cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): April 2018" : 12 Documents clear
HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KOTA TANJUNGBALAI Dailami, Dailami
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kota Tanjungbalai. Penelitian ini dilakukan di satu Madrasah Aliyah Negeri dan Lima Madrasah Aliyah Swasta di Kota Tanjungbalai. Variabel bebas adalah budaya organisasi sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai. Hipotesis yang diuji adalah sejauh mana hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai. Populasi penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Tanjungbalai yang berjumlah 162 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh adalah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala likert dan diolah dengan teknik analisa cronbach. Hasil ujicoba dan perhitungan menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi adalah 0,905 dan variabel kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai adalah 0,880. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa  dan . Hal ini menunjukkan terdapat hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai.
PENGGUNAAN METODE DISKUSIKELOMPOK DALAM MERESENSI NOVEL “BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA” Susanti, Susi
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh Metode Diskusi Kelompok terhadap Kemampuan Meresensi Novel “Bulan Terbelah Dilangit Amerika” siswa kelas XI SMK Citra Abdi Negoro Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri atas 5 kelas. Penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi Kelompok  terhadap Kemampuan Meresensi Novel “Bulan Terbelah Dilangit Amerika” siswa kelas XI SMK Citra Abdi Negoro Tahun Ajaran 2016/2017. Nilai pembelajaran meresensi novel dengan menggunakan metode ceramah yaitu dengan nilai tertinggi 80, sedang 70, terendah 60 dan nilai rata-rata sebesar 67,93. Sedangkan nilai pembelajaran meresensi novel dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok lebih tinggi yaitu dengan nilai tertinggi 95, sedang 85, terendah 75 dan nilai   rata-rata sebesar  rata-rata 84,31 . Berdasarkan pengujian persyaratan analisis data diketahui data bersifat normal dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji lanjutan untuk pengujian hipotesis yang diperoleh nilai t hitung= 10,5.
ANALISIS NILAI MORAL NOVELKARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Arizal, Jepri
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini terdapat sebagian moral siswa yang   sudah rusak. Ada yang merokok, pacaran, menggunakan narkoba, pergaulan bebas dan yang paling mengerikan saat ini ialah bahaya LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual, Transgender. Perilaku amoral tersebut sudah merusak akhlak dan religius siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral dalam novel karya Asma Nadia yang berjudul Pesantren Impian, Surga yang tak Dirindukan, dan Assalamualaikum Beijing. Data dalam penelitian ini  adalah data yang berwujud kata, kalimat, dan paragraf  yang mengandung nilai moral. Sumber data primer penelitian ini adalah novel. Sumber data sekunder penelitian ini berupa jurnal, biografi pengarang, buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, membaca, simak, catat. Hasil analisis nilai moral dalam penelitian ini adalah nilai moral yaitu suatu pandangan yang lebih mengarah kepada akhlak dan budi pekerti manusia. Implementasi hasil penelitian novel karya Asma Nadia  sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. Novel tersebut mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, amanat, serta fakta cerita. Sedangkan unsur ekstrinsik diimplementasikan untuk menemukan nilai moral yang terdapat dalam novel tersebut.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Hanina, Hanina; Suliana, Suliana
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Daerah Meranti Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X-A dan X-B) yang diambil secara total sampling. Pada kelas X-A sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan saintifik dan pada kelas X-B sebagai kelas kontrol menggunakan ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,5 dan kelas kontrol 67,08. Hasil uji t diperoleh  maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh Ada Pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Daerah Meranti.
PENGARUH TEKNIK MEMBACA CEPAT TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI CERPEN Khoiriza, Khoiriza
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan memahami isi cerpen dengan teknik membaca cepat siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini kelas X TPHP sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas X TKPI yang berjumlah 20 siswa sebagai kelaskontrol. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penilaian penelitian ini adalah testertulis menentukan unsur intrinsik cerpen“ Bangkit”. Hasil belajar kelas eksperimen nilai rata-ratanya 80 dan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya 69,2. Setelah t0 diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dan dengan dk=(N1-N2)-2 didapat t0 22,04 dengan dk= (20+20)-2= 38 mendekati angka 40, maka diperoleh: pada taraf signifikasi 5% ttabel=2,02 dan pada taraf signifikansi 1% ttabel = 2,71 karena t0yang diperoleh lebih besar dari ttabelyaitu 22,04 > 2,02 dan 22,04 > 2,71 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI OLEH SISWA Sari, Rafika Muspita
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini bertujuan mengetahui kontibusi penguasaan  kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi oleh siswa kelas VIII  MTs Nur Hasanah Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia, kemampuan menulis narasi, dan kontibusi penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruhnya dari populasi yaitu 48 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan  masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, jadi ia juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi. Alat pengumpulan data yang digunakan terbagi dua bagian yaitu tes pilihan berganda dan penugasan. Setelah dilakukan penelitin diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan adalah baik dengan nilai rata-rata 73,10. Kemampuan menulis narasi siswa MTs Nur Hasanah adalah baik dengan nilai rata-rata 72,65.
ANALISIS GAYA BAHASA PADA NOVEL KAU, AKU, DAN SEPUCUK ANGPAU MERAH KARYA: TERE LIYE Mizkat, Eva
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra yang mempunyai ciri khas dari gaya bahasa yang ditampilkan oleh pengarangnya, tentu memiliki ‘keunikan’ tersendiri dalam kalimat yang terangkai terkait makna yang tersirat di dalamnya. Oleh sebab itu, pengkajian gaya bahasa merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mengamati bagaimana para pengarang karya sastra memanfaatkan gaya bahasa, terutama dalam karya sastra bergenre novel yang memiliki alur dan halaman yang lebih panjang dibandingkan dengan genre sastra seperti puisi maupun cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang Tere Liye dalam novelnya yang berjudul Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah, sehingga dapat dijadikan sebagai contoh gaya bahasa dalam pembelajaran sastra bergenre novel. Dari contoh-contoh tersebut, dapat diungkap makna yang tersirat di dalamnya dan sebagai usaha memahami pesan-pesan yang terkandung di setiap rangkaian kalimatnya itu melalui keterampilan membaca. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori struktural berbasis teks novel. Teknik analisis data dengan menerapkan metode baca dan catat untuk menandai kalimat yang akan dikelompokkan ke dalam jenis gaya bahasa tertentu. Hasil yang diperoleh berupa uraian penjelasan secara heuristik dan hermeneutik sehingga diperoleh jenis gaya bahasa yang meliputi gaya bahasa personifikasi, metafora, hiperbola, sarkasme, alegori, dan simile.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRATOR GAMBAR PERISTIWA Kholipah, Siti
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti dalam menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambardalam pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran dengan menulis puisi. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75.17 dengankategori cukup, pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81.70 dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar yang berupa data kuantitatif keterampilan menulis puisi pada siklus I memperoleh persentase 82.35% dan pada siklus II menjadi 97.05% multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambar sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TIGA BERITA PILIHAN PADA SURAT KABAR SINAR INDONESIA BARU EDISI NOVEMBER 2017 Nisa, Khairun
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa bidang morfologi dan ejaan pada surat kabar Sinar Indonesia Baru edisi November 2017,(2) mendeskripsikan alasan perbaikan kesalahan berbahasa pada surat kabar Sinar Indonesia Baru edisi November 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah surat kabar Sinar Indonesia Baru edisi November 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak untuk memperoleh data dengan menyimak penggunaan bahasa dan teknik catat untuk mencatat kata atau kalimat untuk dianalisis. Hasil analisis dan pembahasan mengenai analisis kesalahan berbahasa pada surat kabar Sinar Indonesia Baru edisi November 2017, dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk kesalahan berbahasa bidang ejaan, morfologi, sintaksis,dan semantik pada (1)Berita pertama yang berjudul 4 Pria Pemilik Sabu di TanjungPura Ditangkap, (2) Berita kedua yang berjudul Polres Ringkus Bandar Judi Togel,(3) Berita ketiga yang berjudul Bacok Korbannya di Dekat Halte, 2 Begal Ditangkap.
PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING DAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI Nasution, Wan Nurul Atikah
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Quantum Writing dan media gambar seri dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi bagi siswa. Metode penulisan menggunakan metode Library Research. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan pembelajaran menulis karangan bagi siswa, guru perlu menguasai metode Quantum Writing dan penggunaan media gambar seri, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih baik dan mahasiswa lebih mudah mengerti tentang materi yang diajarkan oleh guru. Metode apapun yang dipilih guru dalam melaksanakan program KBM, pada dasarnya tuntutan untuk menempatkan mahasiswa sebagai pusat perhatian dan perlakuan sangat utama.

Page 1 of 2 | Total Record : 12