cover
Contact Name
Usman Jayadi
Contact Email
berajahonline@gmail.com
Phone
+6281238426727
Journal Mail Official
berajahonline@gmail.com
Editorial Address
Jl. Melati VIII BTN Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Berajah Journal
ISSN : 27971805     EISSN : 27971082     DOI : https://doi.org/10.47353/bj
BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan untuk semua jenjang, Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan non formal, Pendidikan pedesaan, Pendidikan perkotaan, Kurikulum pendidikan dan pembelajaran, Pendidik dan siswa, Kebijakan pendidikan dan pembelajaran, Metode dan strategi pembelajaran, Penilaian pembelajaran, sosial budaya, dll.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)" : 13 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SELAMA LEARNING FROM HOME DI SEKOLAH DASAR Nadya Huda
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.29

Abstract

Di masa pandemi covid-19 sekarang ini, kebijakan pemerintah dalam menerapakan social distancing bagi seluruh mayarakat menyebabkan segala kegiatan di luar rumah di kurangi dan pekerjaan dilakukan dari rumah (Work From Home). Tentu hal ini membuat waktu bersama keluarga di rumah menjadi lebih banyak dan wajib dimanfaatkan dengan baik. Dari kaca mata pendidikan, dimasa pandemi seperti sekarang ini adalah kesempatan baik untuk orang tua terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran anaknya. Peran orang tua dalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang melibatkan orang tua dalam proses pembelajarannya diharapakan mampu menekankan pembentukan nilai-nilai karakter bagi siswa. Pengukuran terhadap pengembangan nilai-nilai karakter anak selama pandemi Covid-19 dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data penelitian. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner diperoleh data lima nilai-nilai karakter yang dominan dikembangkan selama pandemi covid-19 yaitu nilai karakter religius, nilai karakter disiplin, nilai karakter kreatif, nilai karakter mandiri, dan nilai karakter tanggung jawab.
IMPROVING MANAGEMENT OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION (PAUD) THROUGH IDENTIFICATION OF INSTITUTIONAL PROBLEMS Hasni Noor; Riinawati R
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.30

Abstract

The success of managing early childhood education institutions depends on aspects of curriculum management, infrastructure, marketing, students, supervisors, and educators. One of the most important steps in the management of educators is because this management determines how educators provide facilities to develop the skills possessed by children so that they can achieve the desired educational goals. This study aims to improve PAUD management (early childhood education) by identifying system problems. This study uses a qualitative and descriptive research model. The research sample is the Professor of the Integrated Islamic Ukhuwah PAUD Banjarmasin. The results showed that the observations, attention, communication and personality of teachers and children had been carried out well. Teachers often consult children's questions which show that the Ukhuwah Banjarmasin Integrated Islamic PAUD teachers on average have carried out their duties well.
IMPROVING STUDENTS’ ABILITY TO WRITE ENGLISH DISCOURSE BY MASTERING ITS GLOSSARY IN GRADE XI.MIPA 1 SMAN 1 CIGUGUR Mohamad Muhtar
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.31

Abstract

The study aims to determine the extent to which students' ability to write English discourse is increased through mastery of the glossary. Glossary mastery is mastery of vocabularies or terms used in the material to be studied. This is one way for the author to make it easier for students to write an English discourse. This is carried out in hybrid learning during the Covid-19 pandemic. This study uses a classroom action research method with a quantitative approach to 32 students of Class XI.MIPA1 SMAN 1 Cigugur which is carried out in 2 cycles in the odd semester of the 2021-2022 academic year. The results showed that 89% of students were able to write English discourse well. In addition, there was an increase in their writing ability by 27% from their previous ability.
PENGARUH SEKOLAH BUDDHIS TERHADAP PERKEMBANGAN SDM MASYARAKAT BUDDHIS DI KOTA BANJARMASIN Andriyanto A
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.32

Abstract

Dari segi pandangan individu pendidikan berarti upaya pengebangan potensi-potensi yang dimiliki individu yang masih terpendam agar dapat teraktualisasikan secara komplit, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh individu tersebut dan juga masyarakat.  Orang tua selain di sekolah formal memiliki peranan yang sangat strategis dalam mencapai tujuan kemajuan sumberdaya manusia Buddhis. Perkembangan sumberdaya manusia tidak hanya berada dalam sekolah formal, tetapi orang tua memiliki peranan sentral dalam melibatkan anak-anaknya untuk bersekolah di sekolah Bercirikan Buddhis. Selain itu, membiasakan dan memberikan tealadan kepada anak tentang nilai-nilai religious dala kehidupan sehari-hari, seperti beribadah sesuai anjuran agama Buddha. Pengimplementasian nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten dan berkesinambungan akan membentuk sebuah kebiasaan. Pembiasaan adalah sebuah cara yang dilakukan untuk membiasakan anak agar berfikir, bersikap, dan bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran agama. Pembiasaan ini nantinya akan mendorong anak untuk bersemangat dalam belajar di sekolah bercirikan Buddhis.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE STEM PADA PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS DI KELAS XII.MIPA1 SMAN 1 CIGUGUR Didi Sunardi
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.33

Abstract

The purpose of this study was to improve student learning outcomes in the subject matter of Redox Reaction by using the STEM method in class XII.MIPA1 of SMAN 1 Cigugur, Kuningan Regency. The STEM method is an applied learning method that combines knowledge and skills so that students easily understand learning well and obtain the expected learning outcomes. This research uses Classroom Action Research (CAR) with Kurt Lewin's model in 2 cycles. This research was conducted in class XII.MIPA1 SMAN 1 Cigugur which has 30 students. Data collection techniques used are observation, questionnaires, and tests. Furthermore, the data from the observations and questionnaires were processed using a qualitative approach, while the test data were processed using a quantitative approach. The results showed that the activities of students and teachers were included in the very good category. Student response to learning is very positive. Then student learning outcomes increased from an average value of 65 to 87 with the number of students who met the KKM more than 90%.
ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI PASAR BARU 1 KOTA TANGERANG Vivi Dian Pratiwi; Enawar Enawar; Dilla Fadhillah; Sumiyani Sumiyani
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.34

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa, dimana keterampilan berbicara sangat penting dan berhubungan erat dalam pembelajaran untuk melakukan suatu komunikasi, untuk mengungkapkan ide, pikiran, gagasan serta isi hati dengan baik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan berbicara melalui penggunaan buku cerita bergambar pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara melalui penggunaan buku cerita bergambar pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 20 siswa pada kelas III dan guru kelas III. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes, Wawancara Guru kelas III, Observasi Guru kelas III, Observasi Siswa kelas III, dokumentasi dan Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melalui penggunaan buku cerita bergambar sudah cukup baik, pada 7 aspek yang dinilai yaitu: kesesuaian isi cerita, ketepatan penunjukkan detil cerita, ketepatan logika cerita, ketepatan makna keseluruhan cerita, ketepatan kata, ketepatan kalimat, kelancaran, dari 20 siswa terdapat 8 siswa yang belum memenuhi aspek keterampilan berbicara melalui buku cerita.
ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI KUTABUMI 1 KABUPATEN TANGERANG Khoirunisa Andini Putri; Enawar Enawar; Dilla Fadhillah; Sumiyani Sumiyani
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.35

Abstract

Keterampilan berbicara dapat dipraktikkan oleh semua orang. Berbicara yang terampil dapat menghipnotis pendengarnya hanya sebagian orang mampu melakukan itu. Keterampilan mereproduksi arus sistem bunyi artikulasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain. Kelengkapan alat ucap seseorang merupakan persyaratan alamiah mengatakan bahwa keterampilan berbicara terasa sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui cerita berdasarkan gambar siswa kelas V SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui cerita berdasarkan gambar kelas V di SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 22 siswa pada kelas V dan guru kelas V. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes, Wawancara Guru kelas V, Observasi Guru kelas V, Observasi Siswa kelas V, dokumentasi dan Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan berbicara terdiri dari dua faktor, faktor kebahasaan dan faktor non kebahasaan. Faktor kebahasaan terdiri dari : ketepatan ucapan, penempatan tekanan, nada dan durasi yang sesuai, pilihan kata (Diksi), ketepatan sasaran pembicaraan. Sedangkan faktor nonkebahasaan terdiri sikap pembicara, pandangan mata, keterbukaan, gerak-gerik dan mimik yang tepat, kenyaringan suara, kelancaran, penguasaan topik, 2) keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa data presentase hasil observasi adalah 40%. Dilihat pada 6 aspek yaitu: kesesuaian dengan gambar, ketepatan logika urutan cerita, ketepatan makna keseluruhan cerita, ketepatan kata, ketepatan kalimat, dan kelancaran.
ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA DENGAN METODE GUIDE WRITING KELAS III SDN KARANG TENGAH 2 KOTA TANGERANG Aulia Eka Saputri; Yeni Nuraeni; Dilla Fadhillah
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.36

Abstract

Keterampilan menulis cerita dengan Guide Writing, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa dengan metode Guide Writing di kelas III Sekolah Dasar dengan adanya tujuan ini dapat mengetahui tercapainnya tujuan pada penelitian ini. Metode penelitian ini digunakan metode kualitatif, yang di dapatkan dengan mendeskripsikan hasil dari penelitian pada siswa kelas III. Subjek yang digunakan untuk penelitian yaitu siswa kelas III di SD tersebut. Teknik pengumpulan data pada peenlitian ini digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Maka hal ini peneliti menperoleh informasi dan hasil penelitian terhadap keterampilan menulis siswa dengan metode Guide Writing. Yang dimana sudah cukup baik dalam keterampilan menulis pada siswa kelas III, dan sudah cukup baik terhadap penilaian tentang menulis dengan metode tersebut, dengan point Mengenalkan jenis teks dengan memberi model paragraf, memahami isi teks dengan pertanyaan pemahaman, berlatih menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang benar dengan latihan berbasis bahasa, menghasilkan gagasan dan merevisi kesalahan siswa dengan komposisi lisan dan, mengembangkann gagasan dan berlatih menulis nyata dengan komposisi tertulis. Hanya saja ada beberapa siswa yang mendapatkan penilaian di bawah rata-rata pada proses pembelajaran hingga penilaian pada menulis cerita. Maka dengan adanya pembelajaran dapat menambah peningkatan pada proses pembelajaran menulis cerita yang proses pembelajarannya terbimbing. Pada peningkatan point penilaian pertama mencapai 41,7%, pada point penilaian kedua mencapai 66,7%, pada point penilaian ketiga mencapai 58,3%, pada point penilaian keempat mencapai 33,3% pada point penilaian terakhir yaitu yang ke lima mencapai 62,5%. Maka pada peningkatan ini belum begitu baik yang dilakukan oleh siswa kelas III sekolah dasar dalam membuat cerita dengan metode Guide Writing.
PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN SUMBER DAYA GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs SE-KABUPATEN BANJARMASIN Tamjidnor Tamjidnor
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.37

Abstract

Kecenderungan atau gejala sosial baru yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini yang berimplikasi pada tuntutan dan harapan model pendidikan masa depan. Kenyataan di lapangan memperlihatkan profesional guru masih belum memadai. Hal ini yang menjadi salah satu faktor rendahnya prestasi beljar. Tulisan ini menggambarkan Pengaruh Manajemen Pendidikan Islam dan Sumber Daya Guru Aqidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Aqidah Akhlak dan Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se- Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data mengenai manajemen pendidikan Islam dan sumber daya guru aqidah akhlakl dilakukan melalui penyebaran angket. Data terkumpul melalui angket dari 81 responden sebagai sampel total dari 69 Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se- Kota Banjarmasin. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran di ambil dari nilai laport kemudian dirata-ratakan per sekolah. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 17 for wimdows. Berdasarkan analisis hasil penelitian atas dapat ditarik kesimpulan yaitu Manajemen Pendidikan Islam dan sumber daya guru aqidah akhlak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, artinya semakin baik manajemen pendidikan islam dan sumber daya guru aqidah akhlak cenderung semakin tinggi tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Sehubungan dengan hasil penelitian di atas, disampaikan saran-saran (1). diperlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen pendidikan Islam sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga siswa terhindar dari terjadinya degradasi moral. (2). perlu adanya upaya-upaya peningkatan sumber daya guru Aqidah Akhlak melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi guru, karena sumber daya yang dimiliki guru berpengaruh terhadap rendah tingginya mutu pendidikan. (3). Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan cakupan materi yang lebih luas, pengembangan variabel-variabel penelitian dan pengkajian yang lebih dalam.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN KAMPUNG MELAYU 4 KABUPATEN TANGERANG Hesti Wahyuni; Sa’odah Sa’odah; Septy Nurfadhillah
Berajah Journal Vol. 1 No. 3 (2021): (September - November 2021)
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v1i3.38

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Implementasi mata pelajaran IPS terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan siswa kelas VA di SDN Kampung Melayu 4 Kabupaten Tangerang. tujuan penelitian ini adalah untuk mendskripsikan karakter peduli lingkungan siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas VA SDN Kampung Melayu 4 Kabupaten Tangerang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian yang di pakai adalah jenis metode penelitian analisis deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS siswa kelas VA sudah diterapkan dengan baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 13