cover
Contact Name
Dedy Asmaroni
Contact Email
rekayasa.unira@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rekayasa.unira@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik – Universitas Madura Jl. Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan 69317 Telp. (0324) 322231 psw 114 Fax (0324) 327418
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil
  • jurnal_rekayasa_teknik_sipil
  • Website
Published by Universitas Madura
ISSN : 25275542     EISSN : 27756017     DOI : https://doi.org/10.53712/rjrs
Core Subject : Engineering,
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, ISSN: 2527-5542 (cetak), ISSN: 2775-6017 (elektronik) adalah media publikasi karya ilmiah di bidang teknik sipil yang diterbitkan oleh Universitas Madura. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. Berbagai informasi hasil penelitian dan kajian mahasiswa dan dosen, serta akademisi bidang Teknik Sipil diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan. Cakupan Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi hasil penelitian eksperimental, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi dalam bidang Teknik Sipil. Fokus dalam Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi: Struktur Manajemen Konstruksi Transportasi Sumber daya air Geoteknik Rekayasa Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL" : 4 Documents clear
Pengembangan Penjadwalan Model Integrasi Antara Angkutan Intermoda Trans Jogja Dengan Jadwal Penerbangan di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta Mutiara Firdausi
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v1i2.184

Abstract

Bandara udara merupakan salah satu simpul transportasi yang memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan transportasi intermoda. Khususnya antara moda udara, moda jalan dan moda rel. Untuk meningkatkan pelayanan operasional suatu bandara perlu didukung oleh sarana angkutan umum yang handal dan berkualitas. Salah satu angkutan intermoda yang terdapat di Bandara Internasional Adisucipto adalah Trans Jogja. Pelayanan angkutan intermoda di Bandara Internasional Adi Sucipto tidak digunakan secara maksimal oleh penumpang angkutan udara, untuk mengatasi pemasalahan ini adalah dengan cara mengintegrasikan jadwal penerbangan dengan jadwal Trans Jogja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada penumpang angkutan udara di Bandara Internasional Adisucipto dan survei travel time Trans Jogja. Keberangkatan Trans Jogja pertama dari halte Stasiun Tugu sekitar 03.05 dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit maka kendaraan akan tiba di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sekitar jam 04.45 WIB. Sehingga dapat mengakomudir keberangkatan pesawat yang jam 05.55 WIB, 06.00 WIB, 06.25 WIB, dan 06.50 WIB, karena masih ada waktu 1 jam yang bisa dipergunakan untuk waktu check in
Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi Pada Musim Tembakau Di Kabupaten Pamekasan Kadarisman Andriyono
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v1i2.185

Abstract

Masalah tenaga kerja tidak terlepas dari aspek produktivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain oleh kondisi kerja, yang mana nilainya dapat berubah dari satu daerah dengan daerah lainnya, waktu pelaksanaan yang satu dengan waktu pelaksanaan lainnya. Di satu sisi, musim tembakau sangat berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan di Kabupaten Pamekasan. Produktivitas rata-rata tenaga kerja konstruksi di Pamekasan pada Musim Tembakau sebesar 1,89. Perbandingan dengan SNI ABK 2008 adalah 1:1,42. Faktor pengalaman, pendidikan, upah, jarak material dan ketrampilan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Pamekasan dengan Fhitung = 16,401 > Ftabel = 2,28. Faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap produktivitas tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Pamekasan adalah faktor upah tenaga kerja dan jarak material dengan koefisien terbesar yaitu 0,191 dan 0,077 dengan t hitung = 5,300 dan 2,795 > ttabel = 2,015. Strategi yang dapat digunakan dalam usaha meningkatkan produktivitas tenaga kerja konstruksi di Pamekasan adalah menaikkan tingkat upah tenaga kerja dan mengurangi jarak material terhadap konstruksi yang dikerjakan seoptimal mungkin
Analisis Kapasitas Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Metode Statis Metode Dinamis Dan Kekuatan Bahan Berdasarkan Data NSPT (Studi Kasus Pembangunan Hotel Ayola Surabaya) Mila Kusuma Wardani
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v1i2.181

Abstract

Setiap proyek konstruksi yang terpenting adalah faktor keamanan, dimana terjamin mutu strukturnya dan perencanaan pondasi. Pondasi yang digunakan untuk pembangunan Hotel Ayola Surabaya 10 lantai adalah pondasi dalam yaitu tiang pancang berdiameter 40 cm dengan kedalaman 20 m berdasarkan data Standard Penetration Test (SPT). Dari data SPT menunjukkan bahwa jenis tanah dominan adalah lempung dan sedikit variasi pasir. Perencanaan pondasi perlu dilakukan analisis daya dukung baik metode statis dan dinamis, selain itu diperlukan analisa kekuatan bahan pada tiang. Metode statis membandingkan antara metode Meyerhof dan Luciano Decourt, sedangkan metode dinamis menggunakan metode Hiley dan metode Modified ENR. Beban rencana diambil dari nilai beban maksimum hasil program bantu SAP sebesar 92 ton. Perhitungan daya dukung statis dipilih Metode Luciano Decourt dengan kapasitas daya dukung sebesar 134,71 ton, daya dukung metode dinamis dipilih metode ENR sebesar 97,068 ton. Dari analisis kekuatan bahan diperoleh kekuatan sebesar 103,62 ton yang dibandingkan terhadap daya dukung statis, dimana dari hasil tersebut mencapai kekuatan 77% daya dukung statis. Dari hasil perhitungan dan analisis diperoleh bahwa metode dinamis metode statis beban rencana. Sehingga pada perencanaan pondasi tersebut perlu penambahan mutu tiang pancang, agar tianng pancang dapat bekerja secara maksimal
Analisis Kinerja Lalu Lintas Sebelum dan Setelah Pembanguan Blitar Town Square Miftachul Huda
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v1i2.182

Abstract

Blitar Town Square merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang diperkirakan menjadi pusat aktifitas baru yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2016, sehingga perlu diketahui kinerja lalu lintas sebelum dan setelah Blitar Town Square beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas eksisting pada simpang sekitar Blitar Town Square dan kinerja lalu lintas pada simpang sekitar Blitar Town Square setelah Blitar Town Square beroperasi selama lima tahun. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Data primer pada penelitian ini adalah survei lalu lintas jam puncak harian dan survei kondisi geometrik simpang, sedangkan data sekunder pada penelitian ini adalah jaringan jalan. Analisis kinerja lalu lintas diawali dengan menghitung arus lalu lintas pada jam puncak, kapasitas simpang, dan derajat kejenuhan. Hasil analisis kinerja lalu lintas menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan (DS) simpang pada kondisi eksisting memiliki nilai < 0.750, sedangkan nilai DS pada kondisi lima tahun setelah Blitar Town Square beroperasi memiliki nilai > 0.750, yaitu pada simpang bersinyal Semeru-Kelud dari Barat ke Timur yang memiliki nilai DS 1.097

Page 1 of 1 | Total Record : 4