cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): November 2017" : 3 Documents clear
KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI OLEH SISWA KELAS VIII MTs NUR HASANAH MEDAN Sari, Rafika Muspita
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 1, No 1 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian  ini bertujuan mengetahui kontibusi penguasaan  kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi oleh siswa kelas VIII  MTs Nur Hasanah Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia, kemampuan menulis narasi, dan kontibusi penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruhnya dari populasi yaitu 48 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan  masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, jadi ia juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi. Alat pengumpulan data yang digunakan terbagi dua bagian yaitu tes pilihan berganda dan penugasan. Tes pilihan berganda digunakan untuk menjaring data penguasaan kosakata bahasa Indonesia, sedangkan tes penugasan digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis narasi. Setelah dilakukan penelitin diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan adalah baik dengan nilai rata-rata 73,10. Kemampuan menulis narasi siswa MTs Nur Hasanah adalah baik dengan nilai rata-rata 72,65. Selanjutnya tidak adanya kontibusi yang sigifikan penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan statistik uji korelasi “r” product moment diperoleh nilai r = 0,713   dan nilai korelasi tersebut tidak signifikan setelah diuji dengan uji t pada taraf signifikansi 5%, yaitu 6,90< 2,02. Adanya kontribusi penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi adalah 50,08%.Kata kunci : kontribusi kemampuan bahasa  Indonesia dan menulis narasi
ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS BERITA MAHASISWA Nisa, Khairun
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 1, No 1 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menulis berita yang telah mengikuti perkuliahan keredaksian, berita dan fotografi, hingga akhirnya mengikuti perkuliahan praktik jurnalistik yang bertujuan agar mahasiswa dapat menghasilkan berita yang layak dipublikasikan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 10 kelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa 10 kelompok sudah memilih dengan baik berita yang ingin tulis. Dengan pemilihan jenis berita yaitu; 7 kelompok memilih menulis berita hard news dan 3 kelompok menulis softnews. Sedangkan, kelengkapan unsur berita yang ditulis mahasiswa  masih ada yang belum memenuhi unsur 5W + 1 H yang yang yaitu: 8 sudah melengkapi unsur 5W+1H dan terdapat 2 berita yang masih belum memenuhi unsur 5W+1H.Kata Kunci: menulis, berita
KEMAMPUAN MEMBUAT SINOPSIS NOVEL REMAJA MELALUI RECITATION METHOD OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2012 / 2013 Maulidiah, Rina Hayati
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 1, No 1 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat sinopsis novel remaja dan cara penerapan recitation method oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2012/ 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penggumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes menulis sinopsis novel remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membuat sinopsis novel remaja melalui recitation method oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2012 / 2013 dikategorikan baik dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 65. Sehingga diperoleh rata-rata kemampuan membuat sinopsis novel remaja melalui recitation method yaitu 75,77. Berdasarkan analisis data, dari 39 orang siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini terdapat siswa yang memperoleh nilai A sebanyak 15 orang (38,47%) yang memiliki kemampuan membuat sinopsis novel remaja dengan kategori sangat baik, siswa yang memperoleh nilai B sebanyak 11 orang (28,21%) yang memiliki kemampuan membuat sinopsis novel remaja dengan kategori baik, dan siswa yang memperoleh nilai C sebanyak 13 orang (33,34%) yang memiliki kemampuan membuat sinopsis novel remaja dengan kategori cukup. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian di atas, diperoleh gambaran bahwa dengan menerapkan recitation method, siswa membuat sinopsis novel remaja dengan baik. Dimana presentase hasil siswa yang memperoleh nilai A yaitu 15 orang atau 38,47% dari 39 siswa.Kata kunci: Metode Resitasi, Sinopsi dan Novel

Page 1 of 1 | Total Record : 3