cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 7 Documents clear
Pengaruh Kurikulum Muatan Lokal dan Pendidikan Agama Islam Terhadap Kepercayaan (Trust) Orang Tua Di MTS Jamiat Kheir Jakarta Sarnoto, Ahmad Zain; Wahyudin, Wahyudin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur Usmin, Usmin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah : (1) Bagaimanakah proses pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi Masa Kejayaan Islam? (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi masa kejayaan islam? (3) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur melalui metode diskusi? (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap metode diskusi siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur Timu. (2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. (3) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pembelajaran melalui metode diskusi siswa kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. Diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan peserta didik terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menunjukkan peningkatan, seperti terlihat pada grafik di atas, pada siklus I penguasaan peserta didik mencapai 64,06%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 71,09%. Pada tahap selanjutnya yakni siklus III peningkatan pemahaman peserta didik pun terjadi menjadi 75,47% . Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil temuan refleksi dan diskusi dengan teman sejawat beserta supervisor, pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran. Hasil dari perbaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai evaluasi peserta didik. Dari 32 peserta didik pada siklus I hanya 15 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 64,06%. Pada siklus II perbaikan pembelajaran terdapat 23 peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara dengan 71,09% dan pada siklus III hampir semua peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara 75,47%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sulam Materi Pelajaran Sulam Dengan Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Silalahi, Lenty
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan perumusan masalah (1) Peserta didik belum bisa memahami teknik sulam tangan sesuai jenis dan bentuk sulam. (2) Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap jenis, fungsi alat dan bahan yang digunakan pada saat keteknikan sulam tangan. (3) Pada saat proses pembelajaran peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru. (4) Metode pembelajaran yang dipakai kurang maksimal dan kurang variatif. (5) Kurang banyak memberikan contoh-contoh cara mengerjaan soal-soal tentang teknik sulam tangan. Dan dengan tujuan : Mendeskripsikan pengusaan peserta didik terhadap materi sulam dengan media pendidikan, Untuk mengetahui penerapan degan mengguanakan media pebelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi dari mulai siklus I, siklus II dan siklus III diperoleh peningkatan nilai yang cukup baik. Hal ini menunjukkan tindakan perbaikan dalam pembelajaran yang penulis lakukan berhasil. Walaupun penulis sadari apa yang telah dilakukan belum memperlihatkan hasil yang optimal. Diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan peserta didik terhadap pelajaran Sulam menunjukkan peningkatan. Pada siklus I penguasaan peserta didik hanya mencapai 58,50%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,17%. Pada tahap selanjutnya yakni siklus III peningkatan pemahaman peserta didik menjadi 79,50%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Dari ke tiga siklus pembelajaran Sulam yang telah penulis lakukan ternyata menunjukkan tingkat keberhasilan yang optimal karena hampir semua peserta didik memperoleh nilai di atas 70. Berdasarkan fakta ini maka untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi sulam yang diajarkan harus ditindaklanjuti dengan siklus-siklus berikutnya dengan mengkaji permasalahan yang harus dipecahkan masalahnya
Upaya Meningkatkan Keterampilan Gambar Tehnik Dengan Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur Semester-1 Tahun Pelajaran 2014-2015 Hidayat, Mohamad Imam
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkam rumusan masalah (1) Bagaimanakah meningkatkan keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik dengan menggunakan metode eksperimen? (2) Bagaimanakah pengaruh metode ekperimen terhadap pembelajaran keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Serta tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran Teknik Gambar yang menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dari hasil temuan siklus I, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 67,80%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus I, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih rendah. Dari hasil siklus II, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 72,17%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus II, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih kurang baik. Siklus III, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 81,50% serta tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, karena peneliti memadukan metode eksperimen. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun diberi kesempatan untuk mendiskusikan jawabannya di depan kelas. Paduan metode eksperimen dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas X-Ak1 SMK Negeri 51 Jakarta Timur Nainggolan, Maryanti
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar yang tradisional/konvensional. Sistim ini hanya menekankan pendekatan pengajaran konfensional dan Transfer Pengetahuan sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak tertarik pada pelajaran PKn. Kondisi seperti ini jelas berakibat pada prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus selama 3 bulan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn, seluruh siswa kelas VII-5 Tahun Pelajaran 2015-2016 sekaligus sebagai sumber data. Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Model dan Metode pembelajaran yang lebih tepat dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu untuk memperbaiki dan meningkatkan PBM. Manfaat penelitian ini terbagi 2 aspek yaitu : (1) Aspek Akademis dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan suatu metode dan model pembejaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era informasi dan globalisasi. (2) Aspek Praktis dapat dimanfaatkan oleh guru Pengetahuan Sosial khususnya PKn untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan memerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Cooperative Integrated Reading and composition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan meningkatkan aktifitas belajar siswa serta dapat membangkitkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siklus 1 , 2, dan 3 yaitu 77,5 %, 82,5 % dan 100%. Dengan pendekatan ini dapat mengatasi siswa yang lambat belajar sehingga mereka dapat berinteraksi dan dapat bekerjasama dengan siswa-siswa yang lainnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang dirancang guru dapat tercapai. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar setiap kegiatan dan langkah guru dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa khususnya pendekatan Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC)
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GAMBAR TEHNIK DENGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR Hidayat, Mohamad Imam
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkam rumusan masalah (1) Bagaimanakah meningkatkan keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik dengan menggunakan metode eksperimen? (2) Bagaimanakah pengaruh metode ekperimen terhadap pembelajaran keterampilan siswa dalam pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Serta tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran Teknik Gambar yang menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dari hasil temuan siklus I, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 67,80%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus I, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih rendah. Dari hasil siklus II, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 72,17%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Karena dengan metode eksperimen dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus II, belum dikatakan berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih kurang baik. Siklus III, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 81,50% serta tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, karena peneliti memadukan metode eksperimen. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun diberi kesempatan untuk mendiskusikan jawabannya di depan kelas. Paduan metode eksperimen dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS X-AK1 SMK NEGERI 51 JAKARTA TIMUR Maryanti Nainggolan
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar yang tradisional/konvensional. Sistim ini hanya menekankan pendekatan pengajaran konfensional dan Transfer Pengetahuan sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak tertarik pada pelajaran PKn. Kondisi seperti ini jelas berakibat pada prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus selama 3 bulan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn, seluruh siswa kelas VII-5 Tahun Pelajaran 2015-2016 sekaligus sebagai sumber data. Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Model dan Metode pembelajaran yang lebih tepat dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu untuk memperbaiki dan meningkatkan PBM. Manfaat penelitian ini terbagi 2 aspek yaitu : (1) Aspek Akademis dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan suatu metode dan model pembejaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era informasi dan globalisasi. (2) Aspek Praktis dapat dimanfaatkan oleh guru Pengetahuan Sosial khususnya PKn untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan memerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Cooperative Integrated Reading and composition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan meningkatkan aktifitas belajar siswa serta dapat membangkitkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siklus 1 , 2, dan 3 yaitu 77,5 %, 82,5 % dan 100%.Dengan pendekatan ini dapat mengatasi siswa yang lambat belajar sehingga mereka dapat berinteraksi dan dapat bekerjasama dengan siswa-siswa yang lainnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang dirancang guru dapat tercapai. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar setiap kegiatan dan langkah guru dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa khususnya pendekatan Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC)

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue