cover
Contact Name
-
Contact Email
ihtimam@journal.staimsyk.ac.id
Phone
+6285720158596
Journal Mail Official
ihtimam@journal.staimsyk.ac.id
Editorial Address
Jl. Pronggokusuman No.12 Kel. Priggokusuman Kec. Gedongtengen Kab. Kota Yogyakarta – D.I. Yogyakarta Kodepos : 55272
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26209586     EISSN : 27744302     DOI : https://doi.org/10.36668/
Ihtimam adalah Jurnal pendidikan Bahasa Arab, terbit tiap semester atau dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Hak cipta pada penulis. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian, pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Masjid Syuhada Yogyakarta, sebagai media komunikasi intelektual antara dosen Bahasa Arab STAIMS Yogyakarta. Sub disiplin ilmu bahasa yang termasuk dalam ruang lingkup kajian jurnal ini diantaranya tata bahasa, keterampilan bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik,sosiolinguistik, psikolinguistik, analisis wacana, pragmatik dan linguistik terapan. Jurnal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mempublikasikan penelitian atau kajian dibidang pengajaran atau pendidikan ilmu bahasa, selain artikel hasil penelitian, secara parsial jurnal ini juga mempublikasikan tinjauan buku dan biografi tokoh di bidang bahasa Arab.
Articles 87 Documents
دراسة الشخصية الأدبية " نجيب الكيلاني" و أفكاره الأدبية Dailatus - Syamsiyah
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 1 (2018): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v1i1.154

Abstract

Karya sastra tidak pernah lepas dari faktor sosial-historis yang melingkupi sastrawannya. Meskipun berbentuk fiksi dan tidak menggambarkan kisah factual yang realistik, namun ia merepresentasikan realitas kehidupan yang dapat ditemui, dialami dan dirasakan di alam nyata. Novel dan Puisi misalnya, ia tidak hanya sebuah karya dengan kata-kata indah dan cerita heroik sang pengarang, tapi lebih jauh ia membungkus dendam personal, kedengkian sosial, kesalehan individual, keintiman religius, kekecewaan politis, penalaran yang mistis bahkan hasrat biologis pengarangnya dalam tulisan yang indah. Najib Al-Kailany –seorang dokter sekaligus sastrawan muslim Mesir- menyusun dan meramu dengan rapi semuanya itu dalam karya-karyanya ; lebih dari 36 novel, 5 cerpen, 1 antologi (kumpulan puisi dalam 1 bungarampai), lebih dari 10 syair, 3 naskah drama, dan lebih dari 15 karya ilmiah yang tersebar di seantero mesir dan dunia arab semasa hidupnya.
PENDEKATAN DAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB PADA MADRASAH/SEKOLAH DI INDONESIA Sholihatul Atik Hikmawati
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 2 (2018): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v1i2.170

Abstract

Perubahan kurikulum yang ada diIndonesia, mulai kurikulum Rencana Pembelajaran (1947) hingga kurikulum berbasis karakter yang sekarang sedang berlangsung, tidak terlepas dari tingkat perkembangan anak, perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan kebutuhan manusia. Perubahan dan perbaikan kurikulum tersebut dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Adapun tujuan dari pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut, pertama memahami secara teoritis maupun praktis tentang jenis pendekatan dalam pengembangan kurikulum, kedua memahami secara teoritis maupun praktis tentang model-model dalam pengembangan kurikulum, ketiga Implementasi pendekatan dan model pengembangan kurikulum Bahasa Arab pada madrasah/sekolah di Indonesia. Hasil dari telaah ini bahwasannya Perkembangan kurikulum Bahasa Arab di Indonesia dalam mengembangkan kurikulum, dilakukan secara seimbang dan proporsional. Hal ini bisa dilihat dalam menggunakan pendekatan dan model disetiap fase perubahan kurikulum. Kata Kunci:
PENERAPAN BIAH LUGHAWIYAH DALAM PEMBIASAAN MAHARAH KALAM DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM PUTRA YOGYAKARTA Widi Astuti, Cahya Edi Setyawan, Irvan Maulana Aji
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v3i1.222

Abstract

كان الغرض من هذه الدراسة هو تحديد كيفية تطبيق البيئة اللغوية  في محاولة لتعويد إتقان التحدث باللغة العربية (المهرة الكلام) في المدرسة إبن القيم الإسلامية للرجال. في يوكياكرتا. نوع هذا البحث هو البحث النوعي. تم جمع البيانات من خلال الملاحظة الدقيقة، بما في ذلك الأوصاف في السياق المفصل، وأطروحة من الملاحظة من المقابلة المتعمقة، وكذلك نتائج تحليل الوثائق. هناك عدة أنواع من الأنشطة في تطبيق بيئة لغوية، وهي: إضافة المفردات، وممارسة التحدث (المحاضرة)، وممارسة الحوار باللغة العربية (المحاضرة)، وما إلى ذلك، والتي تُستخدم لدعم مهارة اللغة العربية لدى الطلاب في المدرسة الثانوية وكذلك في المدرسة الثانوية بمعهد إبن القيم للرجال. الكلمات المفتاحية: تنفيذ بيئة لغوية، مهارة الكلام
Pembelajaran Maharah Kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh SAQU Ibnu Mas’ud Godean Yogyakarta Mega Prima Ningtyas
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v4i1.247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran maharah kitabah dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean pada tahun ajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara (tanya jawab), observasi dan dokumentasi, sedangkan subyek penelitian adalah guru kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean. Hasil penelitian menunjukkan :1. Pembelajaran Maharah Kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean adalah: a. Tujuan pembelajaran maharah kitabah; belajar membaca dan menulis dengan kaidah yang benar, mampu menguasai kaidah-kaidah penulisan bahasa Arab dengan baik, dan mampu menulis Arab jika diperdengarkan. b. Dalam proses pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab guru menggunakan metode yang diterapkan yaitu; metode gramatika dan terjemah, metode langsung, metode resitasi (tugas) dan metode imla’/dikte.c. Guru memilih dan memanfaatkan media pembelajaran diantaranya adalah media Buku Pintar Menulis Arab, buku paket Al Qur‟an Tulis, buku panduan imla’ (kaidah-kaidah menulis Arab), rumus kaidah merangkai huruf, papan tulis, spidol. d. Unsur-unsur pembelajarannya adalah lingkungan fisik meliputi ruang kelas yang kondusif, peralatan belajar serta sarana prasana penunjang yang lain. Guru menggunakan teknik penemuan. Materi pembelajaran berupa merangkai 3 huruf atau lebih, mengenal Ta’ marbuthoh, mengenal Alif lam ta’rif dan penulisan yang bersambung dengan huruf ma’ani, mengenal bentuk-bentuk huruf di depan, di tengah dan di belakang kata. 2. Faktor pendukungnya yaitu dukungan kepala sekolah, sarana pembelajaran yang menunjang, lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat adalah adanya siswa pindahan dari sekolah lain sehingga guru harus mengulang kaidah tersebut dan memakan waktu yang lama, belum adanya media LCD atau proyektor untuk pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab dan masih menggunakan media buku-buku paket saja dengan metode klasikal.
METODE BELAJAR BAHASA ARAB YANG MENYENANGKAN BAGI PENUTUR ASING Mega Primaningtyas
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 2 (2018): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v1i2.165

Abstract

Metode merupakan salah satu hal terpenting dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai maka para peserta didik dapat memahami pelajaran yang sedang disampaikan. Kesesuaian metode sangat penting dilakukan, karena hal ini berkaitan dengan suasana pembelajaran. Belajar bahasa arab bukanlah hal yang sulit, jika para pengajar menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan materi belajarnya. Ada banyak metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab bagi penutur asing, namun berbagai metode ini harus disesuaikan dengan kebutuhan para peserta didik.Kata kunci: Metode Belajar, Bahasa Arab, Penutur Asing
PENERAPAN THARIQOH MUBASYIROH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB di SMPIT SALMAN Al FARISI BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA Widi Astuti, Muhammad Fathoni, Ummu Salamah
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v2i2.217

Abstract

ملخصتهدف هذه الدراسة إلى تحديد كيفية تطبيق تقليد المبسيرة في تعليم اللغة العربية والعوامل الداعمة والمثبطة في المدرسة الثانوية سلمان الفارسي الداخلية يوكياكرتا الفصل السابع. هذا البحث نوعي, تم جمع البيانات من خلال الملاحظة والمقابلات والتوثيق لاستكمال البيانات المراد تحليلها. بينما تم إجراء التحليل باستخدام التقنيات الوصفية. أظهرت النتائج: 1) أن عملية تطبيق التقليد الإسلامي في تعلم اللغة العربية في مدرسة سلمان الفارسي الداخلية يوجياكارتا تتوافق مع مفهوم خطوات التعلم المباشر, 2) العوامل الداعمة في تنفيذ تقليد المبسيرة في مدرسة سلمان الفارسي الداخلية في يوجياكارتا هي: مرافق إعلامية مدرسية مناسبة، وفصول دراسية مريحة، ومعلمون أكفاء. في حين أن العوامل المثبطة هي: قلة وقت التعلم، وقلة الكتب اليدوية، ليس لدى جميع الطلاب قواميس فردية، وعدم اهتمام الطلاب باللغة العربية مما يؤثر على دافع تعلم الطلاب.الكلمات المفتاحية: طريقة مباشرة ، تعليم اللغة العربية
PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BALAGHAH AT-TATHBIQIYYAH DI STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA Ikhwan Nur Rois
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v4i1.204

Abstract

Balaghah at-tathbiqiyyah merupakan salah satu mata kuliah di STAI Masjid Syuhada Yogyakarta. Pembelajaran Balaghah at-tathbiqiyyah sangat memerlukan sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan unsur pendukung utama dalam pembelajaran, terkhusus kondisi saat sekarang guna tercapainya tujuan pembelajaran yang baik. Media pembelajaran Balaghah at-tathbiqiyyah begitu banyak, salah satunya yaitu E-learning. Media tersebut telah digunakan dalam pembelajaran Balaghah at-tathbiqiyyah di STAI Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan studi pustaka yang relevan terkait topik pembahasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini memaparkan bagaimana pemanfaatan E-learning sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Balaghah at-tathbiqiyyah di STAI Masjid Syuhada Yogyakarta.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE AL-‘ARABIYA BAINA YADAIKA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA Aziz Abdullah; Purwoko -
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 1 (2018): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v1i1.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab dengan metode Al-‘Arabiyah Baina Yadaika, hasil yang dicapai, faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian yang menggunakan pendekatan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mudir ma’had, asatidz ma’had dan mahasiswa mustawa tamhidy Ma’had Ali Bin Abi Tholib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket.Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa pembelajaran bahasa arab metode Al-‘Arobiyah Baina Yadaika adalah untuk pemula dengan menekankan pada ketrampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Hasil yang dicapai adalah baik berdasarkan analisis data yang menunjukan nilai kategori baik paling tinggi yaitu 50%, dan kategori sangat baik 11,54% serta kategori kurang baik adalah 38,46%. Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa arab metode Al-‘Arobiyah Baina Yadaikaadalah lokasi ma’had yang kondusif. Sedang yang menjadi faktor penghambatnya adalah media pembelajaran yang belum lengkap dan mahasiswa yang kurang aktif. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Al-‘Arabiyah Baina Yadaik
فعالية برنامج تشجيع اللغة في ترقية مهارة الكلام لطلاب الجدد بالمعهد الحديثة خادم الأمة جزر رياو Ramandhan Rudwi Hantoro
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 1 (2019): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v2i1.212

Abstract

ملخصبرنامج Tasyji'ul Lughoh هو برنامج مصمم لتحسين مهارة كلام الطلاب الجدد في مدرسة خادم الأمة الإسلامية الداخلية. تهدف هذه الدراسة إلى تحديد مدى فاعلية برنامج Tasyji'ul lughoh في تحسين مهارة الكلام للطلاب الجدد في مدرسة خادم الأمة الإسلامية الداخلية. يستخدم هذا البحث المنهج الكمي مع طرق ما قبل التجريبية. تتكون أدوات البحث المستخدمة من الاختبارات والملاحظة والتوثيق. تظهر نتائج البحث أن تنفيذ برنامج Tasyji'ul Lughoh في تحسين طلاب مهارة كلام الجدد فعال. تعتبر فعالية برنامج Tasyji'ul Lughoh لتحسين مهارة كلام للطلاب الجدد في فئة جيدة جدًا بنسبة 94 ٪ (بالمائة).الكلمات المفتاحية: تصميم اللغة، مهارة الكلام.
ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI INFLEKSI DALAM BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INDONESIA Mimi Jamilah
Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2020): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jih.v3i2.229

Abstract

ملخصكوسيلة للتواصل، اللغة البشرية هي نظام منهجي أو باللغة العربية يطلق عليه التنظيم. في وظيفتها، تعتبر علم التشكل أحد جوانب اللغة. العملية الصرفية هي عملية تكوين كلمات صرفية الجمع، سواء المشتقة أو التصريفية. الانعطاف هو عملية مورفمية ناتجة عن عملية التثبيت. يجب أولاً تعديل الكلمات في اللغات العاكسة مثل العربية واللاتينية والإندونيسية لاستخدامها في جملة من حيث الشكل مع الفئات النحوية المطبقة في تلك اللغة. يتم أيضًا تعديل الأدوات المستخدمة. تهدف هذه الدراسة إلى الإجابة على صياغة المشكلة وهي: التحليل التباين لتشكل الانعطاف باللغة العربية مع الإندونيسية. جمعت بيانات هذا البحث من نتائج الأدبيات ثم تم تحليلها بطريقة التحليل الوصفي. من نتائج البحث الذي تم إجراؤه في العديد من الآداب ، قام الباحث بتحليل مقارنة مورفولوجيا التصريفات في اللغة العربية مع اللغة العربية: أ). تصريف اللغة العربية أقوى من الإندونيسية، ب). هناك أيضًا أوجه تشابه بين الاثنين. في موقع اللصق، يختبر كل من اللغتين العربية والإندونيسية عملية التثبيت في كل من البادئة واللاحقة واللاحقة والخلط.الكلمات المفتاحية: التحليل التقابلي، مورفولوجيا الانعكاس