cover
Contact Name
Muhammad Muzaini
Contact Email
muhammadmuzaini@uncp.ac.id
Phone
+628114408260
Journal Mail Official
redaksi.jai@gmail.com
Editorial Address
Grand Alauddin Residence Blok D No 6A, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Abdimas Indonesia : Jurnal Abdimas Indonesia
ISSN : 27972895     EISSN : 27972887     DOI : -
JAI: Jurnal Abdimas Indonesia (ISSN 2797-2887) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 199 Documents
PENDAMPINGAN MASYARAKAT PESISIR DESA MULADIMENG DALAM PENANAMAN POHON MANGROVE SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN LINGKUNGAN SERTA UPAYA MENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT Nurasia Nurasia; Ahyar Aminuddin; Nurul Hidayanti
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.35

Abstract

Ekosistem mangrove merupakan ekosistem interface antara ekosistem daratan dengan ekosistem lautan. Oleh karena itu, ekosistem ini mempunyai fungsi spesifik yang keberkelangsungannya bergantung pada dinamika yang terjadi di ekosistem daratan dan lautan. Keberadan hutan mangrove sangat menentukan dan menunjang tingkat perkembangan sosial dan perekonomian masyarakat pesisir pantai, di Desa Muladimeng yang merupakan daerah pesisir pantai tentunya ekosistem mangrove sangat berpengaruh bagi kegiatan yang ada di sana karena selain sektor pertanian sektor perikanan dan kelautan di desa Muladimeng merupakan sumber penghasilan terbesar bagi masyarakat, maka dari itu kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan edukasi serta melakukan konservasi diwilayah yang mengalami tingkat kerusakan mangrove yang tergolong parah. Persepsi dan sikap masyarakat terhadap konservasi mangrove sangat menentukan keberhasilan kegiatan konservasi mangrove. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove bagi daerah pesisir.
PELATIHAN SISWA (i) DALAM PENGENALAN KONSEP LAMBANG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI TEMA GO GREEN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ALAM ISLAMIC RAINBOW SCHOOL LUWU TIMUR Juwita Crestiani; Opik Dwi Indah; Hermini Hermini
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.43

Abstract

Kegiatan pengabdian ini di adakan pada bulan awal bulan November 2020. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena mereka dapat mengasah kemampuan memahami makna konsep bilangan dengan indikator mencocokkan angka dengan media real object yaitu buah melalui kegiatan mencocokkan jumlah buah dengan lambang bilangan. Sehingga dapat melatih anak berhitung dengan menyebutkan angka satu, dua tiga dan seterusnya sekaligus mengenal lambang bilangan atau angkanya. Selain itu, semakin mengasah potensi dari aspek kognitif, bahasa dan social. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini khususnya pada pendidikan anak usia dini di Alam Islamic Rainbow School di Wonorejo Timur Kab. Luwu Timur berupa pengenalan dan pengajaran lambang bilangan dengan mencocokkan dengan jumlah buahnya. konsep lambang bilanganKegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 1 Minggu, dimana dalam pelaksanaannya terbagi dalam beberapa tahap yaitu: (1) tahap perencanaan (plan), (2) tahap pelaksanaan (do) dan (3) tahap evaluasi (see). Hasil dari kegiatan ini, siswa yang ikut dalam kegiatan ini merasa sangat senang dan antusias. Ini terlihat dari sikap yang mereka nampakkan dengan mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir yaitu pada saat guru bertanya, siswa yang tahu jawabannya sangat antusias menjawab dan berulang kali mengangkat tangannya saat sesi pertanyaan secara massal atau menyeluruh. Salah satu media yang digunakan adalah real object yang ramah lingkungan dengan tema go green berupa buah-buahan. Hasil akhirnya adalah, seluruh anak usia dini dapat menepis rasa malu, ragu-ragu mereka dengan berani menjawab pertanyaan dalam bentuk ujaran maupun ungkapan-ungkapan. Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di dalam kehidupan sehari-hari.
PENDAMPINGAN DAN PRAKTEK PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO Opik Dwi Indah; Suhardi Suhardi; Muhammad Affan Ramadhana
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.45

Abstract

Media pembelajaran sangat menunjang keberhasilan sebuah proses belajar mengajar karena dapat membantu serta memudahkan siswa menangkap materi pembelajaran. Oleh sebab itu, selain materi pembelajaran, guru juga perlu dan di tuntut untuk harus mempersiapkan sebuah media sebelum mengajar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai calon pendidik dengan membakali diri mereka dari sekarang khususnya dalam mendesain dan membuat sebuah media pembelajaran yang tepat digunakan saat mengajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 1 bulan, dimana dalam pelaksanaannya terbagi dalam beberapa tahap yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap evaluasi. Target kegiatan ini adalah mahasiswa PGSD semester V pada program studi PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo khususnya yang telah mengikuti perkuliahan pada mata kuliah Media Pembelajaran. Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 47 orang. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah dapat membentuk pribadi calon pendidik yang memiliki keterampilan dan sikap serta cakap dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah dengan menguasai keterampilan tentang bagaiamana mendesain dan membuat media pembelajaran yang tepat, yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik, Sehingga, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di kota Palopo. Selain itu bagi mahasiswa, diharapkan dapat meningkatkan mutu profesi sebagai calon pendidik. Oleh sebab itu, mahasiswa PGSD khususnya semester V sebagai seorang calon guru yang telah belajar Media Pembelajaran harus mampu mengaplikasikan teori yang ada dengan mewujudkannya secara langsung berupa praktek membuat media pembelajaran.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN MIKRO ORGANISME LOKAL (MOL) BAGI MASYARAKAT DESA SALU INDUK Nurmalasari Nurmalasari; Suhaeni Suhaeni
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.46

Abstract

Desa Saluinduk merupakan salah satu desa dengan komoditi utama tanaman padi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Saluinduk, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah kelompok tani Saluinduk. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan kepada petani padi tentang cara memperoleh mikroorganisme lokal (MOL). Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini berupa workshop dan pendampingan praktik pembuatan MOL. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa petani memahami pengetahuan tentang pupuk organik cair berbahan MOL dan cara pembuatannya.
PEMBERDAYAAN REMAJA USIA SEKOLAH DALAM PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA ASINAN BUAH PASAR DI KELURAHAN DANGERAKKO KOTA PALOPO Rosmalah Yanti; Ulfah Zakiyah
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.47

Abstract

Kegiatan ini didasari oleh fakta bahwa waktu luang para remaja yang bersekolah secara daring di Kelurahan Dangerakko Kota Palopo yang cukup banyak. Berdasarkan observasi lapangan, selain mengikuti sekolah secara daring, para remaja menghabiskan waktunya dengan berjualan online, menyelesaikan pekerjaan rumah dan update status. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberi pengetahuan baru bagi para remaja dan mendorongnya untuk berwirausaha dengan produk yang dihasilkan. Kegiatan dilakukan secara bertahap di beberapa RT/RW di kelurahan Dangerakko dengan peserta yaitu remaja usia sekolah (13-19 tahun) yang bersekolah secara daring bertempat tinggal di Kelurahan Dangerakko Kota Palopo. Pelatihan yang diberikan antara lain membuat saus spesial untuk asinan, memilih aneka buah yang cocok dijadikan asinan serta menatanya menjadi asinan buah dengan berbagai tekstur yang menarik. Buah pasar yang diolah menjadi asinan antara lain salak, kedondong, timun, dan mangga. Pelatihan di setiap RT/RW di kelurahan Dangerakko memakan waktu 3 hari dan pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan sekitar 4 pekan. Jumlah peserta kegiatan di setiap RT/RW dibatasi maksimal 4 orang per kegiatan. Dari 7 kelompok peserta, sebanyak 4 orang diantaranya memasarkan produk asinan buah secara daring. Pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan asinan buah menarik animo peserta kegiatan untuk berlatih dan mengembangkan ide baru untuk berwirausaha.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM DANA DESA DI KECAMATAN MAPPAKASUNGGU SULAWESI SELATAN Ika Widiastuti; Pandu Adi Cakranegara
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.49

Abstract

Latar belakang penelitian adalah partisipasi masyarakat di Kecamatan Mappakasunggu Sulawesi Selatan dalam program dana desa belum maksimal. Hal ini disebabkan minimnya pendidikan masyarakat dan minimnya pengetahuan kesadaran masyarakat tentang program dana desa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam program dana desa. Metode yang digunakan adalah angket (kuesioner). Pengabdian dilaksanakan oleh warga desa dan tim di Kecamatan Mappakasunggu, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian adalah setelah warga desa mengikuti kegiatan penyuluhan yang dihadiri oleh para kepala desa menunjukkan bahwa partsipasi masyarakat dalam program dana desa mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui bahwa warga desa hadir dalam musyawarah desa, menyampaikan aspirasi, pertanyaan dan keluhan serta ikut melaksanakan serta mengawasi jalannya program dana desa. Program tersebut untuk menambah usaha produktif warga desa sehingga dapat membantu perekonomian dan mensejahterakan masyarakat desa di Kecamatan Mappakasunggu Sulawesi Selatan.
PERBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PEMBUATAN KERAJINAN BERBAHAN KORAN BEKAS DI KECAMATAN PANAKKUAKNG KOTA MAKASSAR Nurhidayatullah D; Abdul Wahid; Nur Afni
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.51

Abstract

Kertas koran berdasarkan jenisnya termasuk ke dalam limbah organik. Maka dapat kertas koran yang sudah tidak terpakai dapat dikatagorikan sampah organik karena terbuat dari serat-serta alamiah yang dimanfaatkan untuk mencetak surat kabar koran. Kerajinan tangan berbahan dasar koran bekas sangat mungkin diberikan kepada anak jalanan di kecamatan panakkukang sebagai suatu inovasi baru dalam bidang ekonomi. Dengan mengambil manfaat dari limbah koran tersebut anak-anak dapat berkreasi dengan berbagai macam bentuk yang dinginkan. Dalam kegiatan pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar koran ini kami menggunakan metode demontrasi dan praktek secara langsung. Hasilnya, karya yang terbuat dari Koran bekas tersebut dapat dijual dan meningkatkan perekonomian mereka. Tujuan dari program ini adalah memberikan pelatihan mengenai cara membuat kerajinan tangan berbahan dasar koran bekas guna membantu mengatasi permasalahan ekonomi. Anak jalanan di kecamatan Panakkukang rata-rata berumur 6 sampai belasan tahun, anak-anak tersebut ada yang putus sekolah bahkan ada anak yang tidak pernah merasakan bangku sekolah sama sekali. Faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu kondisi ekonomi yang sulit sehingga tidak memungkinkan untuk mereka bisa bersekolah dengan layak. Berdasarkan kegiatan pembinaan keterampilan di Kecamatan Panakukkang Makassar dalam mendaur ulang atau mengolah barang bekas minat anak jalanan menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.
PENDAMPINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MOTORIK HALUS MELALUI KERTAS KOKORU BAGI GUGUS IGTKI DAN HIMPAUDI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG SAMARINDA Fachrul Rozie; Wiwik Haryani
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.52

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan keterampilan mengajar guru dalam aktivitas belajar motorik halus terutama jenjang usia 4-6 tahun. Pemilihan bahan kertas kokoru sebagai sumber belajar alternatif yang memiliki daya visual yang menarik serta tingkat kesulitan untuk pembelajaran menggunting, menempel dan melipat. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan agar guru PAUD memiliki wawasan baru untuk memanfaatkan kertas kokoru sebagai bahan materi pembelajaran di kelas. Metode yang dilaksanakan yakni simulasi pembelajaran berbasis motorik halus melalui berbagai kegiatan seperti: (1). Menjahit, (2) Montase, (3). Kolase, (4). Mozaik, (5). Melukis, (6). Menggunakan bahan kertas kokoru. Sehingga sangat tepat sasaran bagi guru – guru PAUD dalam kegiatan program pengabdian ini untuk memperkaya wawasan dan pengalaman baru terutama bagi guru pemula. Kegiatan dilaksanakan di salah satu gugus kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda sejumlah 25 peserta selama dua hari. Peserta mendapat tugas secara kelompok untuk memperoleh hasil kemampuan yang diharapkan dalam pembelajaran motorik halus. Dengan demikian, keterampilan mengajar untuk guru PAUD dalam pembelajaran motorik halus bagi anak usia 4-6 tahun dapat dilakukan dengan memanfaatkan material kertas kokoru di berbagai aktivitas.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SOCIAL LEARNING NETWORK BERBASIS EDMODO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR Sri Satriani; Baharullah Baharullah; Sirajuddin Sirajuddin
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.53

Abstract

Pandemi Covid 19 masih melanda Sebagian besar negara diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut mengharuskan pembelajaran menggunakan pembelajaran dalam jaringan yang memudahkan proses belajar mengajar. Berbagai macam aplikasi pembelajaran dapat digunakan untuk melakukan proses pembelajaran daring salah satunya adalah Aplikasi Edmodo yang fiturnya mirip dengan facebook sehingga sangat mudah digunakan oleh pemula. Pengabdian ini memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Edmodo pada program studi Pendidikan matematika Univeritas Muhammadiyah Makassar pada kelas kalkulus. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 50 orang yang terdiri atas dua kelas.
PREPARING SUSTAINABLE SCHOOL-TEACHERS TOWARD ONLINE LEARNING THROUGH HOT POTATO QUIZ-MAKER MEDIATED INSTRUCTION: A COMMUNITY SERVICE PROGRAM Misdi Misdi; Siti Aisyah; Rina Destiana; Nurani Hartini
Jurnal Abdimas Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): Terbitan Pertama-Mei 2021
Publisher : Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53769/jai.v1i1.54

Abstract

Professional Content Knowledge of Indonesian junior high school teachers are truly challenged during the Covid-19 Pandemic. To overcome these limitations, this community program aims to empower junior high school teachers, especially at SMPN 1 Kedawung in designing online learning through the platforms of google and potato quiz makers. Workshop was designed to help overcoming the situation. Fifteen recommended teachers participated in the workshop. From the observation and questionnaire analysis, the results showed teachers’ instructional improvement in handling and designing online assessment and evaluation throughout hot potato quizzes and google-supported application.

Page 1 of 20 | Total Record : 199