cover
Contact Name
Jufriadif Na`am
Contact Email
jcivil@upiyptk.ac.id
Phone
+6287895670026
Journal Mail Official
jcivil@upiyptk.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Jl. Raya Lubuk Begalung Padang-25221
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Civil Engineering Collaboration
ISSN : 26155915     EISSN : 26155915     DOI : 10.35134/jcivil
Core Subject : Engineering,
Civil Engineering Collaboration is an open-access peer reviewed journal that mediate the result of study, research and development of science and technology in Civil Engineering with scope: 1. Civil and Structural Engineeering 2. Earthquake Engineering 3. Surveying and Geo-Spatial Engineering 4. Road and Bridge Engineering 5. Constructions Management 6. Geotechnical Engineering 7. Transportation Engineering 8. Water Resources Engineering 9. Building Constructions.
Articles 38 Documents
Asesmen Kinerja Ruas Jalan PerintisKemerdekaan Kota Padang Widiawati Purba; Rafki Imani; Briant Mcchristyadillan
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.15

Abstract

Masalah kemacetan seperti keberadaan pedagang kaki lima, parkir liar dan hambatan samping lainnya yang terdapat di Jl. Perintis Kemerdekaan menyebabkan menurunnya kinerja jalan. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendapatkan nilai kapasitas jalan, derajat jenuh dan tingkat pelayanan jalan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei pada jam sibuk untuk mendapatkan volume lalulintas harian rata-rata, survei hambatan samping dan meminta data jumlah penduduk Kota Padang. Selanjutnya melakukan analisis manual dengan berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014 (PKJI 2014). Hasil dari analisis manual ini bahwa nilai volume harian rata-rata adalah 2867,38 smp/jam. Hambatan samping di Jl. Perintis Kemerdekaan dapat dikategorikan tinggi karena nilai hambatan samping adalah 848,63. Kemudian tingkat pelayanan pada jalan ini mendapat kategori F dimana arus kendaraan dipaksakan pada jalan ini. Maka dari itu perlu dilakukan penambahan lahan parkir dan melakukan penertiban agar dapat mengurangi hambatan samping.
Standar Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Kharisma Permata Sari; Nadra Arsyad
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.13

Abstract

Penggunaan baja ringan kini telah menjadi sebuah tren tersendiri. Banyak produsen baja ringan yang tersedia. Namun terkadang akibat banyaknya produsen baja ringan, persaingan di pasar tidak seimbang. Misalnya, beberapa produsen yang menyediakan baja ringan dengan harga yang lebih murah, namun mutu bajanya dikurangi. Penyimpangan yang terjadi di industri baja ringan tidak sedikit mengakibatkan runtuhnya konstruksi yang menggunakan baja ringan. Kegagalan tersebut disebabkan oleh kegagalan sambungan, kegagalan elemen, dan kesalahan pengerjaan. Salah satu penyebab terjadinya kegagalan tersebut adalah karena belum adanya standar maupun prosedur khusus untuk baja ringan di Indonesia.
Evaluasi Pelayanan Angkutan Umum melalui Pembayaran Nontunai terhadap Jumlah Pengguna Bus Trans Padang Yelviola Richi Sonia; Jihan Melasari; Rafki Imani
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.12

Abstract

Angkutan yang berjenis Bus Trans merupakan angkutan umum yang berperan penting pada kehidupan sehari-hari masyarakat kota Padang akibat menurunnya pengguna Bus Trans semenjak di luncurkannya kebijakan yang mengharuskan para penumpang menggunakan pembayaran non tunai. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan pembayaran non-tunai terhadap pengguna Bus Trans Padang dengan tujuan Mengetahui perkembangan dari pembayaran non tunai pada Bus Trans Padang, dampak jumlah pengguna BusTrans Padang untuk pembayran non tunai dan pelayanan dari pembayaran Bus Trans Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisisdeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meunjukan bahwa perkembangan dari pembayaran non tunai sudah cukup baik sebesar 98% namun ada beberapa hal yang harus lebih di perhatikan lagi contohnya perbanyak sosialisasi dan tempat pengisian saldo di setiap terminal atau halte, dampak pembayaranan non tunai yang telah di tetapkan dan di harus kan oleh pemerintah kota padang menyebabkan penurunan penumpang pada tahun 2019 sebesar 10% , serta pelayanan yang di berikan sudah baik dari pihak Bus Trnas padang.
Analisisa Persepsi Pengguna Jalan terhadap Dampak Positif dan Negatif Tidak Adanya Median Jalan Meri Sufina; Nadra Arsyad; Muhammad Hafidz
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.11

Abstract

Roads are the most common land transportation infrastructure used by the community to carry out daily mobility compared to water and air transportation, so that the volume of vehicles passing through these roads must be able to be supported by pavement on the roads they pass. Median is a path that is located in the middle of the road to divide the road in each direction. The median and its limits must be visible to every driver's eyes both during the day and night and all weather and conditions so that no accident occurs. The purpose of this study was to determine how perceptions of road users on the positive and negative impacts of the absence of a road median on the Sudirman road section. The results of this research can be done by conducting a field survey of road users. After that, the questionnaire was distributed with the number of respondents from the average results for a week of 50 respondents. So that it is obtained from the SPSS statistics. From the research results the validity test of the median variable of road and traffic accidents is declared "Valid". While the results of the reliability test produce a value for the median level of the road 0.883 or categorized as "Good" and the level of traffic accident 0.769 or categorized as "Acceptable"
Analysis of the Impact of Flyover Development on Communities in the Market Jihan Melasari; Rafki Imani; Juni Saputra
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.10

Abstract

Traffic congestion that occurs almost everyday in Pekanbaru City has caused losses in travel time and economic losses such as waste of fuel, loss of productive time and health costs. One of the causes of this congestion is the growth of road infrastructure that is not proportional to the growth in the number of motorized vehicles. Besides that, the existence of Pasar Pagi Arengka at the Jl. HR Soebrantas and Jl. Soekarno-Hatta, Riau Province, has also added to the level of congestion. Overcoming this problem, the Riau government together with the Dinas Pekerjaan Umum (PU) of Riau Province built a flyover or overpass at Pasar Pagi Arengka junction to overcome the congestion problem. The research data was obtained by conducting a survey to the location through a questionnaire to the community around the flyover with the number of respondents determined as many as 60 respondents. Calculation analysis is performed using SPSS Statistics. The results of the study stated that the impact caused by the construction of a flyover at the intersection of Pasar Pagi Arengka in Pekanbaru, Riau Province, to the community was quiteinfluential.
Studi Karakteristik Pejalan Kaki di LampuPenyeberangan Ruas Jl. Jend. Sudirman Fiki Na`amJulianto
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.8

Abstract

Pedestrians are part of a transportation system that is no less important than other modes of transportation. Therefore pedestrian needs are an integral part of the road transportation system. Based on the results of an evaluation of the behavior of pedestrian crossers on the Jalan Jend section. Sudirman on the influence of traffic, which can be concluded from this study is on the Jalan Jend segment. Sudirman during the hours of 06.00 - 08.00 that the crossing uses more roads than crossing through the zebra crossing in the morning and the zebra crossing in the crossing lights can be concluded to function ineffectively, on the Jalan Jend segment. Sudirman during 16.00 - 18.00 more crossers using zebra crossing than crossing through roads in the morning and zebra crossing in crossing lights can be concluded to function effectively, during the morning peak the average pedestrian crossing that passes through the road influences the performance of the current traffic where it is able to hold 1 vehicle for 1.03 seconds and during the afternoon peak the average pedestrian crosser that passes through the road affects the performance of traffic flow which is able to hold 2 vehicles for 1.53 seconds.
Analisis Pengukuran Produktivitas Produksi Teh Hitam dengan Metode Objective Matrix Robino Indan; Ridhonal Alviando
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.6

Abstract

PT. XYZ is a state-owned company engaged in the plantation sector and one of its branches is located in Kerinci,Jambi with its main product being Orthodox Black Tea. Inefficient and effective use of raw material, labor, energy and machinery during production activities encourages companies to increase productivity. Therefore, companies need to measure productivity to find out the dominant factors that affect productivity. The method used in productivity measurement is the Objective Matrix (OMAX) Method, so that the steps in this study referto the needs of matrix formation, namely: data collection, determination productivity criteria, calculation of ratios, determination of initial value, determination of the lowest ratio, determination of target values, and determination of weight.
Studi Arus Jenuh pada Persimpangan dengan Bundaran Widiawati Purba; Jihan Melasari; Helmi Prabowo
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.5

Abstract

Permasalahan transportasi sangat sering terjadi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan biasa di jumpai dengan tingkat kualitas yang rendah maupun tinggi. Kota padang adalah salah satu kota diSumatra Barat dan merupakan kota industri dan pariwisata yang banyak menarik peminat penduduk di kota lain yang ikut berkunjung. Jln. Khatib Sulaiman pada simpang empat bundaran merupakan salah satu simpang yang terletak di simpang presiden. Arus lalu lintas yang melalui simpang tersebut tersebut cukup padat pada waktu-waktu jam sibuk. Sehingga terdapat aktivitas padat di jalan ini seperti angkutan umum yang berhenti untuk naik dan menurunkan penumpang, kendaraan yang parkir di badan jalan serta kendaraan yang keluar masuk disamping jalan darilingkungan sekitar simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengevaluasi arus jenuh pada simpang empat bundaran Khatib Sulaiman saat ini dengan memberikan alternatif pemecahan masalah yang tepat pada simpang tersebut. Sifat dari penelitian ini adalah analisis, penelitian dilakukan satu minggu penuh dari hari senin sampai minggu dan di mulai pada pukul 07:00-09:00, 12:00-14:00, sampai 16:00-18:00. Dari hasil penelitian yangdilakukan maka didapat nilai kapasitas sebagai berikut: Kapasitas (C) = 1921,01 SMP/jam, Penelitian kapasitas jalan Teuku Umar kurang memadai disebabkan tingkat pelayanan jalan (LOS) mencapai 2,3 dimana dengan nilaitersebut sering terjadi kemacetan dan antrian panjang dengan tingkat pelayanan F dan berdasarkan banyak jumlah pengguna kendaraan Di Jl Khatib Sulaiman arah simpang DPRD pada jam sibuk yaitu hari senin jam 16.00 – 18.00 adalah sebesar 3291,3.
Risiko Rantai Pasok Konstruksi Proyek Konstruksi Gedung Pusat Olah Raga Pasca Bencana Gempa Bumi Indonesia Wendi Boy; Z Zefriyenni; Widiawati Purba
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.2

Abstract

Rantai pasok adalah metode yang bertujuan untuk meningkatkan daya layan (serviceability) dalam menghasilkan suatu produk barang atau jasa kepada pengguna akhir dengan serangkaian proses produksi didalamnya. Metode ini diyakini telah membawa banyak manfaat dan sukses diterapkan di dalam industri manufaktur untuk kemudian diaplikasikan dalam industri lainnya termasuk pada industri konstruksi. Pengadopsian metode tersebut pada industri konstruksi bukan berarti tidak menimbulkan permasalahanpermasalahan baru. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran lebih dalam mengenai praktik rantai pasok khususnya terkait risiko yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko menggunakan matriks analisis probabilitas dan dampak, mendapatkan faktor risiko paling dominan menggunakan analisis faktor serta mengetahui hubungan antara tingkat risiko dengan faktor risiko dalam konteks rantai pasok proyek konstruksi. Penelitian dilakukan dalam bentuk survei persepsi risiko responden terhadap para pelaku dalam rantai pasok proyek konstruksi gedung yaitu kontraktor, subkontraktor, dan supplier di Kota Padang Sumatera Barat.
Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Kota Padang Doni Setiawan
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.7

Abstract

The problem that often occurs in cities is structuring the city, starting with settlements, spatial planning, poor communities and transportation, as well as the city of Padang. The increasing number of people needing transportation, especially the destination of Padang-Minangkabau International Airport, is one of the reasons for the opening of the train station. Because the train has several advantages compared to other land transportation equipment, which are relatively cheap costs, can sit freely, faster,and safer. The purpose of this study was to determine how much public interest in railroad modes of transportation by analyzing the level of satisfaction of train users in accordance with the response from the public.The Coefficient of Determination (R2) is obtained from the Adjusted R Square number of 0.404. This shows that the contribution of variables of comfort, safety, safety, time, transportation rates, and service to the users of the Padang-Minangkabau International Airport train are 0.404 or 40.4% while the remaining 59.6% is influenced by other variables not examined in this study. From this result, get a value of 40.4% which indicates that the services provided by PT. Kereta Api Indonesia has not been good and users have not been satisfied with the performance of the Padang-Minangkabau International Airport train service

Page 1 of 4 | Total Record : 38