cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): April 2019" : 9 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA Muhammad Supratman
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara tahun pembelajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X ADM yang bertujuan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument tes kemampuan menulis wacana argumentasi. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Setelah masing-masing sampel mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif kemudian diberi tes lagi (postes) kemudian harga skor dibandingkan satu sama lain. Analisis perbandingan menggunakan uji “t”. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes yaitu sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran kooperatif memiliki rata-rata nilai adalah 63,3 yang masih rendah. Selanjutnya hasil postes siswa yang telah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif mendapat perolehan nilai rata-rata sebesar 79,2 yang tinggi. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2015-2016.
THE EFFECT OF CONTEXT THROUGH APPLICATION OF COOPERATION PRINCIPLES IN CONVERSATION OF STUDENTS’ KINDERGARTEN OF EKASAKTI: PRAGMATIC ANALYSIS Eva Fitrianti Fitrianti; Lailatul Husna Husna
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Banyak siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti yang belum mampu menerapkan prinsip kerja sama dan konteks bahasa yang tepat dalam suatu komunikasi. Akibatnya, tujuan komunikasi tidak tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan pengaruh konteks yang diterapkan oleh siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti dapat menerapkan maksimal kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Siswa juga melanggar beberapa maksim, yaitu maksim relevansi dan kualitas; dan (2) peran konteks yang membentuk penerapan prinsip kerja sama siswa adalah konteks langsung, termasuk setting, peserta, dan fungsi tindak tutur. Penerapan prinsip kerja sama dan peran konteks bahasa yang tepat, dapat membentuk komunikasi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, komunikasi siswa dapat terjalin dengan baik sehingga tujuan komunikasi dapat tercapai.
ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERPEN KETIKA MAS GAGAH PERGI Khairun Nisa; Yen Aryni
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesantunan berbahasa merupakan hal yang penting diterapkan kepada anak sejak awal berbicara hingga dewasa. Kesantunan berbahasa dikalangan siswa, dewasa ini sangat memprihatinkan dikarenakan beberapa faktor yaitu: faktor keluarga, faktor lingkungan, pendidikan dan lain-lain. Pembelajaran di sekolah pun sudah menekankan nilai pendidikan karakter yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan faktor  tersebut maka perlulah dilakukan pemahaman dan penanaman konsep kesantunan berbahasa dan nilai pendidikan karakter bagi siswa untuk lebih memperhatikan kesantunannya dan membangun karakter yang baik saat berbicara dan bergaul dengan teman sejawat maupun orang dewasa. Dengan memperkenalkan cerpen tersebut kepada siswamaupun masyarakat luas diharapkan semua kalangan dapat mengambil dan mengaplikasikan sisi baik yang terdapat pada cerpen tersebut pada kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan pertama, prinsip kesantunan berbahasa dalam cerpen antara lain: maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan. Kedua, nilai pendidikan karakter yang ditemukan yaitu, religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, dan gemar membaca.
ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF PADA PENULISAN KRITIK DAN SARAN MAHASISWA FKIP UNA EVA MISKAT
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat saran dan kritik secara efektif, yaitu sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia pada mahasiswa, khususnya mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Asahan. Hal ini dilakukan mengingat karena keterampilan menulis sangat erat kaitannya dengan keterampilan berbicara, membaca, dan juga menyimak. Untuk itu perlu diperhatikan syarat-syarat penulisan kalimat efektif dalam penulisan saran dan kritik, gunanya adalah untuk menghindari salah tafsir terhadap makna yang dimaksudkan oleh si penulis kepada yang dituju (pembaca). Jika hal itu terjadi, tentu saja akan terjadi pula konflik yang mungkin dapat berakibat fatal apabila dalam penulisan saran dan kritik tersebut tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang berlaku, apalagi saran dan kritik tersebut ditujukan kepada orang yang dihormati atau lembaga tertentu yang sifatnya formal. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa hanya 2 responden (data) saja yang hampir sesuai menempatkan syarat-syarat penulisan kalimat efektif pada kalimat saran dan kritiknya, yaitu data (26) dan (28). Selebihnya masih belum tepat menggunakan diksi, struktur kalimat yang terbalik serta bertele-tele, dan penggunaan kata yang berlebihan/mubazir
ANALISIS NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU MELALUI PENDEKATAN STILISTIKA Wan Nurul Atikah Nasution
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk: (1) mengetahui analisis novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dengan stilistika genetis, (2) mengetahui analisis novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dengan stilistika deskriptif, dan (3) mengetahui  karakteristik novel Nayla ditinjau dari pendekatan stilistika ini merupakan kajian sastra melalui pendekatan stilistika. Stilistika adalah gaya seorang penulis dalam menuangkan hasil karya dan imajinasinya kedalam karyanya. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis teks fiksi; terdiri dari teknik baca dan teknik catat. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif - kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Teknik ini digunakan karena data-data dalam penelitian ini berupa data verbal yang memerlukan penjelasan secara deskriptif. Setelah melakukan teknik analisis data tersebut, maka hasil yang ditemukan adalah novel ini menggunakan bahasa yang menggambarkan tokoh ibu yang memiliki sifat tidak manusiawi, menggambarkan kehidupan metropolitan, menggunakan gaya bahasa sarkasme, penggunaan bahasa gaul, penggunaan bahasa daerah, penggunaan bahasa asing, serta penggunaan majas personifikasi, sarkasme, repetisi, aliterasi, antitesis, hiperbola, asidenton, simile, dan paradoks.
PENGARUH KURIKULUM 2013 TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA RAFIKA MUSPITA SARI
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kurikulum 2013 (K.13)  terhadap peningkatan belajar siswa.  Hal ini dibuktikan dengan adanya kasus yang terjadi  yaitu siswa masih belum bisa mencari informasi sendiri, semua materi atau sumber belajar masih berasal dari guru yang mengajar. Penerapan kurikulum 2013 belum bisa diimplementasikan dengan baik. Mengingat siswa belum bisa aktif untuk mencari sumber belajar sendiri. Kebiasaan diskusi dalam kurikulum 2013 belum bisa diterapkan karena masyarakat di Indonesia belum terbiasa/ belum mengakar. Penerapan kurikulum 2013 belum optimal.  Peran kurikulum terhadap keberhasilan mutu pendidikan dan belajar siswa  dapat dijadikan sebagai sarana untuk mentransmisikan nilai-nilai warisan budaya masa  lalu yang dianggap masih relevan dengan masa kini  kepada generasi muda, mampu mengembangkan sesuatu yang baru  sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TUNGGAL DAN KALIMAT MAJEMUK SETARA OLEH SISWA KELAS V SD Eni Widiagustina
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan  dalam membuat kalimat tunggal dan kalimat majemuk setara pada siswa kelas V SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Alat/instrumen yang digunakan penulis untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk essai. Dalam tes essai tersebut siswa ditugaskan untuk membuat kalimat tunggal sebanyak 10 kalimat dan kalimat majemuk setara sebanyak 10 kalimat. Kriteria penilaiannya adalah jika benar 1 butir soal skornya adalah 10 dengan ketentuan, struktur kalimat benar nilainya 4, tanda baca benar nilainya 3, dan penulisan kalimat baik nilainya 3. Nilai rata-rata dari kemampuan membuat kalimat tunggal siswa adalah pada kategori “baik” yaitu 73,63 dan kalimat majemuk setara siswa adalah pada kategori “cukup” yaitu 69,42.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikatakan kemampuan membuat kalimat tunggal dan kalimat majemuk setara oleh siswa kelas V  SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019  harus lebih ditingkatkan lagi, agar mendapat nilai yang lebih maksimal.
ISTILAH-ISTILAH KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MELAYU ASAHAN: KAJIAN ETNOLINGUISTIK Rina Hayati Maulidiah
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju dan masuknya budaya luar berdampak pada memudarnya suatu budaya yang berpengaruh terhadap masalah kebahasaan. Pola pikir masyarakat yang cenderung dinamis mengakibatkan masyarakat kurang berpartisipasi dalam melestarikan bahasa daerahnya masing-masing. Penggunaan bahasa oleh masyarakat penuturnya bermakna dan mengacu pada suatu peristiwa, tindakan, benda dan keadaan. Peristiwa yang terjadi direlisasikan dengan bahasa sebagai perantara penuturnya. Tujuan penelitian ini untuk menemukan istilah-istilah yang sering digunakan dalam keseharian masyarakat melayu asahan dalam bentuk (1) monomorfemis, (2) polimorfemis. untuk melestarikan kearifan lokal dan memaparkan istilah bahasa yang muncul dalam pelestarian bahasa yang digunakan masyarakat melayu asahan dalam kesehariannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnolinguistik secara teoretis, dan pendekatan deskriptif kualitatif secara metodologis. Data yang dianalisis berupa penggalan tuturan yang digunakan untuk mengungkapkan istilah-istilah yang sering digunakan masyarakat melayu asahan untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat melayu asahan. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang mengandung (1) bentuk satuan monomorfemis (2) bentuk satuan polimorfemis
AKULTURASI BAHASA DALAM MASYARAKAT DI KAMPUNG AUR KECAMATAN MEDAN MAIMUN Alvy Mawaddah; Laraiba Nasution
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan tersebut antara lain untuk mengetahui akulturasi bahasa yang ada di dalam masyarakat di kampung aur dan mengetahui Bahasa yang mendominasi di dalam masyarakat kampung aur. Dari hasil analisi data di temukan akulturasi bahasa ditemukan dalam masyarakat Etnis India, Tionghoa dan Batak di Lingkungan IX Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun dengan persentasi yang paling kecil yaitu Bahasa Batak 5,4% dan yang paling besar 13,6% dalam Bahasa Hokkien. Persentasi Akulturasi yang ada tidak terlalu besar dikarenakan mayoritas masyarakat Etnis India, Tionghoa dan Batak di Lingkungan IX Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun dapat berbahasa Indonesia dengan keterampilan berbahasa 80,4%.  Bahasa Indonesia lebih dominan digunakan oleh masyarakat Lingkungan IX Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun sebanyak 60%. Sedangkan untuk penggunaan bahasa daerah lebih sedikit. Penggunaan Bahasa India dan Batak sebanayak 14% sedangkan Bahasa Hokkien sebanyak 8%. Kemudian sebanyak 4% penggunaan bahasa lainnya seperti Bahasa Melayu, Bahasa Minang dan lain-lain. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9