cover
Contact Name
Dedy Asmaroni
Contact Email
rekayasa.unira@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rekayasa.unira@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik – Universitas Madura Jl. Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan 69317 Telp. (0324) 322231 psw 114 Fax (0324) 327418
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil
  • jurnal_rekayasa_teknik_sipil
  • Website
Published by Universitas Madura
ISSN : 25275542     EISSN : 27756017     DOI : https://doi.org/10.53712/rjrs
Core Subject : Engineering,
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, ISSN: 2527-5542 (cetak), ISSN: 2775-6017 (elektronik) adalah media publikasi karya ilmiah di bidang teknik sipil yang diterbitkan oleh Universitas Madura. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. Berbagai informasi hasil penelitian dan kajian mahasiswa dan dosen, serta akademisi bidang Teknik Sipil diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan. Cakupan Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi hasil penelitian eksperimental, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi dalam bidang Teknik Sipil. Fokus dalam Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi: Struktur Manajemen Konstruksi Transportasi Sumber daya air Geoteknik Rekayasa Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022" : 9 Documents clear
EVALUASI WASTE PADA PROYEK PEMBANGUNAN SEKOLAH DENGAN METODE FISHBONE Felicia T. Nuciferani; Nurisaq Firmansyah
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1555

Abstract

Pada setiap proyek konstruksi selalu dijumpai waste. Waste atau yang sering disebut sisa material salah satunya disebabkan proses fabrikasi yang tidak tepat sehingga membuat proses fabrikasi berlebih dan dapat juga berdampak pada pengerjaan pengulangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui material yang berpotensi menjadi waste beserta kuantitas waste dan mengidentifikasi penyebab waste menggunakan metode fishbone diagram guna meminimalkan waste yang akan terjadi. Dari hasil analisis pareto maka material yang berpotensi menjadi waste yaitu besi D22, D19 dan Ø8. Faktor penyebab terjadinya waste material pada pembangunan sekolah adalah man dan management sehingga langkah perbaikan yang diperlukan pengawasan saat pelaksanaan pekerjaan disertai rotasi pekerja untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan.
Cover Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022 Cover Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1561

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
DAMPAK PENAMBAHAN LIMBAH SERBUK BESI SEBAGAI PENGGANTI BEBERAPA AGREGAT HALUS TERHADAP STABILITAS CAMPURAN ASPAL DENGAN METODE MARSHALL TEST Nadya Shafira Salsabilla; Hasbi Firmansyah; M. Cipto Sugiono
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1556

Abstract

Kekuatan suatu perkerasan jalan ditentukan oleh daya dukung tanah, jenis aspal dan agregat-agregat yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan perkerasan jalan. Namun, sejalan dengan kemajuan bahan teknologi telah banyak dikembangkan penelitian tentang pemanfaatan limbah sebagai bahan perkerasan jalan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan bahan yang digunakan yaitu limbah serbuk besi sebagai pengganti sejumlah agregat halus dengan kadar 5%, 10% , dan 15%. Limbah serbuk besi merupakan salah satu bagian dari hasil sisa pemotongan besi yang berfungsi sebagai bahan pengisi rongga-rongg dari suatu campuran aspal panas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai uji Marshall dan nilai stabilitas pada campuran aspal panas dengan menggunakan limbah serbuk besi sebagai pengganti sejumlah agregat halus sebanyak 5%, 10%, dan 15%.  Hasil penelitian nilai uji marshall pada campuran aspal panas dengan menggunakan limbah serbuk besi sebagai pennganti agregat halus pada kadar 5%, 10%, dan 15% dapat memdampaki nilai karakteristik marshall yaitu meliputi nilai kepadatan (density), VIM, VMA, VFA, Nilai Stabilitas, Flow, Marshall Quotient (MQ), dapat menghasilkan bahwa dalam penambahan limbah serbuk dengan kadar 5% memiliki hasil sebesar 992,64 kg, pada kadar 10% sebesar 1058,13kg dan untuk kadar 15% memiliki nilai sebesar 882,35 kg.
Dewan Redaksi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022 Dewan Redaksi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1551

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK AGREGAT DARI SUNGAI BONE DAN SUNGAI BOLANGO TERHADAP PROPORSI CAMPURAN BETON Sartika Dewi Usman
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1557

Abstract

Lokasi pengambilan agregat yang banyak digunakan dalam pembangunan engineering maupunnon-engineering untuk Daerah Gorontalo diantaranya Sungai Bone dan Sungai Bolango. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik agregat dari Sungai Bone dan Sungai Bolango, mengetahui perbandingan proporsi campuran dari sumber material sungai Bone dan sungai Bolango dengan menggunakan SNI 03-2834- 2000Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normalserta mengetahui nilai kuat tekan beton dengan sumber material sungai Bone dan sungai Bolango.Hasil pengujian terlihat perbedaan karakteristik agragat dari kedua sumber yaitu kadar lumpur, kadar air, berat isi, absorbs, berat jenis, modulus kekerasan dan modulus kehalusan. Berdasarkan karakteristik tersebut didapat nilai perbandingan/proporsi campuran keriki, pasir dan air dalam berat untuk Sungai Bone yaitu 5,12 : 1,53 :0,53 :1 sedangkan untuk Sungai Bolango yaitu 3,89 : 2,56 : 0,5 : 1. Hasil pengujian kuat tekan beton untuk material yang berasal dari Sungai Bolango mendapatkan nilai kuat tekan diatas dari kuat tekan rencana yaitu 18 MPa, kuat tekan yang dihasilkan adalah 19,87 M.Pa dan 20,93 MPa. Sedangkan untuk material dari Sungai Bone menghasilkan nilai kuat tekan sesuai dengan rencana yaitu 18 MPa.
Daftar Isi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022 Daftar Isi Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1552

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Pengaruh Penambahan Limbah Karet Ban Sebagai Substitusi Sebagian Kadar Aspal Terhadap Stabilitas AC-BC Dengan Metode Marshall Test Weimintoro .; Ahmad Ruli Khoirul Azmi; Ahmad Farid; Nadya Shafira Salsabila
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1558

Abstract

Perkerasan jalan di Indonesia pada saat ini umumnya menggunakan jenis perkerasan kaku dan perkerasan fleksibel. Dalam beberapa kasus yang terjadi, banyak konstruksi jalan yang mengalami masa kerusakan dalam masa pelayanan yang tertentu, padahal tujuan akhir adalah tersedianya jalan dengan standar baik sesuai dengan fungsinya. Untuk mencapai tujuan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan umur pelayanan adalah dengan meningkatkan fungsi aspal sebagai bahan pengikat dengan menggunakan tambahan atau aditif. Dalam hal ini dilakukan percobaan dengan menggunakan limbah karet ban yang tidak terpakai lagi. Salah satu solusi untuk mengatasi limbah adalah dengan cara mendaur ulang limbah. Pemilihan limbah karet ban pada penelitian ini adalah sebagai bahan campuran lapisan aspal panas, karena limbah karet ban mengandung zat pengikat yang bisa mengikat partikel. Pada penelitian ini diharapkan dengan menambahkan limbah karet ban untuk konstruksi perkerasan jalan dapat memberikan banyak keuntungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan bahan tambah limbah karet ban dengan variasi yang berbeda, yaitu 3%, 5% dan 7%. Karet ban yang digunakan adalah ban dalam sepeda motor yang dipotong menjadi kecil, rata-rata 1,5 mm. masing-masing variasi dibuat 3 benda uji dengan jumlah benda uji total 9 benda uji. Pembuatan benda uji menggunakan campuran AC-BC kemudian diuji menggunakan metode marshall untuk mendapatkan nilai kepadatan (density), VIM, VMA, VFA, kelelehan (flow), stabilitas dan MQ (Marshall Quotient). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penambahan kadar limbah karet ban mempengaruhi nilai karakteristik aspal pada pengujian marshall. Semakin bertambahnya kadar limbah karet ban, maka akan meningkatkan nilai VIM, VMA, stabilitas dan juga MQ. Sedangkan nilai kepadatan, VFA dan kelelehan (flow) semakin menurun.
STUDI PENGARUH STRUKTUR BAWAH PADA FLYOVER JLLB SURABAYA TERHADAP PENGGUNAAN PRECAST CONCRETE-I GIRDER DAN PRECAST CONCRETE-U GIRDER Jaka Propika; Yanisfa Septiarsilia; Siti Choiriyah
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1554

Abstract

Volume kendaraan bermotor pada kota-kota besar, khususnya di Surabaya, semakin lama semakin meningkat yang akhirnya berdampak terhadap kemacetan lalu-lintas. Dalam mengatasi pertambahan volume kendaraan terutama di Surabaya bagian barat, pemerintah setempat membangun flyover Jalan Lingkar Luar Barat guna memberi solusi terhadap kemacetan di Surabaya. Pada penelitian ini diharapkan bisa mengetahui perbandingan penggunaan PC-I girder dengan PC-U girder. pada flyover JLLB Metode yang digunakan untuk perhitungan balok prategang adalah fully prestressed atau prategang penuh. Pada penelitian ini, perbandingan penggunaan PC-I girder dengan PC-U girder pada flyover JLLB yang dimana ditinjaui dari segi perilaku, reaksi dan juga dampak terhadap struktur jembatan secara keseluruhan dari sebuah struktur tersebut. Dalam Analisa perhitungan struktur menggunakan bantuan software SAP 2000 V.14.2.5. Berdasarkan hasil analisis perhitungan yang telah dilakukan terdapat perbedaan. 
Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022 Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 No 1 Juni 2022
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2022): Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v7i1.1560

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Volume 7 Nomer 1 Juni 2022

Page 1 of 1 | Total Record : 9