cover
Contact Name
Usman Jayadi
Contact Email
berajahonline@gmail.com
Phone
+6281238426727
Journal Mail Official
berajahonline@gmail.com
Editorial Address
Jl. Melati VIII BTN Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Berajah Journal
ISSN : 27971805     EISSN : 27971082     DOI : https://doi.org/10.47353/bj
BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan untuk semua jenjang, Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan non formal, Pendidikan pedesaan, Pendidikan perkotaan, Kurikulum pendidikan dan pembelajaran, Pendidik dan siswa, Kebijakan pendidikan dan pembelajaran, Metode dan strategi pembelajaran, Penilaian pembelajaran, sosial budaya, dll.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)" : 7 Documents clear
MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL FALAH BANJARBARU DI MASA PANDEMI COVID-19 Riinawati R
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.7

Abstract

Saat ini, perbincangan mengenai Covid-19 masih terus menghangat di tengah masyarakat. Pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 memberikan dampak pada berbagai sektor kehidupan. Berbagai sektor dituntut untuk melakukan adaptasi dengan datanganya pandemi tersebut sebagai upaya bertahan. Salah satu sektor yang terdampak yaitu lembaga pendidikan pesantren. Pesantren ialah sebuah bangku pendidikan dimana menonjolkan sisi pendidikan agama dalam keseharian. Pesantren memiliki kekhasan dan karakteristik tersendiri pada sistem pendidikan yang digunakan. Pada masa pandemi ini, pondok pesantren Al-Falah Banjarbaru sebagai tempat berkumpul para santri dari berbagai daerah juga dituntut untuk beradaptasi dengan adanya pandemi. Kebijakan-kebijakan terus dirundingkan sebagai bentuk pertahanan di masa pandemi ini. Manajemen pada pondok pesantren Al-Falah Banjarbaru seperti pengelolaan dan sistem belajar juga harus diubah dengan inovasi dan kreativitas baru yang dikembangkan untuk keselamatan dan kebaikan pada saat ini. Munculnya pandemi tentunya menimbulkan banyak problematika seperti terbatasnya ruang dan melemahnya kegiatan pembelajaran yang efektif. Pesantren pun menerapkan manajemen yang cukup berbeda dari sebelumnya seperti peralihan proses belajar mengajar menjadi daring ataupun membatasi kegiatan yang menyebabkan kerumuman. Walau bagaimanapun, kegiatan dan aktivitas dalam pondok pesantren harus tetap berjalan stabil dengan berbagai pertimbangan untuk kebaikan bersama.
HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN KARANG MEKAR 4 BANJARMASIN Riinawati R
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.8

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan konsentrasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan deskripsi korelasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin dengan siswa-siswi SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini yang dijadikan objek penelitian adalah Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada masa Pandemi Covid-19 Di SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel penelitian ini ditetapkan di kelas III di SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin, Kelas III dengan jumlah 32 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi belajar sangat berhubungan erat terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Karang Mekar 4 Banjarmasin, terbukti dengan siswa yang berkonsentrasi belajarnya cukup baik prestasi belajarnyanya lebih baik.
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA NEW NORMAL Ahmad Almafahir
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.11

Abstract

The government has issued regulations regarding efforts to prevent the spread of the Covid-19 pandemic in Indonesia. One of them is by imposing new normal behaviour or new normal. The education sector is one of the areas affected, including guidance and counseling services. This study aims to determine the effective services in counseling guidance in the new normal period. This research uses the type of library research or library research. The technique for collecting data is through the study of various reference sources related to the article's theme. The study results show that several madrasah counseling guidance services can be applied in the new normal period, including home visit services, direct meeting programs, cyber counseling and counseling cinema.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PRESTASI KERJA GURU DENGAN KEMAJUAN MADRASAH ALIYAH NEGERI SE KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH Yusran Y
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kepemimpinan Kepala Madrasah dengan kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (2) hubungan antara prestasi kerja guru dengan kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan (3). hubungan antara kepemimpinan Kepala Madrasah dan prestasi kerja guru secara bersama dengan kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasional. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 45 orang sampel penelitian yang terdiri dari kepala madrasah dan guru Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi dengan bantuan Program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) Statitics versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kemajuan madrasah sebesar 99,3%, sedangkan korelasi partial antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kemajuan madrasah sebesar 68%, dan kepemimpinan kepala madrasah akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 91,7%; (2) Ada hubungan yang signifikan antara prestasi kerja guru dengan kemajuan madrasah sebesar 98,8%, sedangkan korelasi partial antara prestasi kerja guru dengan kemajuan madrasah sebesar 85,1%, dan prestasi kerja guru akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 97,7%; serta (3) Ada hubungan yang signifikan secara bersama antara kepemimpinan kepala madrasah dan prestasi kerja guru dengan kemajuan madrasah sebesar 98,8%, kepemimpinan kepala madrasah dan prestasi kerja guru akan memberikan kontribusi secara bersama terhadap kemajuan Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 97,7%, sedangkan persamaan garis regresinya adalah: Y = 59,301 + 0,154 X1 + 0,571 X2.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI MAN 1 LOMBOK BARAT Abdul Aziz Faradi
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran peserta didik dan memperbaiki proses belajar mengajar guru. Selain itu penelitian ini dilakukan dalam rangka membantu guru untuk 1) merencanakan pembelajaran; 2) menyajikan materi pembelajaran; 3) mengevaluasi pembelajaran; dan 4) mengelola kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun Indikator dalam menentukan tingkat profesionalitas guru meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen supervisi akademik, metode wawancara dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru secara rata-rata dalam kategori Baik, dengan nilai rata-rata 78,5 Dengan rincian nilai untuk 23 orang guru dalam rentang nilai 70– 84 atau dalam kategori B, sedangkan seorang guru memperoleh nilai 67,5 atau dalam kategori Cukup. Secara umum, guru masih perlu meningkatkan inovasi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, penguasaan IT, dan kemampuan dalam mengelola kelas.
PROFIL NABI MUHAMMAD SAW DAN NILAI-NILAI PENDIDIKANNYA Nurkholis Kurniawan; Rohmat R
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.14

Abstract

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang diutus oleh Alloh SWT untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Beliau adalah seorang nabi sekaligus rasul yang telah membebaskan kita (umat manusia/Islam) dari masa “kegelapan”. Banyak sekali keteladanan yang nabi berikan kepada kita terutama dalam masalah pendidikan. Apalagi pendidikan zaman sekarang yang semakin modern agar tetap seimbang dan tetap pada jalan yang lurus maka dibutuhkan sosok teladan yang ideal untuk dijadikan panutan. Terutama pada pendidikan karakter anak-anak sekarang yang sudah mulai berkiblat kekiri. Terlena akan canggihnya teknologi sehingga lalai akan keuletan dalam mengasah potensi diri.
IMPLEMENTASI PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MI MUHAMMADIYAH PK KARTASURA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Angga Eka Yuda Wibawa
Berajah Journal Vol. 1 No. 2 (2021): (Juni - Agustus 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan berbagai platform digital sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah PK Kartasura. Penelitian ini merupakan bagian penting atas adanya perubahan proses kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring/online dengan bantuan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kajian pustaka. Data penelitian yang dikumpulkan berupa data studi literatur. Sumber data yang digunakan diambil dari berbagai referensi yang relevan dengan penelitian seperti buku, jurnal penelitian, dan manual book atau buku panduan penggunaan beberapa platform digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu mengkaji informasi utama yang dibahas dalam referensi, mengaitkan dengan setiap topik yang dibahas, kemudian pemetaan konsep dalam bentuk perbandingan dari setiap data penelitian. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberi kontribusi dalam memudahkan sekolah, guru, dan siswa memanfaatkan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran selama covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 7