cover
Contact Name
Andri Nurtantiono
Contact Email
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Phone
+6289678070385
Journal Mail Official
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (STIE Surakarta) Jl.Slamet Riyadi no.435-437, Surakarta Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur
ISSN : -     EISSN : 27742636     DOI : -
Artikel ilmiah yang dipubikasi dalam JEBDEKER adalah semua aspek dengan scope sebagai berikut: 1. Ekonomi 2. Akuntansi: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Audit, Akuntansi Biaya, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi UMKM. 3. Manajemen: Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik, Manajemen Kuangan, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Sektor Publik. 4. Bisnis Digital: segala bentuk bisnis digital baik dalam bidang manajemen maupun akuntansi, misalnya melaksanakan bisnis dengan adanya pemanfaatan teknologi digital. 5. Ekonomi Kreatif: hasil penelitian dalam bidang manajemen maupun akuntansi. Entrepreneur dan Intrapreneur
Articles 25 Documents
Pengaruh Reformasi Sistem Perpajakan, Penagihan Pajak, Tarif Pajak dan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Wajib Pajak UMKM pada KPP Pratama Sukoharjo) Sukma Kusumawati; Pardi Pardi
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah reformasi sistem perpajakan, penagihan pajak, tarif pajak, dan Account Representative berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasinya adalah WPOP dan WP Badan UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Sukoharjo dan sampelnya sudah ditentukan sebanyak 99 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self assessment system dan Account Representative berpengaruh pada kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan variabel sistem administrasi perpajakan modern, penagihan pajak dan tarif pajak UMKM PP No 23 Tahun 2018 tidak berpengaruh pada kepatuhan Wajib Pajak. Namun apabila variabel self assessment system, sistem administrasi perpajakan modern, penagihan pajak, tarif pajak UMKM PP No 23 Tahun 2018 dan Account Representative diuji secara bersamaan maka hasilnya berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. The study aims to determine whether tax system reform, tax collection, tax rates and Account Representative have an effect on taxpayer compliance. This research is a quantitative study using primary data. The population is an individual taxpayer and UMKM corporate taxpayer registered at KPP Pratama Sukoharjo and a sample of 99 respondents has been determined. The analytical method used in this study is multiple regression analysis. The results of the study show that the variable self assessment system and Account Representative affect taxpayer compliance. While the variable modern tax administration system, tax collection and UMKM tax rates PP No. 23 of 2018 does not affect taxpayer compliance. But if the variable self assessment system, modern tax administration system, tax collection, UMKM tax rate PP No. 23 of 2018 and Account Representative is tested simultaneously so the results affect taxpayer compliance.
Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bioskop XXI Solo Square) Rahayu Dwi Utami; Budi Istiyanto
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan pasar yang begitu ketat, sebagai pemilik usaha dalam bidang industry hiburan di Indomesia perlu memperhatikan variable yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu experiental marketing, kuaitas pelayanan, citra merek, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiental marketing, kualitas pelayanan, citra merek dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Sol Square. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung Bioskop XXI Solo Square, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dimana sampel yang diperoleh sebesar 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu (1) Uji instrument data yang terdiri dari Uji Validitas dan uji reliabilitas, (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, (3) Analisis regresi berganda, (4) Uji hipotesis terdiri dari uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ekperiental Marketing tidak bepengaruh signnifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Solo Square sedangkan kuaitas pelayanan, citra merek dan harga berpengaruh signifika terhadap kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Solo Square Market competition is so tight, as business owners in the areas of the entertainment industry in Indonesia need to pay attention to the variables that can affect customer satisfaction, i.e., experiential marketing, serviceioquality, brand0iimage,09andiiprice. This09research aims to know the influencexxof Experiential Marketing, service quality, brand image and price in increasing customerxxsatisfaction in watching the cinema XXI Solo Square. Theapopulation ofathisaresearchaisaallavisitors of cinema XXI in Solo Square, and theasamplingamethod usediisitheimethodiof PurposiveaSampling, where samples were obtained of 100 respondents. The analysis used in the study are (1) Test Instrument Data consisting of Test validity and Reliability Tests, (2) a classic Assumption Test consisting of Multicollinearity, Normality, Heteroskedastisitas, (3) Multiple0iregressionxianalysis, (4) Test Hypotheses t Test and consists of the determination of the Coefficient. The results showed that no effect significant Experiential Marketing towards customer satisfaction in watching the cinema XXI Solo Square while quality ofvbservice,oibrand00image, andioPrice effect significantly toxxcustomerxxsatisfaction0iin watching the cinema XXI Solo Square
Menguji Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek, Gaya Hidup Dana Kualitas Produk terhadap Minat Belia Sepatu Merk Converse di Surakarta Oktaviana Tri Setyo Utami; Budi Istiyanto
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan dalam industry sepatu saat ini semakin ketat. Para produsen sepatu berlomba-lomba menciptakan berbagai inovasi dalam memasarkan produk sepatu mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, kesadaran merek, gaya hidup dan kualitas produk terhadap minat beli sepatu merek converse. Populasi ini adalah masyarakat di Surakarta yang mengetahui dan menggunakan sepatu sepatu converse. Metode pengambiln sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang diperoleh 105 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini (1) Uji Instrumen data yang terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reliabilitas; (2) Uji asumsi klasikyang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Multikolinearitas; (3) Hipotesis terdiri dari Uji t dan koefisien determinasi (R2); (4) Analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (5) Word of mouth, gaya hidup, kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepatu merek converse, tetapi kesadaran merek tidak bepengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli sepatumerek converse. Competition in the footwear industry is now getting tougher. Shoe manufacturers are competing to creat various innovations in marketing their products. This study aims to determine the effect of word of mouth, brand awareness, lifestyle and product quality on buying converse brand shoes. This population is the people in Surakarta who know and use converse shoes. The sampling method uses a purposive sampling technique where the sample obtained is 105 respondents. The analysis used in this study (1) Test data instrument consisting of Validity Test and Reliability Test; (2) Classic assumption test consists of Normality Test, Heteroscedasticity Test, and Multicollinearity Test; (3) Hypothesis test consists of t test and coefficient of determination (R2); (4) Analysis of multiple linear regression. The results showed that (5) word of mouth, lifestyle, product quality partiallyhave a significant effect on buying converse brand shoes, but brand awareness has no effect and is not significant on the interest in buying brand converse shoes.
Analisis Peran Penting Gaya Kepemimpinan, Pembelajaran Organisasi, Remunerasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Pengadilan Negeri Karanganyar Febria Untari
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, pembelajaran organisasi, remunerasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Pengadilan Negeri Karanganyar. Menggunakan jenis data primer dengan penyebaran kuesioner. Data sekunder penulis menggunakan data dan informasi yang diperlukan dari penelitian sebelumnya, buku dan internet. Populasi penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Non Hakim di Pengadilan Negeri Karanganyar. Sampel sebanyak 30 responden. Teknik penentuan sampel yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel atau metode total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Alat mengolah data menggunakan SPSS versi 21. Ada empat temuan penting. Pertama, gaya kepemimpinan mampu meningkatkan kinerja pegawai. Kedua, pembelajaran organisasi mampu meningkatkan kinerja pegawai. Ketiga, remunerasi mampu meningkatkan kinerja pegawai. Keempat, lingkungan kerja mampu meningkatkan kinerja pegawai pada Pengadilan Negeri Karanganyar This study aims to analyze leadership style, organizational learning, remuneration, and work environment on employee performance in the Karanganyar District Court. Using the type of primary data using a questionnaire. Secondary data authors use the data and information needed from previous research, books and the internet. The population of this study was Non-Judge Civil Servants in the Karanganyar District Court. A sample of 30 respondents. The sampling technique is taking all sample members or the total sampling method. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. The tool for processing data using SPSS version 21. There are four important findings. First, leadership style. Second, organizational learning. Third, remuneration can improve employee performance. Fourth, the work environment improves performance in the Karanganyar District Court.
Analisa Kompetensi SDM, Informasi Akuntansi, Teknologi Informasi, dan Penerapan SAK-EMKM terhadap Kualitas Kinerja UMKM Siti Aisyah; Ismunawan Ismunawan
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adaah untuk menganalisis kompetensi sumber daya manusia, informasi akuntansi, teknologi informasi dan penerapan SAK-EMKM terhadapkualitas kinerja UMKM di pusat pengrajin gitar Desa Mancasan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 54 pemilik UMKM. Data diperoleh melalui narasumber dengan metode observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan teknik analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, analisis koefisien determinasi (R­2). Hasil penelitian ini menunjukan kompetensi SDM, informasi akuntansi, teknologi informasi dan penerapan SAK EMKM secara simultan mempengaruhi kuaitas kinerja UMKM di pusat pengrajin gitar kecil di desa The purpose of this study is to analyze the competencies of human resources, accounting information, information technology and the application of SakEmkm to the quality of MSME performance at the Mancasan village guitar craftsman center. The sample in this study consisted of 54 MSME owners. Data was obtained through resource persons with methods of observation, interviews , and filling out questionnaires. The sampling technique uses random sampling and data analysis techniques using multiple linear regression analysis, t test, f test, analysis of the coefficient of determination (R2). The results of this study indicate the competency of HR, Accounting Information, Information Technology and the implementation of the SAK EMKM simultaneously affect the quality of performance of MSME in the center of small guitar craftsmen in the village.
Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DINSOSPMD): Meningkatkan Prestasi Kerja M Trihudiyatmanto; Rita Safitri
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prestasi kerja merupakan sebuah hasil dari kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang telah diberikan kepadanya. Seorang pegawai dikatakan berhasil melaksanakan pekerjaannya apabila hasil kerja yang diperoleh lebih tinggi dari standar yang telah ditetapkan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan, promosi jabatan dan mutasi terhadap prestasi kerja pegawai Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DinsosPmd) Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DinsosPmd) Kabupaten Wonosobo. Metode Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) secara parsial pelatihan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. (2) secara parsial promosi jabatan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. (3) secara parsial mutasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. (4) secara simultan pelatihan, promosi jabatan dan mutasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja.
Effect Of Management Control System On Employee Performance (Case Study of PT. Charoen Pokphand Indonesia) Rahayu Anis Khikmawati; Budi Utomo
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is analyze the effect of management control systems on employee performance at PT. Charoen Pokphand Indonesia. This type of research is quantitative research and the data source is primary data with a questionnaire. The sample in this study were employees at PT. Charoen Pokphand Indonesia. The data analysis method in this research is descriptive statistics, characteristic data, simple validation and regression analysis with a significance level of 5%, and tested by path analysis. Data processing methods use the help of SPSS 23.0 For Windows Software. Based on the results of the analysis, it is known that the management system has a positive and significant effect on employee performance at PT. Charoen Pokphand Indonesia
Analisis Faktor Fundamental dan Variabel Makro Harga Saham LQ45 Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020 Annisa Fitriya Al Farizi Farizi; Pardi Pardi
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi perbedaan faktor fundamental dan variabel makro harga saham tahun 2019-2020, secara triwlanan dari triwulan satu sampai triwulan tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 hingga tahun 2020. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak lima perusahaan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan, harga saham, data inflasi, data kurs, data suku bunga, dan data PDB. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada variabel suku bunga dan PDB seluruh triwulan mengalami perbedaan yang signifikan. perbedaan signifikan ditunjukkan oleh inflasi triwulan tiga, kurs triwulan tiga, PER triwulan dua, dan EPS triwulan dua dan tiga.
Peran Ecopreneurship Dalam Mengatasi Sampah Plastik Di Surabaya (Studi Kasus Pada Asri Recycle Mojo Surabaya) Wininatin Khamimah --
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kegiatan masyarakat yang meningkat dan pertambahan jumlah penduduk mengakibatkan peningkatan jumlah sampah plastik. Tujuan penelitian ini adalah 1.) Memberikan perspektif baru pada kajian ecopreneurship dan kaitannya terhadap upaya mengatasi masalah sampah plastik. 2.) Memberikan bahan evaluasi kepada pemangku kepentingan agar ecopreneurship dapat memberikan sumbangsih bagi upaya mengatasi sampah plastik di Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan karena obyek penelitian hanya bisa dijawab melalui penelitian pustaka. Data kualitatif dan sumber data sekunder digunakan.dalam penelitian ini. Berdasarkan data Kementrian Lingkungan Hidup, ada kenaikan komposisi sampah plastik pada 2002-2016. Meningkat dari 11 persen menjadi 16 persen, di beberapa kota besar sekitar 17 persen. Diperlukan bermacam upaya dan keterlibatan banyak pihak untuk mengatasi masalah ini. Kemampuan melihat masalah menjadi peluang usaha yang sekaligus sebagai solusi masalah lingkungan adalah inti dari ecopreneurship. Ecopreneurship merupakan bagian dari entrepreneurship (kewirausahaan). Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi orang setiap hari. Tantangan ini melahirkan gagasan, kemauan dan dorongan untuk berinisiatif. Hal ini akan mendorong untuk berpikir kreatif dan bertindak inovatif sehingga tantangan-tantangan tadi bisa teratasi dan terpecahkan. Upaya pengurangan sampah dan sosialisasi arti penting kewirausahaan harus terus dilakukan agar masalah sampah tidak menjadi permasalahan yang berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan. Untuk itu, para pemangku kepentingan harus mendorong munculnya para ecopreneur baru untuk mengatasi masalah plastik sekaligus meningkatkan penghasilan masyarakat. Abstract Increased community activities and population growth have resulted in an increase in the amount of plastic waste. The objectives of this study are 1.) To provide a new perspective on the study of ecopreneurship and its relation to efforts to overcome the problem of plastic waste. 2.) Provide evaluation materials to stakeholders so that ecopreneurship can contribute to efforts to overcome plastic waste in Surabaya. The method in this research is literature study because the object of research can only be answered through library research. Qualitative data and secondary data sources are used in this study. Based on data from the Ministry of the Environment, there was an increase in the composition of plastic waste in 2002-2016. It increased from 11 percent to 16 percent, in some big cities around 17 percent. Various efforts and involvement of many parties are needed to overcome this problem. The ability to see problems into business opportunities as well as solutions to environmental problems is the core of ecopreneurship. Ecopreneurship is part of entrepreneurship (entrepreneurship). Entrepreneurship is the application of creativity and innovation to solving problems and taking advantage of the opportunities that people face every day. This challenge gives birth to ideas, willingness and encouragement to take the initiative. This will encourage creative thinking and innovative action so that these challenges can be overcome and solved. Efforts to reduce waste and socialize the importance of entrepreneurship must continue to be carried out so that the waste problem does not become a problem that has a negative impact on humans and the environment. For this reason, stakeholders must encourage the emergence of new ecopreneurs to overcome the plastic problem while increasing people's income.
Diterminasi keputusan Santri Pada Ponpres Edi Mancoro Kabupaten Semarang untuk Menabung di Bank Syariah Tio Famor Gunawan Tio; Anton Bawono
JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur Vol 1 No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : STIE SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren adalah sebuah wadah yang mengumpulkan santri dalam satu tempat untuk menuntut ilmu. Pesantren dalam dunia pendidikan merupakan lembaga non formal berbasis Islam. Penulis menemukan pondok pesantren yang tepat untuk dikaji lebih mendalah tentang keputusan santri menabung di bank syriah yaitu Pesantren Edi Mancoro Kabupaten Semarang. Penulis melihat ketidak relefanan antara backgroun pendidikan mereka dengan realita kehidupan. Dimana, masih terdapat santri yang menggunakan bank non syariah. Dengan demikian, penulis bertujuan mengupas masalah tersebut melalui pengetahuan santri tentang bank syariah dan fasilitasnya, religiusitas, motif rasional, dan minat menabung santri. Sehingga penulis dapat mengetahui seberapa jauh pengaruh santri menabung di bank syariah. Sampal penelitian ini merupakan santri yang tinggal di pesantren tersebut. Santri yang menetap dan tinggal di pesantren memiliki jumlah 350 santri. Sedangkan penulis mengambil sampel sejumlah 103 santri melalui metode purposive sampling. Penulis mengolah data dengan menggunakan SPSS 16.0. Selanjutnya, penulis melakukan analis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa indikator fasilitas, religiusitas dan motif rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan keputusan menabung santri di bank syriah, sedangkan variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap minat menabung santri di bank syriah. Pengetahuan, fasilitas, religiusitas dan motif rasional mampu memediasi terhadap keputusan santri menabung di bank syariah. ABSTRACT Islamic boarding school is a forum that collects students in one place to study. Islamic boarding schools in education are non-formal Islamic-based institutions. The author found the right Islamic boarding school to be studied in more detail about the decision of the santri to save at a syriah bank, namely the Edi Mancoro Islamic Boarding School, Semarang Regency. The author sees the ineffectiveness between their educational background and the realities of life. Where, there are still students who use non-Islamic banks. Thus, the author aims to examine these problems through the knowledge of students about Islamic banks and their facilities, religiosity, rational motives, and students' interest in saving. So that the author can find out how far the influence of santri saving in Islamic banks. The sample of this research is the students who live in the pesantren. Santri who live and live in the pesantren have a total of 350 students. While the authors took a sample of 103 students through purposive sampling method. The author processed the data using SPSS 16.0. Furthermore, the authors conducted the analysis through validity tests, reliability tests, statistical tests, classical assumption tests and path analysis tests. The results showed that the facility indicators, religiosity and rational motive had a positive and significant effect on the interest in saving and the decision to save by students at syriah banks, while the facilities variable had no effect on the interest in saving for students at syriah banks. Knowledge, facilities, religiosity and rational motives are able to mediate the decision of students to save in Islamic banks.

Page 1 of 3 | Total Record : 25