cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020" : 6 Documents clear
ANALISIS LATAR PADA NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA: TERE LIYE Indah Utami Siregar; Eva Mizkat
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra yang dipaparkan oleh pengarang melalui novel akan banyak menggambarkan suasana untuk mendukung cerita dan penggambaran tokoh agar menarik minat pembaca. Sehingga melalui latar yang dilukiskan pengarang lewat karya sastra berbentuk novel akan membawa imajinasi pembaca ke tempat-tempat tertentu dengan suasana serta perasaan tertentu pula. Apalagi mungkin saja suasana itu sudah pernah dilalui dan dirasakan oleh pembaca itu sendiri, atau bahkan merupakan pengetahuan baru baginya jika memang belum pernah dirasakan atau dilalui di dunia nyata. Oleh sebab itulah, analisis latar di dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye yang terbit pada bulan Desember tahun 2013 cetakan XIII ini dianalisis. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan jenis latar yang dilukiskan pengarang lewat novel tersebut. Teknik analisis data menggunakan teknik baca dan catat dari obejek yang dianalisis yaitu berupa teks novel. Dari analisis yang dilakukan diperoleh tiga jenis latar yaitu latar tempat, latar waktu dan juga latar sosial.
NOVEL GADIS KRETEK KARYA RATIH KUMALA KAJIAN FEMINISME DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN Amelia Simanungkalit
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan dan menjelaskan tokoh wanita, 2) mendeskripsikan dan menjelaskan perjuangan kesetaraan gender tokoh wanita, dan 3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Penelitian adalah penelitian deskriptif dengan metode content analisys (analisis isi). Sumber data penelitian ini adalah Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil yaitu : 1) kepribadian tokoh/profil perempuan yang digambarkan lewat Roemaisa dan Jeng Yah adalah sebagai tokoh yang tegar, mandiri dan berwibawa sedangkan tokoh Purwanti yang berani menguatarakan isi hatinya kepada pemudanya, 2) Perjuangan kesetaraan gender dalam novel ini digambarkan pada tokoh Roemaisa dan Jeng Yah. Kedua perempuan ini sangat berpengaruh dalam usaha kretek keluarga mereka. 3) Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel gadis Kretek ini meliputi ; a) Nilai Religius, yang menekankan antara hubungan manusia dengan Tuhan, b) Nilai Pendidikan Moral, yang berhubungan dengan nilai baik/buruknya tingkah laku manusia, c) Nilai pendidikan budaya, yang berhubungan dengan tradisi dan kebiasaan masyarakat.
ANALISIS NOVEL CINTA DI UJUNG SAJADAH KARYA ASMA NADIA Nia Endang Sari Hasibuan; Tuti Herawati
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui unsur intrinsik yang terdapat dalam Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia; untuk memahami unsur intrinsik dalam novel ini hanya membahas: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. Dalam penganalisisan novel Cinta di Ujung Sajadah ini menggukan penekatan berdasarkan Lingkaran hermeneutika yang ada dalam novel Cinta Di Ujung Sajadah. Adapun Tokoh tambahan adalah Neta, Aisyah, Mbok Nah, Anggun, Cantik, Makky, Mama Alia dan Papa Cinta, tokoh pembantu adalah Adji, Salsa dan Iwan. Adapun Karakter tokoh dalam novel Cinta Di Ujung Sajadah adalah menceritkan dengan sesuai karakter masing-masing tokoh.
PROBLEMATIKA KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI MAS CIPTA SIMPANG DOLOK Riyanti Riyanti; Rafika Muspita Sari
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian teori dasar (grounded theory). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan yang menjadi sampel guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok. Teknik penggumpulan datanya dengan menyebarkan angket/kuesioner ke 3 (tiga) guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok. Hasil penelitian ini adalah terdapat kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar materi teks prosedur kompleks adalah 1) tidak punya media pembelajaran; 2) model Pembelajaran; 3) siswa menggunakan handphone dalam belajar; serta 4) tidak punya paket data.
ANALISIS NOVEL HAYYA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS DALAM KAJIAN STRUKTURALISME ROBERT STANTON Natasya Yasina Nasution; Nila Sudarti
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kajian strukturalisme Robert Stanton dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas, yakni tema, fakta-fakta cerita (alur, karakter, dan latar), sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif.Metode penelitian ini adalah teknik pustaka, simak dan catat.Hasil dalam penelitian ini terdapat tiga tema dalam satu kisah, yakni persahabatan, percintaan, dan perjuangan. Fakta-fakta cerita dalam penelitian ini berdasarkan kisah nyata, yakni konflik yang terjadi di Palestina dengan Israel menjadi pusat perhatian dunia, khususnya Indonesia yang telah banyak membantu dan menyalurkan logistik ke Palestina. Hubungan antara Palestina dengan Indonesia adalah hubungan bilateral. Sarana-sarana sastra dalam penelitian ini, yakni adanya kolaborasi dari dua orang pengarang dalam novel Hayya sehingga hasil tulisan kedua pengarang tersebut berbeda meskipun memakai alur, latar, karakter, dan sudut pandang yang sama. Salah satu pengarang menggunakan bahasa Melayu dan satunya lagi menggunakan bahasa Indonesia untuk menambah ciri khas dari kedua pengarang tersebut.
POLA KESANTUNAN BERBAHASA ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN MELALUI MEDIA SOSIAL “WHATSAPP” DI IAIN TAKENGON Yudi Setiawan
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola kesantunan berbahasa sangat beragam dalam komunikasi antara Dosen dan mahasiswa.  Dengan memiliki Bahasa yang santun,hubungan seseorang bisa menjadi semakin baik, hati seseorang juga tidak akan tersakiti dengan mendengarkan ujaran yang dituturkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Seperti apa ujaran dalam percakapan antara mahasiswa dan dosen melalui media sosial WhatsApp tersebut? 2. Sejauh manakah ujaran tersebut termasuk pada kesantunan positif dan kesantunan negatif? Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Mengetahui seperti apa ujaran dalam percakapan antara mahasiswa dan dosen melalui media sosial what’s up tersebut? 2. Mengetahui sejauh manakah ujaran tersebut termasuk kepada kesantunan positif dan kesantunan negatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kesantunan dari Brown dan Levinson. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi dan menggunakan teknik catat. Sumber data dalam penelitian ini dari media sosial WhatsApp, percakapan yang diambil dimulai dari bulan Februari hingga Juni 2019. Dari penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata mahasiswa dinilai masih awam dalam menempatkan mana ujaran yang harus dituturkan dengan dosen dan mana ujaran yang harus dituturkan dengan teman. Disamping itu ada juga ditemukan bahwa terkadang mahasiswa ada yang seolah-olah mengatur dan mendikte atau yang mengatur jadwal si dosen. Hal ini tentunya sangat tidak santun dilakukan apalagi bila berada di lingkungan akademik. Meskipun begitu, ada juga ujaran mahasiswa lainnya yang bersifat santun Dalam penelitian ini, lebih banyak ditemukan kesantunan negatif daripada kesantunan positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6