cover
Contact Name
WIDYA HANDINI
Contact Email
widyahandini@stisipolp12.ac.id
Phone
+6285839665892
Journal Mail Official
journal@stisipolp12.ac.id
Editorial Address
Jl. Diponegoro No.16, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33215
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
JURNAL STUDIA ADMINISTRASI
ISSN : 27468372     EISSN : 27468372     DOI : https://doi.org/10.47995/jian.v3i1
Core Subject : Social,
Jurnal Studia Administrasi is a peer-review journal published by Department of Public Administration STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Governance, Public organization, Public policy, Public service, Management, Bureaucratic ethics, Administrative / governance law, Management of Regional Owned Enterprises / State Owned Enterprises, Management of State Apparatus Resources.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi" : 5 Documents clear
Efektivitas Pelaksanaan Fungsi Legislasi DPRD Babel Periode 2009-2014 Bambang Ari Satria
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Pelaksanaan Fungsi Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung Periode 2009-2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas pelaksanaan fungsi legislasi DPRD Babel Periode 2009-2014. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi legislasi DPRD Babel Periode 2009-2014 kurangefektif. Upaya–upaya untuk pengefektivitasan pelaksanaan fungsi legislasi adalah harus ada mekanisme baku dalam menyelesaikan Raperda, penambahan dan peningkatan sumber daya manusia pendukung, memperkuat koordinasi dengan alat kelengkapan lain sehingga kedudukanbadan legislasi sebagai pusat pembentukan Raperda berjalan efektif.
Efektivitas Pelaksanaan Lesson Study Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMP Negeri 52 Palembang Susi Lawati
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efektivitas pelaksanaan lesson study berbasis sekolah (LSBS) dalam meningkatkan profesional guru dan untuk mengetahui faktor apa sajayang memengaruhinya.Hasil dari penelitian ini yaitu efektivitas pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalammeningkatkan profesional guru di SMP Negeri 52 Palembang sudah cukup efektif. Berdasarkanteori efektivitas Duncan yaitu: 1) pencapaian tujuan telah tercapai dengan baik, proses pencapaian tujuan telah dijalankan pada setiap tahapannya dan menghasilkan guru-guru yang lebih profesional, aktif, inovatif dalam pembelajaran kepada siswanya. 2) integrasi, sosialisasi dilaksanakandengan cukup baik dan jelas, sehingga dapat dimengerti oleh peserta sosialisasi yaitu para guruSMP Negeri 52 Palembang untuk dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan kelompok guru.3) adaptasi antarpeserta, dan adaptasi terhadap program lesson study di SMP Negeri 52 berjalan dengan baik, walaupun ada sedikit kendala mengenai komitmen dan kesungguhan peserta(guru) dalam mengikuti kegiatan ini. Adapun faktor pendukung lesson study berbasis sekolah diantaranya: 1) antusiasme guru dalam mengikuti pelatihan. 2) motivasi guru yang tinggi dalammeningkatkan profesionalismenya. 3) sumber daya manusia yang memadai (adanya narasumberyang berkompeten di bidangnya). Hambatan pelaksanaan lesson study berbasis sekolah di antaranya: 1) kurangnya pemahaman dan komitmen sebagian guru mengenai apa, mengapa, danbagaimana lesson study. 2) kecenderungan guru yang memiliki komitmen dan kesungguhan hatiuntuk melakukan yang terbaik, tetapi cenderung lebih memilih sikap sedang-sedang atau bahkancukup. 3) guru seringkali kurang melakukan refleksi diri tetapi hanya menunggu diberi masukanoleh kepala sekolah maupun pengawas.
Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Suandi Suandi
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana BOS dalam rangkameningkatkan prestasi belajar di MTs YPNH Tanah Abang.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dana bantuan operasional sekolah sudah efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs YPNH Tanah Abang. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai uji t hasil uji regresi linear sederhana antara keefektifan dana BOS terhadap prestasi belajar adalah 6,493. Nilai ttabel untuk tingkat signifikansi 5%pada derajat kebebasan (dk) = 15-1=14, diperoleh 2,62. Perbandingan antara thitung dengan ttabelmenunjukkan bahwa thitung> ttabel (6,493 > 2,62) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal inijuga terlihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi. Dari hasil perhitungan diperoleh nilaikoefisien determinasi 0.764%.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel bebas danaBOS memberi sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 76.4%. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana antara keefektifan dana BOS terhadap prestasi belajar siswa diperolehpersamaan regresi: Y = 6,348 + 1,347 X. Artinya setiap skor variabel X bertambah sebesar 1 (satu)kali maka skor variabel prestasi belajar siswa akan bertambah sebesar 1,347 (sebesar koefisienregresi). Hal ini menunjukkan bahwa dana BOS efektif dalam meningkatkan prestasi belajarsiswa di MTs YPNH Tanah Abang.
Implementasi Program Perburuan Ibu Hamil Risiko Tinggi (BUMILRESTI) di Puskesmas Kenanga Nopi Nopi; Shulby Yozar Ariadhy
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v1i2.23

Abstract

Program Perburuan Ibu Hamil Risiko Tinggi (Bumilresti) salah satu bentuk respons Pemerintah Kabupaten Bangka dalam menanggapi masalah kematian ibu di Kabupaten Bangka. Adanya program Perburuan Ibu Hamil Risiko Tinggi (Bumilresti) ini bertujuan untuk menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan memantau kehamilan dengan risiko tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Program Perburuan ibu Hamil Risiko Tinggi (Bumilresti) di Puskesmas Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa dimensi organisasi, interpretasi, dan aplikasi sudah berjalan dengan baik. Untuk faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan komunikasi yang terdiri dari dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi sangat memengaruhi implementasi Program Bumilresti di Puskesmas Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.
Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Sebagai Pelaksana “BANG MUDA” Imelda Imelda; Darol Arkum
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v1i2.24

Abstract

Pelayanan prima merupakan bentuk pelayanan yang diperlukan oleh pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik, salah satu diantaranya yakni dalam pelayanan pembuatan akta. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka sebagai instansi yang melaksanakan pembuatan akta, baik akta kelahiran maupun akta kematian, berupaya mempercepat pelayanan pembuatan akta tanpa melalui alur yang panjang yakni dengan melakukan inovasi, meskipun dalam kenyataannya inovasi yang dilakukan belum bisa maksimal, hal ini disebabkan belum terpenuhinya beberapa komponen penunjang tetapi dengan adanya inovasi tersebut dapat mengantarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka sebagai salah satu “TOP 99 Sinovik’s Award” yakni penghargaan dalam inovasi pelayanan publik oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi pada Tahun 2017.

Page 1 of 1 | Total Record : 5