cover
Contact Name
Jufriadif Na`am
Contact Email
jcivil@upiyptk.ac.id
Phone
+6287895670026
Journal Mail Official
jcivil@upiyptk.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Jl. Raya Lubuk Begalung Padang-25221
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Civil Engineering Collaboration
ISSN : 26155915     EISSN : 26155915     DOI : 10.35134/jcivil
Core Subject : Engineering,
Civil Engineering Collaboration is an open-access peer reviewed journal that mediate the result of study, research and development of science and technology in Civil Engineering with scope: 1. Civil and Structural Engineeering 2. Earthquake Engineering 3. Surveying and Geo-Spatial Engineering 4. Road and Bridge Engineering 5. Constructions Management 6. Geotechnical Engineering 7. Transportation Engineering 8. Water Resources Engineering 9. Building Constructions.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 (2020) No. 2" : 5 Documents clear
Asesmen Kinerja Ruas Jalan PerintisKemerdekaan Kota Padang Widiawati Purba; Rafki Imani; Briant Mcchristyadillan
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.15

Abstract

Masalah kemacetan seperti keberadaan pedagang kaki lima, parkir liar dan hambatan samping lainnya yang terdapat di Jl. Perintis Kemerdekaan menyebabkan menurunnya kinerja jalan. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendapatkan nilai kapasitas jalan, derajat jenuh dan tingkat pelayanan jalan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei pada jam sibuk untuk mendapatkan volume lalulintas harian rata-rata, survei hambatan samping dan meminta data jumlah penduduk Kota Padang. Selanjutnya melakukan analisis manual dengan berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014 (PKJI 2014). Hasil dari analisis manual ini bahwa nilai volume harian rata-rata adalah 2867,38 smp/jam. Hambatan samping di Jl. Perintis Kemerdekaan dapat dikategorikan tinggi karena nilai hambatan samping adalah 848,63. Kemudian tingkat pelayanan pada jalan ini mendapat kategori F dimana arus kendaraan dipaksakan pada jalan ini. Maka dari itu perlu dilakukan penambahan lahan parkir dan melakukan penertiban agar dapat mengurangi hambatan samping.
Standar Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Kharisma Permata Sari; Nadra Arsyad
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.13

Abstract

Penggunaan baja ringan kini telah menjadi sebuah tren tersendiri. Banyak produsen baja ringan yang tersedia. Namun terkadang akibat banyaknya produsen baja ringan, persaingan di pasar tidak seimbang. Misalnya, beberapa produsen yang menyediakan baja ringan dengan harga yang lebih murah, namun mutu bajanya dikurangi. Penyimpangan yang terjadi di industri baja ringan tidak sedikit mengakibatkan runtuhnya konstruksi yang menggunakan baja ringan. Kegagalan tersebut disebabkan oleh kegagalan sambungan, kegagalan elemen, dan kesalahan pengerjaan. Salah satu penyebab terjadinya kegagalan tersebut adalah karena belum adanya standar maupun prosedur khusus untuk baja ringan di Indonesia.
Evaluasi Pelayanan Angkutan Umum melalui Pembayaran Nontunai terhadap Jumlah Pengguna Bus Trans Padang Yelviola Richi Sonia; Jihan Melasari; Rafki Imani
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.12

Abstract

Angkutan yang berjenis Bus Trans merupakan angkutan umum yang berperan penting pada kehidupan sehari-hari masyarakat kota Padang akibat menurunnya pengguna Bus Trans semenjak di luncurkannya kebijakan yang mengharuskan para penumpang menggunakan pembayaran non tunai. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan pembayaran non-tunai terhadap pengguna Bus Trans Padang dengan tujuan Mengetahui perkembangan dari pembayaran non tunai pada Bus Trans Padang, dampak jumlah pengguna BusTrans Padang untuk pembayran non tunai dan pelayanan dari pembayaran Bus Trans Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisisdeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meunjukan bahwa perkembangan dari pembayaran non tunai sudah cukup baik sebesar 98% namun ada beberapa hal yang harus lebih di perhatikan lagi contohnya perbanyak sosialisasi dan tempat pengisian saldo di setiap terminal atau halte, dampak pembayaranan non tunai yang telah di tetapkan dan di harus kan oleh pemerintah kota padang menyebabkan penurunan penumpang pada tahun 2019 sebesar 10% , serta pelayanan yang di berikan sudah baik dari pihak Bus Trnas padang.
Analisisa Persepsi Pengguna Jalan terhadap Dampak Positif dan Negatif Tidak Adanya Median Jalan Meri Sufina; Nadra Arsyad; Muhammad Hafidz
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.11

Abstract

Roads are the most common land transportation infrastructure used by the community to carry out daily mobility compared to water and air transportation, so that the volume of vehicles passing through these roads must be able to be supported by pavement on the roads they pass. Median is a path that is located in the middle of the road to divide the road in each direction. The median and its limits must be visible to every driver's eyes both during the day and night and all weather and conditions so that no accident occurs. The purpose of this study was to determine how perceptions of road users on the positive and negative impacts of the absence of a road median on the Sudirman road section. The results of this research can be done by conducting a field survey of road users. After that, the questionnaire was distributed with the number of respondents from the average results for a week of 50 respondents. So that it is obtained from the SPSS statistics. From the research results the validity test of the median variable of road and traffic accidents is declared "Valid". While the results of the reliability test produce a value for the median level of the road 0.883 or categorized as "Good" and the level of traffic accident 0.769 or categorized as "Acceptable"
Studi Stabilitas Lereng Jalan Tarusan PainanPesisir Selatan dan Penanggulangannya N Nanda
Civil Engineering Collaboration Vol. 5 (2020) No. 2
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35134/jcivil.v5i2.14

Abstract

Longsoran yang terjadi di jalan Tarusan-Painan terjadi karena intensitas hujan yang cukup deras yang menyebabkan pergerakan tanah pasir pada lereng. Analisis stabilitas lereng merupakan analisis yang harus dilakukan untuk mengetahui lereng tersebut aman atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lereng yang telah mengalami kelongsoran beserta penanganannya. Metoda yang digunakan untuk analisis stabilitas lereng adalah dengan menggunakan software slide 6.0 dengan hasil faktor keamanan rata-rata 0.47 yang menyatakan lereng tidak aman sehingga diperlukan penangan yang tepat dan efektif. Penanganan yang dipilih terdiri dari dua opsi, yaitu dinding penahan tanah kantilever dan turap kantilever. Dari hasil analisis dinding penahan tanah kantilever didapatkan Fs guling = 3.39, Fs geser = 1.91, Fs daya dukung = 7.80, sedangkan dengan menggunakan turap kantilever didapatkan tinggi turap dari dredge line 6 m, dan kedalaman aktual 9 m dengan menggunakan safety factor 1.3. Dengan menggunakan metode elemen hingga didapatkan nilai safety factor 1.817.

Page 1 of 1 | Total Record : 5