cover
Contact Name
Jufriadif Na`am
Contact Email
jcivil@upiyptk.ac.id
Phone
+6287895670026
Journal Mail Official
jcivil@upiyptk.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Jl. Raya Lubuk Begalung Padang-25221
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Civil Engineering Collaboration
ISSN : 26155915     EISSN : 26155915     DOI : 10.35134/jcivil
Core Subject : Engineering,
Civil Engineering Collaboration is an open-access peer reviewed journal that mediate the result of study, research and development of science and technology in Civil Engineering with scope: 1. Civil and Structural Engineeering 2. Earthquake Engineering 3. Surveying and Geo-Spatial Engineering 4. Road and Bridge Engineering 5. Constructions Management 6. Geotechnical Engineering 7. Transportation Engineering 8. Water Resources Engineering 9. Building Constructions.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 (2019) No. 2" : 5 Documents clear
Studi Arus Jenuh pada Persimpangan dengan Bundaran Widiawati Purba; Jihan Melasari; Helmi Prabowo
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.5

Abstract

Permasalahan transportasi sangat sering terjadi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan biasa di jumpai dengan tingkat kualitas yang rendah maupun tinggi. Kota padang adalah salah satu kota diSumatra Barat dan merupakan kota industri dan pariwisata yang banyak menarik peminat penduduk di kota lain yang ikut berkunjung. Jln. Khatib Sulaiman pada simpang empat bundaran merupakan salah satu simpang yang terletak di simpang presiden. Arus lalu lintas yang melalui simpang tersebut tersebut cukup padat pada waktu-waktu jam sibuk. Sehingga terdapat aktivitas padat di jalan ini seperti angkutan umum yang berhenti untuk naik dan menurunkan penumpang, kendaraan yang parkir di badan jalan serta kendaraan yang keluar masuk disamping jalan darilingkungan sekitar simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengevaluasi arus jenuh pada simpang empat bundaran Khatib Sulaiman saat ini dengan memberikan alternatif pemecahan masalah yang tepat pada simpang tersebut. Sifat dari penelitian ini adalah analisis, penelitian dilakukan satu minggu penuh dari hari senin sampai minggu dan di mulai pada pukul 07:00-09:00, 12:00-14:00, sampai 16:00-18:00. Dari hasil penelitian yangdilakukan maka didapat nilai kapasitas sebagai berikut: Kapasitas (C) = 1921,01 SMP/jam, Penelitian kapasitas jalan Teuku Umar kurang memadai disebabkan tingkat pelayanan jalan (LOS) mencapai 2,3 dimana dengan nilaitersebut sering terjadi kemacetan dan antrian panjang dengan tingkat pelayanan F dan berdasarkan banyak jumlah pengguna kendaraan Di Jl Khatib Sulaiman arah simpang DPRD pada jam sibuk yaitu hari senin jam 16.00 – 18.00 adalah sebesar 3291,3.
Risiko Rantai Pasok Konstruksi Proyek Konstruksi Gedung Pusat Olah Raga Pasca Bencana Gempa Bumi Indonesia Wendi Boy; Z Zefriyenni; Widiawati Purba
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.2

Abstract

Rantai pasok adalah metode yang bertujuan untuk meningkatkan daya layan (serviceability) dalam menghasilkan suatu produk barang atau jasa kepada pengguna akhir dengan serangkaian proses produksi didalamnya. Metode ini diyakini telah membawa banyak manfaat dan sukses diterapkan di dalam industri manufaktur untuk kemudian diaplikasikan dalam industri lainnya termasuk pada industri konstruksi. Pengadopsian metode tersebut pada industri konstruksi bukan berarti tidak menimbulkan permasalahanpermasalahan baru. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran lebih dalam mengenai praktik rantai pasok khususnya terkait risiko yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko menggunakan matriks analisis probabilitas dan dampak, mendapatkan faktor risiko paling dominan menggunakan analisis faktor serta mengetahui hubungan antara tingkat risiko dengan faktor risiko dalam konteks rantai pasok proyek konstruksi. Penelitian dilakukan dalam bentuk survei persepsi risiko responden terhadap para pelaku dalam rantai pasok proyek konstruksi gedung yaitu kontraktor, subkontraktor, dan supplier di Kota Padang Sumatera Barat.
Evaluasi Kinerja Struktur Gedung Rumah Sakit Paru Sumatera Barat dengan Pushover Analysis Nugrafindo Yanto; Rafki Imani; Zulva Andika
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.1

Abstract

Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan terhadap gempa bumi. Bencana gempa menyebabkan terjadinya kerusakan struktur bangunan. Saat terjadi gempa, diharapkan bangunan mampu menerima gaya gempa pada level tertentu tanpa terjadi kerusakan yang signifikan pada strukturnya atau apabila struktur bangunan harus mengalami keruntuhan mampu memberikan perilaku nonlinier pada kondisi pasca-elastik sehingga tingkat keamanan bangunan terhadap gempa dan keselamatan jiwa penghuninya lebih terjamin. Melihat dari fenomena gempa bumi yang telah terjadi belakangan ini, maka sangat perlu diperiksa atau dianalisis kelayakan dari Gedung Rumah Sakit Paru Sumatera Barat. Metode evaluasi yang digunakan adalah analisis statik non-linier (Pushover). Beban lateral yang digunakan merupakan hasil dari anaisis statik ekuivalen. Level kinerja ditentukan dengan Target Perpindahan sesuai Federal Emergency Management Agency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kinerja Struktur Rumah Sakit Paru Sumatera Barat tersebut adalah dalam kondisi IO-LS (Immediate occupancy–Life Safety) yang artinya tidak ada kerusakan pada komponen struktur dan struktur bisa digunakan, hal ini berdasarkan target displacement FEMA 356, dan pola keruntuhan pada Struktur Rumah Sakit Paru Sumatera Barat, elemen struktur yang lemah (terjadisendi plastis) adalah elemen balok.
Important Performancs Analysis pada Kajian Persepsi Penumpang terhadap Pelayanan Angkutan Umum Afrilda Sari
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.3

Abstract

Dilatarbelakangi dengan mulai beroperasinal ojek online di Kota Padang, diperlukan banyaknya masukan dan saran untuk menjawab tantangan-tantangan bagi penyelenggaraan operasional Angkutan Umum yang baik sehingga dapat dilakukan pembenahan dan perbaikan darisegi pelayanan bagi konsumennya. Adapun tujuan dari penelitiaan ini adalahuntuk mengetahui bagaimana penilaian penumpang sebagai pengguna jasa transportasi Angkutan Umum terhadap mutu pelayanan yang ada pada saat ini. Metodologi yang digunakan pada pengambilan sampel acak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berasal dari penyebaran kuesioner di lapangan pada penumpang sebagai pengguna jasa angkutan umum. Variabel pengamatan yang digunakan berkaitan dengan atribut pelayanan yang teramati langsung di lapangan. Analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode „Ímportance Performance Analsis’. Dari variabel pengamatan dihasilkan pada Kuadran D, Menunjukan faktor yang mempengaruhi pelanggaran kurang penting akan tetapi pelaksanaannya berlebihan dan dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan. Berdasarkan diagram kartesesius diatas yang masuk didalam Prioritas Berlebihan Kuadran D yaitu item 4 atribut (X4.Y4) mengnai tarif/ongkos dan penambahan asesoris angkutan, item 11 (X11) prilaku operator/sopir terhadap penumpang, item 12 (X12) prilaku opertor/sopir saat menaikan penumpang.
Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Simpang Haru, Kota Padang Maiyozzi Chairi; Widiawati Purba; Violita Nirma Putri
Civil Engineering Collaboration Vol. 4 (2019) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v4i2.4

Abstract

Stasiun Simpang Haru, Kota Padang dibuka pada 22 Agustus 1891. Stasiun ini terletak di jalan Stasiun No.1 Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Padang, Sumatera Barat merupakan stasiun kereta api kelas besar yang berada dalam pengelolaan PT.Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatra Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan stasiun kereta api simpang haru dengan menggunakan metode survey lapangan serta melakukan pengamatan di Stasiun Simpang Haru yang akan di bandingkan dengan ketentuan Permenhub No. 48 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api dan penyebaran kuisioner tentang pelayanan Stasiun Simpang Haru secara langsung kepengguna jasadengan menggunakan metode perhitungan Servqual (Service Quality). Stasiun Simpang Haru memenuhi 86,66% fasilitas yang diatur oleh tabel Permenhub No.48 tahun 2015 tentang standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta api. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di stasiun Simpang haru, maka dapat disimpulkan bahwa dari perhitungangap secara keseluruhan ruang tunggu stasiun memiliki tempat duduk yang memadai dengan nilai gap sebesar -1.25, sedangkan dalam tingkat kepentingan ruang tunggu stasiun memiliki tempat yg memadai berada prioritas yang ke-9. Yang berarti bahwa apa yang diharapkan pengguna jasa cukup terpenuhi. Darihasil pengolahan analisis gap per dimensi dapat diketahui bahwa dimensi emphaty (empati) menempati rangking terakhir karna memiliki nilai gap yang sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwakriteria dalamdimensi emphaty (empati) perlu atau lebih diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5