cover
Contact Name
Dedy Asmaroni
Contact Email
rekayasa.unira@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rekayasa.unira@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik – Universitas Madura Jl. Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan 69317 Telp. (0324) 322231 psw 114 Fax (0324) 327418
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil
  • jurnal_rekayasa_teknik_sipil
  • Website
Published by Universitas Madura
ISSN : 25275542     EISSN : 27756017     DOI : https://doi.org/10.53712/rjrs
Core Subject : Engineering,
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, ISSN: 2527-5542 (cetak), ISSN: 2775-6017 (elektronik) adalah media publikasi karya ilmiah di bidang teknik sipil yang diterbitkan oleh Universitas Madura. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. Berbagai informasi hasil penelitian dan kajian mahasiswa dan dosen, serta akademisi bidang Teknik Sipil diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan. Cakupan Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi hasil penelitian eksperimental, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi dalam bidang Teknik Sipil. Fokus dalam Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi: Struktur Manajemen Konstruksi Transportasi Sumber daya air Geoteknik Rekayasa Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021)" : 9 Documents clear
Daftar Isi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021 Daftar Isi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 No 2
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1445

Abstract

Daftar Isi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021
ANALISIS PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA STANDART KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2016 DAN SNI TAHUN 2018 PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR DJARUM DSO (DISTRICK SALES OFFICE) DI KOTA PAMEKASAN Dedy Asmaroni; Siti Wahyuni
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1450

Abstract

Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan pedoman untuk persiapan budget agar pembangunan tidak terhenti ditengah jalan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan Rencana Anggaran Biaya dengan metode Analisa Standart Kementerian PUPR dan SNI serta mengetahui perbedaan hasil perhitungan anggaran biaya dengan kedua metode analisa tersebut. Dari kedua metode tersebut didapatkan selisih anggaran biaya secara keseluruhan yaitu sebesar Rp. 95.216.537,96 Selisih harga tersebut didapat karena adanya perbedaan nilai koefisien upah, bahan material pada kedua analisis tersebut. Sedangkan untuk pemakaian harga material tetap sama menggunakan harga upah dan bahan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Pamekasan tahun 2021 . Dan komponen yang paling dominan dalam perhitungan RAB yaitu pada pekerjaan bekisting pondasi. Dan dari Harga Satuan Pekerjaan tersebut didapat nilai Jumlah Harga Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Metode Analisa  Kem. PUPR Pada Pekerjaan Bekisting Pondasi sebesar Rp.253.660,00 sedangkan untuk Jumlah Harga Rencana Anggaran Biaya Metode SNI Pada Pekerjaan Bekisting Pondasi sebesar Rp.228.825,00 dengan selisih harga sebesar Rp.253.660,00 – Rp.228.825,00 = Rp. 24.835,00. Dan secara keseluruhan untuk total jumlah harga Rencana Anggaran Biaya pada Metode SNI yaitu sebesar Rp. 3.552.542.208,22 sedangkan pada Metode Analisa Kementerian PUPR yaitu sebesar Rp. 3.647.758.746,18. Sehingga didapat kesimpulan yaitu pada Metode Analisa SNI mempunyai hasil anggaran biaya yang lebih ekonomis dibandingkan Analisa Kem. PUPR dengan selisih harga yaitu sebesar Rp.3.647.758.746,18 – Rp.3.552.542.208,00 = Rp.95.216.537,96.
ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PAGAR MENGGUNAKAN METODE TIME STUDY PADA PEMBANGUNAN KANTOR & GUDANG DJARUM DSO (Distric Sales Office) PAMEKASAN Dedy Asmaroni; Sasqia Sesaria
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1446

Abstract

Produktivitas tenaga kerja menentukan keberhasilan pelaksanaan jadwal proyek konstruksi, karena berdampak kepada kesesuaian antara perencanaan jadwal konstruksi dengan progres pekerjaan di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode time study. Metode time study adalah metode pengukuran produktivitas tenaga kerja di lapangan dengan cara menentukan standard time suatu pekerjaan. Hasil perhitungan diperoleh nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan tulangan RW3 yaitu plat pondasi, tulangan dinding beton, kolom sirip, dan tulangan kolom pagar berturut-turut adalah 2.214,92 kg/OH, 731.658,4 kg/OH, 1.441,62 kg/OH, dan 174,13 kg/OH . Sedangkan nilai produktivitas pada pekerjaan pemasangan tulangan RW5 yaitu plat pondasi, tulangan dinding beton, kolom sirip, dan tulangan kolom pagar berturut-turut adalah 2.215,7 kg/OH, 470.1145 kg/OH, 1186.72 kg/OH, dan 83.52 kg/OH. Untuk bekisting diperoleh nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan bekisting RW3 yaitu plat pondasi, tulangan dinding beton, kolom sirip, dan tulangan kolom pagar berturut-turut adalah 155,48  m2/OH, 12.72 m2/OH, 7.3065 m2/OH, dan 17.09 m2/OH. Sedangkan nilai produktivitas pada pekerjaan pemasangan bekisting RW5 yaitu plat pondasi, tulangan dinding beton, kolom sirip, dan tulangan kolom pagar berturut-turut adalah 60 m2/OH, 7.84 m2/OH, 5.46 m2/OH, dan 15.04 m2/OH. Analisa produktivitas menunjukkan bahwa letak antara material dan tempat pengerjaan, jumlah tenaga kerja, relaxation allowances, dan material yang digunakan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan struktur pagar.
Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021 Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 No 2 Desember 2021
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1451

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021
ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ANTARA BUS DAN KERETA API TRAYEK KOTA SURABAYA – KOTA YOGYAKARTA Mutiara Firdausi; Dewangga Firman Yulianto Putra
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1447

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota termasuk juga kota Surabaya. Di kota ini perkembangan ilmu teknologi, ekonomi, transportasi, serta pembangunan sangat beragam, sehingga banyak sekali perjalanan menuju ke Yogyakarta salah satunya dari Surabaya. Moda transportasi yang dapat digunakan Surabaya ke Yogyakarta yaitu bus via tol transjawa dan kereta api yang akan dilakukan kajian lebih lanjut mengenai karakteristik dan probabilitas penumpang dalam pemilihan kedua moda tersebut. Penelitian ini menggunakan atribut pengaruh berupah selisih biaya perjalanan. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner dengan metode stated preference. Permodelan dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan metode logit binomial selisih. Model yang di dapat dari regresi adalah Y = 1.500 + 0.145 X2 + 0.077 X5 + -0.055 X9 + 0.052 X10 + -0.070 X11 + 0.000001608 X14 + -0.003 X15. Hasil yang diperoleh dari karakteristik penumpang terbanyak berjenis kelamin perempuan 52%, berpendapatan perbulan < 2 juta rupiah 35%, latar belakang menggunakan moda kecepatan waktu 24%, frekuensi menggunakan moda bus 29% dan kereta api 35% lebih dari 1 tahun, biaya perjalanan Rp. 100.000 30%, dan waktu perjalanan 5 jam 30 menit 28%, memilih menggunakan moda kereta api 51% dan atribut yang paling berpengaruh adalah biaya perjalanan maka probabilitas dengan menggunakan logit binomial selisih didapatkan hasil 13,43% memilih bus dan 86,57% memilih kereta api. Sehingga untuk mencapai 50% keatas memilih bus maka moda bus harus menurunkan tarif minimal Rp. 20.000 dari kereta api
Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021 Cover Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 No 2
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1442

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021
Pengaruh Kondisi Tanah Terhadap Kerusakan Jalan Menggunakan Metode (PCI) Tirto Rahhayu Landung Sari Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang M. Sa’dillah; Andy Kristafi Arifianto; Jose A P Dos Reis A P Dos Reis
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1448

Abstract

Tanah adalah suatu himpunan mineral, bahan organik, dan endapan-endapan relatif lepas,salah satunya pada konstruksi jalan raya.tanah sebagai pondasi sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan kondisi konstruksi jalan. Kondisi ini terjadi di Jalan Tirto Rahayu Landung Sari-Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang yang merupakan obyek penelitian.Dari hasil penelitian yang dilakukan sepanjang 1000 m yang di bagi menjadi 200 m persegmen di Jalan Tirto Rahayu Landung Sari Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang,kondisi jalan mengalami kerusakan.Hal ini dilihat dari kerusakan permukaan aspal yang terkelupas,retak, dan berlubang.Nilai rata-rata Pavement Condition Index (PCI) jalan Tirto Rahayu Landung Sari Desa Mulyoagung Kecanatan Dau Kabupaten Malang yaitu 44 Cukup (Fair),jenis tanah setelah di lakukan penelitian dan lolos ayakan 200 = 35% tanah berbutir sebagian besar lanau dan lempung.hasil analisa saringan lolos ayakan 200,20,dan 10 yaitu batu pecah,kerikil,dan pasir.hasil analisa kadar air rata-rata yaitu 54,05%,hasil rata-rata nilai plastisitas yaitu 1,1 % < 10 % sehingga rata-rata tingkat plastisitas segmen rendah dengan jenis tanah Lanau.hasil nilai rata-rata CBR dan DDT menggunakan alat DCP yaitu sebesar 2,43 % < 5 % dengan nilai DDT sebesar 3,36. jalan ini perlu dimasukan dalam program pemiliharaan secara berkala dan Pemilihan perkerasan dalam menggulangi kerusakan pada jalan ini yaitu menggunakan perkerasan lentur
Dewan Redaksi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021 Dewan Redaksi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 No 2
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1443

Abstract

Dewan Redaksi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomer 2 Desember 2021
RESPON STRUKTUR MULTI DOF TERHADAP BEBAN HARMONIK PERIODIK Sartika Dewi Usman
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v6i2.1449

Abstract

Getaran sering dirasakan oleh manusia pada kehidupan sehari-hari. Suatu benda akan bergetar apabila terdapat sumber energy yang diteruskan smapai ke benda yang bersangkutan, misalnya mesin generator yang terletak diatas permukaan tanah dapat menyebabkan getaran , sehingga struktur bangunan yang terletak diatasnya ikut bergetar. Getaran-getaran tersebut merupakan beban dinamik yang mempunyai karakter dan akibat yang berbeda terhadap suatu struktur. Studi yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan strutur portal tiga lantai, yang dibebani oleh getaran mesin dengan frekuensi 1500 rpm dan berat 1060 Kg, serta beban gempa El Centro. Perhitungan normal modes menggunakan metode polinominal, dan respon struktur menggunakan metode numeric central difference. Berdasarkan perhitungan, setiap posisi mesin akan memberikan respon simpangan yang paling besar dan terjadi hampir pada detik yang sama. Secara keseluruhan dapat disimpulkan dari ketiga posisi mesin, mesin yang berada pada tingkat ke 3 memberikan respon yang paling besar, diikuti oleh tingkat pertama dan yang memberikan respon yang paling kecil adalah posisi mesin yang berada pada tingkat ke 2

Page 1 of 1 | Total Record : 9