cover
Contact Name
Mujito
Contact Email
mujito@ummetro.ac.id
Phone
+6281288042180
Journal Mail Official
jmsi@ummetro.ac.id
Editorial Address
Jl. Iringmulyo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34381
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI)
ISSN : 27159426     EISSN : 27209849     DOI : https://doi.org/10.24127
Core Subject : Science,
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi DIII Sistem Informasi fakultas ilmu komputer Universitas Muhammadiyah Metro. Fokus dan Scope dari JMSI yaitu : - Information System -Management Information system -business intelligence -Security and Networking -E-Learning, E-Business, E-Government, E-Commerce -Mobile Computing -Software Engineering -Computer Software and Applications -Database, Data Mining, Data Warehouse -Intelligent Systems -Decision Support and Expert System
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)" : 5 Documents clear
RANCANGAN BANGUN GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR BAGI SISWA SMPLB INSAN MADANI METRO Yunitas Mayasari; Mustika Mustika; Asih Sutanti
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)
Publisher : Program Studi DIII Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jmsi.v2i1.525

Abstract

Game Edukasi Adalah permainan yang dirancang atau dibuat untuk merangsang daya pikir termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan masalah. Media pembelajaran yang digunakan guru SMPLB di SLB Insan Madani Metro saat ini adalah menggunakan Media Flash Card. Guru membuat Flash Card sendiri sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan, kelemahannya gambar dapat rusak atau hilang, kurang menarik dan membosankan bagi peserta didik bagi siswa SMPLB yang mempunyai emosional tinggi. Tujuan penelitian adalah melakukan inovasi media pembelajaran dalam bentuk game edukasi, serta membuat game edukasi tebak gambar bagi siswa SMPLB Insan Madani Metro. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode berdasarkan jenis penelitian (Applied Research) dengan teknik pengumpulan data pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan teknik pengujian menggunakan Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java NetBeans, dengan database MySQL. Game yang dihasilkan memiliki kelebihan tersedianya Button Help atau bantuan untuk membantu guru dalam menyampaikan petunjuk penggunaan game, terdapat fitur-fitur gambar yang menarik dan berwarna, sebagai media pembelajaran yang moder dengan berbasis teknologi, dibuat lebih simple agar siswa lebih mudah memahami metri pembelajaran.
PERANCANGANAPLIKASI PENGOLAHAN DATAPASIEN RAWAT JALAN PADA UPTD PUSKESMAS BUMI EMAS LAMPUNGTIMUR Rizki Arida Puspita Sari; Sudarmaji Sudarmaji; Dedi Irawan
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)
Publisher : Program Studi DIII Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jmsi.v2i1.530

Abstract

Rawat Jalan adalah pelayanan medis kepada seorang pasien untuk pengobatan yang dilakukan tanpa pasien menginap di rumah sakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa proses pengolahan data pasien rawat jalan masih menggunakan pencatatan ke dalam buku besar. Kelemahannya adalah jika melakukan pencarian data pasien rawat jalan di dalam buku besar membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika suatu saat buku tersebut hilang, maka akan menyulitkan dan memperlambat staff pendaftaran dalam pencarian data pasien rawat jalan.Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada UPTD Puskesmas Bumi Emas Lampung Timur adalah merancang aplikasi pengolahan data pasien rawat jalan pada UPTD Puskesmas Bumi Emas Lampung Timur.Metode penelitian yang digunakan penulis terdiri dari dua bagian, yaitu metode berdasarkan jenis penelitian (Applied Research) dan teknik pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi (documentation) dan studi kepustakaan (library research). Aplikasi dirancang menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur yang berbasis desktop, dengan teknik pengujian aplikasi menggunakan teknik Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java NetBeans, dengan database MySQL dan report menggunakan iReport. Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain flowchart, dfd, erd.
APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DESKTOP PADA SMK KARTIKATAMA 1 METRO Dariyanto Dariyanto; Arif Hidayat; Dedi Irawan
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)
Publisher : Program Studi DIII Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jmsi.v2i1.531

Abstract

Permasalahan yang ditemui selama melakukan penelitian, yaitu belum terkomputerisasinya sistem pelayanan perpustakaan seperti peminjaman buku, dan pengembalian buku, masih di catat dalam bentuk pembukuan sedangkan pecarian data buku juga masih manual yang memakan waktu lama. Pelayanan yang masih menggunakan proses manual maka akan menimbulkan lambatnya kerja perpustakaan yang mengakibatkan tidak kepuasan bagi siswa siswi terhadap pelayanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada SMK Kartikatama 1 Metro adalah untuk membuat aplikasi perpustakaan berbasis desktop di SMK Kartikatama 1 Metro sehingga dapat memudahkan petugas perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti terdiri dari dua bagian, yaitu metode berdasarkan jenis penelitian (Applied Research) dan teknik pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi (documentation) dan studi kepustakaan (library research). Aplikasi dirancang menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur yang berbasis desktop. Metode pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan teknik pengujian aplikasi menggunakan teknik Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java Netbeans, dengan database MySQL dan report menggunakan Quickreport. Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain flowchart, diagram konteks, dfd, erd, dan flowchart. Hasil dari penelitian adalah sebuah Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop pada SMK Kartikatama 1 Metro
RANCANG BANGUN JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN MIKROTIK PADA SMK KARTIKATAMA 1 METRO Ahmad Fadhel Fathoni; Arif Hidayat; Mustika Mustika
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)
Publisher : Program Studi DIII Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jmsi.v2i1.532

Abstract

Hotspot merupakan jaringan internet yang tanpa kabel dan bisa diakses oleh semua perangkat bahkan komputer desktop. Hotspot juga digunakan aktivitas kehidupan sehari-hari, dan dapat dilewati dari pusat trafik paket data dalam jumlah tertentu. Satuan kecepatan Hotspot per paket data adalah bit per detik (bps). Hotspot diukur batas kecepatan transfer dari jumlah konsumsi paket data per satuan waktu, serta kapasitas atau daya tampung kabel Ethernet disebut Bandwidth. Sampai saat ini, penggunaan jaringan Internet sesama pengguna dapat saling berebut paket ini tanpa berhenti dan tanpa batas, sehingga mengakses Internet akan terasa menyulitkan jika dipakai selamanya. Sedangkan, sekolah SMK Kartikatama 1 Metro belum semua terkena termasuk ruang guru. Dan, penulis yang dikembangkan adalah rancang bangun jaringan Hotpsot pada SMK Kartikatama 1 Metro. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang bangun jaringan menggunakan Mikrotik, dan mengkonfigurasi batas kecepatan Internet Mikrotik untuk memaksimalkan pengguna Internet pada SMK Kartikatama 1 Metro. Jenis penelitian ini adalah metode pengembangan sistem siklus hidup pengembangan jaringan (NDLC). Berdasarkan hasil penelitian, rancang bangun jaringan Mikrotik pada SMK Kartikatama 1 Metro dapat disimpulkan bahwa pada sekolah tersebut sudah diketahui oleh manajemennya, untuk itu menggunakan Bandwidth dan Access Point Hotpsot dari Mikrotik RouterOS. Penulis berinisyatif untuk melakukan suatu perancangan jaringan Mikrotik pada SMK Kartikatama 1 Metro pada ruang guru, caranya mendaftarkan melalui admin, admin membuat user hotspot, kemudian mengkonfigurasi kecepatan jaringan atau bandwidth dengan menggunakan aplikasi Winbox. Perancangan bangun jaringan ini diharapkan dapat membantu untuk mengoptimalkan badnwidth dari Mikrotik yang ada pada SMK Kartikatama 1 Metro
PERANCANGAN WEBSITE INFORMASI PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PUNGGUR LAMPUNG TENGAH Habib Afridoansyah Rizqi; Sudarmaji Sudarmaji; Muhammad Demsi Dupri
Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) Vol 2 No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA SISTEM INFORMASI (JMSI)
Publisher : Program Studi DIII Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jmsi.v2i1.533

Abstract

Website Adalah kumpulan dari beberapa halaman yang berisi dan menampilkan informasi berupa data gambar, suara, teks, animasi, vidio atau bisa juga gabungan dari semuanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa cara penyampaian berita dan informasi dari KUA kepada masyarakat masih sangat manual dan terbatas saat ini media yang di gunakan adalah dengan cara bertanya langsung, melalui media cetak, atau dengan telfon. Kelemahannya adalah Media ini kurang efektif karena akan sangat menghambat informasi atau berita yang akan disampikan, terutama letak kantor yang tidak semua orang yang berkepentingan tempat tinggalnya dekat dengan kantor tersebut, terlebih lagi jika pegawai sulit di hubungi dan media cetak yang bisa rusak, hal ini tentunya akan sangat menghambat penyampaian cerita atau informasi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada KUA Punggur Lampung Tengah adalah Melakukan inovasi terutama di media penyampaian informasi, serta untuk merancang dan membuat website di KUA Punggur Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis terdiri dari dua bagian, yaitu metode berdasarkan jenis penelitian (Applied Research) dan teknik pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi (documentation) dan studi kepustakaan (library research). Metode pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan teknik pengujian aplikasi menggunakan teknik Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Php, dengan framework Codeigniter, serta database MySQL. Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain diagram konteks, dfd, erd, dan flowchart. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah website informasi sebagai media penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Sehingga pada penelitian ini menghasilkan sebuah keluaran aplikasi Perancangan Website Informasi Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Punggur Lampung Tengah. Fitur website informasi ini berupa berita, informasi, download dokumen, komentar, serta call center ke admin KUA.

Page 1 of 1 | Total Record : 5