cover
Contact Name
Jufriadif Na`am
Contact Email
jcivil@upiyptk.ac.id
Phone
+6287895670026
Journal Mail Official
jcivil@upiyptk.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Jl. Raya Lubuk Begalung Padang-25221
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Civil Engineering Collaboration
ISSN : 26155915     EISSN : 26155915     DOI : 10.35134/jcivil
Core Subject : Engineering,
Civil Engineering Collaboration is an open-access peer reviewed journal that mediate the result of study, research and development of science and technology in Civil Engineering with scope: 1. Civil and Structural Engineeering 2. Earthquake Engineering 3. Surveying and Geo-Spatial Engineering 4. Road and Bridge Engineering 5. Constructions Management 6. Geotechnical Engineering 7. Transportation Engineering 8. Water Resources Engineering 9. Building Constructions.
Articles 49 Documents
Evaluasi Kinerja Struktur Gedung Rumah Sakit Paru Sumatera Barat dengan Pushover Analysis Nugrafindo Yanto; Rafki Imani; Zulva Andika
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.1

Abstract

Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan terhadap gempa bumi. Bencana gempa menyebabkan terjadinya kerusakan struktur bangunan. Saat terjadi gempa, diharapkan bangunan mampu menerima gaya gempa pada level tertentu tanpa terjadi kerusakan yang signifikan pada strukturnya atau apabila struktur bangunan harus mengalami keruntuhan mampu memberikan perilaku nonlinier pada kondisi pasca-elastik sehingga tingkat keamanan bangunan terhadap gempa dan keselamatan jiwa penghuninya lebih terjamin. Melihat dari fenomena gempa bumi yang telah terjadi belakangan ini, maka sangat perlu diperiksa atau dianalisis kelayakan dari Gedung Rumah Sakit Paru Sumatera Barat. Metode evaluasi yang digunakan adalah analisis statik non-linier (Pushover). Beban lateral yang digunakan merupakan hasil dari anaisis statik ekuivalen. Level kinerja ditentukan dengan Target Perpindahan sesuai Federal Emergency Management Agency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kinerja Struktur Rumah Sakit Paru Sumatera Barat tersebut adalah dalam kondisi IO-LS (Immediate occupancy–Life Safety) yang artinya tidak ada kerusakan pada komponen struktur dan struktur bisa digunakan, hal ini berdasarkan target displacement FEMA 356, dan pola keruntuhan pada Struktur Rumah Sakit Paru Sumatera Barat, elemen struktur yang lemah (terjadisendi plastis) adalah elemen balok.
Risiko Rantai Pasok Konstruksi Proyek Konstruksi Gedung Pusat Olah Raga Pasca Bencana Gempa Bumi Indonesia Wendi Boy; Z Zefriyenni; Widiawati Purba
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.2

Abstract

Rantai pasok adalah metode yang bertujuan untuk meningkatkan daya layan (serviceability) dalam menghasilkan suatu produk barang atau jasa kepada pengguna akhir dengan serangkaian proses produksi didalamnya. Metode ini diyakini telah membawa banyak manfaat dan sukses diterapkan di dalam industri manufaktur untuk kemudian diaplikasikan dalam industri lainnya termasuk pada industri konstruksi. Pengadopsian metode tersebut pada industri konstruksi bukan berarti tidak menimbulkan permasalahanpermasalahan baru. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran lebih dalam mengenai praktik rantai pasok khususnya terkait risiko yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko menggunakan matriks analisis probabilitas dan dampak, mendapatkan faktor risiko paling dominan menggunakan analisis faktor serta mengetahui hubungan antara tingkat risiko dengan faktor risiko dalam konteks rantai pasok proyek konstruksi. Penelitian dilakukan dalam bentuk survei persepsi risiko responden terhadap para pelaku dalam rantai pasok proyek konstruksi gedung yaitu kontraktor, subkontraktor, dan supplier di Kota Padang Sumatera Barat.
Important Performancs Analysis pada Kajian Persepsi Penumpang terhadap Pelayanan Angkutan Umum Afrilda Sari
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.3

Abstract

Dilatarbelakangi dengan mulai beroperasinal ojek online di Kota Padang, diperlukan banyaknya masukan dan saran untuk menjawab tantangan-tantangan bagi penyelenggaraan operasional Angkutan Umum yang baik sehingga dapat dilakukan pembenahan dan perbaikan darisegi pelayanan bagi konsumennya. Adapun tujuan dari penelitiaan ini adalahuntuk mengetahui bagaimana penilaian penumpang sebagai pengguna jasa transportasi Angkutan Umum terhadap mutu pelayanan yang ada pada saat ini. Metodologi yang digunakan pada pengambilan sampel acak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berasal dari penyebaran kuesioner di lapangan pada penumpang sebagai pengguna jasa angkutan umum. Variabel pengamatan yang digunakan berkaitan dengan atribut pelayanan yang teramati langsung di lapangan. Analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode „Ímportance Performance Analsis’. Dari variabel pengamatan dihasilkan pada Kuadran D, Menunjukan faktor yang mempengaruhi pelanggaran kurang penting akan tetapi pelaksanaannya berlebihan dan dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan. Berdasarkan diagram kartesesius diatas yang masuk didalam Prioritas Berlebihan Kuadran D yaitu item 4 atribut (X4.Y4) mengnai tarif/ongkos dan penambahan asesoris angkutan, item 11 (X11) prilaku operator/sopir terhadap penumpang, item 12 (X12) prilaku opertor/sopir saat menaikan penumpang.
Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Simpang Haru, Kota Padang Maiyozzi Chairi; Widiawati Purba; Violita Nirma Putri
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.4

Abstract

Stasiun Simpang Haru, Kota Padang dibuka pada 22 Agustus 1891. Stasiun ini terletak di jalan Stasiun No.1 Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Padang, Sumatera Barat merupakan stasiun kereta api kelas besar yang berada dalam pengelolaan PT.Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatra Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan stasiun kereta api simpang haru dengan menggunakan metode survey lapangan serta melakukan pengamatan di Stasiun Simpang Haru yang akan di bandingkan dengan ketentuan Permenhub No. 48 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api dan penyebaran kuisioner tentang pelayanan Stasiun Simpang Haru secara langsung kepengguna jasadengan menggunakan metode perhitungan Servqual (Service Quality). Stasiun Simpang Haru memenuhi 86,66% fasilitas yang diatur oleh tabel Permenhub No.48 tahun 2015 tentang standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta api. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di stasiun Simpang haru, maka dapat disimpulkan bahwa dari perhitungangap secara keseluruhan ruang tunggu stasiun memiliki tempat duduk yang memadai dengan nilai gap sebesar -1.25, sedangkan dalam tingkat kepentingan ruang tunggu stasiun memiliki tempat yg memadai berada prioritas yang ke-9. Yang berarti bahwa apa yang diharapkan pengguna jasa cukup terpenuhi. Darihasil pengolahan analisis gap per dimensi dapat diketahui bahwa dimensi emphaty (empati) menempati rangking terakhir karna memiliki nilai gap yang sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwakriteria dalamdimensi emphaty (empati) perlu atau lebih diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan.
Studi Arus Jenuh pada Persimpangan dengan Bundaran Widiawati Purba; Jihan Melasari; Helmi Prabowo
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.5

Abstract

Permasalahan transportasi sangat sering terjadi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan biasa di jumpai dengan tingkat kualitas yang rendah maupun tinggi. Kota padang adalah salah satu kota diSumatra Barat dan merupakan kota industri dan pariwisata yang banyak menarik peminat penduduk di kota lain yang ikut berkunjung. Jln. Khatib Sulaiman pada simpang empat bundaran merupakan salah satu simpang yang terletak di simpang presiden. Arus lalu lintas yang melalui simpang tersebut tersebut cukup padat pada waktu-waktu jam sibuk. Sehingga terdapat aktivitas padat di jalan ini seperti angkutan umum yang berhenti untuk naik dan menurunkan penumpang, kendaraan yang parkir di badan jalan serta kendaraan yang keluar masuk disamping jalan darilingkungan sekitar simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengevaluasi arus jenuh pada simpang empat bundaran Khatib Sulaiman saat ini dengan memberikan alternatif pemecahan masalah yang tepat pada simpang tersebut. Sifat dari penelitian ini adalah analisis, penelitian dilakukan satu minggu penuh dari hari senin sampai minggu dan di mulai pada pukul 07:00-09:00, 12:00-14:00, sampai 16:00-18:00. Dari hasil penelitian yangdilakukan maka didapat nilai kapasitas sebagai berikut: Kapasitas (C) = 1921,01 SMP/jam, Penelitian kapasitas jalan Teuku Umar kurang memadai disebabkan tingkat pelayanan jalan (LOS) mencapai 2,3 dimana dengan nilaitersebut sering terjadi kemacetan dan antrian panjang dengan tingkat pelayanan F dan berdasarkan banyak jumlah pengguna kendaraan Di Jl Khatib Sulaiman arah simpang DPRD pada jam sibuk yaitu hari senin jam 16.00 – 18.00 adalah sebesar 3291,3.
Analisis Pengukuran Produktivitas Produksi Teh Hitam dengan Metode Objective Matrix Robino Indan; Ridhonal Alviando
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.6

Abstract

PT. XYZ is a state-owned company engaged in the plantation sector and one of its branches is located in Kerinci,Jambi with its main product being Orthodox Black Tea. Inefficient and effective use of raw material, labor, energy and machinery during production activities encourages companies to increase productivity. Therefore, companies need to measure productivity to find out the dominant factors that affect productivity. The method used in productivity measurement is the Objective Matrix (OMAX) Method, so that the steps in this study referto the needs of matrix formation, namely: data collection, determination productivity criteria, calculation of ratios, determination of initial value, determination of the lowest ratio, determination of target values, and determination of weight.
Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Kota Padang Doni Setiawan
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.7

Abstract

The problem that often occurs in cities is structuring the city, starting with settlements, spatial planning, poor communities and transportation, as well as the city of Padang. The increasing number of people needing transportation, especially the destination of Padang-Minangkabau International Airport, is one of the reasons for the opening of the train station. Because the train has several advantages compared to other land transportation equipment, which are relatively cheap costs, can sit freely, faster,and safer. The purpose of this study was to determine how much public interest in railroad modes of transportation by analyzing the level of satisfaction of train users in accordance with the response from the public.The Coefficient of Determination (R2) is obtained from the Adjusted R Square number of 0.404. This shows that the contribution of variables of comfort, safety, safety, time, transportation rates, and service to the users of the Padang-Minangkabau International Airport train are 0.404 or 40.4% while the remaining 59.6% is influenced by other variables not examined in this study. From this result, get a value of 40.4% which indicates that the services provided by PT. Kereta Api Indonesia has not been good and users have not been satisfied with the performance of the Padang-Minangkabau International Airport train service
Studi Karakteristik Pejalan Kaki di LampuPenyeberangan Ruas Jl. Jend. Sudirman Fiki Na`amJulianto
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.8

Abstract

Pedestrians are part of a transportation system that is no less important than other modes of transportation. Therefore pedestrian needs are an integral part of the road transportation system. Based on the results of an evaluation of the behavior of pedestrian crossers on the Jalan Jend section. Sudirman on the influence of traffic, which can be concluded from this study is on the Jalan Jend segment. Sudirman during the hours of 06.00 - 08.00 that the crossing uses more roads than crossing through the zebra crossing in the morning and the zebra crossing in the crossing lights can be concluded to function ineffectively, on the Jalan Jend segment. Sudirman during 16.00 - 18.00 more crossers using zebra crossing than crossing through roads in the morning and zebra crossing in crossing lights can be concluded to function effectively, during the morning peak the average pedestrian crossing that passes through the road influences the performance of the current traffic where it is able to hold 1 vehicle for 1.03 seconds and during the afternoon peak the average pedestrian crosser that passes through the road affects the performance of traffic flow which is able to hold 2 vehicles for 1.53 seconds.
Analisa Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Kolektor Studi Kasus Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun Kota Padang Maiyozzi Chairi; Jihan Melasari; Rian Afandi
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.9

Abstract

Congestion is a situation or state of stalling or even stopping traffic caused by a large number of vehicles exceeding road capacity. Traffic congestion is a big problem that is often faced in Indonesia, especially in big cities. This study aims to analyze the factors that cause congestion in Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun, Padang City. This research is quantitative descriptive by calculating traffic volume and the causes of traffic jams. And following the Urban Road Capacity Guidelines (PKJP, 2014). Based on the results of the field survey in Road Capacity (C) 3340 pcu / hour, Total Traffic Volume (Q) 1446 pcu / hour and Saturation Degree (DJ) 0.43 pcu / hour, so that the Road Service Level (LOS) type can be obtained B in the sense that traffic flow is stable, the speed starts to be influenced by traffic conditions, but can still be chosen according to the will of the driver. The highest level of congestion occurs on Wednesday, December 11, 2019 (from the day surveyed).
Analysis of the Impact of Flyover Development on Communities in the Market Jihan Melasari; Rafki Imani; Juni Saputra
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 1
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i1.10

Abstract

Traffic congestion that occurs almost everyday in Pekanbaru City has caused losses in travel time and economic losses such as waste of fuel, loss of productive time and health costs. One of the causes of this congestion is the growth of road infrastructure that is not proportional to the growth in the number of motorized vehicles. Besides that, the existence of Pasar Pagi Arengka at the Jl. HR Soebrantas and Jl. Soekarno-Hatta, Riau Province, has also added to the level of congestion. Overcoming this problem, the Riau government together with the Dinas Pekerjaan Umum (PU) of Riau Province built a flyover or overpass at Pasar Pagi Arengka junction to overcome the congestion problem. The research data was obtained by conducting a survey to the location through a questionnaire to the community around the flyover with the number of respondents determined as many as 60 respondents. Calculation analysis is performed using SPSS Statistics. The results of the study stated that the impact caused by the construction of a flyover at the intersection of Pasar Pagi Arengka in Pekanbaru, Riau Province, to the community was quiteinfluential.