cover
Contact Name
Santi Retno Sari
Contact Email
editor.oikonomiajurnal@gmail.com
Phone
+628122594604
Journal Mail Official
editor.oikonomiajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten, Pasar Minggu, South Jakarta, Jakarta 12520, Indonesia Phone. +62 2178833307, +62 217806700 (Hunting), Fax. +62 217802718, +62 217802719
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Oikonomia: Jurnal Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27978966     DOI : 10.47313
Core Subject : Economy, Science,
Oikonomia: Jurnal Manajemen advances both theoretical and empirical research that cover various topics in economics, business and management with the main topics includes, but not limited to: Human resource management, Financial management, Operational management, Marketing management, Strategic management, Risk management, Investment management and capital market, Quality and supply chain management, Business finance and accounting, Corporate governance, Banking, Islamic banking and finance, Managerial economics, E-business, Management control system, Management information system, International business, Business ethics and sustainability, and Entrepreneurship.
Articles 76 Documents
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN Meida Ramita Sari; Rahayu Lestari
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 1 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i1.642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanandan kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian ulangkonsumen kereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan. Sampling dilakukan denganmengunakan teknik non probability sampling, yakni accidental sampling method denganjumlah sampel sebanyak 100 responden yang terdiri dari para konsumen kereta api kelaseksekutif Argo Parahyangan di Stasiun Gambir. Data penelitian dianalisis denganmenggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi harga, kualitas pelayanan dan kualitasproduk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumenkereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan; dan (2) kepuasan konsumen berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen kereta api kelas eksekutifArgo Parahyangan.
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, AUDIT TENURE, DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN Bani Saad; Aisyah Farascahya Abdillah
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 1 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i1.645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, audittenure, dan financial distress terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaanproperty dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian yangdigunakan berasal dari periode 2014-2017. Dengan menggunakan metode purposivesampling, total observasi dalam penelitian ini adalah 142. Analisis data dilakukan denganmenggunakan regresi linear berganda yang diolah menggunakan software eviews 9. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan financial distress secara parsialberpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan, sedangkanleverage dan audit tenure secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadapintegritas laporan keuangan.
ANALISIS KEUNTUNGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA ROTI ANUGERAH DI PANCORAN MAS, KOTA DEPOK Agus Agus; Rahmad Faisal; Raliono Raliono
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 1 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i1.643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur biaya dan keuntungan pada industrirumah tangga Roti Anugerah di Pancoran Mas, Kota Depok. Data yang digunakan adalahdata primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan berpedoman pada kuesioner.Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis keuntungan dan strukturbiaya produksi dengan pendekatan jangka pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) besarnya biaya total yang dikeluarkan oleh industri rumah tangga Roti Anugerahadalah Rp772.989.250,00 per tahun dengan 93,29% di antaranya merupakan biaya variabelyang berasal dari pembelian bahan-bahan produksi, yaitu sebesar Rp721.160.000,00 dan6,71% sisanya merupakan biaya tetap yang terdiri dari biaya tenaga kerja, administrasi danpenyusutan aset, yakni sebesar Rp51.829.250,00; dan (2) besarnya keuntungan yangdiperoleh produsen Roti Anugerah adalah Rp1.852.850.750,00 per tahun.
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA MOTOR VESPA DI JAKARTA SELATAN Palguno Achmad Pamungkas; Eddy Guridno
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 1 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i1.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dangaya hidup terhadap loyalitas pengguna motor vespa di Jakarta Selatan. Penelitiandilakukan dengan menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner kepada 100responden yang dipilih berdasarkan metode accidental sampling. Metode analisis yangdigunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakansoftware SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produkdan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitaspelanggan motor vespa di Jakarta Selatan.
ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN TERBUKA SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS, DAN TRANSPORTASI PERIODE 2011-2015 Rizky Kartika; Hasanudin Hasanudin
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 1 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i1.640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, leverage, aktivitas danprofitabilitas terhadap financial distress pada perusahaan terbuka di sektor infrastruktur,utilitas, dan transportasi. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 32perusahaan sebagai sampel penelitian dengan tahun 2011-2015 digunakan sebagai periodepenelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis inferensial denganmenggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) likuiditas (CR)berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress; (2) leverage (DAR)berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress; (3) aktivitas (TATO)berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress; dan (4) profitabilitas(ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress. 
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA FINANSIAL PT ASTRA INTERNATIONAL TBK PASCA AKUISISI TERHADAP PT GENERAL ELECTRIC SERVICES Melati Melati; Devvy Faradilla Raka Siwi
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 2 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i2.749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja finansial PT Astra International Tbk sebelum dan sesudah akuisisi terhadap PT General Electric Services. Dalam hal ini, kinerja keuangan tersebut direpresentasikan oleh Current Ratio (CR), Total Assets Turnover (TATO), Return on Investment (ROI), Earning per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER). Dengan mempergunakan Wilcoxon Signed Rank Test, hasil penelitian membuktikan bahwa perusahaan mengalami peningkatan kinerja finansial dalam bentuk penurunan DER yang signifikan pasca akuisisi. Akan tetapi, ROI, EPS, TATO, dan CR juga terbukti tidak mengalami perubahan yang signifikan pasca akuisisi.
PENGARUH INFLASI, BI RATE, KURS RUPIAH, DAN HARGA EMAS DUNIA TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SEKTOR PERTAMBANGAN DI INDONESIA Riana Rismala; Elwisam Elwisam
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 2 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i2.753

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi, BI Rate, kurs rupiah, dan harga emas dunia terhadap indeks harga saham sektor pertambangan di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan data time series pada periode Januari 2009 - Desember 2015. Dengan menggunakan regresi linier berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan; (2) BI rate tidak berpengaruh signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan; (3) kurs rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan; dan (4) harga emas dunia berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT ASTRA DAIHATSU CABANG PASAR MINGGU Jason Paendong; Endri Sentosa; Sarpan Sarpan
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 15, No 2 (2019): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v15i2.751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Astra Daihatsu Cabang Pasar Minggu. Sampel yang digunakan adalah 80 karyawan PT Astra Daihatsu Cabang Pasar Minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Astra Daihatsu Cabang Pasar Minggu.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO SUNSILK PADA INDOMARET WILAYAH PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN Mega Yunita; Elwisam Elwisam
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 13, No 2 (2017): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v13i2.503

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, citramerek dan celebrity endoser terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk pada Indomaretwilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiridari 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan celebrity endorser secaraparsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk.
ANALISIS IMPLEMENTASI ISO 9001:2015 KLAUSUL OPERASI PADA DIREKTORAT PELATIHAN KOMPETENSI LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH TAHUN 2017 Indah Mutiara Garini; Moch. Rum Alim
Oikonomia: Jurnal Manajemen Vol 14, No 2 (2018): Oikonomia: Jurnal Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/oikonomia.v14i2.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi ISO 9001:2015 klausul operasipada unit kerja Direktorat Pelatihan Kompetensi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/JasaPemerintah (LKPP), menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam implementasinya danmengidentifikasi langkah pemecahan atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakandata primer dan data sekunder yang diolah dengan menggunakan Fishbone Diagram danmetode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemenelemenyang memiliki prioritas di setiap level hierarki secara berturut-turut adalahkomunikasi pelanggan, top management, peningkatan kompetensi Pengadaan Barang danJasa (PBJ), serta pendidikan dan pelatihan (diklat). Upaya untuk memenuhi kesesuaian darisetiap persyaratan yang terdapat dalam subklausul komunikasi pelanggan, penentuanpersyaratan produk dan jasa, perubahan persyaratan pada produk dan jasa, serta preservasitelah dilakukan dengan baik oleh Direktorat tersebut sejak tahun 2015, tetapiimplementasinya masih belum optimal karena masih terjadi beberapa permasalahan.Alternatif tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang timbul tersebut yaitumeningkatkan pelaksanaan diklat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitaspegawai.