cover
Contact Name
Sumaningsih
Contact Email
educasiajournal@gmail.com
Phone
+62541-700 2222
Journal Mail Official
educasiajournal@gmail.com
Editorial Address
http://www.educasia.or.id/index.php/educasia/about/editorialTeam
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
EDUCASIA : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
ISSN : 25029150     EISSN : 25275011     DOI : http://dx.doi.org/10.21462/educasia
Core Subject : Education,
EDUCASIA, e-ISSN 2527-5011 dan p-ISSN: 2502-9150 adalah Jurnal yang menerbitkan tulisan baik artikel hasil penelitian maupun artikel kajian kepustakaan bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Educasia, 2(1), 2017" : 3 Documents clear
Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam Setiawan, Agus
EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Educasia, 2(1), 2017
Publisher : Pusat Pelatihan, Riset, dan Pembelajaran Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini mendeskripsikan konsep pendidikan tauhid dalam keluarga yang dapat diterapkan oleh para orang tua untuk menumbuhkan kodrat anak. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), yaitu penelahaan terhadap buku-buku, karya ilmiah, karya populer, dan literatur lain yang berhubungan dengan tema yang diteliti. Penelitian menemukan metode agar anak menjadi manusia muslim yang benar-benar meyakini keesaan Allah SWT, serta dapat mengamalkan ketauhidan yang ia miliki dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Materi pendidikan tauhid dalam keluarga ada empat yakni : ilahiyat, nubuwat, ruhaniyat, sam’iyyat. Metode pendidikan tauhid dalam keluarga adalah, kalimat tauhid, keteladanan, pembiasaan, nasehat dan pengawasan. Metode yang digunakan selain berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan materi pendidikan tauhid juga membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode kalimat tauhid sebagai contoh, digunakan untuk menanamkan ketauhidan anak serta untuk mengawali getaran-getaran perdana pada auditif anak yang telah berfungsi sesaat setelah dilahirkan. Kemudian metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan terakhir metode pengawasan. Secara garis besar metode tersebut terbagi dua yakni metode teoritis dan praktis.Pendidikan tauhid dalam keluarga menuntut kemampuan pengetahuan dan wawasan orang tua yang luas. Karena orang tualah sebagai pendidik utama dalam konsep ini. Orang tua harus memiliki pengetahuan Islam yang terintegral untuk melaksanakan konsep pendidikan tauhid dalam keluarganya, selain penguasaan terhadap materi-materi ketauhidan dan metodenya.Selain itu metode yang digunakan harus bertahap, sehingga sesuai antara metode, materi, dan kemampuan anak.Pendidikan tauhid dalam keluarga menempati posisi terpenting dalam pendidikan keluarga sebagai landasan dan tujuan dari pendidikan lain yang terintegral di dalamnya. Seperti pendidikan akhlak dan pendidikan ibadah
Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Hajriana; Helenawati
EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Educasia, 2(1), 2017
Publisher : Pusat Pelatihan, Riset, dan Pembelajaran Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The decline of morality is the concern of the education by reforming the educational system in the form of the application of character education that is integrated into the school implementation system of education, including the implementation of learning. Islamic Education Teachers in Vocational High School (SMK) Muhammadiyah Loa Janan also attempted to integrated character education into the implementation of learning. This study described the process or ways integrating character education into the implementation of learning Islamic Education. The results of this study illustrated that the integration of character education in the implementation of Islamic Education in Vocational High School (SMK) Muhammadiyah Loa Janan implemented by integrate character education into the process of implementation of learning through exemplary process and self-awareness of students by giving advice and motivation to familiarize self-executing the values ​​of characters that want to be implanted into the students in everyday.
Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri III Pimada, Luluk Humairo
EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Educasia, 2(1), 2017
Publisher : Pusat Pelatihan, Riset, dan Pembelajaran Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanan pembelajaran yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri III bagi siswi kelas I dan I Intensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas I dan I Intensif yang berjumlah 800 siswi، dan pengambilan sampel sebanyak 142 siswi selanjutnya peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yakni Field Work Research dengan teknik observasi، angket، wawancara، dan dokumentasi، pengelolaan mengolah data yang berupa angket menggunakan rumus : P = X 100 % Berdasarkan hasil penelitian proses pelaksanan pembelajaran Bahasa Arab، dan Pendapat Para Siswi termasuk kategori sangat baik dengan memperoleh nilai akhir sebesar 2،445. Dan dilihat dari skala interprestasi yang ada maka nilai tersebut masuk dalam rentang nilai 2،333 – 3،000 yang memiliki kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 3