cover
Contact Name
Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh
Contact Email
krisyuan@unwaha.ac.id
Phone
+6285851233341
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No.9 Tambakberas Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27747964     DOI : -
JUMAT KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang keagamaan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Jurnal ini akan mempublikasikan kegiatan pengabdian pada masyarakat terbaru dan orisinil dari hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang keagamaan maupun pendidikan islam.
Articles 50 Documents
Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang Siti Sulaikho; Rina Dian Rahmawati; Istikomah Istikomah; Irma Kholilah
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah TPQ Al-Amin K. Ageng Core’an desa Brodot. Berdasarkan hasil analisis situasi di atas, muncul permasalahan yang perlu diselesaikan berkaitan dengan kurang efektifnya proses belajar mengajar di TPQ dikarenakan hal-hal sebagai berikut;1) Masih belum optimalnya ustadzah TPQ dalam pengelolaan kelas dikarenakan kurangnya tenaga pengajar di TPQ. 2) Masih membutuhkan pendampingan dalam proses belajar mengajar untuk para santri. Dari permasalahan – permasalahan yang telah diidentifikasi diatas selanjutnya dilaksanakan diskusi dengan para Ustadzah di TPQ Al-Amin Ki Ageng Core’an, permasalahan yang disepakati untuk diselesaikan adalah dengan melalui adanya pelatihan Membaca Al-Qur’an yang baik dan benar melalui metode at-Tartil bagi orang tua santri, diharapkan dengan orang tua santri yang paham akan metode at-Tartil maka santri bisa mengulang kembali materi al-Qur’an dari TPQ saat di rumah. Metode yang digunakan pelaksana adalah ceramah dan langsung praktek membaca Al-Quran dengan media buku at-Tartil mulai dari jilid 1 s/d jilid 6. Hasil dari pengabdian ini berdasarkan Diagram 1 menunjukkan prosentase 93,3% peserta memahami metode at-tartil dengan baik. Diagram 2 merupakan respon kepuasan peserta terhadap proses pelatihan yang kami lakukan. Hasil respon kepuasan peserta terhadap kegiatan ini menunjukkan 80% dan mereka sangat antusias ketika kami yang mengajarnya. Dan 17% para santri kurang antusias.
Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Brangkal Ino Angga Putra; Rina Dian Rahmawati; Aji Ainur Rofiq
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Tartil dilihat sebagai salah satu metod pembelajaran al-Qur’an yang praktikal dan cepat untuk membantu murid dapat membaca al-Qur’an dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini antara lain: a) Memberi edukasi pembelajaran sesuai metode yang diambil lembaga masing-masing, dan b) Memberi sarana bantuan tenaga pengajar di lembaga masing-masing. Mitra pengabdian adalah para siswa TPQ Sabilul Mutaqin Desa Brangkal. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 siswa, dan dilaksanakan diantara tanggal 12 Oktober 2020 sampai 31 Oktober 2020. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah melalui bentuk pendampingan terkait proses pembelajaran di TPQ Sabilul Mutaqin Desa Brangkal. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 siswa TPQ. Kegiatan ini dilakukan dengan kegiatan observasi kepuasan peserta dan kemampuan peserta didalam membaca Al-Qur’an melalui metode Tartila. Hasil kepuasan peserta terhadap kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini karena memiliki manfaat yang lebih dalam melatih kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menggunakan metode Tartila. Hasil observasi kepada para siswa (santri) menunjukkan adanya kemampuan memahami metode Tartila dengan skor rata-rata 3,4 atau pada kategori baik, dan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Tartila dengan skor rata-rata 3,3 atau pada kategori baik. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa metode Tartila dapat meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di TPQ dan Bimbingan Belajar Tingkat SD/MI di Sidodadi Mustamim Mustamim; Ahmad Ilmi Habiballah; Ahmad Alex
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasari pembelajaran daring karena wabah covid-19. Memberikan pendampingan belajar yang Berada di TPQ Muslimin. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan akhlak dan sikap sopan santun pada anak dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam mendampingi belajar daring. Sasarannya adalah 20 anak SD /MI wilayah Kabupaten Jombang. Metode pendekatan ceramah, diskusi serta sosialisasi. Hasil yang dicapai dengan merencanakan pembelajaran yang terdiri dari beberapa materi yang dilakukan 7 kali pertemuan. Sehingga hasilnya anak TPQ lebih bersemangan dan orangua dapat mendampingi anaknya dalam belajar daring.
Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan Agus Sifaunajah; Chyntia Tulusiawati; Lum’atul Af’idah
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di desa Barongsawahan adalah adanya potensi alami desa yang belum dimanfaatkan dengan baik, kurangnya keterampilan dalam mengelola potensi desa. Program Kemitraan Masayarakat ini dilakukan untuk memberikan solusi dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa dan meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi alam di desanya. Kontribusi Program Kemitraan Masyarakat ini adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan ecoprint dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di lingkungan Desa Barongsawahan sehingga memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi melalui ekonomi kreatif serta meningkatkan kualitas sumberdaya melalui pemberdayaan kalangan organisasi karangtaruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. Metode yang digunakan berupa penjelasan yang berisi materi dan praktek pembuatan batik ecoprint. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah pemahaman peserta tentang pembuatan batik ecoprint dan bahan alam beserta fungsinya.
Pelatihan Pembelajaran Tajwid di TPQ Al Hidayah Desa Brodot Jombang Waslah Waslah; Chusnul Chotimah; Faridatul Hasanah; M. Abdul Munir A
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu Tajwid adalah suatu cabang pengetahuan untuk mempelajari cara-cara pembacaan Al-Qur’an.Al-Qur’an merupakan kitab suci umat beragama Islam. Hukum membaca ayat Al-Qur’an dengan Tajwid adalah fardhu’ain bagi setiap orang Islam (muslim). Namun ilmu Tajwid tergolong ilmu yang sulit khususnya bagi orang yang tidak fasih dalam berbahasa Arab. Berdasarkan hasil survei awal terhadap 68 responden yang beragama Islam, hampir semuanya setuju bahwa ilmu Tajwid merupakan ilmu yang sangat penting dipelajari oleh umat Islam sehingga media belajar yang interaktif serta diikuti dengan penjelasan dan latihan melalui video memberikan kemudahan dalam proses belajar dan meningkatkan minat belajar ilmu Tajwid. Namun referensi belajar ilmu Tajwid yang terpercaya banyak yang menggunakan bahasa Arab sehingga susah dipahami oleh muslim di Indonesia.
Pemberdayaan Santri TPQ Darussalam dalam Upaya Peningkatan Ketrampilan Menghafal Asmaul Husna menggunakan Metode Brain Based Learning Suci Prihatiningtyas; Dian Kusuma Wardani; Anggun Wulandari; Siti Lailatul Mahfudhoh; Ainul Yaqin
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan ini dilakukan di TPQ Darussalam desa Mojokambang Jombang. Santri di TPQ Darussalam masih mengalami kekurangan pengetahuan di bidang agama dalam penerapan dikehidupan sehari hari. Karena banyaknya santri dan kurangnya tenaga pengajar, membuat santri menjadi tidak fokus dalam belajar. Masih banyak kekurangan dalam membaca al qur’an dengan baik dan benar. Yang pada akhirnya, kesalahan pelafalan huruf dan tajwidnya menjadi sama dan tidak ada perubahannya, selain itu juga banyak dari santri yang masih belum mengerti do’a-do’a dalam kehidupan sehari hari dan juga bacaan sholat lima waktu. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah metode brain based learning. Metode brain based leraning dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran setelah membaca al qur’an. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu observasi, sosialisasi, bimbingan dan evaluasi. Adapun respon Peserta terhadap kegiatan sosialisasi yaitu dalam aspek pemahaman, sebanyak 87,4% santri sudah lebih paham tentang asmaul husna, doa sehari-hari dan surat-surat pendek. Aspek pengetahuan, sebanyak 83,7% santri sudah mengetahui dan mempraktikkan asmaul husna, doa sehari-hari dan surat-surat pendek sesuai apa yang sudah disosialiasikan. Secara keseluruhan sebanyak 82,6% santri merasa sangat senang dengan adanya pembelajaran dengan menggunakan metode brain based learning. Kegiatan ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang asmaul husna serta memberikan inovasi baru kepada pengajar dan santri dengan pendekatan brain based learning.
Pendampingan Belajar GP Anshor dalam Peningkatan Pengetahuan Ilmu Agama tentang Fiqh Wanita Mohamad Fodhil; Ummi Zulfa Ulya; Rofiq Hidayat; Mohammad Patkul Anam
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembahasan ini dapat mengetahui kitab Risalatul Mahidh (peningkatan pengetahuan ilmu agama tentang fiqih wanita). Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada skema KKN-PPM ini meliputi metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Metode ceramah dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan seminar risalatul mahidh. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode tanya jawab melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat memahami segala materi tentang darah baik haid, nifas maupun istihadhoh. Melalui kegiatan pelatihan ini dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh remaja NU desa Tinggar.
Peningkatan Kualitas Wudhu Santri PP. Al Wahabiyyah 1 melalui Pelatihan Wudhu Sempurna Mohammad Saat Ibnu Waqfin`; Imam Taufiq; Ibnu Asrosi Najib
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Santri-santri PP. Al Wahabiyyah 1 mengalami kesulitan dalam berwudhu sesuai sunah yang telah diajarkan dalam syariat Islam. Beberapa santri diketahui berdasarkan pengamatan ustadz dan pengurus masih menggunakan air secara berlebih. Sebagian kecil santri juga masih menggunakan air musta’mal dalam berwudu. Kesunahan-kesunahan juga tidak jarang tertinggal dalam proses wudhu para santri. Berdasarkan hasil wawancara di PP. AL Wahabiyyah 1, Tambakrejo, Jombang menunjukkan bahwa guru-guru sudah mengingatkan santri terkait kesempurnaan wudhu dan batas penggunaan air wudhu. Walaupun sudah mendapat peringatan, namun masih belum terlaksana secara optimal dan efisien dalam pelaksanaan wudhu santri. Hal ini didasari dengan pemahaman terbatas santri dan kesibukan para guru sehingga tidak sempat dalam membimbing santri secara khusus untuk praktek wudhu sesuai syariat. Selain itu, adanya anggapan para santri bahwa wudhu yang mereka laksanakan selama ini sudah benar. Berdasarkan penjabaran diatas, kegiatan pengabdian pada masyarakat akan dilaksanakan pelatihan secara intensif dalam penerapan wudhu sesuai syariat meliputi syarat, rukun, sunah, makruh, dan hal yang membatalkan wudhu. Kegiatan ini mendukung kualitas wudhu sempurnah sesuai sunah dan sah secara hokum fiqih.
Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan Mazidatul Faizah; Siska Binti Qoirot; Mohamad Nasirudin
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang mulia. Sebelum membaca Al Quran kita harus mempelajari makhraj dan tajwid dengan baik dengan begitu akan dapat membaca al quran dengan fashih, baik dan benar. Sebagian besar para santri TPQ Al Mustaqim kurang maksimal dalam melafalkan huruf huruf hijaiyah ketika membaca al quran. Banyaknya santri dan terbatasnya waktu pengajar dan kemampuan pengajar membuat kegiatan TPQ kurang maksimal dan santri TPQ mengalami kurangan wawasan dan pengetahuan tentang ilmu makhorijul huruf. Metode pendekatan yang digunakan pada kegiatan ini yaitu dengan Tutorial dan Klasikal yang dilakukan dengan santri TPQ Al Mustaqim. Hal ini dilakukan karena salah satu cara yang efektif karena dapat menyimak langsung dan mengecek pemahaman serta membetulkan pelafalan huruf hijaiyah santri TPQ Al Mustaqim.Dengan bimbingan ini mahasiswa juga dapat lebih dekat dengan mitra. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan pemaham santri TPQ Al Mustaqim tentang makhorijul huruf dan sifat huruf hijaiyah, setelah kegiatan pelatihan cara melafalkan huruf huruf hijaiyahsehingga dapat membaca al quran dengan baik dan benar, serta membantu pihak lembaga TPQ untuk meningkat kualitas membaca al quran para santri TPQ Al Mustaqim.
Peningkatan Pemahaman Agama terhadap Santri TPQ melalui Media Belajar Picture and Picture Ashlihah Ashlihah; Risa Lailatul Mufidah; Yoga Nofan Aditiya
Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hambatan atau kendala dalam melakukan pembelajaran agama yang mudah diterima. Disamping itu, kurangnya guru terhadap pengetahuan metode pembelajaran konvensional ke metode pembelajaran yang aktif seperti metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar yang dilakukan pada TPQ Hasbullah Salim Desa tinggar Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap agama melalui media pembelajaran picture and picture. Metode pendekatan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi metode ceramah, diskusi dan praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri sangat terampil dalam menggunakan media pembelajaran picture and picture didalam kelas. Dari 20 santri yang ikut serta, 90% dari mereka sangat menyukai belajar menggunakan media picture and picture. Selain itu, rancangan media tersebut juga sesuai dengan materi yang disampaikan di kelas. Penerapan media ini menunjukkan bahwa peserta didik di dalam kelas sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan guru saat pembelajaran. Selain itu juga, penggunaan media tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi peserta didik.