cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 114 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menemukan pokok-pokok Berita Dengan Unsur 5W+1H Melalui Metode Cooperative iIntergreted Reading Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas VIII-3 SMP Negeri 39 Jakarta musinah, Musinah
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian tindakan kelas adalah masih rendahnya hasil dan minat belajar peserta didik kelas VIII-3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan menemukan pokok-pokok berita Pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik itu pada hasil maupun prosesnya. Penerapan metode cooperative integreted reading composition (CIRC) dianggap sesuai untuk engatasi permasalahan tersebut, Karena pada pembelajaran ini peserta didik ikut berperan aktif dalam kelompok dan mampu manyampaikan pendapat-pendapatnya serta mempresentasikan hasil kegiatan diskusi tanpa ada rasa takut. Penelitain ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitain dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Setelah diberikan pemblajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC), hasil dan motivasi belajar peserta didik, hasil dan motivasi peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, yakni dari hasil belajar rata-rata pada sikus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 80% (ada kenaikan sebesar 15 point), ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II menigkat 64,3% yaitu 30% pada siklus I menjadi 94,3% pada siklus II. Minat belajar peserta didik dari prasiklus ke pascasiklus juga mengalami peningkatan yang diikuti dengan peningkatan tanggapan peserta didik menyenangi pebelajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC) sebesar 26,29 point, yaitu pada prasiklus 65,14% meningkat menjadi 91,43% pada pascasiklus.
Efektifitas Hasil Latihan Inkuiri Dalam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 253 Jakarta Selatan Semester-1 Tahun Pelajaran 2013-2014 Sudarlin, Sudarlin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya pendewasaan anak didik oleh orang dewasa yang diberikan melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Proses pendewasaan ketiga aspek tersebut harus sejalan sehingga terbentuk suatu individu mapan secara fisik dan psikis yang ditampilkan melalui tingkah laku di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.Paradigma sistem pendidikan nasional yang selama ini menjadi acuan penyelenggara pendidikan di Indonesia perlu dikaji dan disempurnakan. Paradigma sistem pendidikan nasional harus mencakup faktor proses dan konteks disamping input dan output pendidikan. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memberikan sumbangan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan data yang diperoleh penulis tentang pencapaian hasil belajar IPA selama tiga tahun terakhir di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan belum memuaskan. Penerapan strategi pembelajaran yang bervariasi sedikit banyak akan membuat siswa tertarik dalam belajar. Strategi pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran biologi kepada siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka beberapa hal yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut: Apakah aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas guru? Apakah strategi pembelajaran yang digunakan guru menarik minat siswa dalam belajar IPA? Bagaimanakah menyesuaikan karakteristik siswa dengan pemilihan strategi pembelajaran?Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dikemukakan di atas, masalah pada penelitian ini dibatasi pada aspek penggunaan metode pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan. Hasil belajar IPA dibatasi pada pokok bahasan Sistem Reproduksi Manusia pada aspek pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), analisis (C4), dan sintesis (C5). Siswa yang menjadi sampel adalah siswa kelas IX. Manfaat praktis dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan lebih jauh mengenai faktor pengelolaan kelas guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar pada lembaga pendidikan sekolah menengah pertama.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Kemagnetan Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Dan Demonstrasi Peserta Didik Kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 Sukardi, Sukardi
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan masih rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya semangat peserta didik dalam proses belajar mengajar akibat dari proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan dengan metode Jigsaw dan Demonstrasi. Penelitian dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta selama 3 bulan mulai bulan Januari sampai Maret 2014. Metode yang digunakan adalah Jigsawdan Demonstrasi terdiri dari 3 siklus masing-masing 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Pada siklus I, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi belum berjalan efektif dan perolehan nilai tes masih kurang dari yang diharapkan karena peserta didik benar-benar belum memahami proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi dimana setiap peserta didik mempunyai tanggung jawab penuh terhadap materi pelajaran yang harus disampaikan kepada kelompoknya dengan cara demonstrasi. Sehingga pada siklus II peserta didik diberi penjelasan lagi mengenai tanggung jawab peranannya dalam proses pembelajaran. Kemudian pada Siklus III kekurangan-kekurangan harus diperbaiki lagi. Dengan demikian proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan perolehan nilai tes meningkat. Temuan dalam penelitian ini : 1. Peserta didik dituntut untuk mempelajari materi secara tuntas, 2. Peserta didik harus dapat menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik lain, 3. Sebagian peserta didik menerima pembelajaran menggunakan metode Jigsaw dan demonstrasi, 4. Nilai tes meningkat, hal ini terlihat dari hasil tes Siklus I nilai rata-rata 61,76, Siklus II nilai rata-rata 67,71, dan Siklus III nilai rata-rata 71,71. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsawdan Demonstrasi pada kelas IX-2 dapat meningkatkan nilai tes.
Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 Sunarsita, Sunarsita
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tampaknya, perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru. Sudah selayaknya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukanlah sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru. Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk melihat pengaruh pembelajaran terstruktur dan pemberian balikan terhadap prestasi belajar siswa dengan mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Tahun Pelajaran 2012/2013”. Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Tahun Pelajaran 2012/2013” yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut: "Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi menggunakan metode Kooperatif Model Think-Pair-Share dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi akan lebih baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya". Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial oleh guru Kelas VI tahun pelajaran 2012/2013 Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
Pengaruh Kurikulum Muatan Lokal dan Pendidikan Agama Islam Terhadap Kepercayaan (Trust) Orang Tua Di MTS Jamiat Kheir Jakarta Sarnoto, Ahmad Zain; Wahyudin, Wahyudin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur Usmin, Usmin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah : (1) Bagaimanakah proses pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi Masa Kejayaan Islam? (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi masa kejayaan islam? (3) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur melalui metode diskusi? (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap metode diskusi siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur Timu. (2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. (3) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. Diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan peserta didik terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menunjukkan peningkatan, seperti terlihat pada grafik di atas, pada siklus I penguasaan peserta didik mencapai 64,06%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 71,09%. Pada tahap selanjutnya yakni siklus III peningkatan pemahaman peserta didik pun terjadi menjadi 75,47% . Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil temuan refleksi dan diskusi dengan teman sejawat beserta supervisor, pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran. Hasil dari perbaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai evaluasi peserta didik. Dari 32 peserta didik pada siklus I hanya 15 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 64,06%. Pada siklus II perbaikan pembelajaran terdapat 23 peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara dengan 71,09% dan pada siklus III hampir semua peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara 75,47%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sulam Materi Pelajaran Sulam Dengan Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Silalahi, Lenty
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan perumusan masalah (1) Peserta didik belum bisa memahami teknik sulam tangan sesuai jenis dan bentuk sulam. (2) Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap jenis, fungsi alat dan bahan yang digunakan pada saat keteknikan sulam tangan. (3) Pada saat proses pembelajaran peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru. (4) Metode pembelajaran yang dipakai kurang maksimal dan kurang variatif. (5) Kurang banyak memberikan contoh-contoh cara mengerjaan soal-soal tentang teknik sulam tangan. Dan dengan tujuan : Mendeskripsikan pengusaan peserta didik terhadap materi sulam dengan media pendidikan, Untuk mengetahui penerapan degan mengguanakan media pebelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi dari mulai siklus I, siklus II dan siklus III diperoleh peningkatan nilai yang cukup baik. Hal ini menunjukkan tindakan perbaikan dalam pembelajaran yang penulis lakukan berhasil. Walaupun penulis sadari apa yang telah dilakukan belum memperlihatkan hasil yang optimal. Diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan peserta didik terhadap pelajaran Sulam menunjukkan peningkatan. Pada siklus I penguasaan peserta didik hanya mencapai 58,50%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,17%. Pada tahap selanjutnya yakni siklus III peningkatan pemahaman peserta didik menjadi 79,50%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Dari ke tiga siklus pembelajaran Sulam yang telah penulis lakukan ternyata menunjukkan tingkat keberhasilan yang optimal karena hampir semua peserta didik memperoleh nilai di atas 70. Berdasarkan fakta ini maka untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi sulam yang diajarkan harus ditindaklanjuti dengan siklus-siklus berikutnya dengan mengkaji permasalahan yang harus dipecahkan masalahnya
Upaya Meningkatkan Keterampilan Gambar Tehnik Dengan Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur Semester-1 Tahun Pelajaran 2014-2015 Hidayat, Mohamad Imam
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkam rumusan masalah (1) Bagaimanakah meningkatkan keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik dengan menggunakan metode eksperimen? (2) Bagaimanakah pengaruh metode ekperimen terhadap pembelajaran keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Serta tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran Teknik Gambar yang menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dari hasil temuan siklus I, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 67,80%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus I, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih rendah. Dari hasil siklus II, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 72,17%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus II, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih kurang baik. Siklus III, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 81,50% serta tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, karena peneliti memadukan metode eksperimen. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun diberi kesempatan untuk mendiskusikan jawabannya di depan kelas. Paduan metode eksperimen dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas X-Ak1 SMK Negeri 51 Jakarta Timur Nainggolan, Maryanti
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar yang tradisional/konvensional. Sistim ini hanya menekankan pendekatan pengajaran konfensional dan Transfer Pengetahuan sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak tertarik pada pelajaran PKn. Kondisi seperti ini jelas berakibat pada prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus selama 3 bulan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn, seluruh siswa kelas VII-5 Tahun Pelajaran 2015-2016 sekaligus sebagai sumber data. Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Model dan Metode pembelajaran yang lebih tepat dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu untuk memperbaiki dan meningkatkan PBM. Manfaat penelitian ini terbagi 2 aspek yaitu : (1) Aspek Akademis dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan suatu metode dan model pembejaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era informasi dan globalisasi. (2) Aspek Praktis dapat dimanfaatkan oleh guru Pengetahuan Sosial khususnya PKn untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan memerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Cooperative Integrated Reading and composition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan meningkatkan aktifitas belajar siswa serta dapat membangkitkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siklus 1 , 2, dan 3 yaitu 77,5 %, 82,5 % dan 100%. Dengan pendekatan ini dapat mengatasi siswa yang lambat belajar sehingga mereka dapat berinteraksi dan dapat bekerjasama dengan siswa-siswa yang lainnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang dirancang guru dapat tercapai. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar setiap kegiatan dan langkah guru dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa khususnya pendekatan Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC)
Budaya Lokal Dan Pendidikan Islam : Studi Kasus Suku Anak Dalam di Jambi Sarnoto, Ahmad Zain; Ridho, Muhammad
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suku Anak Dalam merupakan salah satu masyarakat yang sangat menggantungkan hidupnya terhadap sumber daya alam yang ada di hutan. Semakin berkurangnya luas hutan di Kabupaten Sarolangun akibat dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit dan karet, hal ini akan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial-budaya kehidupan Suku Anak Dalam di Dusun Sungai Senamo Kecik, Kutai, Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan secara umum mengenai keadaan budaya lokal di Indonesia dan di Jambi, peran Suku Anak Dalam untuk melestarikan hutan sebagai cagar budaya, dan menggali nilai-nilai pendidikan sosial serta pandangan Islam tentang kebudayaan masyarakat Suku Anak Dalam. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian Kualitatif Deskriptif. Yaitu peneitian yang menghasilkan data-data dari kutipan buku, atau dari informasi orang-orang dan prilaku yang diamati. Adapun sumber data, peneliti mengutip dari tokoh adat yang merupakan penduduk asli melayu dan tokoh adat yang awalnya berasal dari Suku Anak Dalam kemudian mejadi muallaf. Dan instrumen penelitiannya peneliti menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, 1) budaya yang dianut oleh Suku Anak Dalam merupakan satu budaya yang memiliki nilai pelestarian alam yang tinggi, Seperti budaya besale, hompongan, bento benuaran, tanah peranakan, tanah badewa-dewa, pohon sialang, pohon setubung, dan pohon tenggeris. kesemua budaya ini selalu melibatkan keutuhan alam. 2) wujud cinta yang mereka lakukan terhadap alam dengan cara menjaga dan melindungi hutan dari penebangan liar dan kerusakan-kerusakan yang dilakukan oleh masyarakat luar. 3) Apa yang telah dilakukan oleh Suku Anak Dalam terhadap pelestarian alam juga telah diajarkan melalui pesan al-Qur’an kepada umat Islam agar senantiasa melindungi dan menjaga keutuhan alam dengan sebaik-baiknya.

Page 1 of 12 | Total Record : 114


Filter by Year

2012 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue