cover
Contact Name
Indah Suryawati
Contact Email
propaganda@neolectura.com
Phone
+6281295499396
Journal Mail Official
propaganda@neolectura.com
Editorial Address
Graha Mampang 3rd Floor Suite 305 Mampang Prapatan Raya Kav-100 Pancoran, South Jakarta 12760
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
PROPAGANDA
Published by Neolectura
ISSN : -     EISSN : 27767337     DOI : https://doi.org/10.37010/prop
Core Subject : Education,
PROPAGANDA is a Journal of Communication Studies which is publish twice a year on January and July. PROPAGANDA is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to communication studies. It is hoped that PROPAGANDA can become a media for academics and researchers to publish their scientific work and become a reference source for the development of science and knowledge.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 8 Documents clear
Jean Baudrillard dan Pokok Pemikirannya Irmawati Oktavianingtyas; Alexander Seran; Ridzki Rinanto Sigit
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.258

Abstract

Jean Baudrillard adalah seorang filsuf Perancis dan salah satu tokoh postmodern terkemuka. Beberapa pemikiran utamanya meliputi sign-value, simulakra, dan hiperrealitas. Pemikiran ini ditulis dalam karya awal Jean Baudrillard yang diterbitkan pada 1968 hingga 1981. Sedangkan karya lainnya yang diterbitkan setelah 1981 ditulis untuk memperkuat pemikiran awalnya. Artikel ini bertujuan untuk lebih mengenal Jean Baudrillard dan pemikiran utamanya, terutama pemikirannya mengenai sign-value, simulakra, dan hiperealitas.
Komunikasi Pemasaran PT Hero Supermarket Tbk. dalam Mempromosikan Produk Baru: Studi Kasus Promosi Produk Maicih di Hero Emerald Tangera Harningsih Harningsih
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.261

Abstract

Dengan semakin meningkatnya perkembangan bisnis ritel baik berskala besar maupun kecil, dalam konsep hypermarket, supermarket, maupun minimarket di berbagai wilayah di Indonesia menimbulkan persaingan yang ketat. Dalam dunia usaha komunikasi pemasaran memegang peranan penting dalam perkembangannya, bisnis saat ini mendorong para pemasar untuk lebih kreatif dalam merancang strategi dalam komunikasi pemasaran. Sukses suatu produk, barang ataupun jasa tergantung bagaimana pelaku pasar melihat kebutuhan dan keinginan masyarakat serta komunikasi pemasaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran PT Hero Supermarket Tbk. yang digunakan dalam mempromosikan produk baru. Menggunakan pendekatan kualitatif, metode pada penelitian ini studi kasus deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan, menjelaskan, dan menjabarkan secara komprehensif mengenai strategi komunikasi pemasaran PT Hero Supermarket Tbk. dalam mempromosikan produk baru. Simpulan: Komunikasi pemasaran PT Hero Supermarket Tbk. dalam mempromosikan produk baru menggunakan bauran pemasaran secara terintegrasi. Tujuan tersebut dilakukan agar setiap peluncuran produk baru lebih cepat diketahui pelanggan, keberhasilan dari suatu program promosi untuk meningkatkan nilai penjualan dan menerima tanggapan dari masyarakat sebagai aksi dan reaksi atas promosi. Komunikasi pemasaran pun dilakukan sebagai upaya menginformasikan produk-produk baru serta meningkatkan penjualan jangka pendek menengah dan jangka panjang.
Penggambaran Keluarga Muslim dalam Serial Netflix: Elite - Season 1 Finy Fitrya Basarah
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.278

Abstract

Elite adalah serial produksi Netflix dengan genre thriller dan drama remaja. Di Elite ada keluarga muslim yang terdiri dari orang tua dan dua anaknya. Bagaimana penggambaran keluarga atau kelompok minoritas di Eropa (Spanyol) dalam serial produksi ini menarik perhatian untuk diteliti. Dengan menggunakan teori dan metode semiotika Charles Sanders Peirce, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana penggambaran keluarga Muslim dalam serial Elite dan sekaligus mengungkap makna yang tersembunyi di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur positif dan negatif yang tergambar dalam kehidupan keluarga muslim. Unsur positif seperti agama dan menaati ajaran agama, sedangkan unsur negatif seperti kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak. Di sini juga peran ayah lebih aktif daripada peran ibu, artinya laki-laki memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada perempuan. Elemen positif dan negatif yang dijelaskan dalam seri ini menunjukkan keseimbangan; bahwa hidup harus seimbang.
Radikalisme dalam Media Sosial sebagai Tantangan di Era Globalisasi Jeanie Annissa; Ricky Widyananda Putra
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.279

Abstract

This research discusses the spread of radicalism through social media as a challenge in the era of globalization. Social media as a new communication platform in the era of globalization that provides a variety of information and easy access for radical movement groups to spread understanding and shape public opinion in society. The rise of radical content through social media can be a challenge for the state to create state unity and minimize conflicts between siblings. This study uses a qualitative method with a descriptive analytical approach and uses secondary data collection techniques. The results of this study indicate that social media can be a means for spreading radicalism content and influencing mindsets and values even though it is only through private spaces. In addition, to face the challenges of globalization that arise due to the wide influence of information, there must be optimization of the role of the state, such as efforts to implement a hybrid government model and implement social control in the community in contributing to maintaining community unity.
Strategi Komunikasi Organisasi dalam Menumbuhkan Motivasi Kerja Karyawan dan Loyalitas Pelanggan pada CV Harningsih Taufan Prahra Gunadi
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.282

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam melakukan komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi merupakan serangkaian proses komunikasi yang  terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan anggota-anggota di dalamnya yang bertujuan untuk mencapai visi misi organisasi. Seperti halnya komunikasi yang dilakukan antara pimpinan dengan karyawan, atau karyawan dengan pimpinan. Bila di dalam sebuah perusahaan tersebut terdapat komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawan, maka hubungan kerja dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar sehingga segala tujuan perusahaan dapat tercapai dan dapat bertahan. Dengan demikian peranan komunikasi organisasi di CV Harningsih sangat penting dalam menunjang keberlangsungan usahanya. Metode yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dengan melakukan indept interview kepada beberapa karyawan untuk mengetahui hasil strategi komunikasi yang diterapkan pada perusahaan CV Harningsih. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa CV Harningsih telah berupaya menerapkan strategi komunikasi organisasi terhadap para karyawannya namun belum berhasil memotivasi dan menciptakan loyalitas kerja para karyawannya, hal ini dikarenakan upah kerja yang dibayarkan masih dinilai standar sehingga para karyawannya belum merasakan kepuasan di tempat kerja.
Bias Gender pada Film Korea Bergenre Drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan Strong Woman Do Bong Soon Qorry Anggraini; Hasan Sazali; Abdul Karim Batubara
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.317

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bias gender pada film bergenre drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan Strong Woman Do Bong Soon”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana film Korea bergenre drama yang berjudul Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan Strong Woman Do Bong Soon mengonstruksi hingga merepresentasi gender. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah Teori representasi, Analisis isi, dan Media. Objek penelitian adalah 16 Episode film Korea bergenre drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan 16 episode film Korea bergenre drama Strong Woman Do Bong Soon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan film Korea bergenre drama yang berjudul Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan Strong Woman Do Bong Soon merepresentasi gender dengan berbagai macam cara yang dipahami peneliti dengan ketiga teori yang digunakan serta pendekatan semiotika.
Konstruksi Program Mata Najwa Episode “Gerabak-Gerubuk Urus Pagebluk” di Trans7: Analisis Framing Robert M. Entman Jihan Salsabila
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.318

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum ada titik penyelesaiannya, sudah berbagai macam cara yang dilakukan pemerintah dalam menangani permasalahan ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini adalah Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut Binsar Panjaitan secara langsung untuk menangani kasus Covid-19 secara spesifik di provinsi prioritas. Penelitian ini memilih masalah bagaimana konstruksi pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia dalam program Mata Najwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media melalu program talk show Mata Najwa mengonstruksi upaya apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah tayangan Mata Najwa Episode “Gerabak-Gerubuk Urus Pagebluk”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis framing Robert M. Entmen, yang di dalamnya memiliki dua dimensi besar, yaitu seleksi isu, dan penonjolan aspek, serta memiliki empat elemen berupa, define problems, diagnose causes, make moral judgement dan treatment recommendation. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis framing, dapat diketahui bahwa Mata Najwa lebih menampilkan aspek tertentu seperti mengenai risiko kesehatan masyarakat yang akan terancam jika pilkada tetap terus dijalankan. Mata Najwa tidak menyetujui keputusan yang dibuat oleh Presiden karena terlihat dari sebagian besar narasumber yang hadir memberikan pernyataan bahwa jika pilkada akan tetap dilaksanakan maka akan terjadi lonjakan kasus yang tinggi, dan Mata Najwa juga lebih cenderung menampilkan dampak negatif yang akan didapat jika pilkada tetap berjalan.
FPI dalam Isu Terorisme : Analisis Ekonomi Politik Media dalam Framing Portal Online Kompas.com dan Detik.com Junaidi Junaidi; Udi Rusadi
PROPAGANDA Vol 1 No 2 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/prop.v1i2.319

Abstract

Kompas.com dan Detik.com mencoba untuk menghadapi persaingan di industri media online dalam bentuk komodifikasi berita. Komodifikasi secara singkat merupakan proses perubahan nilai guna (use value) sebuah produk, di mana nilainya tersebut ditentukan oleh seberapa besar kegunaannya dalam memenuhi individu atau sosial dalam bentuk produk-produk yang laku di pasar. Selain itu, Pemberitaan di media online dipengaruhi oleh ideologi dan ekonomi politik media yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh Kompas.com dan Detik.com. Berita tentang terorisme merupakan salah satu isu yang dijual oleh Kompas.com dan Detik.com, meskipun berbeda pengambilan sudut pandangnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan sebenarnya untuk memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang diteliti, yaitu memaparkan bagaimana komodifikasi pemberitaan FPI dengan isu terorisme pada media online Kompas.com dan Detik.com. Kompas.com dan Detik.com memanfaatkan isu terorisme sebagai informasi yang memiliki daya jual tinggi terlebih dengan memasukkan FPI di setiap beritanya bahkan beberapa menjadikannya sebagai sebuah headline. Hal tersebut ditunjukkan dari kemunculan berita mengenai kasus penangkapan teroris yang diduga sebagai anggota FPI, tidak hanya menjadi breaking news yang menyita waktu berjam-jam dalam pemberitaannya, melainkan kasus tersebut juga dapat dijual sebagai tayangan yang berisi informasi ringan yang mengacaukan perhatian masyarakat dari isu yang menegangkan menjadi isu yang layak dikonsumsi setiap hari. Terlebih menyebutkan FPI di dalamnya yang sebelumnya merupakan organisasi masyarakat yang memiliki banyak pengikut. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti perkembangan berita seputar terorisme yang membuat program berita menjadi sebuah komoditas.

Page 1 of 1 | Total Record : 8