cover
Contact Name
Usman Jayadi
Contact Email
berajahonline@gmail.com
Phone
+6281238426727
Journal Mail Official
berajahonline@gmail.com
Editorial Address
Jl. Melati VIII BTN Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Berajah Journal
ISSN : 27971805     EISSN : 27971082     DOI : https://doi.org/10.47353/bj
BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan untuk semua jenjang, Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan non formal, Pendidikan pedesaan, Pendidikan perkotaan, Kurikulum pendidikan dan pembelajaran, Pendidik dan siswa, Kebijakan pendidikan dan pembelajaran, Metode dan strategi pembelajaran, Penilaian pembelajaran, sosial budaya, dll.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei" : 20 Documents clear
MEMAKSIMALKAN FITUR PADA APLIKASI POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MURID SEKOLAH DASAR Farah Salsabila
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.80

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Teknologi memiliki peranan besar dalam kehidupan sejak pandemi Covid-19 tersebar di Indonesia. Lembaga pendidikan Indonesia banyak yang tidak dapat beroperasi dengan baik dan ini menjadi permasalahan baru yang harus di hadapi oleh para tenaga ajar di berbagai lembaga pendidikan. Tenaga ajar atau guru harus menciptakan atau mencari metode pembelajaran yang menarik agar murid tidak jenuh dalam menyerap ilmu atau dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaranpun dilaksanakan secara online dengan disediakannya berbagai fitur pada Microsoft Office Power Point, tenaga ajar mampu memaksimalkan tiap-tiap fitur dan elemen untuk membangun suasana pembelajaran yang menarik untuk anak-anak. Pada Microsoft Office Power Point terdapat fitur penambahan audio, penambahan elemen visual, memakai elemen-elemen karakter yang berhubungan dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaksimalan penggunaan fitur Microsoft Office Power Point dalam proses pembelajaran Bahasa Arab yang ditujukan kepada murid sekolah dasar dengan rentang usia 6 s.d 9 tahun.
PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN NURUL JANNAH Rizka Andini Rachmawati; Husin Husin
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas III yang tinggal di Panti Asuhan Nurul Jannah, Duren Sawit, Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa madrasah ibtidayiyyah kelas III yang berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data menggunakan tenik dokumentasi, observsi, angket dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini memanfaatkan media platform YouTube dengan fokus pembelajaran lagu Li Yadani. Pada dasarnya anak-anak senang mendengarkan, bernyanyi, dan belajar dengan menggunakan lagu. Oleh karena itu, lagu secara umum merupakan bagian penting dari proses belajar-mengajar bagi siswa muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa madrasah ibtidaiyyah senang belajar bahasa Arab dengan bernyanyi dan lebih mudah mengingat kosakata yang diajarkan oleh pengajar. 4 dari 5 siswa mampu menghafal kosakata dari lagu li yadani setelah tiga kali bernyanyi bersama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik menyanyi mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab anak usia muda khususnya bagi siswa madrasah ibtidaiyyah di Panti Asuhan Nurul Jannah.
PENGARUH GAYA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Ai Solihah; Dedy Yusuf Aditya; Asep Saefullah Kamali
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.82

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep Matematika Siswa. 2) Pengaruh kemandirian belajar belajar terhadap pemahaman konsep Matematika Siswa. 3) Pengaruh interaksi gaya belajar dan kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep Matematika Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey Expose Facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 siswa dari SMA di Jakarta. Hasil penelitian menyimpulkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap pemahaman konsep Matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,009 < 0,05 dan Fhitung = 5,110. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep Matematika Siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,004 < 0,05 dan Fhitung = 9,119. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap penguasaan konsep Matematika Siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,402 > 0,05 dan Fhitung = 0,927.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA SENI KRIYA MEMBENTUK BERBAHAN PVC DENGAN TEKNIK SAMBUNG DAN PAHAT DI KELAS XI.IPS2 SMAN 1 CIGUGUR Yayat Sudrajat
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.83

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI.IPS2 SMAN 1 Cigugur yang berjumlah 26 orang siswa pada ‘seni kriya membentuk’ berbahan PVC dengan menggunakan teknik sambung dan pahat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengimplementasikan model penelitian Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penilaian produk. Selanjutnya pengolahan datanya menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa mencapai 92% dan aktivitas guru mencapai 100%. Sedangkan hasil belajarnya telah menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 89 dan seluruh siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran tersebut. Selain itu, respon yang ditunjukkan siswa terhadap pembelajaran sangat baik. Mereka sangat menyenangi pembelajaran tersebut yang menggunakan teknik sambung dan pahat pada kriya berbahan paralon.
NILAI DALAM TRADISI BERAPEQ PERNIKAHAN PADA MASYARAKAT DESA KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR Diniyati Diniyati; Hariyanto Hariyanto; Bagdawansyah Alqadri; Muh Zubair
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui nilai yang terkandung dalam tradisi berapeq pada pernikahan masyarakat Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur dan proses pelaksanaan tradisi berapeq pernikahan masyarakat Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Hubeman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang terkandung dalam tradisi berapeq pada pernikahan masyarakat Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur yaitu nilai gotong royong, nilai kebersamaan, nilai solidaritas, nilai kepedulian, nilai persatuan, nilai sosial dan ekonomi. Proses pelaksanaan tradisi berapeq pernikahan masyarakat Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur yaitu midang, belaqoq atau melamar, mengambil pengantin, menikah, bejango dan mengantar barang-barang. Dalam penelitian ini masyarakat Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur masih memegang erat tradisi berapeq pernikahan yang sudah berjalan sejak lama dalam kehidupan bermasyarakat.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA KELAS V SDN KARANG TENGAH 11 KOTA Rizky Nurma Yunita; Candra Puspita Rini; Aam Amaliyah
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.85

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, ditemukan berbagai kesalahan yaitu banyak siswa beranggapan bahwa mengerjakan soal matematika itu adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga siswa tidak bisa menyelesaikan permasalahan nya. Ini yang menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan siswa juga dapat dilihat dari penguasaan materi yang membuat siswa sulit memahami konsep materi yang diberikan penjelasan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika di kelas V SD Negeri Karang Tengah 11 dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika di kelas V SD Negeri Karang Tengah 11. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu hasil tes penilaian tengah semester, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan memahami soal, kesalahan kesalahan dalam transformasi proses, kesalahan Kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam menuliskan jawaban. Masing-masing siswa melakukan kesalahan tersebut dengan indikator yang berbeda-beda. Faktor penyebab pada kesalahan siswa adalah sebagian besar siswa tersebut mengakui bahwa tidak meneliti jawaban yang sudah dikerjakan. Jadi siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal.
SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING EXPERIENCES OF ONLINE ENGLISH LEARNING DURING PANDEMIC Puput Khoirunnisaa
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.87

Abstract

Senior high school students have to take English subjects since it is essential in senior high school in Indonesia. However, due to CoVID-19 outbreaks, all activities are stopped, including the Educational Institution, which is forced every school to shift from face-to-face learning to online English learning. This situation leads students to experiences a lot of new things during the learning process. It does not only lead to generating various experiences but also various problems as well. This study was conducted at Senior High School in Sidoarjo, Indonesia. The main aim of the study was to explore the most useful online learning platform for learning English and to investigate the students’ learning experiences in terms of the technological devices used for online English learning, the quality of online English learning, and the issues regarding online English learning during COVID-19 pandemic. This study used the quantitative research method to get numerical data. In this research, online-administered questionnaires were used to gather data. The finding indicated that the most useful online learning platform is Google Classroom. However, the students also experienced some issues regarding learning material, time management, enthusiasm, study environment, assignments, and internet access and technology accessibility.
ASPEK PENGAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM LOMBA DRAMA BAHASA ARAB DI GONTOR PUTRA KAMPUS SATU TAHUN 1443/2021 Sandy Hendra Wibawa; Husni Mardian; Anggo Triyono
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aspek-aspek pengajaran keterampilan berbahasa dalam lomba drama Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: Kompetisi drama Arab di PMDG setidaknya memiliki tiga elemen utama yang mendukung pengajaran bahasa. Pertama, proses penyusunan naskah drama yang mendukung pengajaran keterampilan membaca dan menulis. Kedua, pelaksanaan latihan drama yang mendukung pengajaran keterampilan membaca dalam bentuk membaca dalam hati dan membaca nyaring, serta keterampilan berbicara dalam bentuk tanya jawab, menghafal dialog, dan bercerita. Ketiga, proses menonton drama yang mendukung pengajaran keterampilan menyimak berupa menyimak untuk mengetahui dan menyimak untuk menikmati dan menilai.
HUBUNGAN ANTARA KESTRESAN GURU DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MENGAJAR DIMASA PANDEMI COVID 19 SDN KAMAL 02 PAGI JAKARTA BARAT Mega Anggi Oktaviani; Ahmad Arif Fadilah
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kestresan guru dengan efikasi diri di SDN Kamal 02 Pagi, metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan 17 sampel guru SDN Kamal 02 Pagi dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data kestresan guru dan efikasi diri menggunakan kuesioner dengan skala likert, uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis data yaitu terdapat hubungan tingkat kestresan guru dengan efikasi diri dengan persamaan regresi Y= 14.282+( 0,659) x yang mengalami peningkatan sedangkan pada variabel efikasi diri mengalami penurunan dengan taraf signifikasi yaitu 0,199> 0,05.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN KALIDERES 09 PAGI Lailatul Barkah; Candra Puspita Rini; Aam Amaliyah
Berajah Journal Vol. 2 No. 2 (2022): Maret-Mei
Publisher : PT. Utarapost Media Panai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47353/bj.v2i2.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Kalideres 09 Pagi Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA pada siwa kelas IV SDN Kalideres 09 Pagi Jakarta Barat.

Page 1 of 2 | Total Record : 20