engineering. Researchers in all industrial engineering fields are encouraged to contribute articles based on recent research.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): November 2021" : 6 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN LABORATORIUM KOMPUTASI INDUSTRI UNIVERSITAS MERDEKA MALANG BERBASIS WEB Dani Yuniawan; Jason Samuel
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (943.016 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6676

Abstract

Laboratorium Komputasi Industri merupakan salah satu laboratorium yang berada di Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Merdeka Malang. Selama kegiatan operasional berjalan terdapat beberapa kendala terkait penjadwalan penggunaan laboratorium. Kegiatan perkuliahan terkadang bersinggungan dengan kegiatan praktikum yang sedang berlangsung. Kegiatan yang bersinggungan di Laboratorium Komputasi Industri disebabkan oleh belum adanya penjadwalan penggunaan ruangan laboratorium yang terdokumentasi. Untuk mengatur penjadwalan penggunaan laboratorium agar dapat terdokumentasi dengan baik, maka diperlukan perancangan sistem informasi penjadwalan. Sistem informasi penjadwalan dapat mempermudah penjadwalan penggunaan laboratorium. Sistem informasi penjadwalan dapat mendokumentasikan jadwal yang berkaitan dengan penggunaan laboratorium. Perancangan sistem informasi dilakukan memalui beberapa tahapan yaitu dimulai dengan perancangan sistem menggunakan alat bantu berupa context diagram dan data flow diagram. Kemudian melakukan perancangan database sistem menggunakan alat bantu berupa entity relationship diagram. Setelah dilakukan perancangan, maka rancangan yang ada diwujudkan dalam tahapan pembuatan program aplikasi. Pembuatan program aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan DBMS (Database Management System) MySQL. Ssistem informasi penjadwalan yang telah dirancang dapat mempermudah civitas akademika dalam mengakses jadwal peminjaman laboratorium yang telah terdokumentasi, sehingga tidak perlu menunggu terlebih dahulu jadwal peminjam lain untuk melakukan peminjaman laboratorium.
ANALISIS BULLWHIP EFECT PADA KEGIATAN SUPPLY CHAIN PERISHABLE PRODUCT Primahasmi Dalulia; Lintang Pramesta Hartana
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1545.867 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6677

Abstract

UD. Sayur Mayur merupakan perusahaan distributor sayur-mayur, buah-buahan dan bahan baku makanan lainnya yang melakukan pemesanan produk kepada pemasok lalu didistribusikan ke setiap retail, dimana tujuan distribusi yang memasok bahan baku makanan dari UD. Sayur Mayur berada di wilayah Malang Raya, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dalam memenuhi permintaan retailer, perusahaan melebihkan jumlah pesanan kepada pemasok sebesar 9% hingga 40% terganting jenis produk untuk mengantisipasi adanya cacat/rusak karena produk bersifat perishable atau tidak tahan lama. Pertimbangan melebihkan pesanan tersebut ternyata berdampak pada timbulnya bullwhip effect atau peningkatan variabilitas permintaan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai bullwhip effect di tingkat distributor, tingkat retailer dan tingkat retailer kategori produk, sehingga nilai bullwhip effect merupakan dasar penentuan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan bullwhip effect pada perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui bahwa terjadi bullwhip effect sebesar 81.3% di tingkat distributor, 80% di tingkat retailer, dan 66.7% di tingkat retailer kategori produk. Produk maupun kategori yang mengalami bullwhip effect dimana nilai BE lebih besar dari parameternya dipengaruhi oleh adanya selisih yang cukup signifikan antara demand dan order, sedangkan produk maupun kategori yang berada di posisi stabil dipengaruhi oleh selisih antara demand dan order yang tidak signifikan sehingga nilai BE tidak melebihi parameternya.
ANALISIS BEBAN KERJA OPERATOR MESIN PENGADUK ADONAN KERUPUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS Diana Chandra Dewi
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.547 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6662

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan sumber ekonomi potensial masyarakat yang mampu menggerakkan roda ekonomi sampai pada tingkat masyarakat bawah. Berbagai keunggulan yang ada di UKM terdapat juga hal-hal yang perlu ditingkatkan salah satunya produktivitas dan produksi. UKM Bu De Ira yang memproduski kerupuk jengkol juga merupakan UKM yang perlu mendapatkan perbaikan yang di tujukan untuk operator pada posisi kerjanya. Standard Nordic Questionnairre (SNQ) merupakan alat yang dapat mengetahui bagian-bagian otot yang mengalami keluhan dengan tingkat keluhan mulai dari Tidak Sakit (1), Agak Sakit (2), Sakit (3) dan Sangat Sakit (4). Perbaikan diawali dengan mengidentifikasi keluhan operator melalui penyebaran kuisioner Standard NordicQuestionnaire (SNQ). Hasil dari indentifikasi ini diketahui para operator mengalami kelelahan setelah bekerja. Kondisi ini dikarenakan seringnya pekerja bekerja dengan posisi kerja yang tidak ergonomis, yaitu postur membungkuk, duduk dan jongkok. Posisi kerja ini memicu timbulnya gangguan pada otot, dan sakit pada sendi sehingga menimbulkan kelelahan operator. Keadaan mengindikasikan bahwa aktivitas tersebut tergolong kedalam kategori berbahaya dan dapat menyebabkan risiko kecelakaan kerja. Melihat kondisi UKM ini dilakukanlah penelitian untuk mengetahui keluhan yang dirasakan para operator dan selanjutnya dilakukan analisis dan perbaikan posisi kerja juga perbaikan alur proses produksi. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi kelelahan kerja yang dirasakn oleh para operator selama bekerja dan untuk peningkatan produktivitas 
ANALISIS POSTUR TUBUH PEKERJA INDUSTRI PERAK DI UMKM SILVER 999 MENGGUNAKAN METODE RULA (RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT) Nanda Putra Pamungkas; Ken Erliana
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1295.009 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6680

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja untuk menghindari kemungkinan resiko Muskuloskeletal Disorders (MSDs) pada UMKM Silver 999. Berdasarkan hasil kuesioner Nordic Body Map (NBM) pada Praktik Kerja Nyata yang telah dilakukan terdapat rasa sakit pada bagian tubuh sehingga perlu dianalisis lebih lanjut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan suatu usulan perbaikan untuk mengurangi keluhan yang dirasakan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment), dan berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa stasiun kerja yang memiliki resiko tertinggi adalah stasiun kerja Burning, Shapping, dan Assembly (SK.1), dan stasiun kerja Blanding (SK. 3) dengan jumlah skor 4. Sedangkan penilaian postur kerja yang memiliki resiko terendah adalah stasiun kerja Forghing (SK.2) dan stasiun kerja Finishing (SK. 4) dengan jumlah skor 3. Level resiko masing – masing stasiun kerja dalam kategori resiko rendah yaitu skor akhir 3 – 4, jadi tidak dilakukan perubahan tidak ada masalah, namun jika bisa, perubahan perlu dilakukan untuk beberapa waktu kedepan.
PENENTUAN KPI DAN BOBOT KPI DI CV. CALOSA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS Samsudin Hariyanto; Cristian Ade Saputra
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.055 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6673

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan KPI melalui metode Performance prism dan mendapatkan bobot tiap – tiap KPI menggunakan metode Analythic Hierarchy Process (AHP). Selama ini pengukuran kinerja di perusahaan hanya diukur dari aspek finansial saja, maka dari itu perlu dilakukan pengukuran kinerja dengan metode yang tepat dan mempertimbangkan dari beberapa aspek yaitu menggunakan metode Performance prism dan dibobot menggunakan metode Analythic Hierarchy Process (AHP). Hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa stakeholder pada perusahaan meliputi : Pemilik, pelanggan, karyawan, pemasok, masyarakat dan pemerintah. Adapun data dari wawancara kepada pihak manajemen perusahaan yaitu : Objective (tujuan perusahaan), Strategi, Proses, Kapabilitas, Stakeholder Satisfaction, Stakeholder Contribution perusahaan. Dari data hasil wawancara didapatkan 23 KPI yang dapat menjadi solusi untuk mencapai Objective (tujuan perusahaan). Dari KPI yang dihasilkan akan di validasi oleh pihak manajemen, kemudian dibobot menggunakan metode Analythic Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan software expert choice dan akan didapatkan bobot tertinggi dari setiap kriteria dan KPI. Dari hasil software expert choice didapatkan bahwa stakeholder yang memiliki bobot tertinggi yaitu pelanggan dengan bobot 0,600 dan karyawan dengan bobot 0,218. Dan dari hasil pengukuran kinerja ini menjadi landasan bagi pihak manajemen perusahaan untuk mengevaluasi dan menentukan rencana perbaikan kinerja sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dan terpenuhinya harapan dari stakeholder.
PERANCANGAN WEBSITE LABORATORIUM FISIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MERDEKA MALANG Aang Fajar Passa Putra; Dani Yuniawan; Kristian Lopulalan
Journal of Industrial View Vol 3, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1860.121 KB) | DOI: 10.26905/jiv.v3i2.6675

Abstract

Laboratorium Fisika Fakultas Teknik adalah salah satu laboratorium yang berada di Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang, merupakan fasilitas yang digunakan sebagai implementasi dari teori yang diperoleh di bangku perkuliahan. Laboratorium Fisika digunakan bersama dengan 4 (empat) Program Studi di Fakultas Teknik meliputi Program Studi Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Di dalam laboratorium terdapat berbagaimacam peralatan dan bahan pendukung kegiatan pembelajaran. Identifikasi permasalahan yang ada di Laboratorium Fisika Fakultas Teknik yaitu terkait dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di dalam Laboratorium Fisika yang masih belum terintegrasi dengan jaringan internet, sehingga perlu adanya suatu sistem yang berisi seluruh informasi yang ada di laboratorium seperti, data aset, alat dan bahan, presensi serta informasi kegiatan di laboratorium. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Website Laboratorium Fisika Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang untuk mempermudah penyampaian informasi kepada dosen, tendik atau mahasiswa dengan efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam perancangan website adalah dengan mengumpulkan voice of customer (VOC), Quality Function Deployment (QFD) dalam hal ini menggunakan matriks House of Quality (HOQ) sebagai alat untuk menentukan spesifikasi dari produk hasil perancangan website, pemodelan sistem sebagai landasan untuk menentukan entitas, atribut dan objek yang ada didalam website, menggunakan Context Diagram (CD), Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD). Untuk pembuatan program digunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), dokumen HTML, MySQL, XAMPP dan Framework Bootstrap. Website Laboratorium Fisika Fakultas Teknik yang dirancang, telah diregistrasi melalui Domainesia dengan hosting dan domain “labfisika-ftunmer.website” serta telah DV Certified sehingga terjamin keamanannya

Page 1 of 1 | Total Record : 6