cover
Contact Name
Royyan Hafizi
Contact Email
publikasigreenvest@gmail.com
Phone
+6285960430213
Journal Mail Official
Jurnalglosains@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Kaliwadas Permai Blok G20, Kaliwadas, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
ISSN : 27984125     EISSN : 27984311     DOI : 10.36418
Jurnal Glosains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Glosains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Multidisiplin. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia" : 5 Documents clear
Kontribusi Dukungan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Anak di Masa Pandemi Rahma Irlian.Msc; Minarsi Minarsi
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.29

Abstract

Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak SD.N 54 KAUR Desa datar lebar 2 kecamatan lungkang kule kabupaten kaur Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak di masa pandemic di SD N 54 Kaur Desa Datar Lebar 2 Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh. Populasi orang tua siswa kelas VI SD N 54 Kaur berjumlah 55 orang tua. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan proportional Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak berdasarkan tingkatan kelas. Pengambilan sampel ini mengunakan rumus solvin dengan taraf kesalahan 10 % adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 22 orang. Data yang di peroleh mengunakan angket model skala likert, kemudian penyebaran angket dilakukan secara langsung, dengan hasil terdapat 6 responden (27,2%) memberikan dukungan dengan baik terdapat 8 responden ( 36,4%) memberikan dukungan yang cukup baik, dan terdapat 8 responden (36%,4) kurang memberikan dukungan terhadap anak nya. Terdapat 11 responden ( 50%) dengan pola belajar baik, kemudian terdapat 6 responden ( 27,3%) dengan pola belajar yang kurang. Hasil uji statistic diperoleh nilai p_ value = 0,041 yang berarti p_ value <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau berarti bahwa kontribusi dukungan orang tua berpengaruh terhadap pola belajar anak di masa pandemi.
Fungsi Pancasila sebagai Perekat Persatuan Bangsa dengan Efektivitas Kegiatan Belajar di Luar Kelas Rachmadi Rachmadi
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.28

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan sesuai dengan K13 adalah metode pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah sebagai lokasi pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar, menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing), dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan. Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas kegiatan belajar dengan outing class (belajar di luar kelas) untuk meningkatkan hasil belajar PKN Materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa siswa Kelas V di SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 pada pembelajaran PKN. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V dalam proses pembelajaran PKN Penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Keempat fase tersebut merupakan suatu siklus yang digambarkan dengan sebuah spiral penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian, analisa data dan pengujian hipotesis yang telah penulis laksanakan terhadap siswa Kelas V SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat, dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran PKN luar kelas di luar kelas atau halaman sekolah pada pembelajaran PKN mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
Perencanaan Rumah Susun pada Masa Pandemic Covid-19 dengan Meningkatkan Fasilitas dan Pola Aktifitas Masyarakat Rumah Susun Daniel Napitupulu
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.26

Abstract

Covid-19 membuat semua kegiatan aktifitas, pola hidup dan ekonomi bahkan perancangan dalam pembangunan mengalami perubahan yang sangat drastis. Pada saat seperti ini hal yang paling ditakuti adalah tidak diterapkannya protokol kesehatan dalam perancangan bangunan, terutama pada perancangan dan perencanaan rumah susun yang berkaitan erat dengan kebiasaan pola hidup masyarakat yang secara berkelompok dalam satu bangunan. Dalam pembangunan sangat diperlukannya survey terhadap lapangan dan mencari data literatur terkait hal-hal yang akan direncanakan, di dalam artikel ini akan membahas tentang solusi desain fasilitas perencanaan pada rumah susun dengan perubahan pola hidup masyarakat rusun tersebut. Melalui sistem perencanaan rumah susun terkait dampak Covid-19 sangat membantu dalam meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, dalam perencanaan ini juga Sangat membantu dalam sirkulasi kesehatan rumah susun dengan fasilitas yang lengkap dan siap untuk menghadapi masa pandemik yang menyerang.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Siswa Aren Aren; Rita Aryani
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.25

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa/i di SMK Korpri Kota Bekasi kelas XI Akuntansi. Jenis penelitian ini mengunakan metode kuantitatif assosiatif, dengan mengunakan penelitan asosiasi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah serluruh siswa/I kelas XI di SMK Korpri Kota Bekasi. Teknik pengabilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis rergresi linear sederhana dengan alat bantuan sofwer yaitu dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa uji signifikansi koefisien korelasi (r xy) = 0,283 dan Fhit (f change) =12,647 dengan p-value =0,001< 0,05. Hal ini HO ditolak. Koefisien korelasi X danY adalah berarti atau signifikan. Dari hasil analisis didapat kompotensi pedagogik guru berpengaruh terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas XI Akuntansi, hal ini dapat dilihat dari thit dan p-value lebih kecl dari 0,05%. Oleh sebab itu dapat di interpretasikan bahwa kompotensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran dikelas xi mata pelajaran akuntansi yaitu: R Square = 0,283 atau sebesar 28,3%.
Anaslisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Jembatan Pensil dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Cici Anggraini; Lisa Septia Dewi Br. Ginting
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.24

Abstract

Di era globalisasi ini sudah banyak terjadi kasus yang menunjukkan sangat buruknya moral generasi muda, Yaitu permasalahan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sebaiknya diajarkan sejak dari anak mendapatkan pendidikan di sekolah dasar maupun dilingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, teknik simak dan catat. Sumber data yang digunakan juga terdiri dari sumber data primer yaitu film jembatan pensil, dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, internet, maupun sumber data yang lain yang berhubungan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasi pembelajaran bahasa indonesia pada film jembatan pensil yaitu nilai pendidikan karakter dengan tuhan yang maha esa( Religius) , nilai pendidikan karakter dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter dengan sesama manusia, nilai pendidikan karakter dengan lingkungan, nilai pendidikan karakter dengan kebangsaan. Dan Implementasi pembelajaran bahasa indonesia yang ditemukan dalam film jembatan pensil ini bukan hanya tentang menulis, membaca, dan mengarang, tetapi bagaimana peserta didik mempelajari atau pun menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter.

Page 1 of 1 | Total Record : 5